Crazy, Stupid, Love (2011), Crazy dan Stupid-nya Ada, Love-nya Mana?

"Crazy, Stupid, Love" merupakan film komedi-romantis yang berhasil menyuguhkan komedi yang memang bagus, sayangnya kesan romantisnya tidak terasa.
Crazy, Stupid, Love (2011), Crazy dan Stupid-nya Ada, Love-nya Mana?.jpg

Jika kita melihat deretan cast "Crazy, Stupid, Love", sepertinya kita bisa berekspektasi lebih sebelum menonton film ini. Bagaimana tidak, ada tiga pemenang Oscar di film ini, yaitu Julianne Moore, Emma Stone, dan Marisa Tomei serta dua peraih nominasi Oscar yaitu Steve Carell dan Ryan Gosling. Beberapa nama yang saya sebutkan barusan juga pernah mendapatkan penghargaan Golden Globe.

Film "Crazy, Stupid, Love" dirilis pada 19 Juli 2011 dan diarahkan oleh dua sutradara, John Requa serta Glenn Ficarras, sementara untuk bagian penulisan ceritanya ada Dan Fogelman.

"Crazy, Stupid, Love" berhasil mengumpulkan pendapatan kotor dari seluruh dunia sekitar $145 juta dari estimasi modal sebesar $50 juta. Untuk penilaian, film berdurasi 1 jam 58 menit ini mendapatkan rating 7,4/10 dari 486 ribu ulasan di IMDb serta 79% dari 237 review di Rotten Tomatoes.

Sinopsis: Cal (Steve Carell), seorang pria paruh baya amat sedih ketika istrinya meminta cerai. Namun untuk mengatasi kehilangannya, ia mulai memilih gadis di sebuah bar atas desakan teman barunya, Jacob (Ryan Gosling).

"Crazy, Stupid, Love" adalah sebuah komedi-romantis yang bisa dibilang cukup baik di bagian komedinya, sayangnya tidak pada bagian romantisnya. "Crazy, Stupid, Love" berhasil menyuguhkan komedi yang sederhana tapi kena, crazy dan stupid-nya sangat terasa, dengan porsi yang pas. Hanya karena ada kata crazy dan stupid bukan berarti film ini harus menghadirkan humor dengan cara yang gila-gilaan atau berlebihan, tak perlu seperti itu, tingkah laku karakter karena masalah percintaan dan beberapa dialog humornya sudah membuat komedi di film ini benar-benar hidup. Tapi, tidak dengan drama percintaan di film ini. Jujur saja, tidak ada bagian yang mempu mengangkat unsur percintaannya dengan baik, jika kalian mencari dimana romantisnya film ini, rasanya sulit untuk menemukannya. Karakter Jacob yang awalnya penakluk wanita ketika dirinya mulai merasakan cinta dan mencoba setia pada satu wanita juga terkesan tidak menarik, perkembangan karakter Jacob dari seorang playboy menjadi lelaki yang memiliki komitmen ini memang hambar.

"Crazy, Stupid, Love" mencoba membawa beberapa sub-plot yang mengiringi plot utamanya. Sub-plot tersebut secara mengejutkan berhasil memberikan dampak pada plot utama, jadi sub-plot di film ini memang direncanakan dengan sangat matang, bukan hanya sekadar membuat durasi film jadi lama. Film ini juga punya plot twist yang lumayan menghibur yang ditampilkan di bagian terlucu di film ini.

Ryan Gosling dan Emma Stona juga tidak memberikan penampilan terbaik mereka sebagai sepasang kekasih disini. "Crazy, Stupid, Love" sendiri merupakan film pertama dimana mereka bermain sebagai sepasang kekasih, dua film lainnya yang mempertemukan mereka dengan peran sebagai kekasih adalah film "Gangster Squad" dan "La La Land". Judul terakhir sangat sukses dengan memenangkan enam kategori di Academy Awards. Penampilan Stone dan Gosling sebagai sepasang kekasih dipuji di film tersebut. Jadi, sepertinya Stone dan Gosling sudah menebus kesalahan mereka di film ini lewat penampilan apiknya sebagai sepasang kekasih di "La La Land". Saya sebenarnya belum pernah menonton "La La Land" dan tidak ada niatan untuk menontonnya karena itu film musikal dan saya tidak terlalu tertarik dengan genre tersebut.

Tapi, jika berbicara bagaimana akting para pemain untuk memberikan nuansa humornya jelas berhasil. Steve Carell sepertinya sudah khatam dengan peran semacam ini, jadi kualitas aktingnya dalam menyajikan humor demi humor tak pernah meleset. Pun begitu pemain lain juga tampil meyakinkan untuk menambah kesan komedi film ini. Gosling juga sebenarnya tidaklah buruk jika dilihat dari sisi komedinya, bukan romance-nya. Ia bahkan masuk nominasi Best Actor – Motion Picture Musical or Comedy di Golden Globe.

Overall, "Crazy, Stupid, Love" adalah sebuah film komedi-romantis yang sangat berhasil di bagian komedinya tapi sangat hambar tak terasa di bagian romantisnya. Peran para pemain juga mendukung hal tersebut, menakjubkan dari sisi komedi tapi tak ada penampilan berkesan untuk menonjolkan sisi dramanya.

Nilai: 8/10

Keywords: Review & Ulasan Cerita Film Crazy, Stupid, Love (2011), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Sinopsis, Full Movie Download Subtitle Bahasa Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Alur Cerita, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, LK21, Pahe, HBO Max Go, Netflix, Disney Plus Hotstar