Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tragedi Mall Klender 1998, Kisah Runtuhnya Rezim dan Kerusuhan Tahun 98!

Tragedi Mall Klender 1998, Kisah Runtuhnya Rezim dan Kerusuhan Tahun 98!.jpg

Kisah tragedi Mall Klender adalah bagian dari kerusuhan pada tahun 1998 tepatnya di bulan Mei yang ingin meruntuhkan rezim Soeharto. Terjadi banyak sekali korban jiwa pada saat itu, bahkan terdapat ratusan nyawa yang melayang.

Tepat pada bulan Mei 1998, ada ratusan warga yang menjarah pusat perbelanjaan yang berada di daerah Klender, Jakarta Timut. Hal tersebut di porovokasi oleh sekelompok pria yang tidak bertanggung jawab, sehingga menewaskan ratusan orang.

Kisah Runtuhnya Rezim dan Kerusuhan Tahun 98, Tragedi Mall Klender

Setidaknya tragedi kebakaran Mall Klender 98 ini menelan korban jiwa hingga 488 orang. Tentunya kejadian ini menjadi salah satu kisah kelam di Indonesia pada saat itu, karena kerusuhannya hanya di provokasi oleh sebagian orang.

Kepulan asap tebal menyelimuti jalan-jalan raya dan sebagian pusat perbelanjaan, dimana banyak sekali toko yang dijarah, dibakar, dan warganya mulai panik. Hal itulah yang menyebabkan banyak korban jiwa.

Kerusuhan Terjadi Karena Dipicu oleh Provokator

Salah satu pusat perbelanjaan yang dibakar dan juga dijarah masa adalah Yogya Plaza Kklender atau yang sering disebut dengan Mall Klender. Pada saat kerusuhan terjadi, banyak orang-orang yang sedang berbelanja disitu.

Plaza Klender, atau yang sekarang lebih dikenal dengan Citra Klender dulunya memang terkenal dengan pusat perbelanjaan yang cukup lengkap. Karena terdapat beberapa toko serba ada, bioskop, tempat bermain anak, hingga restoran cepat saji.

Karena itulah, Mall Klender pada saat itu menjadi salah satu sasaran dan amukan massa. Terjadinya penjarahan tersebut paling parah pada masa penggulingan pemerintahan Orde Baru yang dipimpin oleh Soeharto.

Sejumlah saksi hidup menyatakan bahwa penjarahan Mall Klender yang terjadi pada 1 Mei 1998 disebabkan oleh provokator. Maksudnya adalah penjarahan tersebut dipicu oleh sekelompok pria yang menyuruh warganya untuk masuk kedalam Mall.

Sekelompok pria tersebut ingin masuk kedalam Mall guna melakukan penjarahan dan kerusakan. Saat menjalankan aksinya, banyak orang yang menyamar menjaid murid SMA, karena memang sekelompok pria tersebut menggunakan seragam anak sekolah.

Aksi Penjarahan Terjadi di Siang Hari

Sekitar pukul 1 siang atau 13.00m beberapa warga sudah berkumpul di depan Mall Klender. Tidak berselang lama, kerusuhan dan penjarahan mulai terjadi, sehingga beberapa pengunjung Mall mulai panik.

Sekelompok penjarah tersebut melempari pertokoan juga yang ada di sekeliling Mall Kklander, sembari mengacungkan jari dan berteriak. ‘ayo jarah dan serbu Mall Klender, karena itu punya orang cina.

Dari provokasi tersebut, keributan mulai terjadi dan membuat warga sekitar menjadi panik. Sehingga semua warga baik laki-laki, perempuan, dari umur yang tua dan muda juga ikut menjarah Mall Klender.

Sebenarnya pada saat itu juga, terdapat sebagian warga yang baik dan ikut melerai aksi penjarahan. Akan tetapi, leraian dari sebagian warga tersebut tidak cukup kuat suaranya, sehingga malah berbalik lagi kepada mereka.

Sementara itu, dikejadian yang sama, warga yang berusaha melerai pertikaian tersebut justru terkena dampaknya. Dari aksi warga yang melerai, mereka juga ikut terlempari batu dan banyak jatuh korban juga.

Akan tetapi yang aneh dari kejadian Mei 1998 tersebut justru para aparatur negara ataupun pihak berwajib malah tidak ada disana. Sehingga kurangnya koordinasi dari pemerintah juga penyebab pemicunya terjadi penjarahan tersebut.

Banyak Barang yang Diambil Oleh Penjarah

Tragedy Mall Klender pada tahun 1998 memanglah kejadian kelam yang membuat siapa saja merinding saat mendengar ataupun membaca ceritanya. Karena para pihak berwajib yang tidak siap siaga dalam melakukan peleraian.

Pada saat terjadinya tragedi siang itu pukul 13.00 WIB. Terlihat ada beberapa monil, gerobak, televisi, pakaian, sepatu dan barang-barang lainnya juga sudah diambil oleh para penjarah yang ada di sekitar Mall Klender.

Setelah itu, ada beberapa mobil pickup merah yang berhenti persis di depan Mall. Ada puluhan mobil dan pria kekar yang berambut cepak keluar dari mobil tersebut, dengan tatapan garangnya.

Kemudian beberapa pria kekar yang menumpahkan bensin kearah kasur dan pakaian yang telah diambil oleh para penjarah tadi. Lalu tepat pada saat itu juga, beberapa pria membakarnya dan terjadilah kebakaran.

Sebenarnya sebagian dari warga yang berusahan melerai sudah mengatakan kepada beberaa pria tersebut untuk tidak membakarnya. Karena hal tersebut bisa merusak bangunan gedung dan bahkan gebung bisa saja terbakar secara menyeluruh.

Tragedi Mall Klender yang Dilahap Api

Warga yang saat itu sudah mulai panik malah dikejutkan lagi dengan lantai satu mall yang dipenuhi dengan api. Sehingga membuat orang-orang yang ada didalam Mall terjebak dan kesulitan mencari jalan keluar.

Lebih parahnya lagi, penerangan yang ada didalam ruangan Mall sedang padam karena ulah beberapa penjarah. Bahkan pusat perbelanjaan didalam Mall memang sudah tutup, dan orang-orang juga mulai mengevakuasi diri.

Akan tetapi, kepulan asap tebal dari lantai satu terus memenuhi ruangan dan mengakibatkan ratusan orang yang terjebal didalam Mall tersebut mulai pingsan. Orang-orang yang ada didalam Mall mulai panik dan sesak napas.

Sementara itu, orang-orang yang masih kuat dan ingin melarikan diri keluar dari Mall malah terjebak dengan beberapa pria kekar yang ikut menjarah di luar gedung. Sehingga mereka tidak bisa melarikan diri lagi.

Para pria kekar yang menjarah tersebut juga sembari menumpuk kardus. Setelah tumpukan kardus tersebut dirasa cukup banyak, lalu mereka mengguyurnya dengan bensin dan alat pematik api mulai dinyalakan.

Tidak butuh waktu yang lama lagi, si jago merah mulai berkobar sangat besar. Sehingga memanggang seluruh gedung dan seluruh penjuru Mall Klender. Orang-orang yang ada didalam Mall tidak bisa berbuat banyak.

Setelah membakar Mall Klender, para komplotan pra kekar tersebut kemudian masuk ke dalam mobil dan pergi kea rah kampung melayu. Sedangkan warga yang terjebak didalam Mall masih berusaha menyelamatkan diri.

Mereka yang terjebak terus berusaha mencari jalan keluar lain, karena pintu depan Mall Klender memang sudah terkunci dan dilalap si jago merah. Namun apalah daya, usaha mereka tidak berhasil dan dari kejadian tragedi Mall Klender tersebutlah banyak menelan korban jiwa.

Dampak Kejadian yang Mengerikan dari Tragedi Mall Klender

Usai kebakaran terjadi, dari dalam Mall Klender sudah banya sekali mayak yang gosong karena tidak mampu menyelamatkan diri dan ikut hangus terbakar. Sungguh sangat pilu kerusuhan yang terjadi pada tahun 1998.

Terdapat beberapa korban dari peristiwa Mall Klender tersebut yang tidak dapat diidentifikasi identitasnya. Akan tetapi, masih banyak juga yang bisa teridentifikasi identitasnya, sehingga membuat evakuasi korban jadi lebih cepat.

Pada saat terjadi kerusuhan di Mall Klender tersebut, Tim Gabungan Pencari Fakta ataupun yang lebih sering dikenal dengan TGPF mencatat setidaknya ada 488 orang yang tewas dari kejadian tersebut.

Penutup

Mudah-mudahan tidak akan ada lagi tragedi Mall Klender tahun 1998 sekarang ini. Hiduplah yang rukun antar suku dan bangsa, karena kita ini Indonesia. Berbeda-beda akan tetapi tetap satu jua.

Referensi:
https://www.kompas.com/

Keywords: 15 mei 1998, kronologi, tragedi kebakaran mall klender 1998, mei 1998, tragedi mall citra klender, tragedi pembakaran mall klender, cerita, tahun 1998, video, penyebab tragedi mall klender

Posting Komentar untuk "Tragedi Mall Klender 1998, Kisah Runtuhnya Rezim dan Kerusuhan Tahun 98!"

close