Artis yang Pernah Menjadi Korban Bullying

Artis yang Pernah Menjadi Korban Bullying.jpg

Bullying atau kasus perundungan adalah sesuatu yang tidak dibenarkan. Menggunakan kekuatan kita untuk menyakiti dan mengintimidasi yang lemah bukanlah hal yang keren. Kasus bullying umumnya banyak ditemui di lingkungan sekolah di belahan dunia manapun, termasuk di Indonesia. Meskipun di lingkungan lain bullying kerap ditemui, seperti di lingkungan masyarakat, pekerjaan, atau bahkan keluarga.

Bullying sangat berbahaya bagi para korbannya baik itu yang hanya berupa verbal atau sudah sampai ke fisik, reaksi tiap orang berbeda-beda saat menerima tindakan tersebut. Ada yang mampu bertahan, ada juga yang tak mampu bertahan dan berujung pada tindakan bunuh diri. Jika kalian sedang dalam kondisi menjadi korban bullying, tabah, bersabar atau lakukan sesuatu supaya kalian bisa bangkit seperti beberapa selebritas terkenal yang ternyata dulunya pernah jadi korban perundungan. Ya, siapa sangka dibalik kesuksesan mereka saat ini, ada sebuah cobaan berat yang harus mereka lalui terlebih dahulu di masa lalu.

Berikut Artis yang pernah menjadi korban bullying


Kita awali daftar ini dari artis-artis asal Indonesia.

Tulus


Penyanyi yang memiliki nama panjang Muhammad Tulus ini lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 20 Agustus 1987. Tulus adalah seorang penyanyi yang sukses, ia sampai saat ini sudah meraih 5 penghargaan Indonesian Choice Awards dan 13 penghargaan Anugerah Musik Indonesia. Ia sudah mengeluarkan 3 buah album studio yakni Tulus, Gajah, dan Monokrom.

Tulus semasa SD sering disebut gajah karena bentuk tubuhnya dan ia bergerak sangat lambat. Ia pun sempat merasa kurang percaya diri, sampai ia tahu kalau gajah adalah hewan yang cerdas dan ia mulai menyukai sebutan itu. Bahkan, ia menuangkan pengalamannya itu dalam sebuah lagu yang juga diberi judul "Gajah".

Tatjana Saphira


Tatjana Saphira Hartmann adalah seorang aktris berkebangsaan Indonesia yang memiliki darah Jerman dari sang ayah. Ia sudah bermain di berbagai film terkenal sebut saja "Sweet 20", "Negeri Van Oranje", dan "Ayat-ayat Cinta 2". Ia berhasil meraih Pemeran Utama Wanita Terbaik di ajang penghargaan Indonesian Box Office Movie Awards 2018.

Semasa kecil ia sering disuruh-suruh dan dipalak oleh teman-temannya. Bahkan teman-temannya kerap mengolok-oloknya dengan mempelesetkan namanya. Tatjana bahkan sering menangis dan bertanya pada orang tuanya mengapa ia diberi nama seperti itu. Ketika ia memulai karier sebagai artis di usia 13-14 tahun, teman-temannya masih memperlakukan Tatjana dengan buruk.

"Dulu itu, pas aku baru-baru mulai (berkarier), usiaku 13-14 tahun. Somehow aku jadi merasakan krisis kepercayaan diri, enggak pede, malu-malu, kalau ketemu orang tuh diem aja, enggak berani ngomong. Kebetulan, aku juga bukan orang yang setangguh itu untuk melawan. Akhirnya sedih, down sendiri," Kenang Tatjana.

Prilly Latuconsina


Nama Prilly Latuconsina melejit setelah bermain dalam sinetron "Ganteng Ganteng Srigala". Aktris kelahiran 15 Oktober 1996 ini juga pernah bermain di beberapa film layar lebar seperti di "Danur: I Can See Ghosts", "Danur 2: Maddah", dan "Hangout".

Artis yang pernah menjadi pemenang sebagai Aktris Terfavorit dalam Panasonic Gobel Awards 2015 ini juga tak lepas dari tindakan bullying. Ia kerap ditindas karena tubuhnya yang terbilang kecil untuk anak seusianya dan juga tidak ada yang menemaninya, ia mengalami perundungan saat masa SMP.

"Dikata-katain dulu karena aku paling kecil di kelas. Terus ya suka nggak ditemenin for no reason. Aku juga agak bingung dulu kenapa aku nggak ditemenin," curhat Prilly.

Afgan


Afgan yang memiliki nama panjang Afgansyah Reza ini bukanlah penyanyi amatir di industri musik Indonesia. Penghargaan yang ia raih bukan lagi satu atau dua tapi puluhan, diantaranya 7 penghargaan Anugerah Musik Indonesia, 2 penghargaan MTV Indonesia Awards, 1 penghargaan World Music Awards, 1 penghargaan Asia Song Festival, dan masih banyak lagi.

Namun, siapa sangka bahwa Afgan pernah jadi korban bullying. Ia mengalaminya selama hampir 3 tahun di SMP. Bahkan, ketika masuk kuliah ia memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan. Pada saat mengikuti ospek di kampus Universitas Indonesia, Afgan pernah datang terlambat. Itu membuah panitia marah, dan kemarahan panitia semakin menjadi karena Afgan tidak memakai atribut yang lengkap, lalu kedapatan membawa barang-barang kosmetik seperti bedak dan body lotion. Hal ini membuat ia jadi bulan-bulanan kakak seniornya di kampus.

Sarwendah


Sarwendah Tan merupakan mantan anggota Cherrybelle sebelum akhirnya dipensiunkan pada tahun 2012. Saat ini ia sudah menikah dengan Ruben Onsu.

Sarwendah mengalami tindakan bullying ketika ia bersekolah di luar negeri. Tindakan bullying yang ia alami kabarnya sudah sampai pada kekerasan fisik dan sampai direkam para pelaku. Yang lebih mengerikannya lagi, ia menerima bullying dari sesama warga Indonesia.

"Dulu saya sekolah diluar negeri dan saya pernah menjadi anak yg di-bully dipukulin sama teman-teman saya sambil divideoin dan yang mirisnya lagi saya justru di-bully oleh teman-teman dari negara saya sendiri dan kejadian itu sempat membuat saya trauma dan sayangnya tindakan dari sekolah waktu itu juga tidak kuat kepada para pelaku," tulis Sarwendah.

Jessica Iskandar


Jessica Iskandar atau biasa dipanggil Jedar adalah artis yang dikenal luas di Indonesia. Wanita yang lahir pada 29 Januari 1988 ini pernah mengalami tindakan bullying semasa kecil yang mengarah pada pelecehan seksual. Jedar pernah dipeluk secara tiba-tiba anak laki-laki dari belakang.

"Pernah juga ada anak-anak lelaki gitu meluk aku dari belakang, aku langsung takut, nangis pulang. Terus sejak saat itu aku nggak berani, nggak lewat jalan situ lagi," jelas Jedar.

Ria Ricis


Ria Yunita atau kita lebih mengenalnya dengan nama Ria Ricis adalah seorang youtuber dengan jumlah subscriber yang mencapai jutaan. Ria sudah mulai di-bully sejak kelas 5-6 SD. Tas dan bangkunya pernah ditarik-tarik oleh anak-anak lain di kelasnya. Ia sampai pernah minta pindah sekolah.

Barbie Kumalasari


Artis yang lahir pada tanggal 7 Mei 1982 ini dikenal lewat perannya sebagai Mpok Ijah dalam sinetron "Bidadari" yang tayang pada tahun 2000-an. Saat itu, ia masih memiliki tubuh berisi dan chubby. Bahkan Kumalasari mengaku saat itu tubuhnya bisa mencapai 100kg. Akibat berat badan berlebih tersebut, Kumalasari kerap di-bully di lokasi syuting.

Bahkan ia sempat dibilang babi karena bentuk tubuhnya yang gemuk. Ia juga pernah seharian berada di lokasi syuting, namun justru tak mendapat peran apapun dan disuruh pulang lagi. Apa yang dialami Kumalasari adalah bukti bahwa tindakan bullying bisa terjadi dimana saja tak hanya di lingkungan sekolah.

"Awalnya aku sakit hati, karena terlalu diskriminatif banget di lokasi syuting, di-bully. Karena perannya pembantu gak boleh pakai makeup bermerek, gendut dan bajunya yang murah. Terus di ruangan nggak boleh nyampur sama artis yang nge-top," jelas Barbie Kumalasari.

Karena terlalu sering di-bully seperti itu, Kumalasari pun berusaha sekuat tenaga agar memiliki badan yang langsing. Ia bahkan rela merogoh kocek yang tak sedikit untuk mengubah penampilannya. Dana yang dikeluarkannya ini menghabiskan uang sebanyak Rp4 miliar.

Verrell Bramasta


Verrell Bramasta adalah seorang model dan aktor berkebangsaan Indonesia, ia dikenal karena bermain dalam berbagai sinetron populer seperti "Siapa Takut Jatuh Cinta" dan "Anak Langit".

Aktor yang memiliki nama panjang Verrell Bramasta Fadilla Soedjoko ini mengaku pernah mengalami tindakan bullying saat masa sekolah.

"Aku pernah menjadi korban bullying di sekolah. Jika ada sesuatu dari bullying, itu bukan tentang memiliki kekuatan, punya kendali, menjadi tangan di atas, atau pun terlihat kece dari pada yang lain," tulis Verrell dalam postingan IG Story.

Maxime Bouttier


Maxime Bouttier adalah seorang aktor yang lahir pada 22 April 1993 di Prancis, namun memiliki kebangsaan Indonesia. Ia pertama kali bermain dalam sinetron "Arti Sahabat", sementara film pertama yang ia bintangi adalah "Kata Hati" yang dirilis pada tahun 2013 dan sampai saat ini sudah membintangi puluhan judul film.

Ia mengaku mengalami bullying selama empat bulan sewaktu SMP. Selama itu pula ia merasa tidak nyaman untuk berangkat sekolah, waktu itu ia merasa tidak memiliki wajah yang tampan dan terlihat culun. Meski awalnya pasrah dengan tindakan perundungan yang ia terima namun lama kelamaan ia berani melawan dan mampu membela diri.

Awkarin


Awkarin adalah seorang selebritas internet yang aktif di Instagram dan YouTube. Awkarin dikenal karena berbagai kontroversi yang ia buat.

Awkarin sempat diejek cupu sampai dicampakkan oleh sang pacar. Hal ini sempat membuatnya depresi sampai beberapa kali masuk rumah sakit karena mencoba bunuh diri.

Amanda Rawles


Amanda Rawles adalah seorang aktris Indonesia yang lahir pada 20 Agustus 2000 di Jakarta. Ia mulai dikenal luas setelah bermain dalam film "Dear Nathan", meskipun ssbelumnya ia juga pernah bermain dalam beberapa film seperti "7 Hari Menembus Waktu" dan "Promise".

Amanda pernah mengalami tindakan bullying verbal saat dibangku sekolah oleh teman-temannya. Namun, Amanda menjadikannya sebagai motivasi untuk membuktikan diri hingga bisa sukses seperti sekarang.

Sekarang mari kita ke artis-artis internasional!

Jackie Chan


Sepertinya kalian tidak asing dengan nama Jackie Chan? Siapa sih yang tidak tahu dia, minimal pernah mendengar namanya.

Jackie adalah seorang aktor Hong Kong yang sudah mendunia. Sampai saat ini ia sudah bermain dalam ± 150 film. Ia dikenal dengan gaya bertarung akrobatnya dan menggunakan barang-barang disekitarnya sebagai senjata. Ia juga menguasai bela diri kung fu dan hapkido.

Kita selalu melihat Jackie di film sebagai orang yang tangguh namun penuh kesan humoris tapi tahukah kalian kalau Jackie pernah menjadi korban perundungan. Sewaktu kecil Jackie termasuk anak yang nakal hingga ayahnya memasukannya ke ekstrakurikuler bela diri. Namun, disana ia malah di-bully karena dianggap sebagai yang terlemah. Sampai suatu ketika ia membela seorang anak yang juga menjadi korban bully dan berhasil mengalahkan para pelaku bully. Kini Jackie menjadi panutan anak-anak di seluruh dunia yang menggunakan bela diri untuk bertahan, bukan menyerang.

Jennifer Lawrence


Jennifer Shrader Lawrence adalah seorang aktris yang lahir pada 15 Agustus 1990 di Kentucky, Amerika Serikat. Dia adalah aktris dengan bayaran tertinggi di dunia pada 2015 dan 2016. Ia juga masuk dalam 100 most influential people in the world pada 2013 oleh majalah Time. Penghargaan yang ia terima juga sudah banyak termasuk satu penghargaan Academy Awards dan tiga penghargaan Golden Globe Awards.

Meskipun sekarang jadi bintang besar nyatanya aktris yang bermain di serial film "The Hunger Games" sebagai Katniss Everdeen ini pernah dikucilkan di masa sekolahnya. Ia pernah dibuang ke tempat sampah sekolahnya dan Ia sering tak di undang ke acara teman-teman sekolahnya seperti acara ulang tahun.

"Jadi ada seorang cewek yang mengajakku ke acara ulang tahunnya padahal aku enggak diundang sama sekali. Aku tahu dia hanya ingin menjebakku," kata Jennifer.

Itu dulu, sekarang siapa coba yang tidak mau acara ulang tahunnya di hadiri seorang Jennifer Lawrence?

"Jangan pedulikan mereka yang memang berencana untuk jadi orang gagal. Para pelaku bully itu." - Jennifer Lawrence

Christian Bale


Aktor yang memiliki nama lahir Christian Charles Philip Bale ini terkenal dengan totalitasnya dalam melakoni peran yang ia mainkan, termasuk menurunkan atau menaikkan berat badannya. Pria yang lahir pada 30 Januari 1974 ini sudah bermain dalam banyak judul film, mungkin kita mengenalnya sebagai Bruce Wayne a.k.a. Batman di trilogi "The Dark Knight".

Seperti yang kita tahu, Bale mengawali karirnya di dunia akting di usia muda, sekitar 13 tahun saat bermain di film "Empire of the Sun" yang mulai membawa ketenaran padanya. Sayangnya, ketenaran tersebut malah membawa kesialan padanya di lingkungan sekolahnya. Teman-temannya tak mau bergaul dengannya bahkan ia sering dihina, dipukul, dan ditendang karena teman-temannya merasa Bale tak pantas menjadi artis.

"Kalau kamu dapat melewati tindakan bully dan bertahan dengan kuat, pengalaman itu akan berguna untuk sepanjang sisa hidupmu karena kamu lebih kuat daripada yang tidak mengalaminya." - Christian Bale

Justin Timberlake


Justin Timberlake adalah seorang penyanyi dan aktor asal Amerika yang lahir pada 31 Januari 1981. Justin sudah mendapatkan berbagai penghargaan seperti sepuluh penghargaan Grammy Awards, sembilan penghargaan Billboard Music Awards, dan tujuh penghargaan American Music Awards.

Justin lahir dan besar di Tennessee dimana disana mayoritas anak laki-laki suka olahraga terutama sepak bola. Sayangnya Justin tidak suka sepak bola, ia lebih suka seni dan musik. Karena alasan itulah ia kerap menerima tindakan bullying dan disebut banci oleh teman-temannya. Saat ia bergabung dengan Mickey Mouse Club di Walt Disney dan terlibat dalam banyak acara musikal, teman-temannya semakin mem-bully-nya. Namun, untunglah Justin kuat menghadapi cobaan itu dan justru menjadikan perbedaannya dengan anak laki-laki lain disekitarnya itu untuk meraih kesuksesan.

Rihanna


Rihanna lahir pada 20 Februari 1988 dengan nama lengkap Robyn Rihanna Fenty. Ia adalah seorang penyanyi yang sudah meraih beragam penghargaan diantaranya 9 Grammy dan 13 American Music Awards. Sampai saat ini penyanyi yang tinggal di London ini sudah mengeluarkan 8 album studio, 2 album kompilasi dan 71 singel.

Penyanyi yang terkenal dengan tembang "Umbrella" ini pernah mengalami tindakan bullying semasa sekolah. Di sekolah Rihanna mayoritas muridnya adalah orang kulit putih dan sudah bisa ditebak Rihanna yang memiliki kulit hitam kerap menjadi korban rasisme. Hal itu sempat membuatnya kurang percaya diri, namun kini ia bangkit dan menjadi salah satu artis yang paling menentang rasisme.

Lady Gaga


Stefani Joanne Angelina Germanotta atau lebih dikenal dengan Lady Gaga adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan aktris asal Amerika Serikat. Lagu-Lagu populer dari wanita yang memiliki julukan "Mother Monster" ini antara lain adalah "Poker Face", "Alejandro", dan "Bad Romance". Ia juga adalah seorang aktris, film yang pernah ia bintangi adalah "A Star Is Born" yang membawa Gaga masuk nominasi Best Actress di Academy Awards ke-91.

Seperti yang kita tahu, Gaga selalu menyuguhkan sesuatu yang baru dan anti-mainstream meskipun terkadang terlihat aneh. Ternyata pemikiran-pemikiran aneh itu sudah ada pada diri Gaga sejak ia duduk di bangku sekolah, karena itulah ia menjadi sasaran empuk para pelaku bully. Loker Gaga penuh coretan tak pantas, ia juga pernah disiksa di lorong sekolah sampai dilempar ke tempat sampah oleh teman-teman lelakinya. Bahkan, ia merasa enggan pergi ke sekolah karena terlalu sering diganggu. Berangkat dari pengalamannya itu, kini Gaga mendirikan organisasi anti-bullying-nya sendiri, Born This Way Foundation.

Robert Pattinson


Robert Pattinson adalah aktor asal Inggris yang terkenal lewat perannya sebagai Edward Cullen di serial film "Twilight". Ia lahir di London, Inggris pada 13 Mei 1986 dengan nama asli Robert Douglas Thomas Pattinson.

Pattinson pernah dipukuli karena kecintaannya pada berakting. Ia pernah disuruh merangkak seperti orang idiot saat masih anak-anak.

"Saat itu aku masih memulai karir sebagai aktor. Maka aku mencoba bertingkah laku seperti aktor, dan ternyata itu membuat orang lain ingin memukuliku," ungkap Pattinson.

Demi Lovato


Demetria Devonne Lovato lahir di New Mexico, Amerika Serikat pada 20 Agustus 1992. Demi adalah seorang aktris dan penyanyi yang berbakat. Ia sudah mengeluarkan 6 album studio yakni Don't Forget, Here We Go Again, , Unbroken, Demi, Confident, dan Tell Me You Love Me. Dia juga membawakan salah satu lagu Disney yang pasti selalu kita ingat, "Let It Go".

Semasa sekolah Demi sering diganggu karena ukuran tubuhnya yang gemuk. Bahkan para pengganggu itu sampai mendatangi rumah Demi dan berteriak kata-kata yang tidak pantas. Ia sampai memilih homeschooling untuk menghindari para pengganggu itu.

Miley Cyrus


Miley Cyrus yang memiliki nama lahir Destiny Hope Cyrus lahir pada 23 November 1992 di Tennessee, Amerika Serikat. Cyrus adalah salah satu artis yang berhasil sukses dengan mengawali kariernya sebagai artis anak-anak. Ia sudah memenangkan sekitar 60 penghargaan diantaranya di Billboard Music Awards, MTV Movie Awards, dan World Music Awards.

Miley adalah putri dari Billy Ray Cyrus yang merupakan seorang artis. Namun, menjadi anak seorang artis tak menjamin kehidupan masa kecil yang bahagia. Ia sempat di-bully karena menjadi anak seorang artis, wajahnya juga tak semulus sekarang, dulu wajahnya dipenuhi jerawat dan itu menjadi bahan ejekan teman-temannya. Suatu waktu ia pernah dikunci di kamar mandi oleh teman-temannya.

"Mereka mendorongku masuk dan mengunciku di dalam kamar mandi. Aku menggedor-gedor pintu dari dalam hingga tanganku sakit," kata Cyrus.

Taylor Swift


Taylor Alison Swift adalah penyanyi Amerika Serikat yang dikenal dengan lagu-lagu naratifnya tentang kehidupan pribadinya, terutama soal asmara. Ia sampai saat ini sudah mengeluarkan 7 album studio dan 55 singel. Ia juga menjadi pemenang Album of the Year termuda di ajang penghargaan Grammy Awards.

Wanita yang kekayaannya diperkirakan mencapai $360 juta pada 2019 ini dulu pernah dikucilkan oleh teman-teman semasa sekolahnya. Salah satu alasan kenapa ia di-bully adalah karena menyukai musik country, teman-temannya menganggap Swift aneh karena menyukai jenis musik tersebut. Uniknya, musik yang dinilai aneh oleh teman-temannya itulah yang membawa Swift pada kesuksesan luar biasa seperti sekarang ini.

Seperti Jennifer Lawrence, Swift juga sering tak diundang ke acara teman-temannya. Lucunya, saat konser Taylor Swift, teman-temannya yang mengucilkannya dulu datang dan mengaku fansnya.

"Saya ingat ketika saya masih di sekolah, seluruh alasan saya mulai menulis lagu itu karena aku menghabiskan banyak waktu sendirian. Aku duduk di sana di sekolah dan aku mendengar beberapa orang mengatakan ini, 'Oh my God, pesta ini akan menjadi luar biasa pada hari Jumat. Semua orang diundang kecuali Taylor,” katanya.

Baca juga: Lagu-Lagu Taylor Swift Terbaik

Eminem


Marshall Bruce Mathers III atau yang lebih kita kenal dengan Eminem adalah salah satu rapper yang tak diragukan lagi kualitasnya. Ia sudah menelurkan 11 album studio, 2 EP dan 5 album kompilasi.

Rapper yang sempat bercita-cita menjadi komikus ini sudah ditinggal pergi ayahnya saat ia baru beberapa hari terlahir kedunia. Alhasil, ia pun hanya tinggal berdua bersama ibunya, Debbie Mathers-Briggs yang punya kebiasaan buruk minum-minuman keras dan meroko.

Debbie sempat beberapa kali terlihat mabuk di tempat kerja hingga membuatnya dipecat dan mencari pekerjaan lagi. Karena sering berpindah-pindah tempat kerja, Eminem pun juga harus ikut berpindah sekolah. Bahkan kabarnya Eminem sempat 10 kali pindah sekolah. Karena itulah ia sering jadi korban bullying di sekolah barunya, biasalah murid baru selalu ada aja yang gangguin. Bahkan Pernah Eminem kecil dihajar sampai tergeletak tak berdaya di tepian jalan. Sambil menangis, tak henti-hentinya dia meraung menahan sakit di bagian rusuk. Setelah diperiksa, cedera yang dideritanya lumayan parah, lima tulang rusuknya patah dan dia harus menjalani rawat inap setelah kondisinya baikan, selanjutnya ia tetep harus ikut program rawat jalan selama 5 bulan.

Pengalaman pahit masa kecil Eminem membuat ia kini menjadi sosok yang tegar dan disegani. Ia bahkan sudah seperti ikon musik rap bagi banyak orang.

Selena Gomez


Selena Gomez adalah penyanyi asal Amerika Serikat yang sudah mengeluarkan 3 album studio, 1 album kompilasi, dan 2 EP. Ia sudah mendapatkan lebih dari 100 penghargaan sepanjang kariernya, diantaranya di ajang MTV Video Music Awards dan American Music Awards.

Selena sering ditertawakan di sekolahnya karena kariernya di dunia hiburan. Ia bahkan sempat mengatakan ia tak merindukan sekolah sama sekali.

"Aku menjadi sasaran di sekolah. Aku dijadikan objek dan ditertawakan karena karierku di dunia entertainment," ungkap Selena dalam sebuah interviu dengan New York Post.

Kurt Cobain


Kurt Donald Cobain adalah seorang musisi Amerika Serikat yang lahir pada 20 Februari 1967 dan meninggal pada 5 April 1994. Cobain dikenal sebagai pentolan band rok Nirvana. Lagunya yang paling fenomenal adalah "Smells Like Teen Spirit".

Orang tua Cobain sudah bercerai di usianya yang masih 9 tahun. Ia mulai menjadi pribadi yang tertutup dan tidak memiliki teman saat itu. Hanya seorang teman laki-laki gay yang mau berteman dengannya, namun ini membuat Cobain menjadi sasaran bully teman-temannya yang lain.

Gisele Bundchen


Bundchen adalah model dan aktris asal Brazil yang lahir pada 20 Juli 1980. Wanita yang pernah masuk dalam daftar Most Powerful Woman in the World oleh Forbes pada 2014 ini juga tak lepas dari aksi bullying. Sebelum menjadi top model seperti sekarang, Bundchen kerap dihina oleh orang lain.

"Karierku tak semulus kelihatannya. Awalnya, orang-orang mengatakan, wajahku sangat jelek. Mata ku terlalu kecil, tapi hidungku sangat besar. Banyak yang bilang, aku tak akan bisa sukses sebagai model. Wajahku tak akan bisa ada di majalah manapun," ungkap Bundchen.

Meghan Trainor


Meghan Trainor adalah seorang penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Serikat. Ia sudah tertarik dengan musik sejak usia muda, ia menulis, merekam, dan memproduseri tiga album indienya sendiri yang rilis antara tahun 2009 sampai 2011.

Meghan memang memiliki tubuh yang terbilang gemuk dan karena bentuk tubuhnya itulah ia kerap menjadi terget pem-bully-an orang-orang disekitarnya.

"Saya sempat merasa tak nyaman dan percaya diri dengan bentuk tubuh saya. Jujur saja, orangtua saya adalah tipe yang mengizinkan anak-anaknya makan semua yang diinginkan. Selain itu juga, bentuk tubuh saya memang terlihat besar," ujar Meghan saat diwawancarai Entertainment Tonight.

"Saat masih duduk di bangku sekolah, saya menyukai seorang pria. Tapi, dia sempat menolak saya karena mengatakan saya gemuk. Itu sungguh menyakitkan. Saya jadi ingin menangis sepanjang hari dan tak ingin makan sama sekali," tambah Meghan.

Sandra Bullock


Sandra Annette Bullock adalah seorang aktris, produser, dan filantropis asal Amerika Serikat. Dia adalah salah satu aktris dengan bayaran tertinggi di dunia pada 2010 dan 2014. Pada 2015, ia terpilih sebagai Most Beautiful Women oleh majalah People dan pada 2010 ia juga masuk dalam daftar 100 most influential people in the world oleh majalah Time. Bullock telah menerima berbagai penghargaan, diantaranya Academy Awards dan Golden Globe Awards.

Sewaktu sekolah ia memiliki gaya yang kalah jauh dibanding murid lainnya hingga ia menjadi korban bullying.

"Aku kembali ke sekolah dan aku terlihat seperti badut jika dibandingkan dengan gaya keren siswa-siswa yang lain. Teman-temanku sangat kejam. Dan fakta menyedihkannya, aku masih mengingat nama lengkap setiap orang yang menyiksaku." ungkap Bullock.

Kristen Stewart


Kristen Jaymes Stewart adalah seorang aktris dan sutradara Amerika Serikat. Ia telah menerima beberapa penghargaan, termasuk C├ęsar Award dimana ia merupakan aktris Amerika pertama yang memenangkannya. Stewart adalah salah satu aktris dengan bayaran tertinggi di dunia pada 2010 dan 2012.

Aktris yang dikenal berkat perannya sebagai Bella Swan di serial film "The Twilight Saga" ini juga pernah menjadi korban bullying. Dalam sebuah interview dengan Daily Telegraph ia mengatakan, "Aku senang meninggalkan sekolah... Aku tak dapat berinteraksi dengan teman-teman sebayaku (di sekolah), mereka kejam dan tak memberimu kesempatan."

Jessica Alba


Jessica Marie Alba adalah seorang aktris dan businesswoman asal Amerika Serikat. Ia memulai debut penampilannya di televisi dan film pada usia 13 tahun dengan tampil di "Camp Nowhere" dan "The Secret World of Alex Mack". Namun, kariernya mulai menanjak di usia 19 tahun setelah bermain sebagai pemeran utama di serial televisi "Dark Angel" dimana ia berhasil menjadi nominasi di Golden Globe.

Alba mulai mendapatkan tindakan tidak mengenakan dari teman-temannya setelah ia bermain dalam "Camp Nowhere". Ditambah ia awalnya adalah anak yang pemalu dan canggung, sehingga ia menjadi sasaran empuk untuk tukang bully.

"Saat aku kembali ke sekolah setelah akting pertamaku dalam film 'Camp Nowhere', tiba-tiba semua temanku tak seperti 'teman' lagi. Mereka mulai memanggilku pelacur dan mulai berpikir aku akan merebut pacar mereka. Aku diancam dan dipukuli setiap hari oleh kelompok-kelompok perempuan yang berbeda. Aku bahkan harus meminta seseorang untuk menjagaku saat berpindah dari satu kelas ke kelas yang lain," ungkap Alba.

Tom Cruise


Aktor yang lahir dengan nama Thomas Cruise Mapother IV ini adalah seorang aktor dan produser film Amerika Serikat. Ia mendapatkan berbagai penghargaan selama kariernya, termasuk tiga Golden Globe Awards dan tiga nominasi Academy Awards. Cruise adalah salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di dunia, film-filmnya sudah mendapatkan total pendapatan lebih dari $4 miliar di Amerika Utara dan lebih dari $10 miliar di seluruh dunia, menjadikannya salah satu aktor terlaris sepanjang masa.

Di usianya yang baru 14 tahun, Cruise sudah berpindah-pindah sekolah sebanyak 15 kali di Amerika Serikat dan Kanada. Cruise tidak di-bully oleh teman-temannya tapi oleh ayahnya sendiri. Ia adalah anak yang tidak dicintai oleh ayahnya.

"Ia adalah orang yang akan menendangmu jika terjadi suatu masalah," ungkap Cruise tentang ayahnya di sebuah wawancara.

Victoria Beckham


Victoria Caroline Beckham adalah seorang fashion designer dan penyanyi asal Inggris. Di akhir tahun 90-an ia mulai dikenal setelah bergabung dengan grup musik pop, Space Girls, dan ia dijuluki Posh Spice oleh majalah musik Britania, Top of the Pops pada edisi Juli 1996. Setelah berpisah dengan Space Girls, ia bergabung dengan label musik Virgin Records dan Telstars Records, lagu yang pertama ia rilis berjudul "Out of Your Mind" berhasil menduduki posisi ke-2 di UK singles Chart.

Victoria diketahui pernah menjadi korban bullying saat masa sekolah. Dalam sebuah interviu dengan majalah OK!, Victoria mengatakan, "Sekolah menengah adalah neraka... orang-orang mendorongku dan mengatakan akan memukuliku, mengejarku. Itu sangat mengerikan. Keseluruhan kehidupan sekolahku, mengerikan."

Chris Rock


Chris Rock lahir dengan nama Christopher Julius Rock pada 7 Februari 1965 di South Carolina, Amerika Serikat. Ia adalah seorang komedian, aktor, penulis, produser, dan sutradara.

Pemenang lima Emmy Awards ini menjadi bahan bully-an di sekolahnya di Brooklyn pada awal 70-an. Ia di-bully karena menjadi satu dari sedikit murid kulit hitam di sekolahnya. Seperti yang kita tahu, rasisme adalah sebuah "penyakit" di masyarakat Amerika sejak dulu, bahkan mungkin dulu lebih parah dimana orang-orang kulit hitam sampai dijadikan budak.  Chris sendiri mengalami aksi rasisme tersebut nyaris setiap hari, saat sekolah, ia dihina, dikucilkan sampai diludahi.

Fred Durst


William Frederick Durst adalah seorang penyanyi, aktor, dan sutradara film asal Amerika Serikat. Dia dikenal sebagai vokalis dan pentolan band rap rok yang dibentuk pada tahun 1994, Limp Bizkit. Fred juga pernah merasakan menjadi korban perundungan di masa SMA.

"Aku sering dipukuli di masa SMA. Aku adalah orang yang selalu diremehkan. Semua rasa sedih dalam hidupku bersumber dari itu (masa SMA)," kata Fred.

Christina Hendricks


Christina Hendricks adalah seorang aktris dan mantan model yang lahir pada 3 Mei 1975. Penghargaan yang sudah ia terima antara lain enam nominasi Primetime Emmy Award, dua Screen Actors Guild Awards, dan dua Critics' Choice Awards untuk Best Supporting Actress in a Drama Series. Sebuah jajak pendapat pada 2010 dari pembaca wanita oleh majalah Esquire memilih nama Christina Hendricks sebagai the sexiest woman in the world, dan juga sebagai Best Looking Woman in America di tahun yang sama.

Hendricks mengalam krisis kepribadian saat remaja. Ia menerima kekerasan dari ibunya sendiri dan ia juga sering mengganti model dan warna rambutnya yang kemudian menjadi penyebab ia di-bully di sekolahnya. Teman-temannya sering menyiksa dan meludahinya.

Megan Fox


Megan Fox adalah aktris dan model asal Amerika Serikat. Dia memulai karier di dunia akting pada 2001, Fox bermain sebagai peran minor di beberapa acara televisi dan film, ia juga mendapatkan peran reguler di acara sitkom televisi, "Hope & Faith". Ia membuat debut filmnya pada 2004 saat bermain dalam film komedi remaja "Confessions of a Teenage Drama Queen". Pada 2007, ia memerankan karakter Mikaela Banes, love interest dari karakter yang diperankan Shia LaBeouf di film "Transformers". Berkat aktingnya di film blockbuster sekelas "Transformers" itu, kariernya di dunia perfilman semakin menanjak. Ia kembali memerankan karakter tersebut di sekuelnya yang dirilis tahun 2009, "Transformers: Revenge of the Fallen". Fox kemudian bermain dalam film horor black comedy berjudul "Jennifer's Body" dan pada 2014 ia berperan sebagai April O'Neil di "Teenage Mutant Ninja Turtles" serta "Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows".

Cita-cita Fox untuk menjadi artis terkenal sudah muncul sejak SMA. Karena itulah ia menjadi target para penganggu di kelasnya. Teman-temannya mem-bully Fox begitu parah, bahkan ketika makan saja ia harus makan di kamar mandi untuk menghindari para pem-bully yang suka melemparinya dengan saus tomat.

Kate Winslet


Kate Elizabeth Winslet adalah seorang aktris Inggris yang lahir pada 5 Oktober 1975. Ia dikenal dengan karyanya dalam drama sejarah dan tragedi serta suka memerankan karakter wanita bermasalah. Winslet sudah memenangkan berbagai penghargaan termasuk British Academy Film Awards, ia juga menjadi salah satu artis yang telah memenangkan tiga dari empat ajang penghargaan utama di dunia hiburan dalam kategori kompetitif, yakni Academy Awards, Emmy Awards, dan Grammy Awards.

Artis yang memerankan karakter Rose DeWitt Bukater di film "Titanic" ini dulu bukanlah wanita yang seksi. Berat badan Winslet saat itu termasuk berlebih dan itu menjadi penyebab ia mendapatkan tindakan bullying. Winslet dulu dijuluki "blubber" dan pernah dikunci di lemari oleh teman-temannya.

Jennifer Garner


Jennifer Anne Garner adalah seorang aktris asal Amerika Serikat. Setelah bermain sebagai pemeran pendukung di "Pearl Harbor", Garner mendapatkan pujian atas performanya memerankan Sydney Bristow, seorang anggota CIA di serial televisi "Alias" yang tayang dari 2001 sampai 2006. Berkat perannya di serial televisi tersebut, ia berhasil mendapatkan penghargaan Golden Globe Awards dan Screen Actors Guild Awards, ia juga menerima empat nominasi di Primetime Emmy Awards.

Sekarang Garner adalah salah satu aktris terkenal di Amerika, namun siapa sangka ternyata di masa sekolahnya dulu ia adalah seorang kutu buku dan bukan merupakan gadis populer. Karena itulah ia kerap kali di-bully teman-temannya sendiri.

Shailene Woodley


Shailene Diann Woodley adalah aktris, produser film, dan aktivis asal Amerika Serikat. Besar di Simi Valley, California, Woodley mulai menjadi model di usia 4 tahun dan memulai karier di dunia akting dengan bermain peran minor di televisi. Dia mulai dikenal luas setelah memerankan karakter Amy Juergens di seriel drama "The Secret Life of the American Teenager" yang tayang di ABC Family.

Woodley di-bully di sekolahnya karena tubuhnya yang kurus, ia bahkan disebut sebagai penderita anoreksia padahal sebenarnya tidak. Woodley sampai menangis dan berharap bahwa tubuhnya bisa menggendut.

"Menurutku meledek seseorang yang bertubuh kurus itu sama sakitnya dengan meledek cewek yang bertubuh gemuk. Jangan pernah lakukan itu lagi pada siapa pun," ucap Woodley.

Untuk beberapa artis terakhir di daftar ini, ada artis-artis dari Korea Selatan yang juga pernah menjadi korban bullying.

Park Bo-young


Park Bo-young adalah aktris asal Korea Selatan. Ia dikenal sebagai pemeran utama di film-film hit seperti "Scandal Makers", "A Werewolf Boy", dan "On Your Wedding Day". Bo-young juga bermain di beberapa serial televisi seperti "Oh My Ghost" dan "Strong Girl Boong-soon".

Sewaktu SMA, Bo-young pernah di-bully oleh murid lain. Teman-temannya kerap kali menabrakkan pundaknya ketika berpapasan dengan Bo-young dan meletakkan sampah di meja belajarnya di kelas. Saat karier sebagai aktrisnya menanjak, Bo-young masih tetap trauma akan tindakan bullying yang ia terima semasa sekolah. Ia jadi tidak berani membaca komentar-komentar negatif tentang dirinya di internet.

Park Hyung-sik


Park Hyung-sik atau biasa juga dipanggil Hyungsik adalah seorang penyanyi, aktor, dan penari. Hyungsik adalah anggota boyband Korea, ZE:A, biasa disebut Children of Empire. Sebagai aktor, ia dikenal karena perannya dalam beberapa film seperti "The Heirs", "High Society", "Hwarang: The Poet Warrior Youth", "Strong Girl Bong-soon", dan "Suits".

Selama masa pelatihan sebagai anggota ZE:A, Hyungsik kerap mendapatkan prilaku kurang menyenangkan dari anggota lain. Ia sering dijauhi oleh anggota ZE:A lainnya, tidak diajak makan bersama, sampai tidak merespon ketika Hyungsik mengajak bicara. Hyungsik sendiri mengaku tidak suka prilaku tersebut karena ia pernah mengalami depresi saat SMA.

Asol


Asol adalah seorang rapper wanita asal Korea Selatan yang dikenal karena penampilannya di acara televisi Korea Selatan, "Show Me the Money". Ia menjadi satu-satunya rapper wanita di "SMTM" musim ke-6. Ia sudah mulai menulis lagunya sendiri di usia 16 tahun dan di usia 18 ia merilis lagu pertamanya lewat platform distribusi musik.

Asol pernah menjadi korban bullying saat SMP. Teman-temannya sering mencuri seragam ganti dan baju gym milik Asol lalu membuangnya ke tempat sampah. Ia sudah melaporkan tindakan tersebut pada guru-gurunya namun mereka malah tidak peduli dan menyalahkan Asol. Akhirnya, Asol memutuskan untuk keluar dari sekolahnya.

Kim Ha-neul


Kim Ha-neul adalah aktris yang lahir pada 21 Februari 1978. Setelah mengawali kariernya sebagai model, ia mulai mendapatkan ketenaran setelah bermain dalam film komedi-romantis "My Tutor Friend" dan "Too Beautiful to Lie", ia juga bermain dalam film aksi-komedi "My Girlfriend Is an Agent". Pada 2011, Kim mendapatkan penghargaan Best Actress di ajang Grand Bell Awards ke-48 dan Blue Dragon Film Awards ke-32 berkat performanya di film serial killer thriller, "Blind". Sementara untuk penampilannya di televisi, ia bermain di beberapa serial televisi seperti "Romance", "A Gentleman's Dignity", "On Air", dan "On the Way to the Airport".

Kim adalah seorang introver dan karena itulah ia di-bully dari SD hingga SMA. Ia juga seringkali mendapat tatapan kurang mengenakkan dari orang-orang karena sifat introvernya.

Yoo In-na


Yoo In-na adalah seorang aktris dan DJ dari Korea Selatan. Setelah menjadi peran pendukung di "High Kick! Through the Roof" dan "Secret Garden", ia meraih ketenaran dengan bermain sebagai pemeran utama di "Queen and I" yang membawanya menjadi peran pendukung di serial televisi "My Love from the Star". Ia juga bermain dalam "Guardian: The Lonely and Great God" yang merupakan serial drama televisi kabel dengan rating tertinggi ke-3 di Korea.

Saat SMA, Yoo adalah murid kesayangan para guru. Karena saat itu Yoo menjadi trainee maka guru-guru membolehkan Yoo memiliki rambut panjang sementara murid lain tidak boleh. Hal itu membuat murid-murid lain cemburu dan melampiaskannya dengan mem-bully Yoo. Tempat duduk Yoo di kelas sempat di rusak dan mejanya menjadi tempat sisa makanan.

Kang Daniel


Kang Daniel adalah seorang penyanyi dan penulis lagu asal Korea Selatan. Ia meraih kepopuleran setelah menyelesaikan acara televisi "Produce 101 Season 2". Kang adalah mantan anggota boyband Wanna One. Bersama Wanna One, Kang meraih kesuksesan luar biasa, empat album mereka semuanya menempati posisi satu di Gaon Album Chart.

Kang pernah dihina oleh teman-temannya saat SD. Teman-temannya menganggap Kang memiliki wajah yang jelak hingga mereka menjauhinya. Namun, Kang tidak begitu mempedulikannya karena baginya rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri itu datang dari diri kita sendiri, bukan dari orang-orang sekitar.

Itulah tadi daftar artis-artis yang pernah menjadi korban bullying. Semoga kalian yang sekarang sedang memiliki masalah terkait bullying bisa sabar dan mejadikan kisah-kisah artis di atas sebagai motivasi agar bisa bangkit dan meraih kesuksesan.

Sumber referensi:
www.wikipedia.org
www.seruni.id
www.video.tribunnews.com
www.bogor.tribunnews.com
www.m.liputan6.com
www.idntimes.com
www.popbela.com
www.today.line.me
www.m.kapanlagi.com
www.wowmenariknya.com

Sumber gambar:
www.pixabay.com

Keywords: Artis Kena Bully, Dihina Netizen, Biografi, Biodata, Profil, Kisah Hidup, Masa Lalu, Kehidupan Pribadi, Kabar, Berita Terbaru, 2019, 2020, 2021, 2022, Anti Bully, Wikipedia Bahasa Indonesia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Artis yang Pernah Menjadi Korban Bullying"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel