Buku-Buku Misterius di Dunia

Buku-Buku Misterius di Dunia.jpg

Buku-buku misterius yang memahaminya perlu dilakukan sebuah tim peneliti khusus. Buku merupakan lembaran-lembaran yang berisi informasi penting entah itu sekumpulan artikel, berita, atau karya ilmiah lainnya baik berupa kata maupun gambar. Terlepas dari tujuan dibuatnya buku sebagai sumber pengetahuan, ada beberapa buku di dunia ini yang sulit dimengerti.

Wah, bagaimana bisa ya si pembuat membuat buku seperti itu. Apa tujuannya? Atau mungkin hanya menjadi teka-teki saja. Bahkan sudah hampir seabad, atau bahkan lebih. Para ilmuwan dibuat pusing oleh sebuah buku. Apa saja itu?

Coba cek beberapa buku-buku misterius di bawah ini, mungkin saja kalian bisa ikut memecahkan misteri di dalamnya.

Manuskrip Voynich


Ditemukan di Villa Mondragone sekitar Roma oleh Wilfrid Voynich pada tahun 1912, dia adalah seorang penjual buku yang berasal dari Polandia. Maka dari itulah nama buku ini adalah Manuskrip Voynich. Dengan ketebalan 250 halaman. Manuskrip ini berisi gambar dan tulisan yang belum bisa dipecahkan. Hingga peneliti dari Amerika berhasil menentukan umur manuskrip tersebut, yaitu dibuat sekitar abad 15. Buku ini berisi 250 karakter asing, disusun berdasarkan kelompok yang menyerupai kata juga kalimat. Ada beberapa yang hampir sama dengan huruf latin dan juga angka romawi, beberapa bahkan tidak dapat ditemukan dalam bahasa manapun di dunia.

Tulisan dalam buku ini sangat membingungkan. Bagaimana tidak, dikelilingi dengan ilustrasi rumit seperti tumbuhan yang sulit diidentifikasi, saluran pipa, simbol perbintangan, bahkan gambar perempuan telanjang yang menari atau mandi dalam kubangan air hijau yang entah apa itu.

Greg Hodgins, asisten riset juga asisten profesor Jurusan Fisika University of Arizona, bekerjasama dengan Arizona School of Anthropology menjelaskan tentang bagaimana membingungkannya gambar-gambar tersebut. Mungkinkan gambar-gambar itu makhluk hidup berupa tanaman, atau makhluk laut, atau astrologi, belum ada yang tahu.

Namun, dengan bantuan alat di laboratorium NSF-Arizona Accelerator Mass Spectrometry, Hodgins memecahkan salah satu misteri buku tersebut, yaitu usia dan waktu pembuatan manuskrip itu. Dengan teknologi Carbon Datting dan melibatkan empat sampel yang berukuran 1/16 inchi dari empat halaman berbeda. Hodgins berpendapat bahwa empat dari bagian berbeda digunakan untuk menentukan umur buku. Tim Hodgins menentukan jika sampel itu ditulis antara 1404 dan 1438 Masehi, sangat singkat bukan. Proses ini diulang sebanyak empat kali dengan lembaran yang berbeda. Sangat penting menyadari proses waktu hidup hewan, yang mana kulitnya digunakan untuk membuat manuskrip tersebut dengan penulisnya saat memakai lembaran kulit hewan itu untuk menulis.

Sejak Wilfrid Voynich mengumumkan penemuannya dengan harapan memecahkan isinya, berbagai teori bermunculan. Mulai dari kriptografer tingkat professional dan amatir, ahli Sandi Perang Dunia I dan II pun ikut serta memecahkan misteri buku tersebut. Namun sayang, belum ada yang berhasil. Voynich mengklaim pemilik buku itu adalah Raja Rudolf dari Habsburg, Jerman, yang ditulis oleh Roger Bacon yang seorang pendeta Inggris dan ilmuwan pada abad 16.

Ada juga yang berpendapat bahwa buku ini adalah buku rahasia suatu agama, dokumen terakhir sebuah bahasa yang kini sudah punah. Maka dari itu tidak ada yang memahami isi dari kode-kode di dalamnya. Bahkan ada yang bilang bahwa manuskrip tersebut hoax, mereka berpendapat bisa saja ahli matematika Inggris dan astrolog pada masa Raja Rudolf.

Tahun 2003, seorang Ilmuwan komputer yaitu Nick Pelling, memperlihatkan teks serupa dengan yang ada di dalam buku dengan menggunakan Cardan Grille yaitu alat enkripsi sandi yang dibuat sekitar 1550-an. Pelling belum yakin 100% dengan keakuratan perkiraan waktu yang ditemukan Hodgins dan timnya. Ia juga berpendapat bahwa manuskrip itu ditulis abad 16 atau 17, apalagi tentang teori hoax yang membuat para sejarawan enggan terlibat dalam penelitian buku Voynich.


Codex Seraphiniaus


Sebuah buku dari seniman asal Italia yang bernama Serafini. Isinya adalah kumpulan yang membahas tentang dunia lain. Anehnya buku ini dibuat berdasarkan bahasa yang diciptakan oleh Serafini sendiri. Ditulis sekitar tahun 1976 dan 1978, buku ini memiliki nilai seni yang tinggi karena imajinasi yang dituangkan sangat surreal dan indah. Berisi tentang beberapa ilustrasi berwarna yang aneh seperti gambar ikan dengan bola mata manusia juga dengan bulu matanya. Terdiri dari 360 halaman dengan tulisan kode-kode misterius.

Beberapa orang sudah mencoba melukiskan buku ini ke dalam kehidupan secara paralel, seni yang menentang persepsi dan insting ilmiah. Ada halaman yang menggambarkan buah dengan darah, ikan seperti piring terbang. Kemudian pada bab hampir penutup ada gambar rangkaian panel wanita dan pria telanjang perlahan berubah menjadi seekor buaya.

Teori abound yang mencoba mengungkap maksud Serafini yang dirilis sejak awal tahun 80-an. Saat Luigi Serafini menuliskan catatan rinci dengan lukisan cat air tentang imajinasi yang telah dia tuang. Subjek yang dibahas adalah kejadian festival dengan background panorama aneh, diagram pipa, tanaman, hewan, pakaian, arsitektur, nomor, kartu, analisis kimia, labirin, dan lain sebagainya.

Nostradamus In Crypt


Buku misterius berikutnya merupakan salah satu buku terbitan terkenal di dunia sejak dipublikasikan pada tahun 1555 Masehi. Buku ini berisi kumpulan syair kuatrain (empat baris) yang memprediksi kejadian di masa depan dengan kalimat aneh. Ada banyak orang yang mencoba mendeskripsikan makna dari tulisan tersebut, namun seperti nasib peneliti buku ini sebelumnya, belum berhasil.

Book Of The Dead


Dibaca dari namanya saja sudah membuat bulu kuduk merinding. Bagaimana tidak, buku yang berasal dari Mesir ini berisi mantera-mantera aneh dan sangat kuno, beberapa orang bahkan percaya jika mantera di dalam buku tersebut bisa membantu arwah-arwah manusia bisa lancar mencapai akhirat, dan juga tenang meninggalkan dunia.

The Ripley Scroll


Buku karangan Sir George Ripley merupakan seorang ahli kimia. Namun tak seorang pun bisa memecahkan misteri dibalik buku ini. Beberapa orang pun mulai berpendapat bahwa buku ini berisi ramuan pribadi yang diracik oleh George Ripley.

Oke, demikian beberapa pembahasan tentang buku-buku misterius yang bikin beberapa ilmuwan geleng-geleng kepala mengerjakannya. Namun jika sudah berhasil memecahkan satu misteri, tentu akan membuka dan menambah wawasan baru bagi peradaban manusia. So, dari sini pun kita juga harus belajar dari para peneliti, bahwa untuk mencapai atau memecahkan suatu masalah memerlukan kesabaran dan juga kerja tim yang baik.

Sumber referensi:
www.historia.id
www.keepo.me
www.m.brilio.net
www.nationalgeographic.grid.id
www.merinding.com
www.aneka-beritaunik.blogspot.com

Sumber gambar:
www.beyondsciencetv.com

Keywords: Buku Misterius, Apa Itu?, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Trivia, Kisah Misterius

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Buku-Buku Misterius di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel