Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

47 Fakta Unik dan Menarik tentang Twitter

Fakta Unik dan Menarik tentang Twitter.jpg

Twitter adalah sebuah jejaring sosial asal Amerika Serikat dimana para penggunanya bisa saling berinteraksi lewat pesan atau postingan yang biasa disebut tweet. Pengguna yang terdaftar bisa membuat postingan, memberi like pada sebuah tweet, atau melakukan retweet sebuah tweet, sementara pengguna yang tidak terdaftar hanya bisa membaca postingannya saja. Para pengguna bisa mengakses Twitter lewat web, SMS, atau aplikasinya untuk ponsel. Awalnya dalam sebuah tweet hanya memungkinkan kita menulis 140 karakter saja namun kemudian dinaikkan menjadi 280 karakter pada November 2017.

Sementara Twitter, Inc. yang merupakan perusahaan yang mengembangkan Twitter saat ini bermarkas di San Francisco, California dengan lebih dari 25 kantor cabangnya tersebar di seluruh dunia dan 4.600 karyawan terhitung pada September 2019. Perusahaan ini didirikan pada 21 Maret 2006 sementara Twitter sendiri diluncurkan pertama kali pada 15 Juli 2006. Pendirinya adalah Noah Glass, Biz Stone, Evan Williams, dan Jack Dorsey yang kini menjabat sebagai CEO di Twitter, Inc.

Apakah kalian punya akun Twitter? Pasti kebanyakan punya lah, media sosial yang satu ini memang sudah sangat populer, setara dengan Facebook. Meskipun untuk saya pribadi lebih banyak menghabiskan waktu di Facebook ketimbang di Twitter.

Kali ini kita akan membahas beberapa info dan fakta unik seputar media sosial dengan logo burung tersebut.

Berikut 47 fakta unik dan menarik tentang Twitter

1. Pendapatan kotor Twitter, Inc. pada 2018 mencapai $3,04 miliar setara dengan lebih dari Rp40 triliun jika memakai kurs dolar saat ini.

2. 3 tahun pertama Twitter, Inc. tidak menghasilkan keuntungan sepeser pun.

3. Twitter berada di urutan 36 sebagai situs paling sering dikunjungi di dunia menurut Alexa. (Januari 2020)

4. Twitter mempunyai 321 juta pengguna yang aktif di seluruh dunia. (Februari 2019)

5. Akun milik Barack Obama (@BarackObama) menjadi yang paling banyak diikuti di Twitter dengan jumlah follower mencapai lebih dari 112 juta. Dibawah Obama ada Katy Perry (@katyperry) dan Justin Bieber (@justinbieber) yang memiliki pengikut lebih dari 108 juta. (Januari 2020)

6. YouTube (@YouTube) adalah brand dengan follower terbanyak di Twitter, jumlah pengikutnya mencapai 72 juta.

7. Tweet yang paling banyak di retweet adalah tweet dari Yusaku Maezawa (@yousuck2020) pada 5 Januari 2019, tweet tersebut telah di retweet sebanyak lebih dari 4,3 juta kali. Miliarder asal Jepang tersebut membuat sebuah tweet kemudian berjanji akan memberikan uang sebesar 100 juta yen secara acak kepada 100 orang yang mengikuti akunnya dan me-retweet tweet tersebut. Pada awal Januari 2020, ia melakukan hal serupa, tweet-nya kali ini mendapatkan 4,1 juta kali retweet dan menjadi tweet nomor 2 paling banyak di-retweet di bawah tweet-nya pada 2019. Sultan mah bebas...

8. Akun Twitter tertua adalah 14 akun milik karyawan Twitter yang dibuat pada 21 Maret 2006. Salah satunya akun @jack yang merupakan milik co-founder Twitter, Jack Dorsey. Akun @jack juga lah yang membuat tweet pertama di Twitter.

9. Ada 750 tweet dalam 1 detik.

10. Awalnya nama Twitter adalah twttr, nama itu terinspirasi oleh nama Flickr dan kode pendek SMS di Amerika yang berjumlah 5 karakter.

11. Twitter hampir dinamai Twitch atau Jitter.

12. Versi beta Twitter dirilis bertepatan dengan ulang tahun salah satu pendirinya, Evan Williams.

13. Evan Williams adalah salah satu pendiri Blogger/Blogspot dan Medium, dua layanan blog populer di dunia.

14. Jack Dorsey mempunyai lisensi tukang pijat profesional.

15. URL pertama Twitter adalah twttr.com yang masih bisa diakses sampai sekarang meskipun kalian akan langsung diarahkan ke twitter.com.

16. Emoji Tears of Joy adalah yang paling sering digunakan di Twitter. (September 2019)

17. Jumlah tweet terbanyak sampai saat ini dipegang oleh akun @VENETHIS dengan 37,8 juta tweets, unggul jauh dari pesaing terdekatnya yang baru memiliki 7 juta tweets. Meskipun begitu, ada banyak kontroversi karena sepertinya akun ini memilih untuk mengejar kuantitas karena banyaknya tweet aneh.

18. Dengan menggunakan data dari tahun 2015, 139 dari 167 atau 83% pemimpin dunia memiliki akun Twitter.

19. Kucing milik Jason Scott – @sockington mungkin menjadi hewan terpopuler dengan 1,4 juta follower.

20. Kalian hanya bisa mengirim sebanyak 2.400 tweets per harinya. Jumlah tersebut sudah termasuk retweets.

21. Kalian hanya bisa mengganti alamat email yang kalian gunakan pada akun Twitter sebanyak empat kali dalam waktu satu jam.

22. Direct messages yang bisa kalian kirim dalam sehari adalah 1.000.

23. Batas maksimal untuk mem-follow akun Twitter dalam satu hari adalah 1.000 kali. Namun bila kalian telah mem-follow 5.000 akun, ada ketentuan khusus yang harus kalian penuhi sebelum kalian bisa mem-follow akun lainnya.

24. Logo burung Twitter versi awal adalah buatan Simon Oxley, desain grafis asal Inggris yang menjual desain burungnya seharga $10-15 melalui situs iStock. Sayangnya, logo tersebut tidak digunakan lagi sejak 2009 karena gambar dari iStock tidak diperkenankan untuk menjadi logo sebuah perusahaan.

Gambar burung buatan Simon Oxley.png
Logo burung Twitter versi awal buatan Simon Oxley

25. Nama resmi burung yang menjadi logo Twitter adalah Larry yang terinspirasi dari nama legenda NBA, Larry Bird.

26. Doug Bowman, mantan direktor kreatif Twitter menyatakan gambar logo Larry mengambil referensi dari burung Hummingbird meskipun hasil jadinya lebih mirip burung Mountain Bluebird.

27. Dari mana Twitter mendapatkan pemasukan? Secara umum ada 3 cara, yakni Promoted Tweets, Promoted Trends, dan Promoted Account.

28. Samsung pernah menggunakan Promoted Tweet untuk membajak momen peluncuran produk iPhone.

29. Dalam statusnya, Evan William menyebutkan kalau ia membeli domain twitter.com seharga $7.500.

30. Sampai saat ini, Twitter, Inc. sudah melakukan merger dan mengakuisisi lebih dari 50 perusahaan. (September 2019)

31. Akuisisi terbesar yang dilakukan oleh Twitter, Inc. adalah pembelian TellApart seharga $479 juta.

32. Layanan Verified Account diluncurkan setelah mantan manager St. Louis Cardinal, Tony Las Russa, mengkomplain twitter karena adanya seorang pengguna yang mengaku sebagai dirinya.

33. t.co adalah domain untuk layanan URL shortener milik Twitter yang digunakan untuk memendekan semua URL pada Twitter dan tidak bisa digunakan secara umum.

34. Tweet pertama dari luar angkasa dilakukan oleh TJ Creamer (@Astro_TJ) ketika ia berada di stasiun luar angkasa ISS pada tahun 2010.

35. Akun @sweden diberikan secara bergilir setiap harinya kepada warga Swedia secara acak. Hal ini dilakukan untuk menunjukan keragaman negara ini melalui perspektif warganya.

36. Twitter diblokir di Cina, Korea Utara, dan Iran. Namun, di Cina ada 10 juta pengguna Twitter pada November 2016.

37. Bila kamu mengunjungi domain twiter.com (huruf "t" hanya satu) kamu akan tetap masuk ke dalam situs resmi Twitter.

38. Meskipun bersaing di bidang yang sama, Twitter dan Facebook masing-masing memiliki akun resmi di layanan rival mereka.

39. @POTUS adalah akun Twitter resmi milik President of the United States yang akan diberikan kepada setiap presiden Amerika terpilih.

40. @FLOTUS adalah akun Twitter resmi milik First Lady of the United States yang akan diberikan kepada setiap istri presiden Amerika terpilih.

41. Setiap kali Presiden baru terpilih, tweet dari akun @POTUS dan @FLOTUS sebelumnya akan diarsipkan dan dipindahkan pada akun baru sesuai urutan presiden tersebut, seperti tweet milik mantan presiden Barack Obama yang dapat kalian lihat pada akun @POTUS44.

42. Jam terkenal Big Ben di Inggris memiliki akun Twitternya sendiri, @big_ben_clock, yang setiap jamnya akan men-tweet kata Bong dengan jumlah yang sama dengan waktu yang ada saat itu.

43. Akun @everyword menulis semua kata dalam bahasa Inggris mulai dari tahun 2007 hingga selesai pada tahun 2014.

44. Akun @RealTimeWWII membuat tweet mengenai peristiwa yang terjadi ketika perang dunia kedua sesuai dengan urutan tanggalnya.

45. Hanya di Jepang, popularitas Twitter bisa mengungguli Facebook.

46. Hati-hati, studi menyatakan bahwa Twitter dapat menyebabkan kecanduan. Beberapa bahkan menyatakan lebih sulit untuk berhenti dari Twitter dibandingkan obat-obatan terlarang.

47. Artikel pada situs Gigaom, "Silicon Valley’s All Twttr", dipercaya sebagai artikel pertama yang membuat review tentang Twttr. Hal ini terjadi setelah co-founder Noah Glass memberitahukan Om Malik, pemilik Gigaom, mengenai kreasi timnya tersebut.

Itulah tadi fakta-fakta unik dan menarik tentang Twitter. Jika kalian tahu fakta-fakta lainnya seputar Twitter yang belum ditulis di atas silakan tulis di kolom komentar.

Keywords: fakta twitter, twitter fakta agama, fakta unik twitter, fakta pengguna twitter, fakta lucu twitter, fakta tentang twitter, twitter fakta google, fakta unik tentang twitter, twitter searching, log in twitter, download video from twitter, twitter download video, twitter indoxxi, twitter apk, twitter persib

Posting Komentar untuk "47 Fakta Unik dan Menarik tentang Twitter"