Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

24 Fakta Unik dan Menarik tentang WhatsApp

Fakta Unik dan Menarik tentang WhatsApp.jpg

WhatsApp atau biasa disingkat WA adalah layanan berbagi pesan lintas platform, saat ini WA dikembangkan oleh WhatsApp Inc. yang berada di bawah naungan perusahaan Facebook, Inc. Di WA kalian bisa saling mengirim pesan teks atau pesan suara, membuat panggilan video (video call), berbagi lokasi, mengirim dokumen, gambar, dan media lainnya. Untuk bisa menggunakan WA kita harus mendaftar dengan nomor ponsel seluler kita.

WhatsApp pertama kali dirilis pada Januari 2009 dan dibuat oleh Brian Acton serta Jan Koum. Kemudian perusahan WhatsApp Inc. dibeli Facebook, Inc. pada Februari 2014 seharga $19,3 miliar. WA kini menjadi salah satu aplikasi messenger paling populer di berbagai belahan dunia.

Pada Januari 2018 WA mengeluarkan aplikasi WhatsApp Business yang dikhususkan untuk pemilik bisnis kecil agar mudah berinteraksi dengan para pelanggan yang menggunakan aplikasi WA standar.

Itulah tadi sekilas tentang aplikasi WA yang mana sebenarnya tak perlu dijelaskan lebih jauh lagi kalian pasti sudah tahu apa itu WA dan bagaimana penggunaan serta fungsinya, kecuali untuk pembuatnya mungkin diantara kalian masih ada yang tidak tahu. Selain pembuatnya, kalian pasti belum tahu beberapa fakta unik serta menarik dibalik aplikasi yang sering kita gunakan untuk saling berkomunikasi dengan teman, keluarga, pacar, gebetan, atau mantan ini. Yuk, simak fakta-fakta uniknya dibawah!

Berikut 24 fakta unik dan menarik tentang aplikasi WhatsApp

1. WA memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia pada Februari 2018.

2. Pada April 2014, WA mendapatkan 500 juta pengguna aktif bulanan serta 700 juta foto dan 100 juta video di bagikan setiap hari. Ada 10 miliar pesan teks yang dikirimkan di WA setiap harinya.

3. Pada Agustus 2014, Koum lewat akun Twitter-nya mengumumkan bahwa WA memiliki 600 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

4. Pada Mei 2017, total waktu yang dihabiskan semua pengguna WA saat melakukan video call mencapai 340 juta menit setiap harinya.

5. Pada Januari 2020, WA mencapai 5 miliar instal di Google Play Store. WA menjadi aplikasi kedua yang bukan merupakan produk Google yang berhasil mencapai angka tersebut. WA juga menjadi aplikasi Android paling banyak di unduh ke-3 di dunia jika kita mengabaikan aplikasi-aplikasi bawaan ponsel Android seperti Chrome, Gmail, Google Play, atau Google Maps.

6. Saat aplikasi ini mencapai 1 miliar instal di Google Play Store, jumlah pengembang untuk versi Android-nya hanya 5 orang. Untuk saat ini Chris Daniels menjadi CEO WhatsApp Inc. dan jumlah karyawannya hanya 50 orang.

7. Acton dan Koum pernah ditolak sebagai karyawan oleh Facebook, Inc. bahkan kabarnya juga oleh Twitter. Namun, mereka tidak menyerah dan kini mereka masuk dalam jajaran orang terkaya di Amerika.

8. Acton dan Koum pernah bekerja di Yahoo Inc. sebelum membuat WA. Selain itu, Acton juga pernah bekerja di Apple Inc.

9. WA mendukung fitur tulisan bold, italic, dan strikethrough. Meskipun hanya aplikasi pesan tapi WA menyediakan fitur yang biasanya ada di aplikasi untuk membuat dokumen. Sepertinya fitur ini juga jarang kalian pakai, lagian untuk apa memakai fitur tersebut jika hanya untuk saling mengirim pesan. Tapi, jika kalian ingin memakainya, berikut ini caranya;
Bold/Tebal = _teks_
Italic/Miring = *teks*
Strikethrough/Tercoret = ~teks~

10. WA merupakan aplikasi pesan paling aman untuk mengirim file-file rahasia karena WA sudah mendukung enkripsi 256 bit end to end encryption.

11. Rata-rata pengguna memeriksa WA lebih dari 23 kali per hari. Hmmm, mungkin ini kebanyakan para jomblo yang berharap pesan balasan dari gebetannya padahal cuma di-read doang.

12. Brazil menempati urutan teratas dalam daftar pengguna WA, dengan 19,91% dari total jumlah pengguna yang berasal dari negara ini. India berada di urutan kedua dengan 7,61%, sementara Turki adalah rumah bagi 5,62% pengguna aplikasi yang identik dengan warna hijau ini.

13. Acton dan Koum tidak pernah mengiklankan WA, mereka lebih memilih mengeluarkan dana untuk terus mengembangkan WA agar lebih nyaman bagi para penggunanya ketimbang beriklan. "No Ads! No Games! No Gimmick!", itu adalah sebuah catatan yang dibuat Acton untuk Koum agar tidak mengiklankan WA.

14. Sebelum Facebook, Inc. Google LLC pernah menawar WhatsApp Inc. seharga $10 miliar namun ditolak.

15. WA memungkinkan penggunanya menghapus pesan yang dikirim secara tidak sengaja dalam waktu 7 menit.

16. WhatsApp, Inc. pernah merugi $230 juta pada tahun 2014. Ini merupakan dampak tidak dipasangnya iklan di aplikasi WA.

17. WA menjadi aplikasi yang dilarang negara paling banyak di dunia. WA dilarang di 12 negara, sebagai perbandingan Facebook dilarang di 7 negara, Twitter di 7 negara, dan YouTube di 6 negara. Cina, Bangladesh, Iran, Korea Utara, Suriah, dan UEA adalah beberapa negara yang melarang aplikasi WA. Semoga Indonesia tidak ikut-ikutan.

18. Ponsel tertua yang terhubung ke internet dan bisa menjalankan aplikasi WA adalah Nokia N95.

19. Seperti yang dibuktikan oleh Facebook, bahwa WhatsApp bernilai lebih dari seluruh anggaran tahunan NASA yang bernilai $17 miliar.

20. Pada Februari 2015, WhatsApp menempati posisi ke-6 dalam daftar merek global yang memiliki peringkat tertinggi dalam hal keterlibatan konsumen.

21. Sebanyak 57% pengguna smartphone di Indonesia menggunakan aplikasi WA. (November 2015)

22. Ada 3 juta perusahaan yang menggunakan WhatsApp Business. (Februari 2019)

23. WhatsApp di Android mendukung 60 bahasa. (Februari 2019)

24. WA pernah dihapus di iOS App Store pada 2012 namun empat hari kemudian kembali muncul. Sampai sekarang tidak jelas alasan penghapusan sementara WA saat itu.

24. 1 miliar grup sudah dibuat di WA. (2020)

Itulah tadi fakta-fakta unik dan menarik tentang WhatsApp. Mana yang belum kalian ketahui?

Keywords: fakta unik tentang whatsapp, fakta menarik tentang whatsapp, 10 fakta menarik tentang whatsapp, fakta menarik whatsapp, fakta whatsapp, fakta tentang whatsapp, fakta whatsappfakta whatsapp plus, fakta yo whatsapp, fakta momo whatsapp, whatsapp web, whatsapp mod apk, whatsapp messenger terbaru 2020, whatsapp messenger, whatsapp versi baru

Posting Komentar untuk "24 Fakta Unik dan Menarik tentang WhatsApp"