Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan Produser dan Sutradara dalam Dunia Film

Perbedaan Produser dan Sutradara dalam Dunia Film.jpg

Untuk para pencinta film dalam maupun luar negeri pasti sudah tidak asing dengan kata produser dan sutradara. Ya, keduanya merupakan nyawa sebuah film tanpa ada keduanya maka sebuah film tak akan terealisasikan. Untuk orang awam mungkin mengira kalau tugas produser maupun sutradara dalam sebuah proses produksi film itu sama padahal kenyataannya keduanya memiliki tugas masing-masing. Lalu apa perbedaan tugas produser dan sutradara?

Apa Perbedaan Produser Dan Sutradara?

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan produser dan sutradara ada baiknya kalian baca dulu tugas-tugas produser maupun sutradara yang berbeda satu sama lain seperti yang dilansir apaperbedaan.com berikut ini!

Tugas Produser

- Memilih penulis naskah
- Menjadi supervisor dalam hal proses development
- Menentukan sutradara, co-produser, desain produksi hingga sinematografinya
- Berpartisipasi dalam melihat lokasi syuting dan menentukan
- Menyetujui beberapa hal terkait script syuting, biaya serta jadwal produksi
- Berkonsultasi dengan orang-orang kreatif, komposer, staf efek visual, dan sutradara film
- Menyetujui laporan pengeluaran
- Menangani pemasaran serta distribusi dari film yang diproduksi

Tugas Sutradara

- Menyetujui hak dari pihak ketiga
- Menangani desain dari set produksi, jadwal pengambilan gambar hingga lokasi syuting
- Sutradara juga bisa meminta perubahan pada script film
- Sutradara juga bisa membantu unit sutradara kedua, dan berkonsultasi mengenai fotografinya
- Bekerjasama dengan editor mengenai bagian film mana yang harus dihilangkan, dipotong, dirubah dan sebagainya
- Menentukan bagaimana akting pemerannya, narasinya, dubbing, dan lain-lain
- Bisa berpartisipasi dalam menentukan rating sebuah film
- Membuat preview film yang diproduksi sebelum akhirnya dirilis
- Mengkonsultasikan konten yang ada pada perilisan DVD

Jadi dari keterangan di atas bisa kita tarik kesimpulan kalau produser labih banyak aktif pada pra dan pasca produksi film sementara sutradara lebih aktif pada saat produksi film. Produser lebih memiliki kekuasaan pada pembuatan sebuah film karena ia yang mencari dana baik itu dari studio maupun dananya sendiri. Ia juga yang menunjuk sutradara dan penulis naskah. Sementara sutradara lebih berkuasa di lokasi syuting, ia yang menentukan bagaimana setiap scene di sebuah film. Jadi sutradara adalah orang yang menentukan bagaimana sebuah film dilihat oleh penonton.

Jika kita membuat pengandaian. Anggap saja film adalah sebuah tim sepak bola, produser adalah pemilik tim tersebut dan sutradara adalah pelatih/coach tim tersebut. Produser hanya mendanai dan memberikan target pada sebuah tim tersebut sementara sutradara adalah yang menentukan bagaimana para pemain bermain untuk mencapai target yang diusung sang produser. Produser pada umumnya jarang hadir di lokasi syuting tapi lebih sibuk di luar lokasi syuting seperti mengurus bagaimana cara mempromosikan dan mendistribusikan film nantinya.

Di era dunia perfilman sekarang tak jarang seseorang yang merangkap kedua posisi tersebut sekaligus dalam sebuah produksi film. Contohnya Paul W. S. Anderson yang menjadi produser serta sutradara dalam proses pembuatan film "Resident Evil" yang dirilis pada tahun 2002.

Itulah tadi pengertian tentang perbedaan produser dan sutradara dalam dunia film. Semoga bisa membantu kalian yang ingin mengetahui perbedaan antara kedua posisi penting dalam pembuatan sebuah film tersebut. Mohon maaf jika penjelasan saya kurang dimengerti dan jika ada kesalahan mohon untuk berkomentar melalui kolom komentar di bawah.

Sumber gambar: People vector created by macrovector - www.freepik.com

Keywords: Apa Itu Produser, Apa Itu Sutradara, Tugas Hak Dan Kewajiban Sutradara, Pengertian Arti Penjelasan, Apa Yang Membedakan, Tugas Yang Beda Antara

Posting Komentar untuk "Perbedaan Produser dan Sutradara dalam Dunia Film"