Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

42 Fakta Unik dan Menarik tentang Google

Fakta Unik dan Menarik tentang Google.jpg

Sekarang ini siapa yang tidak tahu Google? Perusahaan raksasa teknologi yang satu ini sudah merasuki kehidupan kita sehari-hari khususnya para remaja atau yang sering beraktivitas di dunia maya. Google dikenal sebagai mesin pencari nomor 1 di jagat internet, kebanyakan orang menggunakan Google dibanding mesin pencari lain untuk mencari informasi atau sesuatu di internet.

Google didirikan pada 4 September 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin. Saat ini Sundar Pichai yang menjabat CEO di Google. Produk-produk yang dikembangkan oleh Google diantaranya Google Docs, Google Search, Gmail, Google Calendar, Google Drive, Google Translate, Google Maps, Google Earth, YouTube, Google Chrome, dan juga sistem operasi ponsel Android.

Kebanyakan orang pasti tahu dengan Google tapi belum tahu beberapa fakta unik dan menarik dibalik perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat ini seperti namanya sebelum Google dan bagaimana perusahaan ini bisa memiliki nama Google.

Inilah 42 fakta unik dan menarik tentang Google

1. Nama awal Google saat didirikan oleh Page dan Brin adalah BackRub.

2. Page dan Brin awalnya hendak mengganti nama BackRub menjadi Googol yang merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini digunakan untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet. Akan tetapi, para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan terlanjur menuliskannya dalam cek. Hal itu membuat Brin dan Page akhirnya mentok menggunakan nama Google untuk mesin pencari mereka.

3. Markas Google awalnya hanya sebuah garasi milik teman Page dan Brin bernama Susan Wojcicki. Sekarang Wojcicki menjadi CEO YouTube.

4. Saat masih bernama BackRub, Google hanya memiliki penyimpanan data sebesar 40 GB. Uniknya, memori penyimpanan tersebut terbuat dari lego berwarna yang disusun sedemikian rupa yang terdiri dari 10 buah hard drive 4 GB.

5. Logo Google di halaman utama kerap kali diganti dengan Google Doodle. Google Doodle adalah logo yang akan menggantikan logo Google di halaman utama untuk memperingati hari-hari penting. Desain logo Google Doodle akan disesuaikan dengan hari penting yang diperingati. Google membuat Google Doodle pertama kalinya untuk Burning Man Festival pada 1998.

6. Indeks pencarian google memiliki lebih dari 100 juta gigabita. dengan kata lain, butuh lebih dari 100.000 hard disk berukuran 1 terabita untuk menyimpan indeks pencarian itu.

7. Google mencapai indeks hingga 1 miliar halaman dalam satu hari untuk pertama kalinya pada 26 Juni 2000.

8. Google Translate digunakan oleh lebih dari 500 juta orang dan menerjemahkan lebih dari 143 miliar kata setiap harinya. [Oktober 2018]

9. Di bulan Juni 2006, kata Google menjadi kata paling sering digunakan di Word 2002 dan pada akhirnya kata Google ditambahkan dalam Oxford English Dictionary (OED). Diartikan sebagai "pencarian informasi tentang (seseorang atau sesuatu) di internet menggunakan mesin pencari Google".

10. YouTube, Android, Motorolla, Mobility, Pyra Labs yang mengembangkan Blogger/Blogspot serta Keyhole Inc yang melahirkan layanan Google Maps dan Google Earth merupakan beberapa dari sejumlah start up yang diakuisisi oleh Google. Pada tahun yang sama, Google membeli Global Solutions IP, yaitu perusahaan yang berbasis di Norwegia yang menyediakan telekonferensi berbasis web dan layanan terkait lainnya. Pada Mei 2010, Google juga mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi jaringan iklan mobile AdMob, dilanjutkan dengan mengakuisisi Android, Motorola Mobility, Quickoffice dan banyak lagi lainnya. Sejak tahun 1998, Google telah membeli lebih dari 170 perusahaan.

11. Android selalu menggunakan nama makanan untuk menamai setiap versi yang dikeluarkan.

12. Hampir semua karyawan di Google disebut dengan nama Googler, sedangkan untuk para karyawan baru dengan sebutan Noogler. Mereka diharuskan memakai topi biru, kuning, dan merah pada pertemuan pertama perusahaan.

13. Berdasarkan Alexa, Google merupakan website paling sering digunakan di seluruh dunia.

14. Versi awal Google dikembangkan di Stanford dan hanya dapat menganalisis 30 sampai 50 halaman saja dalam satu detik. Namun sekarang meningkat untuk dapat menganalisis jutaan halaman per detik.

15. Google pernah digugat oleh salah seorang Sales Executive mereka yaitu Christina Elwell. Dia mendapatkan diskriminasi di pekerjaannya karena sedang mengandung.

16. Alamat pertama Google di internet adalah Google.stanford.edu.

17. Untuk masalah hitungan pemakaian permenitnya, Google masih kalah dengan Facebook.

18. Tweet pertama Google di akun resminya di Twitter adalah "I'm 01100110 01100101 01100101 01101100 01101001 01101110 01100111 00100000 01101100 01110101 01100011 01101011 01111001 00001010. In February 2004. Which is binary for I'm feeling lucky."

19. Di tahun 2007, Forbes menobatkan Google sebagai tempat untuk kerja terbaik di seluruh Amerika Serikat.

20. Page dan Brin pernah akan menjual domain Google.com seharga $1 juta ke Altavista.

21. Page dan Brin dulunya tidak akur, namun dikarenakan memiliki persamaan visi, akhirnya mereka bekerja sama membuat satu perusahaan yang sekarang menjadi raksasa.

22. Untuk mendirikan perusahaan, Page dan Brin harus pontang-panting untuk mencari pinjaman uang agar dapat merealisasikan impian mereka tersebut.

23. Hanya membutuhkan waktu 3 bulan saja, Google masuk sebagai 100 situs baru yang diperhitungkan di dunia.

24. Tombol "I'm feeling lucky" di Google adalah salah satu tombol besar dan terletak di posisi strategis yang amat sangat jarang digunakan.

25. Google memiliki server lebih dari 450 ribu dan tersebar hampir di setiap negara di dunia.

26. Google menawarkan kepada semua karyawan makan siang gratis dalam sistem makan prasmanan all-you-can-eat, serta makanan ringan termasuk kue dan salmon. Camilan pertama yang diberikan kepada karyawan adalah Ikan Swedia pada 1999.

27. Jika karyawan Google meninggal, pasangan mereka mendapat setengah dari gaji mereka selama 10 tahun.

28. Setiap versi Android dibuatkan patungnya oleh Google dan dipajang di salah satu sudut di kantornya di Mountain View.

29. Dari seluruh pengguna smartphone, sekitar 88 persen menggunakan sistem operasi android yang dikembangakn Google.

30. Satu kali pencarian yang dilakukan oleh Google membutuhkan power komputasi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan misi pengiriman Apollo 11 ke bulan.

31. Google pernah ditawarkan kepada Excite senilai $1 juta pada tahun 1999. Page dan Brin menemui CEO Excite yaitu George Bell, untuk menjual Google kepadanya dengan harga $1 juta, bahkan pada saat itu keduanya menurunkan tawaran menjadi $750 ribu saja, namun Bell tetap tidak berminat untuk membeli Google. Saat ini, harga Google telah mencapai lebih dari $167 miliar.

32. Google memiliki replika T-Rex di kantor pusat mereka.

33. Karyawan Google boleh membawa anjing ke kantor.

34. Pesawat pribadi milik dua pendiri Google yakni Page dan Brin diizinkan untuk menggunakan landasan pacu milik NASA. Kita semua tahu bahwa tidak ada pesawat pribadi yang boleh menggunakan landasan pacu milik NASA. Hal tersebut tidak berlaku bagi pemilik Google karena mereka telah membuat kesepakatan untuk menempatkan perangkat sains dalam pesawat milik Page dan Brin.

35. Google membantu menghentikan aksi bunuh diri. Jika seseorang mencari informasi yang berpotensi mengarah pada tindakan bunuh diri, Google secara otomatis akan membawa pengguna tersebut ke layanan pencegahan aksi bunuh diri.

36. Kantor Google dirancang agar seluruh orang berjarak tidak lebih dari 61 meter dari sumber makanan.

37. Google menyewa seekor anjing herder dan 200 kambing untuk merumput di halaman kantor mereka sebagai bentuk aksi cinta lingkungan.

38. Jika kalian mengetik "Google Mirror" di pencarian Google dan mengeklik hasil pencarian paling atas maka kalian akan masuk ke tampilan Google yang terbalik.

39. Jika kalian mengetik dan melakukan pencarian dengan kata "Askew" pada kolom pencarian Google maka tampilan Google akan miring.

40. Jika kalian mengetik dan melakukan pencarian dengan kalimat "Do a barrel roll" di kolom pencarian Google maka tampilan Google akan berputar sekali.

41. Jika kalian mengetik dan melakukan pencarian dengan kalimat "Zerg Rush" maka hasil pencarian di halaman Google akan hancur satu per satu tertimpa huruf o yang berjatuhan.

42. Klingon ditambahkan pada pilihan bahasa di Google pada tahun 2002. Klingon adalah satu-satunya ras alien dalam serial "Star Trek" yang memiliki bahasa yang digarap serius. Bahasa Klingon telah menjadi satu-satunya bahasa yang dibukukan dan dapat dipelajari secara meluas dari begitu banyaknya bahasa alien dalam serial tersebut.

Itulah tadi fakta unik dan menarik tentang Google. Mana yang belum kalian ketahui dari fakta-fakta di atas? Sekarang kalian makin tahu benyak tentang mesin pencari di internet yang sudah melekat di kehidupan sehari-hari kita ini.

Keywords: fakta google, fakta google earth, fakta google maps, fakta google translate, fakta google instagram, fakta google yang belum kamu ketahui, fakta google map, fakta google search

Posting Komentar untuk "42 Fakta Unik dan Menarik tentang Google"