17 Game NES Terbaik Sepanjang Masa

Nintendo Entertainment System NES.jpg

Nintendo Entertainment System (NES) adalah sebuah konsol permainan video 8-bit yang dibuat oleh Nintendo dan dirilis pada tahun 1983 di Jepang, 1985 di Amerika Utara serta di Eropa pada tahun 1986. Di tanah kelahirannya yaitu Jepang, NES lebih dikenal dengan nama Nintendo Family Computer atau Famicom. NES masuk ke konsol game generasi ketiga bersama dengan konsol game Sega Master System dari Sega dan konsol game Atari 7800.

Pada tahun 2009, NES dinobatkan sebagai konsol permainan video terbaik dalam sejarah oleh IGN. Sepertinya NES pantas mendapatkan penghargaan tersebut pasalnya NES lah yang menyelamatkan permainan video game jenis konsol setelah peristiwa kehancuran industri video game konsol pada tahun 1983. Kalau saja NES tidak dirilis oleh Nintendo mungkin sekarang kita tidak akan menjumpai konsol-konsol game seperti Playstation, Xbox 360 dan Wii.

NES sendiri populer di Indonesia pada tahun 90-an namun di awal tahun 2000-an game ini masih dimainkan oleh segelintir orang. Pada era NES game-gamenya masih sangat sederhana dengan grafis 8-bit yang sudah pasti kalah telak dari grafis game-game PS3 atau Xbox 360 saat ini.

Nah, pada postingan ini saya akan membuat daftar 17 game NES terbaik sepanjang masa tentunya versi saya sendiri. Saya membuat daftar ini hanya untuk bernostalgia dengan game-game NES yang pernah saya atau kalian mainkan dulu waktu kecil.

Berikut 17 Game NES Terbaik Sepanjang Masa Versi AzizPedia


17. Road Fighter


Sekarang ini kita mengenal game balapan mobil seperti Asphalt, Need For Speed atau Burnout yang memiliki grafis indah dan mode permainan yang seru. Di era NES dulu game balapan mobil masih sangat sederhana dengan grafisnya juga yang agak kaku. Road Fighter adalah game balapan mobil di NES yang sederhana namun menghibur. Tugas kalian di game ini hanya berusaha secepat mungkin mencapai garis finis di setiap level sebelum waktu yang diberikan habis. Kalian pernah memainkan game ini waktu kecil, coba apa kalian masih ingat mobil lawan yang berwarna apa yang paling menjengkelkan?

16. Hudson's Adventure Island Series


Hudson's Adventure Island adalah game bergenre arcade-adventure yang dirilis oleh Hudson Soft. Game ini pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1986. Di game ini kalian akan menggunakan seorang pria bernama Master Higgins yang akan berpetualang di Adventure Island. Ceritanya disini Master Higgins mencoba menyelamatkan Putri Leilain yang diculik oleh seorang Penyihir Jahat. Dua sekuel game ini juga dirilis di NES dan diberi judul Adventure Island 2 dan Adventure Island 3.

15. Donkey Kong Series


Donkey Kong, Donkey Kong Jr dan Donkey Kong 3 adalah tiga seri game Donkey Kong yang dirilis di NES. Di game pertamanya kalian akan memainkan maskotnya Nintendo yakni Mario yang harus menyelamatkan pacarnya yaitu Pauline yang diculik oleh Donkey Kong. Sementara untuk Donkey Kong Jr memiliki cerita yang jauh berbeda, Mario disini bertindak sebagai tokoh antagonis yang mengurung Donkey Kong dan kalian akan memainkan Donkey Kong Junior (anak dari Donkey Kong) untuk menyelamatkan Donkey Kong dari Mario. Untuk seri ke-3, Donkey Kong kembali menjadi tokoh antagonis namun di seri ini Mario tidak ikut campur. Di seri ini kamu akan memainkan Stanley The Bugman yang harus menghentikan niat jahat Donkey Kong yang ingin mencuri bunga milik Stanley.

14. POW: Prisoner of War


Game buatan SNK ini memang merupakan game action sederhana namun entah mengapa saya sangat menyukai game yang dirilis pada tahun 1988 ini. Di game ini kalian akan memainkan seorang militer yang ditahan dan mencoba keluar dari tahanan musuh. Untuk seukuran game NES, game ini memiliki grafis yang cukup baik namun sayangnya gerakannya sangat terbatas.

13. The Legend of Kage


Sama seperti namanya, game ini juga sangat melegenda dikalangan anak 90-an. Game yang dirilis pada tahun 1986 ini bercerita tentang seorang ninja bernama Kage yang menerima misi untuk menyelamatkan Putri Kiri dari Yoshi & Yuki. Yang menjengkelkan dari game ini adalah ketika kita sudah berhasil menyelamatkan sang putri dengan mengalahkan bos di stage akhir maka musim akan berubah dan sang putri kembali diculik lalu kita harus menyelamatkannya kembali, saya sendiri tidak tahu apakah game ini memiliki akhir atau tidak.

12. Battle City


Battle City adalah game perang tank buatan Namco yang dirilis untuk NES pada tahun 1985. Game ini bisa dimainkan secara multiplayer jadi keseruannya sudah pasti bertambah. Misi kalian di game ini adalah menghabisi semua tank yang ada di setiap level namun kalian tak boleh gegabah karena kalian juga harus menjaga homebase/markas (dilambangkan dengan burung) kalian agar tidak tertembak tank musuh. Satu hal lagi yang membuat game ini menjadi lebih seru adalah adanya costum level yang memungkinkan kalian mengatur bagaimana keadaan dan kondisi tempat berperang kalian.

11. Excitebike


Ini adalah game motocross di NES yang sudah pasti terus teringat oleh orang yang pernah memainkannya pada masa kecilnya. Bagaimana tidak, game ini memiliki musik yang memorable dan keseruannya tidak akan terlupakan. Hampir sama seperti game Battle City, di game ini juga ada costum mode jadi kalian bisa menentukan bagaimana keadaan trek yang akan kalian gunakan.

10. The Bugs Bunny Crazy Castle


Game ini pertama kali di rilis oleh Kemco untuk NES pada tahun 1989 di Amerika Utara. Meskipun bertemakan kartun tapi grafisnya cukup memuaskan untuk sekelas game NES. Setiap level memiliki tantangan yang bervariatif hingga membuat game ini sangat seru. Tugas kalian di game ini adalah memainkan Bugs Bunny untuk mendapatkan semua wortel yang ada tentunya kalian tidak boleh tertangkap oleh Sylvester, Daffy Duck, Yosemite Sam, dan Wile E. Coyote yang bertugas sebagai penjaga kastil.

9. Ice Climber


Game yang satu ini sangat seru jika dimainkan multiplayer bersama teman kalian. Tugas kalian di game ini adalah memanjat gunung es lalu mengambil kembali sayuran yang dicuri Si Condor Raksasa. Jika kalian memainkannya berdua bersama teman kalian maka teamwork kalian akan benar-benar diuji, karena kalian harus memanjat gunung secara bersamaan dan jika ada satu orang yang tertinggal maka life point-nya akan berkurang.

8. Ballon Fight


Tugas kalian di game ini adalah menjatuhkan lawan dengan cara menghancurkan balon yang lawan kalian gunakan. Game ini akan semakin greget jika kalian memainkannya berdua bersama teman kalian karena jika kalian kurang pandai mengontrol pemain kalian bisa bisa bukannya balon lawan yang kalian pecahkan tapi balon teman kalian sendiri yang kalian pecahkan.

7. Code Name Viper


Game keluaran Namco ini memang tidak terlalu populer pada era NES. Meskipun begitu Code Name Viper tak boleh dipandang sebelah mata karena game yang satu ini memiliki grafis yang lumayan lembut untuk sekelas game NES. Game perang yang satu ini pun terkesan simpel dan sederhana dengan tidak adanya bos di setiap level serta weapons item yang tersedia pun hanya 2 jenis namun dengan kesederhanaannya itu Code Name Viper tetap menjadi game perang yang layak kalian coba.

6. Tiny Toon Adventures 2: Trouble In Wackyland


Ini adalah sekuel dari Tiny Toon Adventures dengan mode permainan yang beragam yang membuat game ini tidak membosankan. Ada 5 mode permainan di game ini dengan karakter-karakter yang berbeda di setiap mode permainan. Yang membuat saya menempatkan game ini diposisi 6 karena game ini memiliki grafis yang baik, musik yang fun serta enak didengar dan tingkat kesulitan yang bisa membuat setiap orang penasaran untuk menyelesaikannya.

5. Teenage Mutant Ninja Turtles


Di Eropa game ini lebih dikenal dengan nama Teenage Mutant Hero Turtles. Di game ini kalian akan memainkan para turtles ninja yakni Leonardo, Raphael, Michelangelo & Donatello untuk menghentikan sang antagonis utama, Oroku "The Shredder" Saki. Satu hal yang kurang dari game ini adalah tidak adanya fitur multiplayer. Singleplayer saja sudah seru apalagi multiplayer pasti game ini tambah seru.

4. Contra Force


Contra Force adalah spin-off dari Contra Series dan merupakan seri ketiga game Contra yang dirilis di konsol NES setelah Contra dan Super C. Dibanding dua seri pendahulunya di NES, Contra Force benar-benar unggul dalam segala hal. Ada 4 karakter di game ini yang bisa kalian mainkan tentunya setiap karakter mempunyai kelebihan masing-masing. Game ini bercerita tentang C-Force yang harus melindungi Neocity dari organisasi kriminal bernama D.N.M.E. Fitur multiplayer juga tersedia di game buatan Konami ini.

3. Super Mario Bros


Siapa gamer yang tidak kenal dengan game yang satu ini? Jangan ngaku gamer kalau tidak tahu dengan game ini! Ya, Super Mario Bros adalah sebuah game legendaris yang sudah menjadi maskotnya Nintendo sejak 1985. Game ini jugalah yang menyelamatkan industri game konsol di dunia saat terjadi peristiwa keruntuhan industri video game konsol pada tahun 1983 dengan penjualannya yang fantastis hingga membuat Super Mario Bros menjadi game NES terlaris sampai saat ini.

2. Mighty Final Fight


Mighty Final Fight adalah spin-off dari Final Fight. Di seri ini karakternya ditampilkan dalam bentuk chibi namun meskipun dalam bentuk chibi keseruan game ini tak berkurang sedikitpun. Grafis serta gerakan yang beragam membuat game action-adventure ini layak berada di posisi runner-up. Di konsol NES tidak ada game action yang gerakannya lebih luwes dan lincah dibanding game rilisan Capcom ini.

1. Chip 'n Dale Rescue Rangers


Inilah game NES terbaik versi AzizPedia. Ya, Chip 'n Dale Rescue Rangers. Sebenarnya satu alasan kuat kenapa saya menempatkan game adaptasi film ini dipuncak adalah karena game ini sangat memorable bagi saya pribadi. Bagaimana tidak, setiap pagi waktu saya kecil saya selalu memainkan game ini bersama teman saya. Tapi disamping itu, game ini memang sangat seru dengan temanya yang benar-benar diperuntukan untuk anak-anak. Dalam mode multiplayer, player 1 memainkan Chip dan player 2 memainkan Dale. Mereka berdua harus menyelamatkan Mandy yang diculik oleh para penjahat. Yang membuat game ini tambah seru adalah beragamnya tantangan yang diberikan disetiap level dan bos disetiap level yang unik.

Itulah tadi daftar 17 game NES terbaik sepanjang masa versi saya. Tentu setiap orang punya pendapatnya masing-masing, jika kalian tahu game NES yang pantas masuk ke dalam daftar diatas silakan tulis saja judul gamenya di kolom komentar.

Sumber gambar:
www.deviantart.com

Keywords: download game nintendo nes terbaik, android, game nes petualangan terbaik, daftar game nes terbaik, game nes multiplayer terbaik, Daftar Game Nintendo Famicom Terbaik Sedunia, Sepanjang Sejarah, Game NES Terseru Terbaik Terkeren, Game Terbaik Era 80-an 90-an

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "17 Game NES Terbaik Sepanjang Masa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel