Project CARS GO, Game Balap dengan Gameplay Sederhana atau Mungkin Terlalu Sederhana?

Project CARS GO adalah sebuah game balap yang tergolong baru dirilis di Android dengan gameplay yang berbeda dan juga sederhana.
Project CARS GO, Game Balap dengan Gameplay Sederhana atau Bahkan Terlalu Sederhana?.jpg

Berbicara soal game balap di Android, sudah ada judul-judul berkelas yang digemari banyak orang, sebut saja seri Asphalt dan Need for Speed. Jika ada game baru yang mencoba mengganggu posisi game-game yang sudah memantapkan posisinya di genre ini maka game tersebut harus punya sesuatu yang baru dan tentu saja mampu bersaing di setiap bagian dengan game-game yang sudah ada. Project CARS GO adalah sebuah game balap baru di Android, apakah game yang satu ini mampu mengungguli Asphalt dan Need for Speed atau setidaknya layak disandingkan dengan keduanya?

Project CARS GO adalah salah satu game dari sebuah seri game balapan berjudul Project CARS yang sebenarnya bukan game baru di genre racing. Project CARS sudah mengeluarkan tiga seri dimana seri pertamanya dirilis pada tahun 2015 dan yang terakhir pada 2020, semuanya tersedia di PC, PS4, dan Xbox One. Seri terakhirnya kabarnya memang mendapatkan penilaian yang kurang memuaskan, berbeda dengan seri pertama yang banjir pujian bahkan mendapatkan rating 80 keatas pada situs Metacritic. Pada tahun 2021 ini, sang developer Slightly Mad Studios bekerja sama dengan Gamevil mencoba memasuki ranah game mobile dengan merilis Project CARS GO yang tersedia untuk Android serta iOS. Game ini dirilis secara resmi di Play Store pada 12 Juni 2021 dan bisa kalian download secara gratis.

Hal pertama yang harus dibahas di game ini adalah gameplay-nya. Mereka menyebutnya one-touch racing gameplay karena di game ini kita memang hanya melakukan beberapa sentuhan, menahan sentuhan tersebut dan melepaskannya. Tantangannya adalah kalian harus menyentuh layar di momen yang tepat yaitu saat mobil kalian melewati semacam gerbang. Gerbang biru berarti kalian menyentuh layar, gerbang merah harus menyentuh dan menahannya hingga kalian sampai di gerbang hijau kemudian harus melepaskan sentuhan kalian di layar. Ya, hanya itu gameplay yang disuguhkan game ini, selebihnya mungkin hanya ada bagian kalian harus mengatur momen saat start. gameplay-nya memang sangat sederhana, saya kurang tahu game Project CARS yang dirilis di versi konsol atau PC begini atau tidak karena saya belum pernah memainkannya. Bagaimana setelah mendengar penjelasan gameplay-nya, apakah kalian merasa game ini tidak akan seseru game balap yang sudah ada? Untuk kalian yang lebih suka kontrol normal di game balapan mobil mungkin agak kurang suka dengan gameplay di game ini, tapi bukan berarti gameplay seperti ini tak ada keunggulannya. Selain cocok untuk orang yang memang suka dengan kontrol game sederhana, gameplay ini juga akan membuat kalian lebih menikmati grafis yang ada karena jujur saja grafis game ini sudah sangat bagus. Apalagi merasakan sensasi saat mobil kita melaju dengan kecepatan penuh dan kita berhasil menekan layar di momen yang pas memberikan kesan satisfying, itu didukung juga dengan kualitas suara yang tak kalah bagusnya, disarankan menggunakan earphone ketika memainkan game ini agar lebih berasa suaranya. Jadi, menyebut gameplay seperti ini sepenuhnya buruk itu tidaklah benar, pada akhirnya tergantung pribadi masing-masing, apakah bisa menikmatinya atau tidak.

Mobil yang tersedia di game ini cukup banyak dan kelompokan berdasarkan tier, semakin tinggi tier-nya semakin bagus juga mobilnya. Fitur upgrade dan modifikasi mobil seperti di game balapan pada umumnya juga ada di game ini. Sementara untuk mendapatkan mobilnya kalian bisa membelinya dengan mata uang yang ada di game tapi ada juga beberapa mobil yang hanya bisa didapatkan lewat semacam box draw. Keberuntungan kalian diuji jika berharap mendapatkan mobil melalui box draw.

Sejauh ini saya belum menemukan mode multiplayer di Project CARS GO, mungkin memang tidak ada. Mode balapan di game ini juga tidak ada yang spesial, semuanya terasa biasa saja. Beberapa mode permainan khususnya di bagian event bahkan ada yang mengharuskan menggunakan mobil tertentu dan ini tentu saja kurang nyaman untuk pemain baru yang mobilnya masih belum banyak. Unsur kompetitifnya masih belum terasa karena tidak adanya mode multiplayer tadi meskipun ada semacam leaderboard yang mencatat waktu terbaik setiap pemain dalam sebuah balapan tapi itu hal yang sangat lumrah ditemui di game kebanyakan saat ini, tidak hanya di game balapan.

Di game ini kita tidak bisa bermain terus menerus karena setiap balapan kita membutuhkan gas, jika gas habis maka kita harus menunggu gas terisi kembali. Sistem seperti ini adalah sebuah sistem yang hadir di banyak game, entah apa gunanya ini, apakah agar menjaga server agar tidak penuh, tapi kan di game ini tidak ada mode online-multiplayer. Entahlah, saya kurang paham masalah ini.

Sayangnya saya menemukan bug yang cukup mengganggu di game ini yaitu pada tampilannya. Game ini memiliki tampilan landscape, normalnya tampilan landscape itu bagian atas ponsel kita berada di tangan kiri dan bagian bawah di tangan kanan tapi jika seperti itu tampilan Project CARS GO jadi bermasalah, kita harus membaliknya, yaitu bagian atas di tangan kanan dan bagian bawah di tangan kiri. Memangnya masalahnya seperti apa? Masalahnya cukup mengganggu, setiap tombol yang ada jadi tidak sesuai tempatnya dan ada beberapa bagian yang tidak bisa dipilih, ini jelas sangat mengganggu.

Di samping semua permasalahannya, harus diakui Project CARS GO sangat minim iklan, sebuah hal yang patut diacungi jempol.

Nilai: 6/10

Keywords: Game Project CARS GO Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android, Guide, Bahasa Indonesia, Tutorial