Sejarah dan Misteri dari Lukisan Mona Lisa yang Terkenal

Sejarah dan Misteri dari Lukisan Mona Lisa yang Terkenal.jpg

Kalian pasti tahu Lukisan Mona Lisa kan? Ya, itu adalah lukisan yang sangat terkenal karya Leonardo da Vinci. Kali ini kita akan mencoba membahas sejarah dan misteri di balik lukisan yang sekarang di pajang di museum The Louvre di Paris, Perancis ini. Namun, sebelum kita membahas lukisannya mari kita lebih mengenal dulu sang penciptanya, Leonardo da Vinci.

Siapakah Leonardo da Vinci?


Leonardo da Vinci adalah seorang seniman berkebangsaan Italia. Ia lahir di kota Firenze, Italia pada 15 April 1452 dan meninggal di Clos Lucé, Prancis pada 2 Mei 1519 saat menginjak usia 67 tahun. Leonardo merupakan anak dari Ser Piero Da Vinci dan Caterina. Ia memiliki nama lengkap Leonardo di Ser Piero da Vinci yang berarti Leonardo putra Ser Piero dari kota Vinci. Selain terkenal sebagai pelukis, Leonardo juga dikenal sebagai arsitek, musisi, penulis dan pematung.

Itulah tadi sekilas informasi tentang Leonardo da Vinci. Sekarang mari kita bahas maha karyanya, Lukisan Mona Lisa.

Sejarah Lukisan Mona Lisa


Lukisan Mona Lisa adalah lukisan yang berupa potret setengah badan dari seorang wanita karya Leonardo da Vinci. Leonardo diyakini mulai melukis Lukisan Mona Lisa antara tahun 1503 hingga 1506. Pada tahun 1516, Leonardo diundang oleh Raja François I untuk bekerja di Clos Lucé yang berdekatan dengan istana kerajaan. Di sana, Leonardo melanjutkan proses pelukisan lukisan Mona Lisa yang sebelumnya telah berhenti selama beberapa tahun.

Setelah Leonardo meninggal, lukisan ini kemudian diwarisi oleh murid dan asistennya yakni Salai. Lukisan ini kemudian dibeli oleh King Francis I of France dan disimpan di Palace of Fontainebleau. Setelah beberapa kali dipindahkan dan bahkan hilang karena dicuri, lukisan Mona Lisa saat ini dipajang secara permanen di museum The Louvre.

Di Italia, Lukisan Mona Lisa lebih dikenal dengan nama La Gioconda yang memiliki arti 'Orang yang Bahagia'. Sementara di Prancis lebih dikenal dengan nama La Joconde yang merupakan terjemahan La Gioconda ke dalam Bahasa Prancis.

Misteri Dibalik Lukisan Mona Lisa


Selain karena keindahannya, lukisan Mona Lisa juga terkenal karena berbagai misteri yang menyelimutinya. Berikut beberapa misteri dari lukisan Mona Lisa:

Misteri Senyuman Mona Lisa

Senyuman di lukisan ini memang sangat misterius karena banyaknya pendapat tentang senyuman ini. Ada orang yang berpendapat kalau senyuman di lukisan Mona Lisa ini adalah senyuman kebahagian, namun tak sedikit orang juga yang menyebut senyuman tersebut adalah senyuman ketakutan dan sebagian lagi menyebut senyuman itu sebagai senyuman kemarahan. Terkadang seseorang melihat senyuman kebahagiaan ketika melihat ke bibirnya, namun setelah melihat ke arah matanya maka senyuman tersebut akan berubah feeling-nya.

Pada tahun 2005 para peneliti dari University of Amsterdam mencoba menganalisis senyuman tersebut dengan menggunakan software komputer yang bisa mendeskripsikan perasaan seseorang melalui sebuah gambar. Hasilnya, senyuman tersebut menunjukan 83% perasaan bahagia, 9% lelah, 6% takut, 2% marah, kurang dari 1% netral, dan 0% terkejut.

Misteri Latar Belakang Lukisan Mona Lisa

Background atau latar belakang lukisan Mona Lisa juga sempat diperbincangkan. Pasalnya, beberapa orang meyakini kalau sebelumnya terdapat dua buah tiang di samping kanan dan kirinya. Seperti yang kita tahu sekarang latar belakang lukisan tersebut hanya sebuah pemandangan tepi sungai di sebuah lembah di Itali tanpa adanya tiang yang dimaksud.

Banyak orang yang menganggap jika kedua tiang yang tepat berada di kedua ujung lukisan asli tersebut dipotong agar sesuai dengan bingkai yang akan digunakannya. Namun dalam sebuah penelitian pada tahun 2005, tidak ditemukan adanya tanda-tanda bekas pemotongan. Gambar Mona Lisa dengan dua buah tiang yang banyak beredar saat ini kemungkinan hanyalah rekayasa saja.

Misteri Alis dan Bulu Mata di Lukisan Mona Lisa

Jika kamu melihat lebih teliti lukisan Mona Lisa maka kamu akan menyadari kalau perempuan dalam lukisan tersebut tidak memiliki alis dan bulu mata. Mengapa demikian?

Seorang peneliti asal Prancis bernama Pascal Cotte kemudian melakukan penelitian di tahun 2007. Penelitian tersebut mencoba mengungkapkan keberadaan bulu mata dengan cara membuat foto close up dari lukisan tersebut dengan kamera beresolusi tinggi. Hasilnya, Cotte menemukan sebuah bulu mata di atas mata kiri dari Mona Lisa. Dengan begitu ia dapat menyimpulkan jika sebenarnya Leonardo melukis bulu mata di wajah Mona Lisa, namun bulu mata tersebut terhapus seiring dengan berjalannya waktu ataupun karena kesalahan saat pembersihan lukisan.

Misteri Kode di Bola Mata Lukisan Mona Lisa

Misteri demi misteri melahirkan kontroversi, dan akhir-akhir ini ditemukanlah kode rahasia yang benar-benar ada pada lukisan Mona Lisa, kode yang diperkirakan sengaja dilukis oleh Leonardo melalui kuasnya pada bola mata lukisan tersebut. Disebelah mata kanan terdapat tulisan LV, yang kemungkinan adalah inisial Leonardo da Vinci. Sementara pada mata sebelah kiri terdapat tulisan yang sudah samar karena usia lukisan tersebut, namun bila dilihat seperti huruf CE atau B, namun para peneliti menambahkan bahwa lengkungan tersebut seperti angka 72 atau L2. Maksudnya apa ya? Jika benar itu L2 apakah inisial dari Leonardo dan Lisa?

Siapa Sebenarnya Mona Lisa?

Ini dia misteri yang paling menyita perhatian banyak orang. Siapa sebenarnya orang yang digambarkan sebagai Mona Lisa di lukisan tersebut?

Kebanyakan orang percaya kalau Mona Lisa adalah Lisa Del Giocondo. Lisa merupakan istri dari Francesco del Giocondo, seorang pengusaha kain sutra yang sangat kaya di kota Florence, Italia.

Ada juga yang meyakini bahwa Isabella of Aragon sang Ratu Milan adalah model pembuatan lukisan Mona Lisa. Teori ini diambil berdasarkan fakta bahwa Da Vinci pernah bekerja sebagai pelukis Kerajaan Milan selama 11 tahun. Gaun berwarna hijau tua yang dipakai Mona Lisa merupakan pakaian dari keluarga Kerajaan Milan sehingga kemungkinan besar model dari lukisan tersebut adalah Isabella of Aragon.

Namun, alih-alih meyakini Mona Lisa adalah Lisa Del Giocondo atau Isabella of Aragon ada sebagaian orang yang malah berpendapat bahwa Mona Lisa adalah seorang laki-laki. Adalah Susan Dorothea White yang menyatakan jika Mona Lisa adalah seorang pria. Susan mengklaim jika lukisan tersebut adalah potret dari Leonardo Da Vinci sendiri. Dalam penelitiannya ia menggabungkan wajah Da Vinci dan Mona Lisa dalam satu gambar dan hasilnya kedua wajah tersebut menyatu dengan sempurna.

Itulah tadi sejarah dan misteri dibalik lukisan Mona Lisa. Sampai kapanpun sepertinya lukisan tersebut akan tetap memiliki misteri yang tak terpecahkan. Semoga artikel singkat ini mampu menambah wawasan kalian.

Sumber referensi:
www.wikipedia.org
www.ragamseni.com
www.bacaterus.com

Sumber gambar:
www.britannica.com

Keywords: Sejarah Dan Misteri Lukisan Mona Lisa Yang Terkenal, Fakta-Fakta Unik Tentang Mona Lisa, Seputar, Info Lengkap Leonardo da Vinci, Biodata, Biografi, Penemuan, Kisah Mistis, Monalisa

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Sejarah dan Misteri dari Lukisan Mona Lisa yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel