Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian, Dampak Positif dan Dampak Negatif Blogwalking

Pengertian Blogwalking.jpg

Hampir semua bloger tahu apa itu blogwalking dan pernah melakukannya. Kegiatan yang satu ini memang sudah menjadi rutinitas para bloger terutama para bloger baru yang blognya belum memiliki reputasi. Namun, untuk bloger sekelas Sugeng atau Marikxon Manurung pemilik blog Maxmanroe sepertinya kegiatan blogwalking sudah mereka tinggalkan karena blog mereka sudah terkenal baik itu di mata search engine ataupun di mata orang-orang, blogwalking hanya membuang waktu bagi mereka.

Pengertian Blogwalking


Meskipun kebanyakan bloger sudah tahu apa itu blogwalking tapi izinkan saya menjelaskan pengertian singkat tentang blogwalking dari apa yang saya tahu selama ini.

Blogwalking adalah kegiatan dimana kita mengunjungi blog orang lain lalu meninggalkan jejak biasanya di komentar dengan harapan si pemilik blog yang kita kunjungi akan mengunjungi balik blog kita dan juga meninggalkan komentar. Umumnya blogwalking hanya sebatas mengunjungi lalu berkomentar tapi semakin kesini ada juga yang sampai saling klik iklan dan saling follow.

Blogwalking adalah kegiatan yang menguntungkan untuk para bloger dan memberikan beberapa dampak positif, namun di sisi lain juga memiliki dampak negatif dan beberapa resiko bagi para bloger.

Kalian tertarik untuk membeli kaos-kaos bertemakan Blogger atau yang cocok digunakan oleh para bloger, silakan klik link berikut ini:
- Kaos Bertemakan Blogger

Dampak Positif Blogwalking

Sekarang mari kita bahas dulu beberapa dampak positif dari blogwalking berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang bloger dan apa yang saya tahu dari bloger lain.

Mempromosikan Blog

Saat pertama kali membuat blog tentu saja blog kita masih sepi dan tak ada visitor. Jika kalian mengharapkan visitor dari search engine maka itu bukanlah pilihan yang tepat karena blog baru belum memiliki reputasi untuk bersaing di search engine. Salah satu langkah awal untuk menjaring visitor saat baru membuat blog adalah dengan blogwalking. Dengan blogwalking maka blog kita akan memiliki visitor, meskipun tidak akan banyak tapi lumayan untuk menjadi motivasi kita ngeblog.

Usahakan blog kalian sudah memiliki beberapa artikel ketika melakukan blogwalking untuk pertama kalinya.

Menambah Visitor & Komentar


Meskipun blog kita sudah memiliki visitor tetap atau visitor dari search engine sudah stabil tapi kegiatan blogwalking masih harus tetap dilakukan, dalam batas yang wajar tentunya.

Kadang-kadang visitor dari search engine jarang meninggalkan komentar, meskipun statistik visitor blog kita banyak tapi kalau komentar masih nol kita akan merasa blog kita masih sepi karena tidak adanya interaksi di dalamnya. Sedangkan visitor dari hasil blogwalking rata-rata selalu meninggalkan komentar. Efek adanya komentar di setiap artikel di blog kita sudah saya rasakan sendiri, komentar yang banyak akan melecut semangat kita ngeblog. Apalagi jika komentarnya yang relevan dan membangun.

Artikel yang memiliki banyak komentar biasanya akan semakin menarik di mata visitor, hasilnya blog kalian akan dicap berkualitas oleh orang-orang. Sayangnya sekarang ketika saya blogwalking di beberapa grup bloger di Facebook, mereka memberikan bukti blogwalking bukan dengan komentar tapi screenshot saja, itu menjadi bukti kalau mereka tidak membaca artikel kita, mereka hanya mengunjungi saja lalu keluar lagi. Memang mereka biasanya membuka lima sampai sepuluh artikel kita dengan bukti di screenshot-nya tapi saya lebih suka mereka membuka satu artikel saja tapi meninggalkan komentar relevan.

Menambah Pengetahuan


Ketika kalian melakukan blogwalking ke blog orang lain usahakan kalian membaca artikelnya sebelum berkomentar. Selain agar kalian bisa memberikan komentar yang relevan, membaca artikel blog orang lain saat blogwalking akan menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Apalagi jika blog yang kalian kunjungi memiliki niche yang sama dengan blog kalian, lumayan bisa jadi referensi kalian dalam membuat artikel.

Meskipun tidak satu niche dengan blog kalian tetaplah baca dari awal sampai akhir artikel blog yang kalian kunjungi. Membaca itu penting, mengingat sebagai bloger kita akan membagikan pengetahuan kepada orang lain, kalau kitanya saja tidak punya pengetahuan apa yang akan kita bagikan?

"Semakin aku banyak membaca, semakin aku banyak berpikir, semakin aku banyak belajar, semakin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apa pun." - Voltaire

Menjalin Silaturahmi Sesama Bloger


Blogwalking adalah salah satu sarana kita untuk berkomunikasi dengan bloger lain, mungkin komunikasinya hanya sekedar "ditunggu kunjungan baliknya" atau semacamnya tapi tak menutup kemungkinan dari sana kita bisa lebih jauh berkomunikasi dengan bloger lain.

Akan sangat beruntung jika kita bisa akrab dengan bloger yang lebih berpengalaman karena jika suatu saat kita punya masalah dalam ngeblog kita bisa minta bantuan padanya.

Baca juga: Pengertian Google Honeymoon Period

Dampak Negatif Blogwalking


Selanjutnya giliran dampak negatifnya, blogwalking juga memiliki resiko yang harus siap diterima para bloger yang melakukan kegiatan tersebut.

Komentar Dipenuhi Spam


Dengan blogwalking, artikel di blog kita memang akan dibanjiri komentar tapi tak semuanya merupakan komentar relevan ada juga komentar spam. Akan ada komentar yang hanya berupa "Nice post" bahkan ada yang tidak nyambung sama sekali dengan isi artikel. Yang lebih parah ada yang menyelipkan link situs dewasa atau situs judi.

Adanya komentar spam akan membuat reputasi blog kita menurun di mata search engine atau pun visitor, apalagi komentar spam yang berupa link situs-situs tidak jelas.

Artikel Rentan Di-copas


Tak semua bloger memiliki kreatifitas dalam menulis ada satu spesies bloger yang sangat meresahkan bloger lain yaitu bloger copas alias copy-paste. Alih-alih menulis sendiri konten blognya, para bloger copas lebih suka mengambil hasil karya bloger lain untuk di posting di blog mereka.

Jadi, berhati-hatilah ketika melakukan blogwalking karena jika kalian gegabah maka bukan tidak mungkin kalian bisa berpapasan dengan bloger copas. Jika sudah begitu maka bersiap-siaplah artikel-artikel kalian akan di-copas oleh mereka. Parahnya mereka akan menyalin artikel kalian tanpa menyertakan sumbernya. Efeknya, artikel yang di-copas memiliki nilai minus di mata search engine karena adanya duplikat konten.

Aksi meng-copas artikel ini bukanlah hal yang sepele karena saya pernah menjumpai ada artikel hasil copas yang memiliki posisi lebih baik di search engine dibanding artikel aslinya. Jika artikel kalian di-copas itu juga menjadi pertanda kalau kualitas artikel kalian sudah cukup baik, anggap saja itu apresiasi dalam bentuk yang salah.

Jingling


Selain bloger yang suka meng-copas artikel orang lain ada juga bloger yang selalu iri dengan blog orang lain. Bloger seperti itu akan melancarkan aksinya untuk menjatuhkan blog orang lain yang dirasa lebih baik dari blog miliknya dengan melakukan jingling.

Dengan melakukan serangan jingling blog korban akan kebanjiran visitor tapi visitor yang datang bukan manusia tapi visitor robot. Untuk bloger yang blognya sudah memiliki reputasi baik di search engine serangan jingling akan membuat reputasi blog tersebut menurun drastis.

Bom Klik Iklan


Jika kalian sering melakukan blogwalking ditambah saling klik iklan maka sebaiknya sekarang berhenti karena seperti yang saya bilang di atas ada bloger yang gampang sekali iri dengan blog orang lain apalagi jika blog tersebut sudah bisa menghasilkan uang.

Ada kemungkinan bloger yang iri tersebut akan melakukan bom klik pada iklan yang kalian pasang di blog, seperti yang kita tahu Adsense sangat sensitif dengan yang namanya bom klik dan bisa-bisa akun Adsense kalian di-banned.

Untuk kalian yang belum tahu, bom klik adalah aksi mengklik iklan beberapa kali diluar batas kewajaran dan beberapa program pengiklanan terutama Adsense menganggap itu adalah tindakan spam atau curang.

Baca juga: Template-Template Blogger Terbaik

Itulah tadi pengertian, dampak positif dan dampak negatif blogwalking versi AzizPedia.

Kesimpulannya, blogwalking adalah kegiatan yang menguntungkan jika dilakukan dengan cara yang benar dan dalam batas yang wajar namun tetap saja dampak-dampak negatif yang dijelaskan diatas masih bisa kalian alami, tapi dengan cara yang benar setidaknya bisa meminimalisir dampak negatif tersebut. Ada baiknya jika blog kaliam sudah memiliki visitor yang banyak dari search engine hentikan aktivitas blogwalking agar blog kalian lebih aman.

Keywords: blogwalking, adalah, cara, indonesia, merupakan promosi dengan cara, apa, blogwalking artinya, apa yang dimaksud dengan blogwalking, malaysia, apa yang dimaksud dengan blogwalking dalam istilah promosi secara online

1 komentar untuk "Pengertian, Dampak Positif dan Dampak Negatif Blogwalking"

  1. wah keren nih thankyou infonya ahhahahaha btw pas corona gini gue jd main game aja cuy di rmh ahahhahah, tp gue lg ke hook banget nih sama ni game www.Econw.co cobain dah cuy seru bet dah jamin ahahhahahah

    BalasHapus