Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Resep Lumpur Pandan Dan Lumpur Kismis, Pilih Yang Mana?

Resep Lumpur Pandan Dan Lumpur Kismis, Pilih Yang Mana?.jpg

Kalau sudah ngomongin masalah jajanan pasar di Indonesia, rasanya tidak ada habisnya! Salah satu kue basah yang sering banget di jadikan camilan, yaitu kue lumpur. Bahan-bahan dasarnya hanyalah dari kentang, santan, dan telur.

Tetapi, variasi lainnya kue lumpur dapat di tambahkan pandan atau ubi. Kentang atau ubi menjadi salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Menariknya, kue lumpur pada umumnya di beri hiasan kismis di atas sebagai pemanis. Ternyata, kismis ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan, lho! Nah intip cara masak lumpur bagaimana yuk!

Resep Lumpur pandan

Demi menggugah selera, pandan seringkali di jadikan sebagai salah satu bahan tambahan dalam kue lumpur. Alhasil, aroma dari kue lumpur akan terasa lebih wangi. Nah, berikut ini ada resep kue lumpur pandan yang dapat kalian coba.

Bahan-bahan

250 gram kentang, sudah di kukus dan di haluskan
1 butir telur
1 kuning telur
250 ml santan sedang sedikit kental
125 gram tepung terigu
115 gram gula pasir
½ pasta pandan
¼ sdt garam
50 gram margarin yang sudah di lelehkan
Bubuk vanili, secukupnya
Kismis, secukupnya sebagai topping

Langkah untuk Membuat

- Pertama-tama, rebus santan yang sudah di saring. Setelah mendidih, barulah angkat dan dinginkan.
- Kocok kuning telur, telur, dan gula pasir Sampai mengembang dan warnanya memucat. Selanjutnya, masukkan vanili dan garam. Kocok lagi hingga benar-benar merata.
- Masukkan santan, kemudian kocok rata. Selanjutnya, masukkan terigu, margarin meleleh bergantian dengan kentang yang sudah di haluskan. Barulah Kocok lagi hingga merata.
- Tambahkan pasta pandan pada santan dan kemudian tuang sedikit demi sedikit sambil di kocok rata. Adonan di sini sudah siap untuk di gunakan.
- Panaskan cetakan kue lumpur, Jangan lupa oles tipis margarin.
- Tuang adonan sebanyak ¾ cetakan, kemudian tutup dan biarkan hingga setengah matang.
- Buka tutup cetakan, Kemudian berikan kismis sebagai toppingnya sesuai selera.
Selanjutnya, tutup kembali cetakan dan biarkan sampai benar-benar matang.
- Setelah matang, barulah angkat kue lumpur dari cetakan dan siap untuk di sajikan. Atau dapat juga langsung di makan ketika masih panas juga sangat lezat.

Resep Kue Lumpur Anti Gagal

Umumnya, apa yang sering membuat kue lumpur buatan kalian jadi gagal? Pertama, kue lumpur tidak terasa lembut lantaran ada kesalahan dalam membuat adonannya. Kemudian, kue lumpur tidak matang sempurna. Nah, jika ini dapat terjadi karena salah menaruh adonan pada cetakan.

Prinsipnya, cetakan kue lumpur sama dengan oven, adalah dengan cara cetakan harus panas sebelum di tuang adonan. Adonan lumpur akan lebih cepat matang. Jika kalian menuangkannya saat cetakan belum panas, maka kue lumpur tidak matang sempurna. Mengoleskan cetakan dengan menggunakan mentega atau margarin juga berguna supaya adonan tidak lengket. Ini dia resep kue lumpur anti gagal yang dapat kalian coba!

Bahan-bahan

250 gram kentang, yang sudah di kukus dan di haluskan
250 gram tepung terigu
2 butir telur ayam
550 ml santan kelapa
3 sdm mentega
100 gram gula pasir
½ sdt garam
Kismis atau keju, secukupnya, pilih salah satu saja

Jika bahan sudah di siapkan semua, barulah memulai memasaknya. Caranya di sini masih sama saja dengan cara masak Lumpur yang sudah di sebutkan di atas.

Keywords: asal kue, hijau, puding, kelapa muda, gambar kue, ncc, cara bikin kue, kukus, tanpa kentang, resep kue lumpur pandan

Posting Komentar untuk "Resep Lumpur Pandan Dan Lumpur Kismis, Pilih Yang Mana?"

close