Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memasang SSL (HTTPS) di Blogspot yang Sudah Memakai Domain TLD

Cara Memasang SSL (HTTPS) di Blogspot yang Sudah Memakai Domain TLD.jpg

Blogspot yang merupakan blog builder yang dikembangkan perusahaan raksasa teknologi, Google, kini mulai menyuguhkan fitur demi fitur baru yang akan semakin memuaskan para penggunanya. Saya sebenarnya sempat berpikir kalau Blogspot dibiarkan terbengkalai oleh Google karena sudah tidak ada pembaruan dalam jangka waktu yang lama. Google seperti lebih fokus ke YouTube atau proyek mereka yang lain. Namun, ternyata tidak demikian, mereka kini mulai memberikan update-update terbaru untuk layanan blog yang bisa diakses gratis untuk semua orang tersebut.

Yang terbaru adalah adanya tampilan yang lebih ramah untuk para pengguna ponsel. Beberapa tampilan seperti statistik dan menu tema kini bisa lebih nyaman diakses melalui ponsel. Namun, saya tidak akan membahas yang satu itu, melainkan update mereka terhadap Google yang sudah lama yakni tersedianya SSL untuk blog di Blogspot yang sudah memakai domain TLD secara gratis. Dulu hanya blog yang masih memakai subdomain blogspot yang bisa memakai SSL namun sekarang blog yang sudah memakai domain TLD seperti com, net, org, site, dan lain-lain juga bisa memasang SSL.

Ini penjelasan singkat mengenai SSL. SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer, yakni sebuah protokol kriptografi yang memberikan sambungan yang aman di internet. Dengan adanya SSL sambungan antara web browser dan situs web jadi lebih aman karena terenkripsi. Intinya, dengan memakai SSL maka situs web atau blog kita jadi lebih aman dari ancaman-ancaman pihak yang hendak berbuat jahat. Meskipun hanya sebatas blog yang berisi tulisan dan tidak ada transaksi uang namun SSL tetap diperlukan agar blog bisa terlihat lebih profesional dan elegan. Kabarnya juga SSL berpengaruh terhadap SEO sebuah blog, tapi ingat ya dalam SEO banyak faktor yang mempengaruhinya jadi bukan berarti kalian pasang SSL lalu blog kalian langsung ada di page one hasil pencarian Google.

Kalian tertarik untuk membeli kaos-kaos bertemakan Blogger atau yang cocok digunakan oleh para bloger, silakan klik link berikut ini:
- Kaos Bertemakan Blogger

Tutorial cara memasang SSL di Blogspot yang sudah memakai domain TLD

- Seperti biasa masuk ke Blogspot.

- Pilih "Setelan" > "Dasar".

- Selanjutnya kalian lihat di bagian "HTTPS", ada "Ketersediaan HTTPS" dan "Pengalihan HTTPS". Pastikan kalian memilih "Ya" untuk keduanya seperti gambar di bawah.

- Selesai Mudah bukan cara memasang SSL di Blogspot yang sudah memakai domain TLD. Untuk membedakan situs yang memakai SSL dan bukan, kalian hanya perlu melihat link-nya, jika memakai https:// maka situs tersebut menggunakan SSL tapi jika hanya http:// maka situs tersebut tidak menggunakan SSL. Di aplikasi browser Chrome terlihat jelas di alamat URL-nya, jika sebuah situs menggunakan SSL maka akan ada tanda gembok di samping URL-nya jika yang muncul tanda peringatan maka situs tersebut tidak menggunakan SSL.

Situs yang memakai SSL

Situs yang tidak memakai SSL

Ada baiknya buat kalian yang ngeblog di Blogspot untuk memakai SSL, banyak keuntungan yang bisa kalian dapatkan. Lagi pula gratis kok, kita kan doyan yang gratisan. 😂

Keywords: ssl adalah, ssl indonesia, ssl murah, ssl fastssh, ssl checker, ssllabs, ssl capture, ssl certificate, fastssh ssl, ssl error, ssl for free, unblock video ssl, ssh ssl 30 days, ssh ssl indo, sshdropbear ssl, https server adalah, protokol https adalah, https adalah, https adalah singkatan dari, port https adalah, pengertian https adalah, ssl https adalah

Posting Komentar untuk "Cara Memasang SSL (HTTPS) di Blogspot yang Sudah Memakai Domain TLD"