Game Android Football Manager Mobile 2020, Permainan Manajer Sepak Bola Paling Realistis di Android

Game Android Football Manager Mobile 2020, Permainan Manajer Sepak Bola Paling Realistis di Android.jpg





Judul: Football Manager Mobile 2020
Developer: Sports Interactive
Publisher: Sega
Rilis: 19 November 2019
Genre: Sport, Simulation, Strategy
Platform: Android
Harga: Rp129.000,00

Seperti yang kita tahu Football Manager adalah game simulasi manajer sepak bola paling realistis untuk saat ini di berbagai perangkat termasuk di android. Beberapa waktu lalu, Sega selaku distributor game ini merilis seri terbarunya Football Manager 2020, di android seri terbaru ini juga hadir dengan nama Football Manager Mobile 2020 (FMM 20).

Saya sendiri pernah memainkan FMM 19 dan saya bisa bilang gamenya sangat memuaskan dan bikin ketagihan. FYI, di android ada 2 jenis game Football Manager yakni FMM dan FMT (Football Manager Touch), perbedaannya katanya FMT lebih kompleks dan tampilan pertandingannya pun sudah 3D bukan lagi 2D seperti di FMM, jadi tampilan pertandingannya menggunakan bentuk pemain asli sedangkan FMM hanya bentuk bulat-bulat saja sebagai pemainnya. Saya bilang katanya karena saya sendiri belum pernah memainkan FMT, lagian saya sendiri kurang tertarik, FMM saja bagi saya sudah kompleks apalagi FMT, bisa-bisa saya tidak bisa menikmati gamenya. Mungkin alibi saya saja karena hp saya tidak mendukung untuk bermain FMT, saya sih belum coba download tapi di Play Store ada keterangan ponsel saya tidak mendukung bermain FMT.

Sebelum kita ke FMM 20 dan membahas pembaruan apa yang dihadirkan FMM 20 dari seri sebelumnya, kita bahas dulu secara umum apa yang dihadirkan game FMM.

Di FMM kita akan menjadi manajer sebuah klub ataupun tim nasional (timnas) sebuah negara, kalian bisa bebas memilih klub mana yang kalian kelola di awal game, ada banyak liga yang tersedia di FMM dan setiap tahun pasti selalu di tambahkan liga-liga baru termasuk untuk tahun ini. Untuk mengelola sebuah timnas di awal game kalian harus membuka fitur tersebut, bisa dengan membeli fiturnya di dalam game dengan uang sungguhan atau membukanya dengan melakukan progress tertentu dalam game.

Di FMM kita akan melakukan banyak hal seperti seorang manajer sepak bola di dunia sungguhan seperti mengatur formasi, melakukan aktivitas transfer pemain dengan dana yang sudah disiapkan petinggi klub, mengatur pemain akademi, memilih staf-staf yang akan membantu kita dalam mengelola klub, mengatur kontrak pemain, dan masih banyak lagi. Itulah kenapa saya bilang untuk saat ini FMM adalah game simulasi manajer sepak bola paling realistis di android. Mungkin FMT lebih kompleks tapi sebelas dua belas lah ya. Itulah penjelasan secara singkat apa yang disuguhkan FMM, kalau dijelaskan secara rinci dan membahas fitusnya satu per satu bakalan panjang banget.

Game ini semakin terlihat realistis di seri terbarunya FMM 20. Apa yang baru di FMM 20?

Adanya turnamen reserves. Jadi di FMM ada skuat utama dan skuat cadangan, skuat cadangan biasanya berisi pemain-pemain muda akademi dan pemain lainnya yang tidak terpakai sebagai antisipasi saja jika terjadi badai cedera atau jadwal padat yang menguras stamina pemain. Di FMM 19 skuat cadangan sudah ada namun hanya sebatas itu, sementara di FMM 20 ada turnamen reserves yang merupakan turnamen yang diikuti skuat cadangan dari setiap tim. Keuntungan dari adanya turnamen ini adalah pemain-pemain kita di tim cadangan akan mendapatkan jam terbang dan meningkatkan attribute pemain tersebut.

Namun, sepertinya adanya turnamen ini berdampak pada aktivitas transfer dimana di FMM 20 kita agak sulit untuk meminjamkan pemain kita ke klub lain. Di FMM 19 rasanya begitu mudah bahkan saya pernah hampir semua pemain di tim cadangan di pinjamkan ke klub lain. Berbicara soal aktivitas transfer, saya juga sedikit merasakan agak susah menjual pemain dengan gaji tinggi yang tertera di kontraknya apalagi kalau performa pemain tersebut sedang tidak bagus, contohnya seperti Alexis Sanchez yang sangat sulit dijual karena gajinya yang tinggi dan performanya yang menurun. Ini membuat game semakin menarik, menantang, dan tentu saja realistis. Di FMM 19 saya tidak merasakan kesulitan tersebut.

Pembaruan lainnya di FMM 20 adalah adanya turnamen timnas U21. Di FMM 20 setiap timnas memiliki timnas U21 dan ada juga turnamen untuk timnas U21. Adanya timnas U21 ini semakin memudahkan kita untuk mencari para wonderkid dari seluruh dunia, tinggal masuk ke timnas U21 dan cari pemain dengan value tertinggi, ini memang agak sulit jika kita sedang mengelola tim dengan finansial kurang memadai tapi kalau kita mengelola tim dengan finansial yang mapan seperti Real Madrid, PSG, Manchester United, Manchester City, ataupun Barcelona, cara ini lumayan efektif. Saya belum pernah memilih menjadi manajer timnas sebuah negara, jadi entah bagaimana sistemnya setelah muncul timnas U21 ini apakah kita akan mengelola timnas senior dan timnas U21-nya secara bersamaan atau ada pelatih lain yang menangani timnas U21.

Total ada 60 liga dari 21 negara di dunia dalam game ini, termasuk liga kasta kedua atau ketiga di beberapa negara. FMM 20 menyajikan berbagai tampilan baru seperti menu inbox. Untuk menu inbox ini mau yang FMM 20 ataupun FMM 19 sama saja lah, semuanya saya suka. Selain menu inbox, tampilan sebelum pertandingan dan saat pertandingan juga mengalami perubahan yang signifikan. Rivalitas dan derbi juga ditambahkan untuk semakin membuat atmosfir sepak bola di dunia nyatanya semakin terasa.

Bagaimana untuk lisensi? Ya, masih gitu-gitu aja. Masih banyak tim yang tidak memakai logo asli dan pemain yang tidak memiliki gambar wajah. Bahkan nama tim dan turnamen juga ada yang berbeda dari aslinya. Untuk masalah ini tenang saja, kalian bisa mengatasinya dengan memasang pack yang tersedia banyak di Google, atau coba kunjungi www.fmmvibe.com dan www.fmmmobile.net, disana tersedia berbagai pack dari mulai yang berbayar sampai yang gratis.

Sebenarnya banyak game manajer sepak bola di android seperti Top Eleven, PES Club Manager, Online Soccer Manager, dan lain-lain tapi hanya FMM yang memberikan saya sensasi menjadi pelatih sebuah tim sepak bola layaknya di dunai nyata. Ratingnya di Play Store saat saya menulis postingan ini hanya 3,8 dari ± 1 ribu ulasan, entah apa yang mereka keluhkan, memang sih ada bug berupa force closed tapi bagi saya itu tidak terlalu mengganggu.

FMM 20 bisa kalian beli di Play Store dengan harga Rp129 ribu. Kalau saya membelinya lewat pulsa telkomsel dan biayanya melar hampir mencapai Rp145 ribu, katanya ada tambahan pajak. Jadi, buat kalian yang mau beli lewat pulsa Telkomsel siapkan saja pulsa Rp150 ribu untuk jaga-jaga. Tapi, kadang-kadang suka ada diskon seperti saat saya membeli FMM 19 dulu yang harganya turun karena dikson menjadi Rp59 ribu saja.

Sumber referensi:
www.wikipedia.org

Keywords: Game Football Manager Mobile 2020 Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Simulation Football Manager

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Game Android Football Manager Mobile 2020, Permainan Manajer Sepak Bola Paling Realistis di Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel