Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memasang Favicon di Blogger/Blogspot Lewat HP Android

Cara Memasang Favicon di Blogger/Blogspot Lewat HP Android.jpg

Blogger/Blogspot adalah salah satu platform blogging dari Google yang sudah sangat populer dan banyak digunakan orang-orang di dunia. Platform yang satu ini lebih fokus ke website jenis blog jadi jangan heran fiturnya tidak akan selengkap WordPress. Meskipun begitu, fitur-fitur dasar pada sebuah website juga disuguhkan Blogger, salah satunya adalah favicon.

Kali ini saya akan memberikan tutorial singkat cara merubah atau memasang favicon di Blogger. Cara ini bisa dilakukan lewat ponsel Android karena memang tampilan Blogger saat ini sudah mobile-friendly. Saran saya gunakan browser Chrome.

Apa Itu Favicon di Blog?

Favicon adalah sebuah gambar berukuran kecil yang akan muncul di tab, daftar favorit, ataupun bookmark pada browser disamping url atau judul halaman situs kita. Favicon juga akan tampil pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Jika blog kalian muncul di hasil pencarian Google, maka favicon akan ditampilkan disamping link blog yang muncul di hasil pencarian tersebut.

Apakah perlu memasang favicon untuk blog? Ini tergantung kalian saja karena setahu saya memasang atau tidak memasang favicon tidak akan berpengaruh banyak pada SEO atau hal vital lainnya di blog. Tapi, saran saya tentu saja kalian harus memasangnya, tujuannya agar blog kalian bisa lebih tampak profesional.

Cara Membuat Favicon Secara Online Lewat Ponsel Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika gambar agak buram, klik saja gambarnya untuk memperbesar agar kelihatan lebih jelas.

Sebelum memasang favicon di blog kalian, tentu saja kalian harus memiliki gambar favicon tersebut. Pertama-tama tentukan gambar yang akan kalian gunakan untuk menjadi favicon, umumnya gambar berupa logo blog kalian. Setelah memilih gambar yang akan kalian jadikan favicon selanjutnya kunjungi https://www.favicon-generator.org/ lewat browser kalian. Klik tombol Pilih file lalu pilih gambar yang akan kalian jadikan favicon. Karena disini kita akan membuat favicon untuk blog sebaiknya pilih Generate only 16x16 favicon.ico. Untuk pengaturan lainnya biarkan saja. Selanjutnya kalian klik tombol Create Favicon.

Klik Download the generated untuk menyimpan gambar favicon kalian yang memiliki format/ekstensi ico.

Cara Memasang Favicon di Blog Blogger

Kunjungi Blogger dengan browser favorit kalian. Lalu pergi ke Setelan kemudian klik tulisan Favicon.

Klik tombol Pilih File lalu pilih favicon yang tadi kalian buat. Selanjutnya tinggal klik tombol Simpan.

Jika favicon belum muncul, kalian tunggu saja, memang butuh waktu sampai favicon benar-benar muncul baik itu di hasil pencarian mesin pencari seperti Google atau di tab browser.

Itulah tadi penjelasan singkat apa itu favicon, cara membuat favicon secara online, dan cara memasangnya di blog Blogger. Jika ada bagian yang tidak kalian pahami atau ada yang ingin ditanyakan, kalian bisa bertanya di kolom komentar dibawah.

Keywords: download favicon, logo blogspot, buat favicon, favicon-generator, favicon tidak muncul, icon blogger, favicon blogger blogspot, ukuran favicon blogger, cara mengganti favicon blogger, kenapa favicon blog tidak berubah

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Favicon di Blogger/Blogspot Lewat HP Android"

close