10 Manfaat dan Keuntungan Menjadi Seorang Bloger

Bloger adalah orang yang mengurus sebuah blog. Menjadi bloger ternyata memberikan manfaat seperti pandai menulis sampai tahu soal internet marketing.
Manfaat dan Keuntungan Menjadi Seorang Bloger.jpg

Bloger adalah sebutan untuk orang yang mengelola sebuah blog. Lantas apa itu blog?

Dikutip dari Wikipedia, blog merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Tak perlu dijelaskan lebih jauh pasti kalian juga tahu apa itu blog dan bloger. Sekarang ini, bloger bisa menjadi hobi ataupun pekerjaan.

Menjadi seorang bloger itu memiliki beberapa manfaat dan keuntungan. Menjadi bloger bukan hal yang sia-sia, itu adalah salah satu aktivitas yang menguntungkan jika dilakukan dengan benar.

Apa saja manfaat menjadi seorang bloger?

     
 

Berikut Manfaat-Manfaat Menjadi Seorang Bloger Versi AzizPedia

1. Membuat Kita Pandai Menulis

Entah sadar atau tidak, untuk kalian yang seorang bloger pasti kemampuan menulisnya lebih unggul dibanding mereka yang bukan bloger. Itu karena bloger tidak akan jauh dari yang namanya tulis menulis.

Menulis itu terdengar gampang tapi ketika kita mencobanya maka kita baru sadar kalau menulis tidak semudah yang diperkirakan. Bagaimana kita merangkai dan memilih kata yang tepat agar terlihat menarik, belum lagi gaya bahasa dan hal-hal lainnya yang akan membuat pandangan kalian soal menulis berubah.

Dengan menjadi bloger kalian tidak otomatis bisa pandai dalam menulis karena semua butuh proses. Ada pepatah mengatakan 'bisa karena terbiasa', karena terbiasa menulis di blog saya yakin lama kelamaan kualitas tulisan kalian akan membaik bahkan tidak menutup kemungkinan dari menjadi seorang bloger kalian bisa jadi penulis profesional. Kalian tahu tidak kalau ternyata Raditya Dika yang sekarang sudah menjadi penulis profesional bahkan bukunya ada yang menjadi best seller ternyata mengawali karier kepenulisannya lewat media blog.

Untuk kalian yang baru terjun ke dunia blog ayo tingkatkan lagi kualitas tulisannya, untuk langkah sederhananya coba kalian untuk tidak menggunakan singkatan-singkatan yang tidak jelas. Jangan samakan menulis di blog dengan menulis status di Facebook.

Untuk kalian yang suka curhat di status Facebook mulai sekarang coba beralih ke blog. Sensasinya beda loh curhat di status Facebook dengan di blog.

2. Membuat Kita Mau Membaca

Berdasarkan studi Most Littered Nation In the World yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Miris bukan?

Slogan 'Budayakan Membaca' sepertinya hanya sebatas kata-kata. mungkin ini juga yang membuat bangsa kita tertinggal jauh yaitu karena kurangnya minat membaca.

Menjadi bloger akan menuntut kita selalu membaca untuk mencari referensi tulisan kita. Jika tidak membaca darimana kita mendapatkan informasi untuk dibagikan di blog kita. Seorang bloger pasti menyisihkan waktu untuk sekedar membaca entah itu di majalah atau koran tapi di jaman teknologi canggih sekarang internet menjadi tempat mambaca utama yang dipilih.

Seorang blogger membaca bukan hanya untuk mendapatkan informasi saja tapi juga sekaligus membandingkan bacaan yang dibaca dengan tulisan kita di blog. Apakah tulisan kita di blog sudah setara kualitasnya dengan tulisan yang dibuat para jurnalis atau penulis handal, jika belum maka hal yang wajib untuk mengoreksi dan memperbaiki tulisan kita kedepannya. Membaca juga akan memperbanyak kosa kata yang kita tahu, dengan banyaknya kosa kata yang kita kuasai maka tulisan kita tidak akan terlihat monoton.

3. Memperluas Wawasan

Ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya, dengan seringnya kita membaca maka dipastikan pengetahuan kita akan semakin luas.

Pengetahuan bloger tergantung tema blognya sendiri, jika blognya tentang otomotif dipastikan ia tahu banyak tentang otomotif begitupun jika blognya tentang bisnis online maka ia juga pasti handal dalam bisnis online.

Seperti yang saya bilang, bloger hanya memiliki pengetahuan luas tentang topik yang menjadi tema blognya saja. Tidak semua bidang bisa dikuasai oleh seorang bloger, intinya tidak ada bloger yang sempurna. Ada yang tahu tentang olahraga tapi tidak tahu apa-apa tentang game, ada yang tahu tentang bisnis online tapi tidak tahu sedikit saja tentang resep masakan. Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Namun ada juga bloger yang membahas topik di blognya tentang apa yang ia sukai namun ia belum paham betul hal tersebut, jadi ia mempelajari dan memperluas wawasan akan topik itu sembari menulis topik tersebut di blognya.

Menjadi seorang bloger akan membuat kita selalu lapar akan pengetahuan, itu saya rasakan sendiri.

Satu yang pasti dari para bloger, mau topik apapun yang menjadi pembahasan di blognya pasti para bloger sedikit banyaknya tahu seluk beluk dunia internet.

4. Selalu Up To Date

Gak ada istilahnya kudet untuk para bloger. Apalagi untuk mereka yang mengurus blog bertemakan berita viral pasti hal yang wajib untuk selalu up to date dengan kabar terbaru.

Menjadi seorang bloger akan membuat kita mengikuti perkembangan berita terbaru. Hal itu diperlukan agar blog yang dikelola tidak kedaluwarsa dan artikelnya selalu relevan dengan situasi terkini. Jika blog kita ketinggalan zaman maka pengunjungpun tak akan betah berlama-lama di blog kita.

Bloger itu harus pintar mencari informasi di internet dan juga tidak akan mudah termakan berita hoax. Sebelum menerima informasi sepenuhnya bloger akan terlebih dahulu mencari tahu kebenarannya sebelum akhirnya di posting di blognya.

5. Tahu Tentang Internet Marketing

Apa itu internet marketing? Jika kalian menjawab internet marketing adalah jual beli di internet maka kalian tidak salah tapi pengertian internet marketing bukan hanya itu saja. Internet Marketing adalah pemasaran melalui internet termasuk promosi, branding, dan membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Tahukah kalian kalau menjadi bloger akan membuat kita mempelajari tentang internet marketing. SEO, promosi blog di grup Facebook, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang lazim dilakukan oleh bloger ternyata termasuk kedalam internet marketing. Kalian tahu bisnis PPC (Pay-Per-Click)? Itu juga termasuk kedalam lingkup internet marketing.

Di zaman yang serba internet sekarang tentu saja pengetahuan akan internet marketing sangat dibutuhkan dan kita para bloger sudah satu langkah di depan tinggal bagaimana kita mengembangkannya.

6. Bermanfaat Bagi Orang Lain

"Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain"

Saya yakin kalian sudah bisa memahami makna kalimat diatas. Orang yang paling baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain. Kalian sadar tidak dengan menjadi seorang bloger kita setidaknya sudah memberi informasi atau solusi untuk orang lain dan itu bisa dibilang membantu.

Ketika seseorang mencari informasi di mesin pencari contohnya Google lalu orang tersebut menemukan blog kita dan mendapatkan apa yang mereka cari itu berarti kita sudah membantu orang lain. Walaupun tidak seberapa tapi saya yakin tetap akan dicatat sebagai amal kebaikan kita dan akan menjadi pahala untuk kita nantinya. Apalagi untuk blog tutorial sudah pasti banyak mambantu orang. Tapi, kalau tutorialnya seperti "Cara Membeli Narkoba di Deep Web" itu bukan bermanfaat namanya, tapi menyesatkan. 😅

7. Menjadi Lebih Kreatif

Jangan kira mengelola sebuah blog itu gampang dan tak memerlukan kreativitas. Mengelola sebuah blog itu tak beda jauh seperti membuat karya seni lainnya yang membutuhkan kreativitas tingkat tinggi.

Jika blog kita ingin terkenal dan banyak dikunjungi orang kita butuh daya cipta yang luar biasa, inovasi yang baik dan lain-lain. Bukan hanya dalam menulis tapi bagaimana kita menentukan topik blog yang tepat, tampilan blog yang rapi agar enak dilihat dan cara promosi blog yang efektif. Semuanya membutuhkan pemikiran yang tidak gampang. Dengan menjadi seorang bloger kreativitas kita akan terus terasah.

8. Belajar Konsisten

Untuk seorang bloger konsistensi itu penting, blog yang baik adalah blog yang rutin memposting artikel sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh bloger itu sendiri. Seorang bloger yang semangat ngeblog di suatu waktu tapi semangatnya mulai melempem di kemudian hari maka blognya tidak akan berkembang. Seorang bloger yang baik akan sebisa mungkin konsisten memposting artikel entah itu setiap hari, dua hari sekali, seminggu dua kali tergantung ketetapan si bloger.

Ketika kita sudah bisa konsisten dalam ngeblog maka bukan tidak mungkin kita bisa menerapkannya dalam kegiatan lainnya di kehidupan kita sehari-hari.

9. Mendapatkan Penghasilan

Apakah benar dari blog kita bisa mendapatkan uang? Jawabannya sudah pasti iya.

Internet sekarang menjadi lapangan kerja yang terbuka bagi semua orang, tak perlu ijazah atau pendidikan tinggi semua orang berpeluang mendapatkan penghasilan dari internet. Salah satunya dari blog. Jika kalian tak percaya silahkan cari di Google bloger-bloger dengan penghasilan terbesar di Indonesia. Ada yang jutaan, puluhan juta, sampai ratusan juta perbulan.

Bahkan sekarang banyak orang yang sengaja menjadi bloger dengan harapan mendapatkan uang dan menjadikan bloger sebagai pekerjaan utama. Siapa yang tidak tergiur sih, cuma diam dirumah dan nulis artikel di blog lalu uang datang. Tapi, tak sedikit juga yang gagal karena mereka menjadi bloger dengan hanya bermodalkan kisah-kisah sukses para bloger lain sementara pengetahuan tentang dunia blog mereka masih sangat minim.

"Bloger sejati itu menyajikan konten yang mulus, soal pulus itu bonus"

Itu adalah kata-kata bijak yang dikeluarkan oleh seorang teman bloger saya di Facebook, saya lupa siapa namanya.

Kebanyakan bloger sekarang tergiur dengan uang yang bisa dihasilkan lewat blog sampai-sampai mereka mengabaikan kualitas konten atau artikel di blog mereka sendiri. Nyatanya, bloger seperti itu ujung-ujungnya tidak menghasilkan apa-apa lewat blog mereka.

Apakah salah mengharapkan uang dari blog kita? Tentu saja tidak, itu sah-sah saja. Asalkan jangan sampai kalian mengesampingkan kualitas konten di blog kalian, jangan sampai blog kalian dipenuhi iklan sampai-sampai menutupi kontennya. Saya pernah menemukan blog seperti itu. Pasang saja iklan sewajarnya, rezeki mah gak bakalan kemana.

Saya sendiri sudah ngeblog lebih dari 5 tahun. Jika kalian bertanya apakah saya pernah mendapatkan uang dari blog maka jawaban saya iya. Saya pernah mendapatkan uang dari blog walaupun belum dalam jumlah yang besar. Saya awalnya menjadi bloger bukan karena ingin mendapatkan uang tapi untuk menyalurkan hobi saya menulis saja. Setelah saya tahu kalau ngeblog bisa menghasilkan uang saya juga ikut-ikutan mencobanya dengan memasang iklan di blog saya. Walaupun hasilnya tidak sesuai ekspektasi, saya tetap akan menjadi seorang bloger karena saya sudah kecanduan ngeblog, sehari enggak buka blog itu rasanya kaya ada yang kurang. Tapi, saya juga berharap blog ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan saya, rasanya pasti enak kalau hobi kita dibayar.

10. Menjauhkan Diri dari Hal-Hal Negatif

Ini adalah manfaat dari ngeblog yang paling saya rasakan. Mungkin ngeblog seperti tak ada gunanya dan hanya membuang-buang waktu tapi dibandingkan mengisi waktu dengan kegiatan yang negatif seperti keluyuran tidak jelas, pacaran yang melebihi batas atau bergaul dengan orang-orang yang salah maka ngeblog bisa dibilang lebih baik. Apalagi jika melihat manfaat ngeblog yang sudah saya sebutkan di atas sepertinya menjadi seorang bloger tak ada ruginya.

Meskipun saya tinggal di kampung tapi yang namanya minuman keras dan obat-obatan terlarang masih mudah dijumpai. Saya bersyukur menjadi seorang bloger karena saya jadi tidak punya waktu mencicipi yang begituan, waktu saya habis untuk memikirkan artikel apa selanjutnya yang akan saya posting di blog. Untuk para bloger daripada menghabiskan uang untuk membeli minuman keras mereka lebih rela menghabiskan uangnya untuk membayar sewa domain, hosting, kuota internet, dan kebutuhan bloger lainnya. Walaupun dengan menjadi blogger saya jadi terlihat seperti nolep (no life) karena sering dirumah tapi setidaknya saya terhindar dari pergaulan yang kurang waras.

Itulah beberapa manfaat menjadi seorang bloger. Tidak semua bloger akan mendapatkan manfaat atau dampak positif dari ngeblog seperti yang saya sebutkan di atas. Contohnya bloger tukang copas alias copy-paste, bloger copas tidak akan mendapatkan manfaat dari ngeblog karena kerjaannya hanya menyalin hasil tulisan bloger lain lalu di posting di blog mereka. Mereka tidak akan pandai menulis dan tidak akan kreatif. Tak apa mengambil referensi dari situs atau blog lain tapi jangan menyalin semuanya.

    Postingan Terkait:  
Jadilah bloger yang baik. Tak perlu sedih dan putus asa jika blog kalian tak kunjung ramai, teruslah perdalam ilmu blogging kalian. Percayalah hasil tak akan mengkhianati proses. Jika proses yang kalian jalani baik dan tak menyimpang pasti nanti ada hasil yang bisa kalian dapat, tak melulu uang atau pengunjung yang banyak bisa jadi kalian nanti ahli dalam internet marketing atau dalam menulis. Percayalah pasti ada hasilnya nanti.

Keywords: Manfaat Ngeblog Untuk Kehidupan Pelajar Sehari-Hari, Keuntungan Dampak Positif, Negatif, Kebanggaan Jadi Blogger, Pengertian & Fakta Unik Blogger, Informasi Lengkap, Trivia