Stardew Valley, Game Bertani Alternatif Harvest Moon untuk Android

Stardew Valley, Game Bertani Alternatif Harvest Moon untuk Android.jpg

 
     

Banyak sekali game bertani dan beternak di Android, sebut saja Hay Day, Township, Green Farm 3, dan masih banyak lagi. Namun, jika kalian mencari game farming di android karena sebelumnya kalian pernah memainkan dan suka dengan serial game Harvest Moon nampaknya tak banyak yang bisa memuaskan kalian. Itulah yang saya alami, saya suka dengan game-game Harvest Moon dan ketika mencoba sekian banyak game farming di android tak ada yang memberikan kepuasan seperti Harvest Moon. Saya tidak bilang game-game farming di Android jelek, hanya saja vibe-nya berbeda jauh dengan Harvest Moon.

Harvest Moon sendiri sebenarnya sudah punya serinya di Android yakni Harvest Moon: Seeds of Memories dan Harvest Moon: Light of Hope yang diterbitkan langsung oleh Natsume selaku penerbit game-game Harvest Moon di berbagai perangkat. Bagi saya seri game Harvest Moon terbaik adalah seri Back to Nature untuk PlayStation 1 dan Friends of Mineral Town untuk Game Boy Advance. Meskipun tampil dengan grafis yang lebih baik, game Harvest Moon yang muncul di perangkat-perangkat yang lebih modern tidak begitu memuaskan. Begitu pula 2 serinya yang hadir di Android, keduanya tidak memberikan keseruan seperti seri Back to Nature dan Friends of Mineral Town.

Sampai akhirnya saya menemukan sebuah game bernama Stardew Valley. Stardew Valley awalnya adalah sebuah game PC yang kemudian merambah ke perangkat lain termasuk Android . Di Android game ini dirilis pada 14 Maret 2019. Stardew Valley diciptakan oleh seseorang bernama Eric Barone dan dipublikasikan oleh Chucklefish, perusahaan pengembang game spesialis game dengan gaya retro. Saat pertama kali dirilis game ini mendapatkan sambutan positif dari berbagai situs seperti dari IGN yang memberi rating 9,5/10.

Jika kalian sudah pernah memainkan seri Friends of Mineral Town dan Back to Nature dari Harvest Moon saya yakin kalian tidak akan begitu asing dengan segala hal yang ada di game ini. Pembuatnya sendiri mengaku banyak terinspirasi dari Harvest Moon.

Ceritanya di sini kita akan mengurus perkebunan warisan kakek kita yang sudah lama terbengkalai. Dulu, si kakek mewariskannya beberapa saat sebelum kematiannya dan si karakter yang kita mainkan sudah merasa jenuh dengan kehidupan di kota hingga akhirnya memutuskan untuk mengelola lahan yang diwariskan si kakek di sebuah tempat yang bernama Stardew Valley. Awal ceritanya hampir sama dengan kebanyakan cerita game-game Harvest Moon.

Di game ini kita bisa bertani, beternak, memancing, menambang, bersosialisasi, mengikuti acara-acara spesial, bertarung dengan monster, menikah, bahkan sampai punya anak. Cerita untuk setiap karakter di game ini juga menarik, sederhana namun memberikan warna pada game ini, membuat tiap karakter di desa terasa lebih hidup. Pun begitu untuk cerita-cerita lainnya terkait desa dengan unsur supranatural atau konfliknya.

Untuk kontrol tersedia pilihannya, ada mode tombol atau tap & move, kalian atur sendiri saja mana yang nyaman menurut kalian. Puluhan item tersedia di Stardew Valley, ditambah adanya fitur crafting yang menambah keseruan game ini.

Yang unik dari game ini kita bisa memilih tipe ladang perkebunan dan peternakan kita, ada yang penuh dengan pepohonan, bebatuan, dekat sungai yang memungkinkan kita lebih mudah memancing, dan tipe biasa saja yang memudahkan kita untuk mendekorasinya. Semua tipe punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, pilihlah yang manurut kalian cocok dengan gaya main kalian karena ini tidak bisa dirubah lagi. Bagaimana dengan karakter kita, apakah bisa memilih penampilannya? Tentu saja bisa, di awal permainan kalian bisa memilih jenis kelamin, baju, celana, warna kulit, gaya rambut, dan lain-lain.

Kalau membahas secara detail gameplay dan fitur di game ini bakalan panjang jadi saya bahas sedikit saja, kalian harus memainkannya biar tahu sendiri.

Grafis Stardew Valley sangat mirip dengan Harvest Moon: Friends of Mineral Town, menggunakan sudut pandang top view dan tampilan karakter chibi.

Apa yang ditawarkan Stardew Valley membuat saya bernostalgia dengan game Harvest Moon khususnya 2 seri yang saya sebut terbaik di atas. Meskipun tidak sepenuhnya sama tapi atmosfernya sangat terasa Harvest Moon sekali. Musik yang easy listening, suara langkah kaki, suara hujan, dan suara hewan benar-benar menenangkan.

Game ini tersedia di Play Store dengan harga sekitar 120 ribu rupiah. Atau kalian bisa mencari link bajakannya, di Google banyak bertebaran kok. Tapi saran saya beli saja versi legalnya di Play Store kalau kalian sedang punya uang.

Rating: 8/10

Keywords: Game Stardew Valley Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android, Guide, Bahasa Indonesia, Tutorial