Soccer Manager 2020, Game Manajer Sepak Bola di Android

Soccer Manager 2020.jpg


Game manajer sepak bola di android memang bukan hal yang aneh, sudah menumpuk game-game dengan konsep tersebut. Kali ini salah satu game manajer sepak bola di android mengeluarkan versi terbarunya yakni Soccer Manager 2020. Soccer Manager selalu hadir dengan versi terbarunya tiap tahun dan sekarang muncul versi 2020. Bagaimana untuk yang versi 2020, semakin baik, semakin buruk atau biasa-biasa saja?

Soccer Manager 2020 dirilis 21 Oktober 2019 di Play Store dari pengembang game Soccer Manager Ltd. Kalian bisa mendownloadnya secara gratis. Sebenarnya Soccer Manager bukanlah game asli android melainkan game PC yang kemudian tersedia di android, wajar lah android sekarang sedang naik.

Dari sekian banyak game manajer sepak bola saya bisa mengatakan kalau Football Manager Mobile (FMM) adalah yang terbaik, jujur saya kurang berminat dengan game manajer sepak bola yang memiliki gameplay seperti Top Eleven dan Online Soccer Manager (OSM). Memang seru bermain dengan pemain nyata lainnya dari seluruh dunia tapi nuansa realistisnya kurang. Soccer Manager 2020 mencoba menyaingi FMM dari berbagai aspek, apakah itu berhasil?

Jangan protes jika saya membandingkan FMM dengan Soccer Manager 2020 toh genre dan gameplay keduanya mirip, kalau saya membandingkannya dengan Mobile Legends atau Free Fire baru itu aneh. Lagi pula seperti yang saya bilang FMM adalah game manajer sepak bola terbaik di android menurut saya, jadi wajar jika saya menggunakan game besutan Sports Interactive tersebut sebagai patokan.

Soccer Manager 2020 - 1.jpg

Soccer Manager 2020 menyediakan ± 800 klub dari 33 liga paling bergengsi di dunia untuk kalian kelola. Game ini juga tersedia dalam Bahasa Indonesia, sebuah keunggulan yang tidak dimiliki FMM. Game ini juga memiliki simulasi pertandingan 3D serta tampilan 3D di layar pengembangan stadium dan fasilitas-fasilitas di sekitarnya.

Selanjutnya soal lisensi, saya kurang tahu apakah game ini sudah memiliki lisensi dari tim dan pemain dari seluruh dunia atau tidak soalnya wajah pemain dan logo timnya asli. Sayangnya kalian harus menghidupkan koneksi internet kalian jika ingin menampilkan wajah pemain dan logo tim dengan konsekuensi munculnya iklan yang bagi saya sangat mengganggu.

Tampilan simulasi pertandingan 3D-nya juga bagi saya kurang nyaman, lebih baik tampilan simulasi pertandingan seperti di Top Eleven dan FMM. Agak nanggung memang, 3D tapi bikin sakit mata, andai bisa setara dengan PES Club Manager pasti gokil.

Soccer Manager 2020 - 2.jpg

Dari gameplay-pun Soccer Manager 2020 masih jauh dibawah FMM. Fitur pengembangan stadium, fasilitas akademi, dan fasilitas latihan bagi saya terasa kurang real. Di Soccer Manager 2020 kita bahkan tidak bisa menjadi manajer tim nasional sebuah negara. Adanya item untuk menaikan moral dan stamina juga membuat saya makin geleng-geleng kepala. Tapi, saya juga memaklumi hal seperti itu, karena itu adalah cara developer untuk mendapatkan penghasilan, baik itu lewat iklan ataupun lewat pembelian dalam game. Faktanya Soccer Manager 2020 adalah game gratis sementara FMM adalah game berbayar, sebuah hal yang menjadi pembeda dan sudah menjadi pertanda mana yang lebih unggul. Mungkin bisa dibilang Soccer Manager 2020 adalah versi lite dari FMM.

Bagaimanapun saya mengapresiasi Soccer Manager Ltd yang membuat game ini sebagai pelarian bagi orang-orang yang tidak mau mengeluarkan uang untuk membeli game FMM tapi masih ingin merasakan game manajer sepak bola dengan gameplay yang cukup realistis seperti di dunia nyata.

Soccer Manager 2020 adalah sebuah game manajer sepak bola dengan gameplay yang mendekati seperti di dunia nyata, untuk yang belum mencoba FMM sepertinya kalian akan betah main game ini. Tapi, untuk yang pernah memainkan FMM tentu hati kalian akan tetap untuk FMM, walaupun FMM nyatanya bukan game gratis.

Keywords: Game Soccer Manager 2020 Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, 2019, Sepak Bola Manajer

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Soccer Manager 2020, Game Manajer Sepak Bola di Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel