Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Fakta Unik dan Menarik tentang Harry Potter

Fakta Unik dan Menarik tentang Harry Potter.jpg

Harry Potter awalnya adalah serial novel fantasi karya Joanne Rowling atau lebih dikenal dengan nama penanya, J. K. Rowling. Dalam serial novelnya Harry Potter terdiri dari 7 buku yakni The Philosopher's Stone, The Chamber of Secrets, The Prisoner of Azkaban, The Goblet of Fire, The Order of the Phoenix, The Half-Blood Prince, dan The Deathly Hallows. Pada Februari 2018, serial novel Harry Potter sudah terjual sebanyak 500 juta kopi di seluruh dunia dan sudah diterjemahkan ke 80 bahasa. The Deathly Hallows yang merupakan buku terakhir dari serial novel Harry Potter terjual sebanyak 11 juta kopi di Amerika Serikat hanya dalam kurun waktu 24 jam setelah perilisannya.

Karena kesuksesan bukunya, Warner Bros. mengadaptasinya ke layar lebar dengan total 8 film yakni "Harry Potter and the Philosopher's Stone", "Harry Potter and the Chamber of Secrets", "Harry Potter and the Prisoner of Azkaban", "Harry Potter and the Goblet of Fire", "Harry Potter and the Order of the Phoenix", "Harry Potter and the Half-Blood Prince", "Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 1", dan "Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2". Total pendapatan dari 8 film tersebut adalah $7,7 miliar.

Harry Potter menceritakan tentang dunia sihir dimana cerita berfokus pada seorang karakter bernama Harry Potter yang harus melawan musuh bebuyutannya Lord Voldemort a.k.a. The Dark Lord. Di film, ketiga karakter utama diperankan oleh Daniel Radcliffe sebagai Harry Potter, Rupert Grint sebagai Ron Weasley, dan Emma Watson sebagai Hermione Granger.

Saya adalah salah satu penggemar Harry Potter meskipun saya tahu dunia sihir hasil imajinasi J. K. Rowling tersebut dari filmnya bukan bukunya. Jika kita berbicara tentang buku atau film bertemakan dunia sihir pasti Harry Potter akan langsung terlintas di benak kita, kisah yang satu ini memang sudah sangat mendunia.

Kalian penggemar Harry Potter, ingin membeli berbagai aksesoris, perlengkapan dan pakaian bertemakan Harry Potter? Kalian bisa cek link di bawah ini!
=> Koleksi Terlengkap Aksesoris, Perlengkapan dan Pakaian Harry Potter

Kali ini saya akan membagikan berbagai fakta unik dan menarik seputar Harry Potter.

Sebelum lanjut membaca, untuk kalian yang belum membaca atau menonton seluruh kisah Harry Potter mungkin agak terganggu karena ada beberapa spoiler di postingan ini. Jika kalian tidak suka, silakan tutup postingan ini untuk menghindari spoiler.

Berikut fakta unik dan menarik tentang Harry Potter


- Moto sekolah Hogwarts berbunyi "draco dormiens nunquam titillandus" yang berarti "jangan mengganggu naga yang sedang tidur".

- Dumbledore melihat keluarganya sendiri di Cermin Tarsah. Nama asli Cermin Tarsah dalam buku berbahasa Inggris adalah "Mirror of Erised". Kata erised kalau dibalik jadi desire yang artinya hasrat. Bukan cuma Harry yang melihat ke dalam cermin ini, tapi juga Dumbledore.

- Nick (si kepala nyaris putus) direncanakan memiliki lagu tema sendiri. Sayangnya, rencana itu dibatalkan. Bagi kalian yang penasaran, kalian bisa mencari lagu tema tersebut di situs-situs yang mengulas Harry Potter.

- Sebelum pertempuran terakhir, Hermione menghapus ingatan orang tuanya. Hermione harus melakukannya untuk mengamankan mereka. Setelah pertempuran dimenangkan, Hermione dapat bersatu kembali bersama keluarganya.

- Kalian masih ingat makhluk mengerikan bernama Dementor di Harry Potter? J. K. Rowling mendapatkan inspirasi untuk menciptakan Dementor berdasarkan pengalaman depresinya di usia 20-an, salah satu penyebabnya karena kematian ibunya. Ia menggambarkan perasaan depresi sama dengan makhluk bertudung gelap yang menghisap kebahagiaan dari jiwa seseorang.

- Arthur Weasley harusnya meninggal. Dalam buku The Order of the Phoenix, J. K. Rowling berencana untuk mematikan karakter Arthur Weasley. Namun malah menyasar ke Sirius Black.

- Si kembar Weasley lahir bertepatan dengan April Mop.

- Meskipun banyak melakukan kejahatan, Keluarga Malfoy tidak pernah masuk penjara.

- Profesor McGonagall adalah seorang janda. Suaminya bernama Elphinstone Uruquart dan mereka telah menikah selama tiga tahun. Elphinstone meninggal karena digigit tanaman beracun.

- Minerva McGonagall pernah mengalami patah hati terhadap seorang muggle ketika masih muda. Karena itu dia pindah ke London dan bekerja di Department of Magical Law Enforcement.

- Waktu masih sekolah dulu, McGonagall merupakan salah seorang pemain Quidditch hebat. Sayangnya, dia tidak bisa bermain lagi karena mengalami cidera parah.

- Setelah membunuh Lord Voldemort, Harry tidak bisa parseltongue (bahasa ular) lagi. Harry bisa parseltongue karena dirinya adalah horcrux. Setelah horcrux hancur, kemampuan itu ikut menghilang.

- Penyihir di dunia Harry Potter pernah merasakan homeschooling waktu kecil. Hogwarts baru membuka kelas untuk anak berusia 11 tahun. Lalu apa yang terjadi dengan penyihir berusia di bawah itu? Mereka akan menjalani homeschooling karena dilarang mengikuti sekolah formal biasa. Larangan itu disebabkan kekhawatiran tidak bisa mengendalikan kekuatan sihir.

- Burung hantu jadi langka gara-gara Harry Potter. Hal itu dikarenakan para fans tertarik meniru Potter yang memelihara burung hantu, mereka pun terancam karena terlalu sering diburu.

- Gambar pemeran Hermione Granger yakni Emma Watson pernah dijadikan objek pemuas pengidap pedofilia. Hal ini dilakukan oleh seorang penyendiri yang akhirnya ditangkap pihak berwajib. Foto kepala Watson diutak-atik lewat photoshop dan dipasangkan dengan tubuh lain, sementara sang pelaku memasangkan kepalanya ke tubuh Potter. Sang pelaku akhirnya dilepaskan karena terbukti tidak menyebarkan foto yang hanya digunakan untuk kepentingan pribadi ini.

- Seorang fans Harry Potter menusuk fans Harry Potter lain ketika mengantri di acara Comic-Con. Perselisihan disebabkan karena rasa iri karena salah seorang fans dengan gampangnya mendapat kursi yang telah "disimpan" untuknya, sedangkan yang lain harus mengantri lebih dari 8 jam. Fans yang tidak terima ini lantas menusukkan sebuah bolpoin ke mata fans tersebut.

- Ada beberapa band (kebanyakan beraliran rok) yang dinamakan sesuai dengan apa yang ada di cerita Harry Potter seperti The Luna Lovegoods, The Hagrids, the Mudblood, The Dementors, Lord Voldemort, Harry and the Potters, The Butterbeer Experience, dan banyak lagi.

- Ada seorang pemuda yang mengaku sebagai penggemar sejati Harry Potter. Ia diketahui telah membaca novelnya lebih dari 100 kali, dia punya setiap merchandise yang diluncurkan, 3 kamar di rumahnya dipenuhi dengan merchandise Harry Potter, dia mengenakan jubah penyihir ke pesta dansa sekolah, dia menggambar karakter-karakter Harry Potter, dia punya tato Harry Potter di lehernya, dan dia punya pakaian Harry Potter yang cukup banyak sehingga dia bisa mengenakan pakaian-pakaian tersebut selama tiga bulan dan akan selalu berbeda setiap harinya.

- Seorang anak pernah ditangkap karena menerjemahkan novel Harry Potter ke Bahasa Prancis.

- Ketika meninggal di Battle of Hogwarts, Lord Voldemort wafat di usia 71 tahun, karena dia lahir tanggal 31 Desember 1926.

- Nomor yang ditekan oleh Arthur Weasley ketika dia masuk ke boks telepon untuk bisa sampai ke Ministry of Magic bersama Potter adalah 6-2-4-4-2. Kalau dibaca huruf-huruf yang ada di angka tersebut, akan terbaca MAGIC.

- Selama ini kita akrab dengan peron 9 ¾. Tapi, ada juga peron 7 ½ di stasiun King Cross. Peron ini khusus untuk kereta jarak jauh dan menjadi tempat persinggahan penyihir dari seluruh Eropa.

- Setelah lulus dari Hogwarts, Hermione bekerja di Ministry of Magic, tepatnya di Department for the Regulation and Control of Magical Creatures untuk memperjuangkan hak para house elves dan hewan sihir lain. Lalu, dia pindah ke Department of Magical Law Enforcement. Di tahun 2019, dia menggantikan Kingsley Shacklebolt sebagai Minister of Magic.

- Harry dan Ron sama-sama menjadi auror. Keberadaan mereka membuat perubahan besar di departemen ini. Harry dengan cepat menjadi kepala di Departemen Auror, lalu nanti menjadi kepala Department of Magical Law Enforcement. Dia juga sesekali menjadi guru di Hogwarts untuk pelajaran Pertahanan Melawan Ilmu Hitam.

- Ron meninggalkan pekerjaannya di Kementrian Sihir dan bergabung dengan kakaknya, George, mengurus Weasley’s Wizard Wheezes yang sangat sukses.

- Ginny jadi pemain quidditch profesional. Siapa sangka Ginny jadi pemain quidditch profesional. Ia tergabung bersama tim Holyhead Harpies begitu dunia kembali normal setelah pertempuran terakhir. Setelah melahirkan anak pertamanya, dia menjadi staf editorial di Daily Prophet.

- Nama anak-anak Harry dan Ginny adalah James Sirius, Albus Severus dan Lily Luna. Nama mereka diambil dari orang-orang terdekat Harry dan Ginny yaitu orang tua Harry, Albus Dumbledore, Sirius Black, Severus Snape dan Luna Lovegood.

- George Weasley menikah dengan Angelina Johnson. Mereka punya dua orang anak bernama Fred dan Roxanne.

- Setamatnya dari Hogwarts, Luna Lovegood menjadi seorang naturalis dan saat bekerja, dia bertemu Rolf Scamander hingga kemudian menikah. Rolf Scamander sendiri merupakan cucu Newt Scamander yang menjadi karakter utama di film "Fantastic Beasts and Where to Find Them".

- Ketika dia masih muda, Dumbledore pernah jatuh cinta kepada Gellert Grindelward, sebelum Grinderlwald menjadi salah satu penyihir jahat di dunia.

- Sebelum mulai syuting film "Harry Potter and the Prisoner of Azkaban", sutradara Alfonso Cuaron menyuruh Daniel Radcliffe, Emma Watson dan Rupert Grint menulis esai soal karakter mereka. Emma menulis 16 halaman tentang Hermione, Daniel menulis satu halaman tentang Harry dan Rupert tidak mengumpulkan apa-apa. Mirip dengan karakter mereka di film ya.

- Karena pembaca sering kesulitan menyebutkan nama Hermione, Rowling menulis adegan di mana Hermione menjelaskan cara menyebut namanya pada Viktor Krum.

- Di kalangan penyihir Eropa quidditch sangat terkenal tapi ternyata olahraga ini hanya dimainkan di Eropa. Sementara di Amerika, mereka lebih suka main quodpot. Di quodpot, dua tim terdiri atas sebelas pemain. Pemain menempatkan bola menyala (quod) ke dalam ember (pot) secepat mungkin. Kalau bola tersebut meledak sebelum berhasil dimasukkan, maka leader tim tersebut harus dieliminasi sebelum game selesai.

- Setelah menikah dengan Hannah Albott, Neville Longbottom pindah ke London. Neville sempat bekerja sebagai auror tapi hanya sebentar, lalu dia menjadi guru Herbology di Hogwarts. Sementara Hannah menjadi pemilik penginapan di Leaky Cauldron, dan mereka juga tinggal di sana.

- Rowling membuat karakter Hermione terinspirasi dari dirinya sewaktu muda. Dia bahkan memberikan hewan favoritnya sebagai Patronus milik Hermione, seekor berang-berang.

- Albus Dumbledore mempunyai bekas luka di lutut kanannya yang berbentuk peta daerah bawah tanah London.

- Tim grafis menulis ribuan surat secara manual untuk bisa dibawa terbang oleh burung hantu di film Harry Potter. Mereka bahkan memberikan kursus pada burung hantu selama 6 bulan agar bisa membawa terbang surat tersebut.

- Pintu di Gringotts di film benar-benar berfungsi. Mereka membutuhkan waktu 3 bulan untuk membuat pintu tersebut.

- Ada lebih dari 20.000 barang dan paket yang dijual di Diagon Alley. Dan mereka membuatnya dengan tangan.

- Daniel Radcliffe, Rupert Grint, and Emma Watson belum pernah melihat aula besar sampai adegan Topi Seleksi diputar. Saat syuting mereka hanya berada di ruang aula biasa tanpa melihat penampakan aula besar seperti di film. Aula besar dengan pernak pernik di dalamnya ini dibuat dengan 3D.

- Kalian ingat tangga di sekolah Hogwarts yang bisa bergerak dengan sendirinya. Ternyata hanya ada satu buah tangga yang dibuat untuk film ini, sisanya dibuat secara digital.

- Selain tangga, di Hogwarts juga ada banyak foto di dinding. Banyak foto tersebut yang menggunakan kru dan pemain sebagai model.

- Janggut Hagrid terbuat dari kumpulan 6 rambut yang berbeda.

- Ada lebih dari 588 latar yang dibuat untuk 8 film.

- Ada lebih dari 1000 botol di Kelas Ramuan.

- Pedang Gryffindor adalah pedang nyata yang dibeli saat ada lelang. Kemudian para desainer melihat dan meneliti pedang tersebut lalu membandingkannya dengan pedang abad pertengahan untuk mendapatkan tampilan yang sempurna.

- Jam Weasley disisipi oleh potongan foto-foto para pemain yang diletakkan pada bagian jarum. Mereka membeli jam kuno bermodel vintage sebelum mengubahnya menjadi jam Keluarga Weasley.

- Semua perabotan yang diletakkan di depan Kementrian Sihir terbuat dari karton.

- Lebih dari 40 anak kucing dibawa untuk pemotretan dan diletakkan di piring-piring yang ada di kantor Umbridge. Setelah syuting selesai, mereka diadopsi.

- Berat Knight Bus bagian atas mencapai 4 ton, sehingga mereka menambahkan muatan di bagian bawah agar seimbang. Seluruh jalan di London ditutup sementara selama seminggu, sehingga mereka bisa mengambil adegan Knight Bus lebih maksimal. Bus ini sangat tinggi sehingga tidak bisa lulus pada setiap jembatan.

- Setiap bidak catur penyihir di film pertama Harry Potter beratnya mencapai 500 pon.

- Ada 60 tipe goblin yang dibuat untuk film Harry Potter.

- Telinga Dobby terinspirasi dari seekor anjing bernama Max yang digunakan sebagai model. Anjing itu duduk dibawah meja selama proses pembuatan Dobby.

- Di dalam bukunya, Harry disebut bermata hijau, tetapi pemerannya, Radcliffe, bermata biru seperti yang dilihat di film-filmnya. Mengapa Radcliffe tidak memakai lensa kontak agar warna matanya sama dengan versi buku?
Radcliffe sudah mencobanya, tetapi dia merasa kurang nyaman. Rowling merasa itu bukan masalah asalkan matanya sama dengan mata ibunya. Jadilah mata pemeran Lily Potter yang disesuaikan dengan mata Radcliffe.

- Mendiang Robin Williams sangat ingin memerankan karakter Hagrid dalam film Harry Potter.

- Salah satu aktor yang berperan sebagai Tom Riddle, bocah yatim piatu yang kemudian menjadi Voldemort, adalah Hero Fiennes-Tiffin, keponakan Ralph Fiennes, pemeran Lord Voldemort itu sendiri.

- Rowling mengaku ditawari untuk memerankan Lily Potter, ibunda Harry, dalam film pertama. Namun ia menolaknya.

- Dalam wawancara dengan Sunday Times, Rowling mengaku bahwa ia sebenarnya ingin Harry menikah dengan Hermione. Namun ia harus taat pada plot cerita yang ia ciptakan bertahun-tahun sebelumnya, yakni Ron yang jadian dengan Hermione. Ia menambahkan, perjodohan Hermione dengan Harry mungkin lebih baik.

- Rowling memilih nama Harry karena itu memang nama favoritnya untuk anak lelaki. Sementara itu Potter adalah nama tetangganya ketika ia masih berusia 7 tahun.

- Novel Harry Potter pertama diterbitkan pada tahun 1998, di tahun yang sama saat terjadinya Battle of Hogwarts di cerita Harry Potter.

- Lord Voldemort tidak dapat merasakan cinta karena pengaruh love potion.

- Rowling mengatakan bahwa Lupin adalah toko yang menggambarkan penderita AIDS, yang mana menyebabkan ia menyembunyikannya dari kehidupan sosial.

- Rowling mengatakan kalau Lily Evans mungkin saja tumbuh dan mencintai Snape kalau saja Snape tidak jatuh ke dalam ilmu sihir hitam.

- Dalam film "Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2", saat semua orang mengetahui bahwa Harry Potter belum mati, George membelokan badannya dan ingin mengetahui saudara kembarnya, tapi dia sadar kalau saudaranya telah meninggal.

- Setelah kematian Fred, George tak pernah membangkitkan Patronus lagi.

- Ada banyak aktor berbakat yang sempat diramalkan cocok memerankan tokoh Harry Potter. Sebut saja Haley Joel Osment dan Liam Aiken yang sebelumnya merupakan aktor terkenal di Inggris. Bahkan Tom Felton yang merupakan pemeran Draco Malfoy sempat mengikuti casting untuk karakter Harry Potter.

- Emma dirasa cocok memerankan tokoh Hermione setelah dirinya mengikuti proses casting yang panjang. Untuk mendapatkan peran sebagai Hermione, Emma melewati delapan tahap seleksi, salah satunya adalah casting melalui telepon dengan Rowling langsung. Sepertinya proses seleksi tersebut tidak sia-sia ya, pasalnya Emma memang sangat cocok memerankan sahabat dari Harry Potter tersebut dan dipilih langsung oleh Rowling.

- Memerankan tokoh Harry Potter tentu menjadi impian para aktor muda di Inggris kala itu. Semua pasti ingin sekali menggantikan Radcliffe yang mendapatkan peran tersebut. Namun, siapa sangka, setelah melewati proses seleksi yang panjang, Radcliffe sempat menolak tawaran peran Harry Potter. Alasannya, orang tua Radcliffe tidak mau anaknya terlalu banyak tersorot media dan diberitakan negatif seperti yang mereka lihat di media. Colombus pun turun tangan untuk meyakinkan orang tua Radcliffe yang akhirnya menyetujui dan menandatangani kontrak untuk film tersebut.

- Sesuai dengan latar lokasi yang ia tulis di dalam bukunya, Rowling menginginkan aktor dan aktris asal Inggris saja yang boleh membintangi film Harry Potter. Karena itulah, salah satu syarat untuk mengikuti seleksi tersebut adalah harus berasal dari Inggris. Alasan Rowling memilih aktor dan aktris Inggris untuk filmnya adalah karena ia ingin membuat film tersebut seautentik mungkin dengan bukunya. Ia merasa penonton akan kecewa jika film yang ditayangkan tidak sesuai dengan bukunya.

- Rowling membuat permainan quidditch di cerita Harry Potter setelah bertengkar dengan pacarnya.

Itulah tadi fakta unik dan menarik seputar Harry Potter. Kalian tahu fakta unik lain tentang Harry Potter? Silakan tulis di kolom komentar.

Sumber referensi:
www.idntimes.com
www.beritaunik.net
www.cewekbanget.grid.id
www.selipan.com
www.entertainment.kompas.com
www.cerpin.com
www.popbela.com
www.mentalfloss.com

Sumber gambar:
www.wallpaperplay.com

Keywords: Harry Potter Fakta Unik, Aneh, Menarik, Terbaru, Terkini, Informasi Lengkap, Trivia, 2019, 2020, 2021, Buku, Film

Posting Komentar untuk "Fakta Unik dan Menarik tentang Harry Potter"