38 Kartun Terbaik yang Pernah Tayang di Televisi Indonesia

Berikut daftar kartun-kartun terbaik yang pernah tayang di pertelevisian Indonesia dan menemani masa-masa kecil kita yang indah.
Kartun Terbaik yang Pernah Tayang di Televisi Indonesia.jpg

Televisi/TV merupakan salah satu media hiburan paling ampuh untuk mengusir rasa jenuh. Saat kecil tepatnya ketika masa-masa SD saya adalah seorang pecandu TV dan banyak menghabiskan waktu untuk menonton TV. Masih teringat di hari Minggu saat sekolah libur dan kartun-kartun berserakan di pertelevisian Indonesia. Bahkan tak hanya hari Minggu saja, hari-hari biasa juga stasiun TV Indonesia dulu sering menayangkan kartun-kartun yang seru.

Sekarang semuanya sudah benar-benar berubah. Jangankan hari-hari biasa, hari Minggu saja kartun sudah langka di TV Indonesia. Saya mengerti kenapa anak-anak sekarang di hari Minggu selalu bangun siang karena bangun pagi pun tak ada kartun yang bisa mereka tonton. Dulu saya maksain bangun pagi di hari Minggu hanya untuk menonton kartun favorit saya. Kasihan sekali anak-anak sekarang, mereka disuguhkan tontonan yang malah berdampak negatif bagi mereka.

Kali ini saya akan mencoba membuat daftar kartun animasi yang pernah tayang di pertelevisian kita untuk sekadar bernostalgia ke masa kecil yang indah. Ada beberapa kartun yang masih bertahan dari saat saya kecil sampai sekarang tapi kebanyakan yang sudah tidak ditayangkan lagi. Saya yakin kalau kalian seumuran saya pasti akan merasa terkenang masa kecil ketika mendengar nama-nama kartun yang masuk dalam daftar ini, itupun kalau kalian waktu kecil suka nonton TV.

Berikut 38 Kartun Terbaik yang Pernah Tayang di Televisi Indonesia Versi AzizPedia

1. Tom and Jerry

Kita mulai daftar ini dengan kartun paling fenomenal dan sudah di anggap kartun legend yaitu "Tom and Jerry". Siapa sih yang tidak kenal kartun kocak yang satu ini? Kartun yang diciptakan oleh William Hanna dan Joseph Barbera ini sudah pernah tayang di beberapa stasiun TV Indonesia seperti RCTI, Global TV, Indosiar sampai ANTV.

"Tom and Jerry" bercerita tentang perseteruan si kucing Tom dan si tikus Jerry. Tom selalu berusaha untuk menangkap Jerry walaupun tidak diketahui awal konflik mereka, mungkin karena pada umumnya kucing selalu bermusuhan dan memburu tikus. Di kebanyakan episode Jerry selalu keluar sebagai pemenang karena kepandaiannya atau karena kebodohan Tom. Tapi, ada juga beberapa episode dimana Tom menjadi pemenang, biasanya itu terjadi ketika Jerry sudah keterlaluan menjahilli Tom. Sementara itu di beberapa episode juga ada yang menampilkan Tom dan Jerry sebagai teman dan melawan karakter lain.

Hal-hal tidak masuk akal sering terjadi di kartun yang didistribusikan oleh Metro-Goldwyn-Mayer (MGM) ini seperti tertabrak namun tidak mati dan hal-hal absurd lainnya. Namun itu tidak jadi masalah karena saat masa kecil kita tidak memedulikan masuk akal atau tidaknya adegan dalam "Tom and Jerry" tapi kekocakannya yang kita cari. Saya sempat menonton kembali "Tom and Jerry" di TV Indonesia, namun keseruannya terasa hilang karena banyaknya adegan-adegan yang dipotong dengan alasan tidak pantas ditonton oleh anak-anak. Scene Tom memukul Jerry kerap kali dipotong padahal scene itulah yang membuat saya tertawa sewaktu kecil.

Selain "Tom and Jerry", di TV Indonesia juga sempat tayang serial spin-off-nya yang berjudul "Tom and Jerry Kids". Serial tersebut menampilkan Tom dan Jerry saat masih kecil. Selain "Tom and Jerry Kids" beberapa serial spin-off "Tom and Jerry" juga sempat tayang di pertelevisian Indonesia.

Kalian suka dengan Tom and Jerry, ingin membeli berbagai perlengkapan bertemakan Tom and Jerry, yuk cek link di bawah ini!
=> Koleksi Terlengkap Aksesoris, Perlengkapan dan Pakaian Bertemakan Tom and Jerry

Selanjutnya ada beberapa kartun dari Nickelodeon yang sempat tayang di Global TV. Betapa indahnya saat Global TV masih setia dengan Nickelodeon...

2. SpongeBob SquarePants

"SpongeBob SquarePants" adalah satu dari sedikit kartun yang masih tersisa dari era keemasan kartun di TV Indonesia. "SpongeBob SquarePants" awalnya ditayangkan di Lativi (sekarang tvOne) sampai akhirnya hak siar kartun-kartun Nickelodeon dibeli oleh Global TV (sekarang GTV). Kartun ini menjadi tontonan wajib saya di pagi hari sewaktu saya kecil bahkan sekarangpun setelah saya besar "SpongeBob SquarePants" tetap menjadi tontonan favorit saya. Saya tidak pernah malu menonton "SpongeBob SquarePants" di usia saya yang sekarang ini.

"SpongeBob SquarePants" diciptakan oleh seorang animator dan ahli biologi laut bernama Stephen Hillenburg. Animasi ini pertama kali diproduksi dari tahun 1999 dan masih tetap diproduksi sampai sekarang. Fokus utama kartun ini menceritakan keseharian spons laut bernama SpongeBob SquarePants. SpongeBob tinggal di kota Bikini Bottom di bawah Samudera Pasifik bersama karakter-karakter lainnya seperti Squidward, Patrick, Tuan Krabs, Sandy dan lain-lain.

Anehnya meskipun dibuat oleh seorang ahli biologi laut yang tahu betul tentang kehidupan laut tapi kartun ini jauh dari kata masuk akal. Hillenburg sepertinya sengaja memberikan konsep gila di animasi ini. Mana ada seekor kepiting memiliki anak seekor ikan paus? di laut ada laut? Tapi, dengan konsep aneh tersebut justru membuat "SpongeBob SquarePants" terus disukai dari generasi ke generasi. Meskipun terkesan hanya sebagai hiburan saja tapi kartun ini banyak mengajarkan kita hal-hal penting terutama tentang persahabatan. Kata-kata bijak kerap kali diucapkan oleh karakter-karakter konyol di animasi ini.

" Kalau uang bisa membuatku melupakan sahabat terbaikku, maka aku lebih memilih untuk tidak punya uang sama sekali." - SpongeBob SquarePants

"Aku jelek dan aku bangga!" - Patrick Star

"Pemujaan yang berlebihan itu tidak sehat." - Patrick Star

Itu adalah 3 kutipan kata-kata bijak dari banyaknya kata-kata bijak di kartun "SpongeBob SquarePants". Semoga GTV terus menayangkan "SpongeBob SquarePants" agar kartun berkualitas ini juga bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Kalian suka dengan kartun "SpongeBob SquarePants", ingin membeli berbagai perlengkapan bertemakan "SpongeBob SquarePants", cek link di bawah ini!
=> Koleksi Aksesoris, Perlengkapan dan Pakaian Bertemakan SpongeBob SquarePants

3. Avatar: The Legend of Aang

"Air, Api, Tanah, Udara. Dahulu keempat negara hidup dengan damai, namun semuanya berubah saat negara Api menyerang. Hanya Avatar yang mampu mengendalikan keempat elemen yang dapat menghentikannya. Namun, saat dunia membutuhkannya dia menghilang. Seratus tahun kemudian aku dan kakakku menemukan seorang Avatar muda yang baru. Seorang pengendali udara bernama Aang. Walaupun ilmu pengendalian udaranya sangat bagus, namun dia masih butuh banyak waktu untuk bisa menguasai semuanya. Tapi aku yakin, Aang dapat menyelamatkan dunia".

Ada yang masih ingat kata-kata di atas? Ya, itu adalah kutipan narasi pembukaan "Avatar: The Legend of Aang". Kartun yang di Amerika Serikat lebih dikenal dengan judul "Avatar: The Last Airbender" ini pernah ditayangkan di GTV namun sekarang sudah tidak ditayangkan lagi. Animasi ini terdiri dari 3 season dengan total 61 episode, semuanya pernah ditayangkan di GTV. Dulu saya sampai nonton bareng bersama dengan teman saya saat episode terakhir kartun ini di GTV, final fight "Avatar: The Legend of Aang" antara Aang dan Fire Lord Ozai benar-benar keren dan epik.

Animasi "Avatar: The Legend of Aang" diciptakan oleh Michael Dante DiMartino dan Bryan Konietzko. Kartun ini menceritakan tentang seorang pengendali udara terakhir bernama Aang yang dinobatkan sebagai Avatar untuk menguasai keempat elemen (air, tanah, api, dan udara) agar bisa menghentikan kekejaman Negara Api. Dalam petualangannya ia ditemani Katara, Sokka, Appa, Momo, Toph Beifong, dan Zuko yang awalnya musuh namun menjadi teman di musim ke-3.

Animasi ini banyak mengadaptasi hal-hal dari budaya Asia. Bahkan saya awalnya mengira kalau animasi ini buatan Cina namun ternyata bukan. Unsur komedi sangat terasa di "Avatar: The Legend of Aang" apalagi dalam karakter Sokka, animasi yang pertama kali tayang pada 21 Februari 2005 ini cocok ditonton anak kelas 5 SD keatas.

Kalian suka dengan kartun "Avatar: The Legend of Aang", ingin membeli berbagai perlengkapan bertemakan "Avatar: The Legend of Aang", cek link di bawah ini!
=> Koleksi Aksesoris, Perlengkapan dan Pakaian Bertemakan Avatar: The Legend of Aang

4. The Legend of Korra

"The Legend of Korra" adalah sekuel dari "Avatar: The Legend of Aang" dan juga masih diciptakan oleh Michael Dante DiMartino serta Bryan Konietzko. Saya pernah menonton animasi ini di GTV namun setahu saya animasi yang diputar di Nickelodeon dari tahun 2012-2014 ini hanya sebentar tayang di GTV. Saat itu saya sedang belajar di pesantren ketika animasi ini diputar di GTV jadi saya kurang tahu apa semua episode "The Legend of Korra" ditayangkan di GTV atau tidak karena saya jarang pulang ke rumah.

Setelah Avatar Aang membawa kedamaian di 4 negara terciptalah United Republic of Nations. Disana semua orang dari 4 negara sebelumnya di "Avatar: The Legend of Aang" berkumpul baik orang biasa atau para pengendali elemen dengan ibukotanya bernama Republic City. Korra, seorang gadis keras kepala dari Southern Water Tribe terpilih sebagai Avatar selanjutnya menjadi penerus Avatar Aang. Antagonis utama di animasi ini adalah Kelompok Anti-Pengendali Elemen.

5. ChalkZone

Kartun ini menceritakan tentang seorang bocah SD bernama Rudy Tabootie yang bisa memasuki Dunia Kapur. Semua gambar atau tulisan yang ditulis oleh kapur dan dihapus akan masuk ke Dunia Kapur, disana gambar tersebut akan hidup tergantung isi pikiran si penggambar. Rudy bisa memasuki dunia tersebut karena ia memiliki kapur ajaib yang bisa membuka portal antara Dunia Kapur dan dunia manusia. Selain bisa membuka portal, kapur ajaib membuat Rudy bisa menghidupkan sesuatu yang digambarnya jika ia menggambarnya di Dunia Kapur. Bersama sahabatnya Penny Sanchez, Rudy berpetualang di Dunia Kapur dan ia juga banyak bertemu makhluk-makhluk aneh termasuk makhluk berwarna biru yang Rudy ciptakan ketika Rudy berusia 8 tahun yaitu Snap.

Animasi yang diciptakan oleh Bill Burnett dan Larry Huber ini diproduksi oleh Frederator Studios dan Nickelodeon. Terdiri dari 4 season dengan 40 episode dan sempat ditayangkan di GTV dari tahun 2006-2012. Saya sangat menyukai kartun ini karena ide ceritanya yang sangat kreatif, saya sempat membayangkan betapa indahnya jika Dunia Kapur benar-benar ada. ChalkZone adalah tontonan yang sangat cocok untuk anak-anak dimana anak-anak punya imajinasi yang tak terbatas dan "ChalkZone" seperti gambaran imajinasi mereka.

6. CatDog

"CatDog" adalah salah satu kartun paling absurd yang pernah saya tonton, bagaimana mungkin seekor kucing dan seekor anjing bisa kembar siam? Entah apa yang dipikirkan Peter Hannan saat membuat kartun "CatDog". Yang paling aneh bagaimana cara mereka buang air besar? Tapi sewaktu kecil saya tidak peduli dengan hal-hal tersebut, saya waktu itu hanya menikmati "CatDog" sebagai anak kecil yang polos yang mencari kelucuan. Saat sudah agak dewasa barulah saya geleng-geleng kepala dengan kartun yang sempat ditayangkan di GTV ini.

Terdiri dari 4 season dan 63 episode, "CatDog" menceritakan keseharian hewan kembar siam aneh yaitu setengah kucing dan setengah anjing. Kejadian kocak kadang hadir diantara mereka ketika keduanya memiliki pandangan yang tidak sependapat.

7. Hey Arnold!

"Hey Arnold!" adalah animasi bergenre komedi yang diciptakan Craig Bartlett dan terdiri dari 5 season dengan total 102 episode. Di Nickelodeon, "Hey Arnold!" ditayangkan dari tanggal 7 Oktober 1996 sampai 8 Juni 2004 sementara di Indonesia sempat ditayangkan di GTV. Saya lupa kapan tepatnya "Hey Arnold!" ditayangkan di GTV tapi kalau tidak salah tahun 2011 kebelakang soalnya terakhir saya menonton kartun ini saat saya masih SD.

"Hey Arnold!" menceritakan kehidupan seorang bocah 9 tahun bernama Arnold yang tinggal bersama kakek dan neneknya. Kartun ini menampilkan Arnold bersama teman-temannya yang berusaha menyelesaikan setiap masalah yang menghampiri. Ada satu karakter gadis di kartun ini bernama Helga yang selalu mem-bully Arnold namun sebenarnya Helga punya perasaan terhadap Arnold. Tapi ini bukanlah animasi romance, "Hey Arnold!" tetap mengedepankan genre comedy.

8. Dora the Explorer

"Swiper jangan mencuri, Swiper jangan mencuri, Swiper jangan mencuri"

Hayo siapa yang ingat kata-kata itu? Ya, kata-kata itu sering Dora ucapkan ketika si rubah Swiper hendak mencuri sesuatu.

"Dora the Explorer" adalah animasi yang diciptakan oleh Chris Gifford, Valerie Walsh Valdes, dan Eric Weiner yang menceritakan petualangan seorang gadis bernama Dora bersama monyetnya yang bernama Boots. Mereka berdua menjelajah untuk membantu seorang teman atau mencari sesuatu yang mereka butuhkan. Arah penjelajahan mereka biasanya dibimbing oleh peta yang saat tidak digunakan tersimpan dalam ransel milik Dora. Selain peta, di dalam ransel Dora juga terdapat berbagai benda yang dibutuhkan dalam penjelajahan mereka. Sepanjang perjalanan mereka akan dibantu oleh beberapa teman, keluarga, dan saudara Dora, juga binatang-binatang, tumbuhan, atau benda yang bisa berbicara lainnya. Satu-satunya yang sering menghambat perjalanan mereka adalah Swiper, seekor rubah . Ia suka mencuri barang-barang yang dibutuhkan dalam perjalanan.

Dalam penjelajahannya, Dora banyak mengajak penonton untuk turut membantunya. Seperti mengajak anak-anak yang menjadi penontonnya untuk menjawab pertanyaan Dora, membantu menghitung, memilih jalan atau benda yang mereka butuhkan dari beberapa alternatif pilihan, mencari benda yang tersembunyi, atau memperingatkan bila Swiper mendekat. Keterlibatan berlanjut dengan munculnya anak panah menyerupai penunjuk dalam komputer, sehingga penonton seolah bisa melakukan pilihan atau menunjuk sesuatu.

Di akhir perjalanan, ketika tujuan mereka sudah tercapai, Dora biasanya merayakan keberhasilannya dengan menyanyikan lagu keberhasilan. Dora pun akan menanyakan pada penonton bagian mana dari perjalanannya yang paling disukai.

Animasi ini sangat direkomendasikan untuk anak kecil karena akan menambah wawasan dan pengetahuan dari setiap petualangan Dora. Sempat ditayangkan di GTV namun sekarang penayangannya sudah dihentikan.

9. Rugrats

Sama seperti kartun-kartun Nickelodeon lainnya, "Rugrats" di Indonesia ditayangkan di GTV. Kartun yang diciptakan oleh Arlene Klasky, Gábor Csupó, dan Paul Germain ini diproduksi oleh Klasky Csupo Productions, Nickelodeon, Wang Film Productions, dan Anivision.

"Rugrats" memiliki 9 season dengan 172 episode dan menceritakan kehidupan sekelompok bayi yaitu Tommy, Chuckie, sikembar Phil & Lil, serta Angelica. Kartun ini sempat dibuatkan serial sekuelnya yang berjudul "All Grown Up!" yang menceritakan para bayi di Rugrats yang sudah bukan bayi lagi.

10. The Adventure of Jimmy Neutron: Boy Genius

"The Adventure of Jimmy Neutron: Boy Genius" atau sering juga disebut dengan hanya "Jimmy Neutron" saja adalah kartun yang dibuat oleh John A. Davis dan Steve Oedekerk. Kartun ini merupakan serial TV spin-off dari sebuah film di tahun 2001 yang berjudul "Jimmy Neutron: Boy Genius". Terdiri dari 61 episode, kartun ini pertama kali ditayangkan di Nickelodeon mulai tanggal 20 Juli 2002 sampai 25 November 2006. Di Indonesia, kartun yang diproduksi oleh O Entertainment, DNA Productions, dan Nickelodeon ini sempat menghiasi GTV.

"The Adventure of Jimmy Neutron: Boy Genius" menceritakan keseharian seorang bocah jenius bernama Jimmy Neutron. Walaupun masih kecil tapi kejeniusan Jimmy sudah melebihi orang dewasa sampai-sampai ia bisa membuat alat-alat canggih. Tak jarang dengan alat-alat yang ia ciptakan ia malah mendapatkan sebuah masalah konyol. Sampai sekarang episode yang masih saya ingat adalah episode dimana Jimmy menciptakan sebuah penemuan untuk membuatnya sakit agar ia tidak disuruh pergi ke sekolah oleh orang tuanya.

Untuk kalian yang mau membeli jam tangan bertemakan Jimmy Neutron bisa cek link di bawah ini!
=> Jam tangan bertemakan Jimmy Neutron

11. My Life as a Teenage Robot

"My Life as a Teenage Robot" terdiri dari 3 season dengan 40 episode dan sempat ditayangkan di GTV dari tahun 2005 sampai 2010. Kartun ciptaan Rob Renzetti ini menceritakan seorang robot bernama XJ-9 atau lebih dikenal dengan nama Jennifer 'Jenny' Wakeman. Jenny diciptakan oleh Dr. Nora Wakeman untuk tujuan melindungi bumi. Meskipun seorang robot perempuan tapi Jenny memiliki berbagai macam senjata di dalam tubuhnya. Walaupun ditugaskan menjadi penjaga bumi tapi Jenny juga berusaha untuk hidup sebagai remaja perempuan pada umumnya. Namun tetap saja semuanya tidak berjalan lancar dan kadang Jenny gagal menjadi remaja wanita biasa di beberapa episode. Jenny diceritakan menyimpan perasaan pada seorang lelaki bernama Brad Carbunkle.

12. Danny Phantom

Dibuat oleh Butch Hartman, "Danny Phantom" memiliki 3 season dengan total 53 episode. Kartun yang diproduksi oleh Billionfold Inc. dan Nickelodeon ini sempat tayang di GTV dari tahun 2006 dan hanya mampu bertahan 2 tahun sampai 2008. Sementara di Nickelodeon animasi "Danny Phantom" ini ditayangkan pertama kali pada tanggal 3 April 2004 dan episode terakhirnya tayang pada tanggal 24 Agustus 2007.

Baca juga: Manfaat-Manfaat Menonton Film

"Danny Phantom" bercerita tentang seorang anak berusia 14 tahun bernama Danny Fenton yang bisa berubah menjadi hantu karena sebuah kecelakaan di laboratorium ruang bawah tanah keluarganya. Saat dalam wujud hantu Danny memanggil dirinya Danny Phantom dan mencoba menjadi pahlawan dengan menolong orang lain atau menghentikan orang-orang jahat. Bersama Sam dan Tucker, Danny menyimpan rahasia kalau ia bisa berubah menjadi hantu dan tetap mencoba menjalani kehidupan normalnya. Diceritakan Danny menyimpan perasaan terhadap Sam dan sepertinya Sam juga menyukai Danny, terlihat ketika Sam selalu prihatin ketika Danny dibully oleh orang lain.

13. Back at the Barnyard

"Back at the Barnyard" adalah serial TV animasi yang merupakan spin-off dari film "Barnyard". Penulis naskah cerita film "Barnyard" dan pembuat animasi "Back at the Barnyard" adalah orang yang sama yaitu Steve Oedekerk. Kartun yang terdiri dari 2 season dan 52 episode ini pernah tayang di GTV.

"Back at the Barnyard" menceritakan para hewan di peternakan yang mencoba menyelesaikan setiap masalah yang datang. Fokus utamanya pada seekor sapi bernama Otis yang mencoba melindungi teman-temannya dan peternakan dari gangguan yang datang. Teman-teman Otis yang juga tinggal di peternakan adalah Pip si tikus, Pig si babi, Peck si ayam, Duke si Anjing, Abby dan Bessy yang juga sapi, tetapi mereka adalah sapi betina. Salah satu karakter yang selalu mengganggu adalah Nyonya Beady, ia selalu berusaha membuktikan kalau hewan-hewan di peternakan dapat berbicara.

14. Teenage Mutant Ninja Turtles

"Teenage Mutant Ninja Turtles" atau biasa disingkat dengan "TMNT" adalah sebuah animasi TV series yang berdasarkan pada komik berjudul sama karya Kevin Eastman dan Peter Laird. "TMNT" bercerita tentang 4 kura-kura ninja yang bertugas menjaga kedamaian kota Manhattan yaitu Leonardo, Michelangelo, Raphael, dan Donatello. Mereka berempat dilatih oleh seekor tikus bernama Splinter. Saya sempat menonton episode yang menjelaskan kenapa mereka berbeda dengan hewan pada umumnya, ternyata itu karena mereka tersiram sebuah cairan kimia. Salah satu karakter antagonis di "TMNT" adalah The Shredder. Salah satu TV Series TMNT juga sempat di produksi oleh Nickelodeon dan sempat ditayangkan di GTV.

Setelah membahas kartun-kartun dari Nickelodeon yang pernah tayang di TV Indonesia, kali ini mari kita membahas dan mengenang kartun-kartun dari Jepang atau biasa disebut anime yang pernah menghiasi pertelevisian Indonesia.

15. One Piece

Oke, kita mulai dengan anime paling populer di dunia yaitu "One Piece". Anime yang satu ini merupakan adaptasi dari manga karya Eiichiro Oda yang juga berjudul One Piece. Kepopuleran dan kesuksesan One Piece tak perlu diragukan lagi, penjualan manga One Piece menjadi yang terlaris sepanjang sejarah, bahkan jika jumlah penjualan dari manga Naruto, Bleach, Fairy Tail, dan Gintama digabung belum cukup menyaingi total penjualan manga One Piece.

Fokus utama dari cerita "One Piece" adalah tentang seorang bajak laut bernama Monkey D. Luffy yang bercita-cita menjadi raja bajak laut dengan cara menemukan harta karun peninggalan raja bajak laut sebelumnya yaitu Gold D. Roger. Itu adalah inti ceritanya tapi cerita "One Piece" sebenarnya sangatlah rumit dengan dunia fiksinya yang sangat luas. Kejutan-kejutan banyak terjadi di anime yang satu ini dari mulai kematian, latar belakang setiap tokoh, pengkhianatan dan kejutan-kejutan lainnya. Kelucuan, ketegangan, keseruan, dan kesedihan bercampur di "One Piece".

Anime "One Piece" diproduksi dari tahun 1999 dan masih berlanjut sampai sekarang. Dengan masih banyaknya misteri yang belum terungkap, "One Piece" sepertinya masih lama untuk mencapai kata tamat. Anime ini pernah ditayangkan di RCTI dan GTV, beberapa waktu lalu sempat juga ditayangkan di Spacetoon tapi dengan sensor yang membabi buta. Tentunya dengan peraturan pertelevisian Indonesia sekarang mustahil "One Piece" tayang lagi. Zoro pegang pedang disensor, buah dada Nami disensor, Sanji merokok disensor, adegan bertarung di potong, darah keluar layar jadi hitam putih, apanya yang mau ditonton.

Kalau ditonton oleh anak yang berfikiran positif sebenarnya banyak hal positif yang dapat di ambil dari anime ini. "One Piece" mengajarkan kita banyak hal seperti tentang perjuangan, kekeluargaan, keberanian menentang ketidakadilan, dan yang paling menonjol adalah tentang persahabatan. Banyak juga kata-kata keren yang diucapkan para karakter "One Piece".

"Terlalu percaya dengan kekuatan sendiri justru dapat merugikan" - Bluejam

"Kapan seorang manusia mati? Saat jantung mereka terkena peluru senjata? Bukan... Saat mereka menderita penyakit yang tidak bisa disembuhkan? Bukan... Saat mereka makan jamur beracun? Juga bukan... Tapi, saat mereka telah dilupakan oleh orang lain" - Dr. Hiluluk
"Orang yang marah saat dikatakan lemah, merupakan bukti bahwa dia memang lemah" - Don Krieg
"Banyak orang ingin melupakan masa lalu, tapi sedikit orang yang belajar dari masa lalu" - Nico Robin

Kalian suka anime "One Piece" , ingin membeli berbagai perlengkapan bertemakan "One Piece", cek link dibawah ini.
=> Koleksi Aksesoris, Perlengkapan, dan Pakaian Bertemakan One Piece

16. Dragon Ball & Dragon Ball Z

Orangpun datang
Dan akan kembali
Kehidupan kan jadi satu
Dikehidupan yang kedua
Akan menjadi lebih indah
Siapakah yang dapat melaksanakan
Sekarang berusaha mewujudkannya

Cahaya cinta perlahan menyilaukan
Itulah mimpi kehidupan kedua
Mimpi itu dari mana datangnya

Jawabnya ada diujung langit
Kita kesana dengan seorang anak
Anak yang tangkas dan juga pemberani

Bertarunglah Dragon Ball
Dengan segala kemampuan yang ada
Bila kembali dari langit
Semoga hidup kan jadi lebih baik

Tugas yang berat dilaksanakan
Berjuang agar lebih baik
Siapa yang dapat melaksanakannya
Dan berusaha mewujudkan
Semua itu demi hidup yang baik
Hanya dia yang mampu melaksanakannya

Hayo, siapa yang bacanya sambil nyanyi? Diatas adalah lirik lagu "Dragon Ball" versi Indonesia yang berjudul "Bertarunglah Dragon Ball". Sebuah lagu yang akan terus terngiang-ngiang dikepala sampai kapanpun untuk anak-anak 90-an dan 2000-an awal.

"Dragon Ball" adalah anime karya Akira Toriyama yang awalnya merupakan sebuah manga lalu di adaptasi menjadi sebuah serial anime. Anime ini bercerita tentang petualangan karakter Goku dan keluarga serta teman-temannya dalam melindungi Bumi dari para penjahat. Di anime ini ada 7 bola yang disebut bola naga dan jika seseorang berhasil mengumpulkan semuanya maka ia bisa membuat permintaan apa saja bahkan menghidupkan orang mati.

Anime "Dragon Ball" dan "Dragon Ball Z" itu berbeda, "Dragon Ball" menceritakan kisah Goku saat kecil sampai mengalahkan Piccolo sementara "Dragon Ball Z" adalah kelanjutan dari "Dragon Ball" menceritakan Goku yang sudah dewasa. Keduanya pernah ditayangkan di Indosiar. Ada juga "Dragon Ball Super" yang merupakan lanjutan "Dragon Ball Z". Tentu saja "Dragon Ball Super" belum ditayangkan di televisi Indonesia, atau lebih tepatnya tidak akan pernah tayang.

Kalian suka anime "Dragon Ball", ingin membeli berbagai perlengkapan bertemakan "Dragon Ball", cek link di bawah!
=> Koleksi Aksesoris, Perlengkapan dan Pakaian Bertemakan Dragon Ball

17. Naruto & Naruto: Shippuden

Anime "Naruto" menceritakan bocah ninja bernama Naruto dari Desa Konoha yang bercita-cita menjadi hokage. Sementara "Naruto: Shippuden" merupakan kelanjutan dari anime "Naruto" dimana diceritakan Naruto yang sudah bertumbuh lebih dewasa. Saya sepertinya tak perlu menceritakan lebih banyak tentang anime yang satu ini karena saya yakin kalian juga tahu banyak tentang anime yang satu ini. Anime ini merupakan karya mangaka bernama Masashi Kishimoto.

Anime ini pernah tayang di beberapa stasiun televisi Indonesia seperti GTV dan Indosiar. "Naruto: Shippuden" sudah tamat di episode 500. "Boruto: Naruto Next Generations" yang merupakan anime kelanjutan "Naruto: Shippuden" sudah mulai ditayangkan. "Boruto: Naruto Next Generations" menceritakan putra Naruto yaitu Boruto sementara Naruto diceritakan sudah menjadi hokage.

Kalian suka anime "Naruto", ingin membeli berbagai perlengkapan bertemakan "Naruto", cek link di bawah! => Koleksi Aksesoris, Perlengkapan, dan Pakaian Bertemakan Naruto

18. Captain Tsubasa

"Captain Tsubasa" adalah anime yang di adaptasi dari manga karya Yoichi Takahashi yang berjudul sama. Anime ini menceritakan petualangan seorang bocah bernama Tsubasa Oozora dalam meniti kariernya sebagai pesepakbola profesional. Kalau dipikir-pikir lagi setelah saya cukup dewasa ternyata anime ini kocak juga, mana ada pemain yang mau nendang bola malah ngebayangin masa lalu dulu dan parahnya flashback-nya itu bisa sampai 5-10 menit. Tapi itu terlihat wajar karena pada saat saya kecil saya menonton dengan imajinasi bukan logika.

Anime ini pernah malang melintang di beberapa stasiun TV Indonesia seperti Indosiar, GTV, RCTI, dan Spacetoon. Sayang sekali sekarang sudah tidak lagi ditayangkan padahal anime ini memberikan dampak positif kepada anak-anak agar mau berolahraga khususnya bermain sepak bola.

Selain "Captain Tsubasa" ada juga anime "Captain Tsubasa J (World Youth)" dan "Captain Tsubasa: Road to 2002". Keduanya merupakan sekuel anime "Captain Tsubasa" dan juga pernah ditayangkan di televisi Indonesia.

19. Doraemon

Anime "Doraemon" bercerita tentang seorang anak SD pemalas bernama Nobita dan robot kucingnya dari abad ke-22 bernama Doraemon. Doraemon dikirim dari masa depan untuk membantu Nobita agar menjadi orang sukses dan tidak menyusahkan keturunannya di masa depan. Dari kantong ajaib Doraemon bisa dikeluarkan berbagai macam alat-alat ajaib dari masa depan. Ketika Nobita mendapat masalah biasanya Nobita akan merengek-rengek kepada Doraemon untuk mengeluarkan sebuah alat ajaib yang bisa menyelesaikan masalah Nobita tapi kadang-kadang Nobita menggunakannya untuk hal yang tidak baik sampai-sampai Nobita malah terjerumus pada masalah yang lebih besar. Tokoh-tokoh lain yang ada di anime "Doraemon" adalah Shizuka, Giant, dan Suneo.

Anime ini adalah adaptasi manga karya Fujiko F. Fujio.

Kalian suka "Doraemon", ingin membeli berbagai perlengkapan bertemakan "Doraemon", cek link di bawah!
=> Koleksi Terlengkap Aksesoris, Perlengkapan dan Pakaian Bertemakan Doraemon

20. Ninja Hattori

Saya awalnya sempat heran kenapa anime "Ninja Hattori" memiliki banyak kemiripan dengan anime "Doraemon". Ternyata pencipta "Ninja Hattori" dan "Doraemon" dulu pernah bergabung menjadi duo penulis manga dengan nama Fujiko Fujio. Lalu pencipta "Ninja Hattori" yang mempunyai nama asli Abiko Motoo dan pencipta "Doraemon yang" mempunyai nama asli Fujimoto Hiroshi berpisah. Abiko Motoo kemudian memakai Fujiko Fujio A sebagai nama samarannya sementara Fujimoto Hiroshi memakai Fujiko F. Fujio sebagai nama samarannya.

"Ninja Hattori" bercerita tentang seorang anak SD bernama Kenichi Mitsuba yang memiliki teman seorang ninja bernama Hattori yang akhirnya menjadi bagian keluarga Mitsuba. Karakter antagonis dari anime ini adalah Kimimaki yang selalu mengganggu Kenichi. Anime ini pernah ditayangkan di Indosiar, RCTI, dan Spacetoon.

Apa ada yang masih ingat soundtrack bahasa Indonesia anime "Ninja Hattori"?

21. Crayon Shin-Chan

"Crayon Shin-Chan" adalah anime yang diadaptasi dari manga berjudul sama buatan Yoshito Usui. Anime ini pertama kali ditayangkan dari tahun 1992 dan masih berlanjut sampai sekarang sementara di Indonesia sudah tidak ditayangkan lagi. Anime yang sudah memiliki lebih dari 900 episode ini sempat ditayangkan di RCTI.

"Crayon Shin-Chan" bercerita tentang seorang anak berusia 5 tahun bernama Shin-chan. Ia adalah anak yang super nakal, konyol, usil, jail, dan suka sekali menggoda wanita-wanita cantik. Tak jarang ia membuat kesal orang-orang disekitarnya terlebih kedua orang tuanya. Tapi, ulah Shin-chan itulah yang membuat anime ini sangat lucu dan menghibur.

Saat masih ditayangkan di pertelevisian Indonesia kabarnya anime ini sempat mendapatkan teguran dari KPI karena dirasa kurang mendidik dengan tingkah Shin-chan yang selalu merayu wanita-wanita cantik yang sudah dewasa.

22. Detective Conan

"Detective Conan" atau biasa juga disebut "Case Closed" adalah anime bertema detektif yang berdasarkan manga karya Gosho Aoyama. Sampai saat ini anime yang tayang perdana di tahun 1996 ini masih diproduksi dan sudah memiliki lebih dari 800 episode. Detective Conan adalah salah satu anime yang paling saya sukai tapi semakin kesini saya merasa bosan dengan cerita Detective Conan.

Anime ini menceritakan tentang Shinichi Kudo, seorang detektif sekolah menengah atas yang tubuhnya mengecil akibat sebuah racun. Ia diberi racun oleh anggota Black Organization, sebuah organisasi yang sangat misterius. Setelah mengecil ia memutuskan mengganti namanya menjadi Conan Edogawa sebagai bentuk penyamarannya dalam usaha mengungkap Black Organization dan mengungkap kasus-kasus lainnya. Saya sangat suka anime ini karena dibeberapa episode kita dibuat berpikir keras siapa sebenarnya pelakunya namun beberapa episode juga terkesan kurang menarik dan mudah di tebak. Anime ini pernah ditayangkan di Indosiar.

23. Pokemon

Di Jepang anime ini dikenal dengan nama "Pocket Monsters". "Pokemon" awalnya adalah sebuah game buatan Nintendo lalu diadaptasi ke dalam beberapa media termasuk anime. Dengan kesuksesannya menjadi salah satu franchise game terlaris, Pokemon juga berhasil mendulang kesuksesan ketika diadaptasi menjadi sebuah serial anime. Pertama kali ditayangkan sejak 1 April 1997 dan masih berlanjut sampai sekarang, Pokemon sudah memiliki lebih dari 900 episode.

Inti cerita Pokemon mengikuti seorang remaja bernama Ash Ketchum atau lebih dikenal dengan Satoshi dalam versi Jepang dan Indonesia (Satoshi merupakan nama depan pencipta Pokemon, Satoshi Tajiri) yang bercita-cita untuk menjadi seorang master Pokemon. Sepanjang perjalannanya ia banyak bertemu musuh dan teman-teman baru. Trio Team Rocket yaitu Musashi, Kojiro, dan Nyasu menjadi antagonis utama di anime ini tapi tetap saja mereka selalu sial dan kalah dari Satoshi dan teman-temannya.

Saya merupakan salah satu penggemar franchise game Pokemon tapi saya kurang suka animenya. Kalau dulu saat saya kecil saya memang suka menonton Pokemon tapi sekarang saya kurang berminat karena cerita Pokemon terkesan monoton. Meskipun begitu Pokemon adalah anime yang tak akan pernah saya lupakan karena pernah menemani masa kecil saya. Anime Pokemon setahu saya pernah tayang di Indosiar dan pada tahun 2015 juga sempat ditayangkan di MNCTV.

Kalian suka dengan anime "Pokemon", ingin memiliki berbagai perlengkapan bertemakan "Pokemon", cek link dibawah!
=> Koleksi Aksesoris, Perlengkapan, dan Pakaian Bertemakan Pokemon

24. Bleach

"Bleach" adalah anime yang diadaptasi dari manga yang juga berjudul sama karya Tite Kubo. "Bleach" sekarang sudah tamat di episode 366 yang ditayangkan pada 27 Maret 2012. Anime ini pernah ditayangkan di Indosiar tapi saya tidak tahu apakah sampai episode terakhir atau tidak.

"Bleach" bercerita tentang Ichigo Kurosaki, seorang pelajar SMA yang memiliki kemampuan untuk melihat roh dan juga Rukia Kuchiki, seorang shinigami (dewa kematian) yang pada suatu hari bertemu dengan Ichigo sewaktu sedang memburu roh jahat yang disebut Hollow. Setelah menerima kekuatan shinigami dari Rukia dimulailah petualangan Ichigo dalam memberantas roh-roh jahat.

25. Inuyasha

"Inuyasha" adalah anime dan manga yang cukup populer di eranya, sekarang Inuyasha sudah tamat. Untuk manganya "Inuyasha" ditulis oleh Rumiko Takahashi dan diterbitkan dari tahun 1996 sampai tahun 2008 sementara animenya berjumlah 167 episode yang ditayangkan dari tahun 2000 sampai tahun 2004. Di Indonesia sempat juga ditayangkan di Indosiar, GTV, dan Spacetoon beberapa tahun lalu.

Cerita anime ini berfokus pada setengah manusia dan setengah siluman bernama Inuyasha. Inuyasha berpetualang bersama teman-temannya untuk mencari Shikon No Tama dan juga mengalahkan Naraku. Sepanjang petualangannya Inuyasha banyak bertemu siluman-siluman yang mengganggu orang-orang dan Inuyasha harus mengalahkan siluman tersebut.

26. Samurai-X

"Rurouni Kenshin: Meiji Swordsman Romantic Story" dikenal juga dengan hanya "Rurouni Kenshin" atau di Indonesia lebih dikenal dengan "Samuari-X" adalah salah satu anime terbaik di era-90. Anime yang awalnya manga karya Nobuhiro Watsuki ini diproduksi dari tahun 1996 sampai tahun 1998 dengan total 95 episode. Tapi, di Indonesia baru ditayangkan di awal 2000-an di SCTV dari episode pertama sampai terakhir. Sempat juga ditayangkan di RCTI, ANTV, Trans TV, dan TV7 (Sekarang Trans7). Anime ini berlatar saat era Meiji di Jepang dan menceritakan seorang samurai bernama Himura Kenshin. Beberapa film live-action "Samuari-X" juga sudah dibuat.

27. Cyborg Kuro-Chan

Anime berjudul "Cyborg Kuro-Chan" ini adalah anime karya Naoki Yokouchi yang awalnya berupa manga. Diadaptasi menjadi anime oleh Studio Bogey pada tahun 1999 dan ditayangkan di TV Tokyo. Anime yang hanya memiliki 66 episode ini seingat saya sempat ditayangkan di RCTI.

"Cyborg Kuro-Chan" menceritakan seekor kucing berbadan robot (cyborg) bernama Kuro-chan. Ia diculik oleh Dr. Go (Di Jepang dikenal dengan Dr. Mawari) dan merubah Kuro-chan yang awalnya seekor kucing biasa menjadi kucing robot tentunya dengan senjata. Rencana Dr. Go untuk menguasai dunia dengan pasukan kucing robot menjadi bumerang ketika Kuro-chan berhasil merusak chip yang mengontrolnya dan berbalik menjadi penghambat Dr. Go untuk menguasai dunia.

28. Astro Boy

Anime "Astro Boy" (dikenal juga dengan Atom Boy) adalah anime yang menceritakan seorang robot bernama Astro Boy. Astro Boy diciptakan oleh Dr. Tenma dan sengaja dibuat seperti anak-anak untuk mengenang anak Dr. Tenma yang sudah meninggal yaitu Tobio. Musuh Astro Boy kebanyakan juga para robot yang membenci manusia atau para alien.

Anime ini sempat tayang di RCTI, SCTV, dan terakhir di ANTV pada tahun 2008 sampai awal 2010-an. Ada beberapa versi anime "Astro Boy" yaitu versi 1963, versi 1980 dan versi 2003. Saya kurang tahu versi mana yang pernah ditayangkan di televisi Indonesia.

Kalian suka animasi "Astro Boy", ingin membeli berbagai perlengkapan bertemakan "Astro Boy", cek link dibawah!
=> Koleksi Aksesoris, Perlengkapan, dan Pakaian Bertemakan Astro Boy

29. Beyblade

Apa ada yang masih ingat dengan mainan gasing? Ya, itu adalah mainan legend anak 90-an dan 2000-an awal. Zaman sekarang sudah jarang anak-anak memainkan mainan tersebut. Dulu sempat tayang sebuah anime yang mengangkat tema permainan gasing berjudul "Beyblade". Anime yang berjudul "Explosive Shoot Beyblade" di Jepang ini sempat ditayangkan di Indosiar sekitar tahun 2006-2007. Anime ini pernah punya masa jayanya di Indonesia, bahkan di tempat saya mainan gasing lebih sering disebut beyblade daripada gasing.

"Beyblade" menceritakan seorang pemain gasing bernama Kinomiya Takao (dikenal juga dengan Tyson Granger di versi lain) dan teman-temannya yaitu Kai Hiwatari, Ray Kon, dan Max Tate. Dalam perjalanannya mereka bertemu dengan banyak teman, musuh, dan rival. Permainan gasing di anime ini tentu saja berbeda dengan di dunia nyata karena di anime ini setiap gasing punya kekuatan supernya masing-masing.

Kalian suka bermain beyblade, ingin membeli mainannya, cek link di bawah!
=> Koleksi Mainan Beyblade

30. Eyeshield 21

Selain "Captain Tsubasa" ada satu lagi anime yang bergenre olahraga yaitu "Eyeshield 21". Bukan bertemakan sepak bola, anime karya Riichiro Inagaki ini bertemakan olahraga american football. Anime yang berjumlah 145 episode dan diproduksi oleh Studio Gallop ini seingat saya sempat ditayangkan di GTV.

"Eyeshield 21" menceritakan Sena Kobayakawa yang memiliki kecepatan di atas rata-rata. Ia memiliki kelebihan tersebut karena semasa kecil ia sering disuruh-suruh oleh teman sabayanya yang nakal dalam waktu singkat. Saat masuk SMA, Sena bergabung dalam sebuah tim american football dan berhasil memanfaatkan kelebihannya.

31. Let's & Go

Selain gasing, masih ingatkah kalian dengan mainan tamiya? Ya, tamiya juga merupakan salah satu mainan anak 90-an dan awal 2000-an. Mainan ini sebenarnya bernama Mini 4WD tapi di tempat saya lebih dikenal dengan tamiya yang sebenarnya adalah nama sebuah perusahaan asal Jepang yang pertama kali memproduksi Mini 4WD. Sama seperti gasing, tamiya juga sempat menjadi tema sebuah anime berjudul "Let's & Go". Anime yang berjudul lengkap "Bakusō Kyōdai Let's & Go!!" ini merupakan adapasi manga karya Tetsuhiro Koshita yang diterbitakan dari tahun 1994 sampai tahun 1999. Animenya sendiri berjumlah 153 episode yang di produksi oleh Studio XEBEC dan ditayangkan di TV Tokyo dari tahun 1996 sampai tahun 1998. Di Indonesia, "Let's & Go" sempat ditayangkan setiap Minggu pagi di RCTI dari tahun 2002 sampai tahun 2005, sempat juga ditayangkan di Spacetoon.

Anime "Let's & Go" bercerita tentang Seiba bersaudara yaitu Retsu Seiba dan Go Seiba serta tim balap tamiya-nya yang bernama Tsuchiya Racing Factory (TRF). Di anime ini setiap karakter menamai mobil balap tamiya-nya. Setiap mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan tentu saja kekuatan yang tak mungkin ada di dunia nyata.

32. The Adventures of Hutch the Honeybee

"The Adventures of Hutch the Honeybee" adalah sebuah anime yang diproduksi Tatsunoko Production dan pertama kali ditayangkan di Fuji Television dari tahun 1970 sampai tahun 1971 dengan total 91 episode. Tatsunoko Production juga sempat me-remake anime ini dan ditayangkan di Nippon Television dari tahun 1989 sampai tahun 1990 dengan total 53 episode. Saya tidak tahu yang mana yang pernah ditayangkan di televisi Indonesia.

"The Adventures of Hutch the Honeybee" menceritakan seekor anak lebah madu bernama Hutchi yang terpisah dari ibunya. Ia pun berpetualang untuk bisa bertemu dengan ibu kandungnya. Sepanjang perjalanannya Hutchi banyak bertemu teman baru dan tak sedikit pula hewan-hewan lain yang berniat jahat terhadap Hutchi. Perjalanan Hutchi sangat menyedihkan dan mengharukan.

33. Kobo-Chan

"Kobo-Chan" awalnya adalah manga berjudul sama karya Masashi Ueda. Serial animenya yang diproduksi oleh Studio Eiken dan ditayangkan di Nippon Television dari tahun 1992 sampai tahun 1994 dengan total 63 episode. Anime ini pernah ditayangkan di RCTI pada awal 2000-an setiap hari Minggu dan di NET beberapa tahun lalu.

"Kobo-Chan" menceritakan tentang keseharian seorang anak berusia 5 tahun yang bernama Kobo Tabata. Kobo tinggal dirumah yang sederhana di Tokyo bersama kedua orang tuanya dan kakek-neneknya serta seorang pamannya.

34. Chibi Maruko-chan

Momoko Sakura adalah anak kelas 3 SD dari keluarga Sakura yang menjadi tokoh utama anime ini. Anak gadis yang biasa di panggil Maruko ini adalah anak yang pemalas, sering terlambat kesekolah dan nilainya sering jelek, sebelas dua belas lah sama Nobita. Anime "Chibi Maruko-chan" menceritakan keseharian Maruko yang selalu berulah baik itu di lingkungan keluarga atau sekolah.

"Chibi Maruko-chan" sempat ditayangkan di layar kaca Indonesia setiap hari Minggu di RCTI. Anime ini merupakan adaptasi manga karya Momoko Sakura, nama pengarangnya memang sama dengan nama tokoh utama di anime ini bahkan kabarnya cerita-cerita di Chibi Maruko-chan juga berdasarkan masa kecil si pengarang.

Setelah di awali dengan "Tom and Jerry" lalu kartun-kartun dari Nickelodeon serta jajaran anime selanjutnya ada 4 kartun lagi yang pasti sangat memorable buat anak 90-an dan awal 2000-an.

35. Casper

Hayo siapa yang masih ingat tokoh kartun ini? Sudah lama sekali kartun ini tidak tayang di pertelevisian Indonesia atau mungkin tidak akan pernah tayang lagi. Padahal tidak ada alasan untuk tidak menayangkan kartun yang satu ini, tidak ada unsur negatif dari kartun ini untuk anak-anak, kecuali kalau kalian memang orang yang suka banget cari kekurangan-kekurangan sebuah tontonan, pasti ada saja alasan untuk mengatakan sebuah tontonan itu membawa dampak negatif.

Saya lupa tepatnya kapan terakhir kartun ini ditayangkan tapi yang pasti saya masih kecil dan belum masuk SD, sekitar umur 6 atau 7 tahun. Seingat saya "Casper" sempat ditayangkan di TPI yang sekarang berganti nama menjadi MNCTV.

"Casper" adalah karakter buatan Seymour Reit dan Joe Oriolo yang hak ciptanya kemudian dijual ke Paramount Pictures' Famous Studios. Setelah itu beberapa film dan serial animasi dibuat dan menjadikan karakter Casper sebagai tokoh utamanya. Salah satu serial animasi "Casper" terpopuler adalah "The Spooktacular New Adventures of Casper" yang berjumlah 52 episode yang diproduksi dari tahun 1996 sampai tahun 1998.

36. Scooby-Doo

"Scooby-Doo" adalah salah satu franchise animasi tersukses di dunia yang dibuat oleh Joe Ruby dan Ken Spears untuk Hanna-Barbera Productions Inc. Dibuat pada tahun 1969, "Scooby-Doo" sudah dibuatkan banyak film dan serial televisinya.

Kartun "Scooby-Doo" menceritakan sekelompok remaja yang dikenal dengan sebutan Mystery Inc yang terdiri dari Shaggy Rogers, Fred Jones, Velma Dinkley, Daphne Blake, dan karakter utama si anjing yang bisa berbicara, Scooby-Doo. Di versi serial animasi lainnya ada karakter Scrappy-Doo, anak anjing yang juga bisa berbicara. Di setiap episode, mereka akan menyelediki sebuah kasus yang berbau misteri dan supranatural tapi pada akhirnya kasus tersebut tidak ada kaitannya dengan hal-hal supranatural. Bisa dibilang "Scooby-Doo" adalah versi horror-comedy dari "Detective Conan".

Kartun ini pernah ditayangkan di pertelevisian Indonesia tepatnya di Trans7. Saat saya masih SD kartun inilah yang menemani sarapan pagi saya sebelum berangkat ke sekolah.

37. Marsupilami

Masih ada yang ingat kartun yang satu ini? Coba kalian masih ingat suara khas Marsupilami?

"Marsupilami" adalah kartun yang menceritakan seekor hewan unik dan keluarganya yang berteman dengan sebuah keluarga manusia. Keluarga manusia tersebut mencoba melindungi keluarga Marsupilami dari bahaya-bahaya manusia lainnya terutama seorang pemburu yang selalu terobsesi untuk menangkap Marsupilami.

Di versi animasi "Marsupilami" lainnya diceritakan keluarga Marsupilami tinggal di pedalaman hutan Palombia dan berteman dengan seorang bocah bernama Hector dan kakak perempuannya yang sedang melakukan penelitian di hutan Palombia. Ketenangan keluarga Marsupilami dan hewan-hewan lainnya terusik ketika seorang wanita licik berusaha merusak hutan.

Baca juga: Artis yang Pernah Menjadi Korban Bullying

Karakter Marsupilami yang penuh tingkah konyol ini diciptakan oleh Andre Franquin dan awalnya merupakan karakter komik yang pertama kali diterbitkan di majalah asal Belgia yaitu Spirou pada tahun 1952. Kedua versi animasi "Marsupilami" yang saya ceritakan di atas pernah ditayangkan di televisi Indonesia, untuk yang pertama pernah di tayangkan di RCTI sementara versi kedua ditayangkan di RTV.

Kalian suka "Marsupilami", ingin membelikan anak atau keponakan kalian yang masih kecil sweter bertemakan "Marsupilami", cek link di bawah!
=> Sweter bertemakan Marsupilami

38. Ben 10

"Ben 10" menceritakan tentang seorang anak bernama Ben yang awalnya seorang anak biasa sampai ia secara tak sengaja menemukan Omnitrix. Dengan benda berbentuk jam tersebut Ben dapat berubah menjadi beberapa wujud alien dengan kelebihannya masing-masing. Ketika para alien menyerang Bumi, Ben dan sepupunya, Gwen, serta kakeknya, Max, harus melawan para alien tersebut.

Kartun "Ben 10" diciptakan oleh Man of Action Studios dan diproduksi oleh Cartoon Network Studios. Kartun yang didistribusikan oleh Warner Bros. Television Distribution ini memiliki 4 season dengan total 52 episode. "Ben 10" sempat ditayangkan di Indosiar. selain "Ben 10", serial animasi sekuelnya yang berjudul "Ben 10: Alien Force" juga sempat ditayangkan di Indosiar. "Ben 10: Alien Force" berlatar 5 tahun setelah "Ben 10" dimana Ben diceritakan sudah menjadi remaja dan alien-aliennya pun sudah berbeda.

Kalian suka dengan kartun "Ben 10", ingin membeli berbagai barang bertemakan "Ben 10", cek link di bawah!
=> Koleksi Aksesoris, Perlengkapan, dan Pakaian Bertemakan Ben 10

Itulah tadi 38 kartun terbaik yang pernah tayang di televisi Indonesia versi AzizPedia.

Melihat pertelevisian Indonesia sekarang memang sangat berbeda dengan tahun 90-an atau awal 2000-an. Tontonan kartun untuk anak-anak sekarang sudah menurun drastis. Ya, bisnis tetap bisnis, stasiun televisi lebih mementingkan rating ketimbang hal lainnya. Itu hak mereka.

Mustahil pertelevisian kita kembali ke era kejayaan kartun seperti dulu. Selain karena rating yang selalu dinomor satukan, peraturan yang terlalu ketat terhadap tontonan anak juga ikut andil menghambat kembalinya kejayaan kartun di pertelevisian kita. Miris memang, ketika kartun terlalu diawasi sementara sinetron seenaknya menampilkan adegan perkelahian dan percintaan. Acara-acara yang menampilkan cara berpakaian kurang pantas pun juga sangat nyaman tampil di layar kaca tanpa blur sedikitpun sementara di anime "Doraemon" saat scene Shizuka berbikini sampai di blur. Saya terheran-heran bukan main, Shizuka itu cuma 2D siapa yang bakalan bernafsu melihat kartun 2D berbikini? Apa pernah ada berita "Seorang anak berusia 8 tahun memperkosa adiknya yang berusia 5 tahun karena melihat Shizuka berbikini"?

Karena sepertinya artikel ini terlalu panjang maka saya sudahi saja artikel ini. Semoga dengan membaca artikel ini kalian bisa sedikit bernostalgia dengan masa kecil kalian yang indah ketika kartun-kartun berkualitas dan menghibur bertebaran di televisi Indonesia.

Keywords: kartun indonesia, islami, baru, indosiar, keluarga, di mnctv, dulu, film kartun indonesia, gambar, terbaru, tokoh, download film