Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Tips Diving Pemula Supaya Tetap Aman, Jangan Sampai Panik Terlebih Dahulu!

5 Tips Diving Pemula Supaya Tetap Aman, Jangan Sampai Panik Terlebih Dahulu!.jpg

Menyelam atau yang lebih dikenal dengan scuba diving merupakan aktivitas healing yang sangat menyenangkan. Namun, kalian harus juga tahu mengenai beberapa tips diving pemula untuk menghindari terjadinya marabahaya.

Walaupun jarang sekali pemberitaan yang mengatikan diving dengan marabahaya, namun aktivitas ini juga lumayan berbahaya, sebab arus laut tidak ada yang tahu, ataupun predator laut juga sangat banyak.

Apa Saja Tips Diving Pemula Supaya Tetap Aman?

Sebelum melakukan aktivitas menyelam, biasanya seseorang harus mengantongi sertifikat scuba diving terlebih dahulu. Jika sudah mengantongi izin tersebut, berikut ini ada beberapa tips diving pemula supaya tetap aman.

1. Selalu Memperhatikan Arahan dari Pemandu

Tips diving pemula yang pertama adalah memperhatikan arahan dari pemandu ataupun instruktur pada saat ingin memulai aktivitas tersebut. Mulailah terlebih dahulu dengan cara menggunakan masker oksigen.

Selain itu, kalian juga akan diajarkan dengan melihat kadar oksigen didalam tabung yang dikenakan. Walaupun penjelasannya memang agak panjang, namun hal itu bisa dimaklumi sebab keselamatan kalian bisa lebih terjamin.

2. Menggunakan Kacamata yang Pas di Muka

Karena aktivitas dari diving ini di bawah air, maka perlengkapannya juga harus diperhatikan. Begitu juga dengan pemakaian kacamatanya, coba gunakan kacamata yang selalu pas di muka agar air tidak sampai masuk.

Dikarenakan jika air sampai masuk kedalam rongga kacamata, maka hal itu akan berakibat fatal, sebab air laut mengandung garam yang tinggi, mungkin bisa jadi mata kamu akan iritasi dan membuat diving jadi semakin tidak menyenangkan.

3. Jangan Pernah Menahan Napas Didalam Air

Ada perbedaan yang cukup jauh dari aktivitas diving dan menyelam, karena menyelam itu memang menahan napas untuk menghindari air laut yang masuk kedalam mulut. Akan tetapi, berbeda dengan diving, sebab diving dilengkapi dengan tabung oksigen.

Maka dari itu, kalian yang masih pemula juga harus membiasakan diri untuk menghirup udara pada saat melakukan diving, karena sudah dilengkapi peralatan dan tabung oksigen yang membantu pernafasan kalian didalam air.

4. Sudah Paham Isyarat Tangan

Pastinya didalam air nanti, kalian tidak bisa berbicara bukan. Maka dari itu, pemamndu biasanya mengajarkan bahasa isyarat tangan pada saat ingin berkomunikasi didalam air, bukan dengan berbicara ya.

Komunikasi dengan isyarat tangan ini sangatlah penting, karena dengan komunikasi kalian akan lebih mudah mendeteksi terjadinya bahaya, baik dari air laut pasang, ataupun air arus laut yang kencang, bisa tahu dengan sedini mungkin.

5. Jangan Jauh-jauh Dulu dari Instruktur

Saat melakukan diving pertama kalinya, alangkah baiknya untuk tidak jauh-jauh dari instruktur dulu. Sebab insturktur tersebut biasanya sudah mengenali daerah tersebut ataupun sudah mengenali mara bahaya yang sedang terjadi di dalam air laut.

Karena jika masih pemula, biasanya resiko perjalanan pertamanya mengalami banyak kendala, entah itu sudah didalam kedalam air tertentu, ataupun masih di ambang air laut yang memiliki kedalam rendah.

Jika masalah sampai terjadi, maka instruktur bisa mengetahuinya dengan mudah, dan pastinya kalian yang melakukan diving untuk pertama kalinya bisa terbantu dengan adanya instruktur yang selalu siaga menemani kalian mellihat pemandangan di bawah air.

Selalu perhatikan arahan instruktur bagi kamu yang memang pertama kalinya mencoba scuba diving untuk membantu keselamatan, dengan begitu diving akan lebih menyenangkan lagi dan aktivitasnya tidak ada gangguan sama sekali.

Mungkin beberapa tips diving pemula diatas bisa menjadi refrensi kalian yang ingin belajar ataupun mencoba diving, serta ingin melakukan diving untuk melihat pemdangan di bawah laut Indonesia yang sangat menakjubkan.

Posting Komentar untuk "5 Tips Diving Pemula Supaya Tetap Aman, Jangan Sampai Panik Terlebih Dahulu!"

close