Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10+ Lagu The Cranberries Terbaik Sepanjang Masa

10+ Lagu The Cranberries Terbaik Sepanjang Masa.jpg

Siapa yang tidak kenal dengan The Cranberries? Grup band yang berdiri tahun 1989 ini, menjadi legenda musik Irlandia yang sangat populer pada masanya. Banyak lagu The Cranberries terbaik yang masih didengarkan hingga saat ini, terutama generasi 90-an.

Anggota grup band tersebut terdiri dari Dolores O’Riordan sebagai vokalis. Pada saat itu, ia menggantikan posisi Nail Quinn yang memutuskan untuk keluar.

Sayangnya, pada 15 Januari 2018, vokalis yang memiliki suara khas tersebut dinyatakan meninggal dunia. Kepergiannya meninggalkan luka mendalam bagi keluarga, industry musik, dan para penggemarnya.

Selain itu, Noel dan Mike Hogan mengisi posisi gitar dan bassis. Sementara untuk posisi drummer ditempati oleh Fergal Lawler.

Daftar Lagu The Cranberries Terbaik

The Cranberries berhasil meraih kepopulerannya pada tahun 1990 an. Kala itu, album bertajuk Everybody Else is Doing it, So Why Can’t We? sukses meraih perhatian penikmat musik, terutama di Amerika Serikat.

Bahkan, penjualan album tersebut berhasil mencapai 5 juta kopi. Bagi kalian yang ingin mendengarkan kembali lagu-lagu The Cranberries berikut ini daftarnya.

1. Zombie

Lagu The Cranberries berjudul Zombie ini, terinspirasi dari serangan bom yang pernah terjadi di Irlandia Utara pada 1993. Akibat dari serangan bom tersebut, seorang balita berusia 3 tahun dan anak laki-laki berusia 12 tahun menjadi korban.

Lagu ini mendapatkan banyak perhatian dari para kritikus musik dunia. Zombie menjadi lagu The Cranberries yang sangat berkesan sepanjang masa.

Lagu ini merupakan ciptaan Dolores. Setiap liriknya berhasil menggambarkan rasa sakit dan kerasnya dunia yang penuh dengan peperangan.

2. Ode to My Family

Lagu The Cranberries terbaik selanjutnya yakni Ode to My Family. Lagu tersebut adalah single kedua dalam album No Need to Argue pada tahun 1994.

Kepopuleran lagu ini tidak jauh berbeda dengan Zombie. Sejak pertama kali rilis, lagu ini berhasil mendapatkan perhatian pecinta musik di Eropa.

Ode to My Family merupakan lagu ciptaan Dolores dan Noel Hogan. Lagu ini bercerita tentang kenangan masa kecil Dolores yang sangat sederhana sebelum meraih kesuksesan menjadi penyanyi bersama The Cranberries.

3. Salvation

Lagu The Cranberries lainnya yang tak boleh kalian lewatkan yakni Salvation. Tidak hanya menjadi lagu terbaik saja, melainkan juga lagu yang paling kontroversial.

Lagu ini memiliki tempo yang cepat, sehingga kerap diasosiasikan dengan penyalahgunaan obat-obat terlarang yang semakin meningkat di Irlandia pada tahun 1996-1997. Namun, Dolores menampik tuduhan negatif tersebut. Sebenarnya, penggambaran lagu tersebut berkaitan dengan keprihatinannya pada realitas kehidupan anak muda Irlandia pada masa itu.

4. Animal Instinct

Animal Instinct merupakan lagu ciptaan Dolores dan Noel Hogan. Lagu tersebut adalah single kedua dalam album keempat milik The Cranberries bertajuk Bury the Hatchet.

Pertama kali rilis pada tahun 1999. Sejak perilisannya, lagu ini berhasil meraih kesuksesan karena menempati posisi ke 54 di chart musik UK 40.

Tak hanya itu saja, Animal Instinct menjadi salah satu lagu yang masuk dalam versi akustik album Something Else tahun 2017. Lagu ini bercerita tentang perjalanan seorang ibu yang selalu menjaga dan melindungi anak-anaknya dalam kondisi sulit sekalipun.

5. Linger

Linger merupakan salah satu lagu yang masuk dalam daftar lagu The Cranberries terbaik. Lagu berjudul Linger ini pertama kali rilis pada 1994.

Siapa sangka, lagu ini berhasil mengantarkan The Cranberries ke kancah musik global. Lagu ini semakin sukses dan terkenal setelah The Cranberries nyanyikan dalam serangkaian tur musik di Amerika Serikat bersama band Suede. Linger bercerita tentang pengalaman ciuman pertama yang pernah dialami oleh Dolores.

6. When You’re Gone

When You’re Gone menjadi salah satu lagu terhits pada masanya. Lagu The Cranberries yang populer ini merupakan single ketiga dari album ketiga berjudul To The Faithful Departed yang rilis pada tahun 1996.

Sejak perilisan lagu ini, berhasil mendapatkan banyak penghargaan platinum dari berbagai negara. Saat meninggalnya sang vokalis, lagu ini diputar ketika acara pemakaman. Selain itu, lagu ini juga banyak diputar di stasiun rasio Irlandia sebagai bentuk penghargaan atas karya-karya Dolores selama masa karirnya dalam dunia musik.

7. Dreams

Berbicara mengenai lagu The Cranberries terbaik, maka Dreams menjadi salah satunya. Lagu ini memiliki kenangan yang indah tentang Dolores.

Pada saat itu, Dolores mengajak sang kekasih yakni Mike Mahoney sebagai penyanyi latar lagu tersebut. Lagu ini berhasil menjadi lagu tema dari berbagai serial televisi maupun film. Beberapa diantaranya My So called Life hingga You’ve Got Mail.

Selain itu, lagu ini berhasil masuk ke dalam daftar Top 15 Billboard Hot 100 Airplay di Amerika Serikat. Kesuksesan lagu ini semakin nyata setelah bertengger pada top 10 tangga lagu Inggris tahun 1994. Lagu ciptaan Dolores dan Nole tersebut, menjadi lagu khas pada salah satu ajang bergengsi Woodstock Revival Festival tahun 1994.

8. Just My Imagination

Just My Imagination merupakan single ketiga The Cranberries dari album keempatnya yang berjudul Bury The Hatchet tahun 1999. Lagu ini berhasil mendapatkan banyak penggemar.

The Cranberries banyak menghadiri acara televisi dengan membawakan lagu tersebut. Just My Imagination juga menjadi tema lagu untuk sebuah iklan di Perancis.

Lagu ini menceritakan tentang kisah seseorang yang selalu berimajinasi memiliki kebebasan. Hingga saat ini, Just My Imagination menjadi salah satu lagu yang paling enak kalian dengar.

9. Away

Away merupakan lagu yang seringkali dibawakan oleh The Cranberries pada setiap konsernya. Meskipun tidak memiliki alasan yang jelas, banyak pengamat musik yang mengibaratkan lagu ini seperti lagu pendinginan. Banyak orang yang tertarik dengan lagu ini saat mendengarkannya.

10. Ridiculous Thoughts

Lagu ini adalah ciptaan Dolores dan Noel. Lirik lagu ini menceritakan tentang curahan isi hati Dolores atas permasalahan yang pernah dialaminya dengan pers dan jurnalis Inggris.

Berkat lagu ini, The Cranberries berhasil meningkatkan keberhasilannya sebagai musisi kelas dunia. Lagu ini berhasil menempati posisi ke 23 chart musik Irlandia. Selain itu, meraih pasar di dua negara besar, yakni Amerika Serikat dan Inggris.

11. Promises

Promises merupakan lagu The Cranberries yang menceritakan tentang perceraian. Lagu ini pertama kali rilis pada 1999 pada album keempat band fenomenal tersebut.

Sebelum memutuskan untuk hiatus, Promises menjadi lagu terakhir The Cranberries. Promises menjadi lagu ke sembilan milik The Cranberries yang berhasil masuk di Uk Top 40. Tak hanya itu, lagu ini juga berhasil menempati Top 20 pada chart musik Kanada.

Itulah tadi deretan lagu The Cranberries terbaik yang bisa kalian dengarkan. Selain menghibur, lagu-lagu tersebut juga sangat menginspirasi. Grup band ini telah menjadi idola dan panutan para musisi dunia hingga saat ini. Berkat karya-karyanya yang luar biasa, The Cranberries pantas mendapatkan julukan sebagai legenda musik dengan karya terbaik sepanjang masa.

Posting Komentar untuk "10+ Lagu The Cranberries Terbaik Sepanjang Masa"