Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Pengertian Seni Budaya

Mengenal Pengertian Seni Budaya.jpg

Di dunia ini ada banyak sekali peradaban yang pernah berjaya pada masanya. Ada yang sudah punah dan ada juga yang masih bertahan walau sudah berada di zaman yang modern. Peradaban-peradaban ini tentunya tidak hanya hilang di telan waktu, akan tetapi meninggalkan warisan-warisannya yang masih dapat dijumpai dan terjaga dengan sempurna.

Mari ambil contoh peradaban Romawi. Peradaban besar yang pernah berkuasa di Eropa ini meninggalkan bukti-bukti keberadaannya berupa bangunan serta peninggalan-peninggalan lainnya. Tidak hanya itu, peradaban Romawi juga meninggalkan kegiatan yang terus dilakukan oleh penduduk Italia maupun Eropa sampai saat ini.

Pengertian Seni Budaya

Seni budaya adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia tentang bagaimana cara untuk hidup yang memiliki unsur estetika secara turun temurun. Dari pengertian ini dapat dipahami kalau seni budaya diwariskan dari generasi ke generasi. Cara perantaranya bisa berupa tulisan-tulisan di sebuah batu, kertas, dedaunan atau juga bisa melewati cerita dari mulut ke mulut. Bahkan ada beberapa warisan seni budaya yang diketahui melalui nyanyian rakyat.

Banyak ahli yang memberikan pengertiannya sendiri mengenai arti dari seni budaya. Menurut Harry Sulastianto, seni budaya merupakan suatu keahlian mengekpresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi pandangan akan benda, suasana, atau karya yang mampu menimbulkan rasa indah sehingga menciptakan peradaban yang maju. M. Thoyibi juga berpendapat kalau seni budaya adalah perwujudan rasa seni yang membudaya, yang termasuk dalam aspek kebudayaan dan sudah bisa dirasakan oleh orang banyak dalam kurun waktu perjalanan sejarah peradaban manusia.

Pada dasarnya, seni budaya adalah satu kesatuan yang berjalan beriringan dengan perkembangan umat manusia. Di mana ada sebuah peradaban, nantinya akan meninggalkan warisan berupa seni budaya. Seni budaya jika dipisah akan menciptakan seni dan budaya yang juga memiliki pengertiannya masing.

Pengertian Seni dan Budaya

Seni adalah kemampuan membuat sebuah karya yang bermutu seperti tari, lukisan, dan ukiran. Seni juga merupakan produk dari kreatifitas manusia yang digunakan sebagai alat ekspresi keingingan, pemikiran dan pemahaman terhadap alam-lingkungan.

Sedangkan budaya adalah cara hidup yang berkembang dan dimilki oleh seseorang atau sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi namun tidak turun temurun. Menurut E.B Tylor, budaya adalah suatu kesulurahn komplks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, keilmuan, adat istiadat, dan kemampuan lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Ketika seni dan budaya disatukan, munculnya seni budaya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kedua hal ini seperti membentuk pengertian baru dan lebih luas. Seni yang hanya berfokus kepada karya, jika digabungkan dengan budaya akhirnya menjadi suatu keahlian mengekspresikan diri dan pemikiran.

Contoh Seni Budaya

Jika membahas contoh seni budaya, ada banyak sekali yang bisa dijabarkan. Hal ini menandakan eksistensi umat manusia yang selalu berkreatifitas untuk mengembangan hal-hal baru.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali bisa kita jumpai warisan seni budaya dari para pendahulu kita. Seperti tari Piring dari Sumatera Barat. Tarian ini sudah ada sejak zaman Hindu-Budha. Tarian ini menceritakan tentang kegiatan menanam sawah hingga panen sawah yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau. Selain sudah ada dari generasi ke generasi, tarian ini juga secara tidak langsung menggambarakan kehidupan orang-orang Minangkabau pada zaman dahulu yang akhirnya dijadikan pelajaran oleh orang-orang masa sekarang dan masa mendatang.

Itulah pengertian seni budaya. Kelestarian seni budaya yang sudah ada sejak lama merupakan tanggung jawab generasi sekarang sebelum kembali diwariskan ke generasi selanjutnya. Untuk itu, marilah sama-sama menjaga agar warisan para luluhur tidak hilang ditelan zaman.

Keywords: 10 pengertian seni budaya menurut para ahli, apa yang dimaksud dengan pengertian seni musik, seni lukis, mendeskripsikan, menjelaskan, jelaskan mengenai pengertian seni, mengenal pengertian seni budaya

Posting Komentar untuk "Mengenal Pengertian Seni Budaya"

close