Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Berbagai Rating Film

Pengertian Berbagai Rating Film.jpg

Film adalah salah satu jenis hiburan yang disukai banyak orang termasuk saya. Tapi, tak semua film cocok ditonton oleh semua orang khususnya anak-anak karena beberapa film mengandung konten yang tidak layak ditonton oleh anak-anak. Contohnya film "Fifty Shades of Grey" yang mengandung adegan seks yang tidak pantas dilihat anak-anak ataupun film "Deadpool" yang mengandung adegan kekerasan berlebihan, adegan seks, dan kata-kata kotor.

Karena itulah MPAA (Motion Picture Association of America) yang merupakan asosiasi perdagangan nirlaba Amerika Serikat yang bertujuan memajukan kepentingan bisnis studio film membuat sebuah rating (penilaian) terhadap film-film sebelum ditayangkan di bioskop. Penilaian tersebut mengategorikan film berdasarkan kelayakan batasan usia penonton untuk menonton film tersebut. Dengan begitu diharapkan para orang tua bisa lebih pintar memilih-milih tontonan yang cocok untuk anak-anaknya.

Berikut pengertian berbagai rating film menurut MPAA

G (General Audiences)

Film dengan rating ini cocok untuk ditonton oleh semua kalangan usia baik itu anak-anak, remaja maupun dewasa. Film dengan rating G dipastikan tidak mengandung adegan seks, kekerasan berlebih, penggunaan obat-obatan dan kata-kata kotor. Contoh film dengan rating G adalah "Ratatouille" dan "Winnie the Pooh".

PG (Parental Guidance Suggested)

film dengan rating PG jika ditonton anak-anak harus dengan bimbingan orang tua. Meskipun begitu film dengan rating ini sebenarnya tak banyak mempertontonkan adegan negatif mungkin hanya beberapa kata-kata kotor dan beberapa adegan kekerasan. Adegan seks dan penggunaan obat-obatan terlarang tidak ada. Contoh film dengan rating PG adalah "Charlie and the Chocolate Factory" dan "Ice Age".

PG-13 (Parents Strongly Cautioned)

Jika kalian menemukan film dengan rating PG-13 sebaiknya kalian tinjau dulu film tersebut apakah pantas ditonton oleh anak kecil dibawah 13 tahun atau tidak. Adegan penggunaan obat-obatan terlarang bisa saja ditemui di film dengan rating ini jadi berhati-hatilah. Selain itu adegan ketelanjangan juga ada meskipun tidak menjurus ke arah adegan sex, kata-kata kotor dan adegan kekerasan kemungkinan ada tapi tidak secara realistis dan ekstrem. Contoh film dengan rating PG-13 adalah "Captain America: The Winter Soldier" dan "Transformers".

R (Restricted)

Menurut saya sendiri film-film dengan rating R sangat tidak layak ditonton anak-anak usia SD atau SMP karena film dengan rating ini menyuguhkan adegan seks, kata-kata kotor, kekerasan yang ekstrem dan beberapa hal lainnya yang tidak layak ditonton anak-anak termasuk penggunaan narkoba. Tapi, kalian bisa melakukan penilaian sendiri apakah film yang memiliki rating R pantas untuk anak usia 17 tahun kebawah atau tidak, itu tergantung kalian. Kebanyakan memang film dengan rating R terlalu keras untuk anak-anak. Contoh film dengan rating "R" adalah "Fifty Shades of Grey"dan "Aliens vs. Predator: Requiem".

NC-17 (No One 17 and Under Admitted)

Film dengan rating ini diperuntukan khusus untuk orang dewasa karena adegan seks dan kekerasannya dibuat serealistis mungkin. Jadi, jika kalian menemukan film dengan rating NC-17 sebaiknya larang anak di bawah usia 17 tahun untuk menontonnya. Contoh film dengan rating NC-17 adalah "Shame" dan "Basic Instinct".

Ada juga beberapa film yang tidak dikirimkan ke MPAA untuk diberi rating, film tersebut biasanya dilabeli NR (Not Rated). Kalian bisa mengetahui rating sebuah film dengan mengunjungi situs IMDb atau melihatnya di trailer filmnya.

Di Indonesia, Lembaga Sensor Film memiliki penilaian atau jenis rating yang berbeda dengan MPAA. Mereka membuat rating untuk film bioskop, film televisi hingga acara/program televisi. Rating tersebut dapat dilihat di sebelah kanan/kiri bawah layar televisi kalian.

Berikut rating film yang berlaku di Indonesia

A/SU = Anak/Semua Umur
BO/A = Bimbingan Orangtua/Anak (batasan usia 4 s/d 7 tahun)
BO = Bimbingan Orangtua (batasan usia 5 s/d 12 tahun)
BO-R/R = Bimbingan Orangtua-Remaja (batasan usia 13 s/d 16 tahun)
D = Dewasa (batasan usia minimal 17 tahun)

Saya harap setelah kalian mengetahui pengertian dari berbagai rating film kalian bisa lebih bijaksana dalam memilih tontonan untuk anak atau adik kalian yang masih kecil karena anak-anak kerap menjadikan tontonan sebagai tuntunan. Untuk yang sudah dewasa, semuanya kembali ke diri masing-masing, selalu isi diri kita dengan hal-hal positif agar tontonan seburuk apapun tidak berpengaruh pada kita.

Keywords: Daftar Rating Berbagai Penilaian Film Dalam Dan Luar Negeri, Penjelasan, Apa Itu?, Film Hollywood, Barat, Indonesia, Film Yang Dilarang Untuk Anak, MPAA, Lembaga Sensor, Terbaru, Peringkat, Urutan

Posting Komentar untuk "Pengertian Berbagai Rating Film"