Crash Bandicoot: On the Run!, Game Endless Runner yang Ternyata Biasa Saja

"Crash Bandicoot: On the Run!" adalah sebuah game endless runner terbaru 2021 yang tersedia untuk perangkat ponsel Android dan iOS.
Crash Bandicoot: On the Run!, Game Endless Runner yang Ternyata Biasa Saja.jpg

Game baru dari waralaba "Crash Bandicoot" kembali hadir, kali ini di perangkat Android. "Crash Bandicoot" ini bisa dibilang sebuah seri game yang cukup populer. Di Android, seri game "Crash Bandicoot" terbaru ini hadir dengan judul "Crash Bandicoot: On the Run!" dalam genre endless runner.

"Crash Bandicoot: On the Run!" adalah sebuah game berjenis endless runner yang tersedia di perangkat mobile yakni untuk Android dan iOS. Game ini dikembangkan oleh developer King dan diterbitkan oleh King bersama Activision. "Crash Bandicoot: On the Run!" dirilis pada 25 Maret 2021 di seluruh dunia dan bisa kalian unduh secara gratis di Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS. Game ini hanya membutuhkan waktu satu hari semenjak dirilis untuk mencapai angka 8 juta kali diunduh. Untuk sebuah game endless runner ini termasuk jumlah yang fantastis. Tapi, apakah game ini memang menyuguhkan sesuatu yang baru dan mendobrak konsep game endless runner yang kita tahu, ataukah biasa saja dan terkesan memakai kepopuleran waralaba "Crash Bandicoot" saja?

Jika kita berbicara tentang game endless runner khususnya di Android maka pikiran kebanyakan orang mungkin langsung mengarah ke sebuah game bernama "Subway Surfers". Saya sendiri sebenarnya belum pernah benar-benar memainkan game "Subway Surfers", mungkin hanya mencoba sekali dua kali dan tak sempat mencoba semua fiturnya atau mengeksplorasi apa saja yang disajikan game tersebut. Meskipun begitu, saya tahu kalau untuk saat ini "Subway Surfers" masih menjadi game endless runner paling populer di Android.

Kalian tahu kan apa itu game endless runner? Game endless runner adalah sebuah game dimana kita mengontrol seorang karakter yang terus berlari sembari menghindari rintangan-rintangan yang ada dengan cara melompat, menunduk atau berpindah jalur. Di perjalanan biasanya kita bisa mengumpulkan koin atau semacamnya serta beberapa item yang bisa berguna untuk mempermudah permainan.

Meskipun ini game endless runner yang gameplay-nya terkesan hanya lari-lari saja tapi game ini mempunyai latar belakang cerita. Diceritakan Dokter Neo Cortex mencuri kekuatan permata untuk mengaktifkan portal ke berbagai dunia dan waktu. Ia berusaha menguasai multiverse. Crash dan saudara perempuannya, Coco, kini harus berusaha mengumpulkan semua permata dan mengembalikan kedamaian di multiverse.

"Crash Bandicoot: On the Run!" adalah sebuah game endless runner sederhana yang dicoba dibuat menjadi lebih ribet. Jika kita ingin mengumpulkan permata maka kita harus mengalahkan berbagai karakter bos di game ini. Untuk bisa memainkan mode permainan melawan karakter bos tersebut kita diharuskan mengumpulkan resource yang bisa kita dapat dari bermain di mode endless runner biasa. Dengan resource atau bahan-bahan tersebut kita bisa membuat item yang memungkinkan kita bermain dalam mode permainan melawan karakter bos. Hal ini bagi saya tidak memberikan keunikan bagi game ini. Game ini bisa cocok dimainkan oleh anak-anak yang tahunya swipe-swipe layar doang tapi dengan adanya mode ini rasanya untuk anak-anak juga agak ribet. Untuk orang dewasa pun bermain game endless runner rasanya gimana gituh. Paling juga dimainkan saat bosan, lagipula dengan banyaknya jenis game di Android rasanya game berjenis endless runner akan menjadi pilihan kesekian untuk orang dewasa, bahkan ketika mereka benar-benar gabut dan butuh hiburan. Mode permainan yang diusung "Crash Bandicoot: On the Run!" ini memang agak membingungkan, jika berbicara target pemainnya.

Bagi saya, jujur mode permainan "Crash Bandicoot: On the Run!" ini tidaklah seru sama sekali.

Game ini juga memberikan unsur kompetitif dengan kita bisa membuat tim atau bergabung dengan tim lain dan berlomba mendapatkan sebanyak-banyaknya trofi. Untuk mendapatkan trofi kalian bisa bermain di Mode Survival. Mode Survival ini adalah dimana kita bermain dengan pemain lain dan bersaing menjadi yang paling lama bertahan dalam permainan. Saya tidak tahu apakah di Mode Survival ini kita bisa bermain bersama player sungguhan atau tidak, karena sampai saat ini saya selalu mendapatkan lawan bot di mode ini. Ini akan menjadi sebuah mode yang sangat useless jika kita hanya bisa bermain dengan bot saja, dimana letak keseruannya coba.

Sejauh saya bermain game ini sampai saat ini, masih banyak fitur-fitur yang dalam tahap coming soon alias belum tersedia. Saya tidak tahu itu fitur atau mode permainan apa saja. Entah itu memang belum tersedia atau progres bermain saya saja yang belum mencapai tahap untuk membuka fitur atau mode tersebut, tapi tidak ada informasi saya harus mencapai level tertentu atau melakukan apa untuk membukanya jadi saya rasa memang fitur atau mode tersebut belum dirilis oleh pengembang.

Untuk visual game ini tampil dengan grafis kartun. Tampilan kartunnya cukup berwarna dan terkesan ceria cocok untuk anak-anak meskipun tentu saja orang dewasa memainkan game ini bukanlah sebuah masalah. Ya, game-game "Crash Bandicoot" mau bagaimana lagi penampilannya, memang kartun kan. Musiknya juga selaras dengan nuansa game yang ceria.

Overall, "Crash Bandicoot: On the Run!" memang belum mampu menggebrak game berjenis endless runner. Mencoba memberikan mode permainan yang unik namun bagi saya jatuhnya malah membuat ribet. Tapi, visual dan musik cukup bagus.

Nilai: 6/10

Catatan:
- Game mungkin dirilis juga di platform lain, tapi artikel ini khusus membahas game Crash Bandicoot: On the Run! yang dirilis di platform Android.
- Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur dan informasi tentang game di artikel ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.

Keywords: Game Crash Bandicoot: On the Run! Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android, characters, bosses, beta ios, bandipedia, beta apk, apk latest version, android, download free, obb, kapan rilis, apkpure, release date, mod apk, data di uscita crash bandicoot on the run