Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Misteri Legenda Kapal Hantu Flying Dutchman dan Sang Kapten Davy Jones

Misteri Legenda Kapal Hantu Flying Dutchman dan Sang Kapten Davy Jones.jpg

Kalian pasti familier dengan nama Flying Dutchman dan Davy Jones jika kalian pernah menonton "Pirates Of The Caribbean: Dead Men's Chest" dan "Pirates Of The Caribbean: At World's End". Dalam dua seri film "Pirates Of The Caribbean" tersebut Flying Dutchman yang merupakan sebuah kapal hantu tampil bersama sang kaptennya Davy Jones. Dalam dua film tersebut Davy Jones digambarkan sebagai seorang bajak laut yang menjadi kapten di kapal hantu Flying Dutchman. Ia dikutuk tidak bisa berlabuh di daratan dan harus mengarungi 7 lautan selamanya sampai akhir zaman. Penampilannya sendiri digambarkan sebagai manusia ikan lebih tepatnya manusia gurita.

Davy Jones di Pirates of the Caribbean.jpg
Davy Jones di "Pirates of the Caribbean"

Di animasi "SpongeBob SquarePants", Flying Dutchman juga turut hadir. Namun, di animasi tersebut Davy Jones tidak menjadi kaptennya. Seorang bajak laut yang juga bernama Flying Dutchman lah yang menjadi kaptennya.

Flying Dutchman di Spongebob Squarepants.jpg
Flying Dutchman di "SpongeBob SquarePants"

Meskipun ada perbedaan tapi satu hal yang pasti adalah baik di film "Pirates Of The Caribbean" ataupun animasi "SpongeBob SquarePants" kapal Flying Dutchman disebut sebagai kapal hantu. Tahukah kalian jika Flying Dutchman dan Davy Jones merupakan sebuah legenda yang benar-benar dipercaya oleh para pelaut? Ya, Flying Dutchman dan Davy Jones adalah legenda horor yang paling populer di kalangan para pelaut dunia. Flying Dutchman dan Davy Jones sebenarnya memiliki legendanya masing-masing. Namun, karena seperti ada keterkaitan maka tercetuslah kabar bahwa Davy Jones adalah kapten kapal hantu Flying Dutchman.

Baik Flying Dutchman maupun Davy Jones hanyalah sebuah legenda di kalangan para pelaut. Jadi, meskipun banyak pihak yang telah mengklaim melihat penampakannya tapi seperti mitos legenda-legenda yang lain, belum ada kepastian nyata atau tidaknya legenda tersebut.

Oke, mari kita bahas dulu kapal hantunya. Flying Dutchman adalah kapal hantu yang tidak akan pernah bisa berlabuh dan harus mengarungi 7 lautan selamanya karena sebuah kutukan. Menurut beberapa sumber, legenda ini berasal dari Belanda sementara itu yang lain mengklaim bahwa itu berasal dari Inggris.

Sebenarnya bagaimana sih cerita legenda Flying Dutchman? Cerita legenda ini bermula ketika seorang pelaut Belanda bernama Bernard Fokke mengarungi lautan dari Belanda ke pulau Jawa dengan kecepatan yang luar biasa. Ia dipercaya meminta bantuan iblis untuk mencapai kecepatan luar biasa tersebut. Namun, ditengah pelayarannya menuju Tanjung Harapan tiba-tiba cuaca memburuk dan mengakibatkan kapal oleng. Seorang awak kapal pun meminta pelayarannya dihentikan. Sayangnya Kapten Fokke mengacuhkan saran awak kapalnya tersebut dan sang kapten malah berkata; "Aku bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai untuk mencapai kota tujuanku, atau aku beserta semua awak kapalku akan terkutuk selamanya".

Kapal sang kapten pun tak sanggup melawan kekuatan alam dan karena sumpahnya tersebut akhirnya ia dan para awak kapalnya dikutuk menjadi jasad hidup dan berlayar di 7 lautan selamanya tanpa bisa berlabuh. Itulah awal bermulanya cerita legenda kapal hantu Flying Dutchman yang sangat terkenal.

Lalu bagaimana dengan kisah legenda sang kapten Davy Jones? Tak banyak info yang saya dapat tentang Davy Jones tapi dikabarkan ia pertama kali tercatat pada tahun 1726. Menurut kepercayaan para pelaut zaman dahulu, Davy Jones adalah seorang bajak laut yang mati tenggelam beserta kapalnya ke dasar laut. Namun, roh Davy Jones dipercaya tetap hidup dan menjadi simbol roh dilautan. Minimnya informasi tentang legenda ini membuat orang-orang menghubungkannya dengan legenda kapal hantu Flying Dutchman dan menyebut Davy Jones sebagai kapten dari kapal hantu tersebut.

Banyak pihak yang mengaku pernah melihat Davy Jones dan Flying Dutchman. Salah satunya adalah bajak laut yang terkenal dengan kapal The Adventure Galley-nya, William Kidd. Bajak laut yang biasa disebut Kapten Kidd ini pernah menghancurkan sebuah pelabuhan besar di Selatan Prancis hingga membuat seluruh angkatan perang Prancis mengejarnya. Dia memang salah satu bajak laut terkuat di dunia tapi ia juga pernah mengalami sebuah kekalahan telak yang membuat kapal The Adventure Galley rusak parah dan 63 awak kapalnya tewas. Siapa yang mengalahkannya? Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah Davy Jones dengan kapal hantunya, Flying Dutchman. Untungnya saat itu Captain Kidd berhasil kabur dan Davy Jones serta kapal hantu Flying Dutchman hilang begitu saja. Cerita ini masih menjadi misteri dunia sampai saat ini.

Selain cerita dari Kapten Kidd, ada juga beberapa laporan penampakan kapal hantu Flying Dutchman yang sempat didokumentasikan, antara lain:

1823: Kapten Oweb, HMS Leven mengisahkan telah dua kali melihat sebuah kapal kosong terombang ambing ditengah lautan dari kejauhan, namun dalam sekejap mata kapal tersebut kemudian menghilang.

1835: Dikisahkan pada tahun itu, sebuah kapal berbendera Inggris yang terkepung oleh badai ditengah samudera, didatangi oleh sebuah kapal asing yang disebut-sebut sebagai kapal hantu The Flying Dutchman, kemudian secara tiba-tiba kapal asing tersebut mendekat dan seakan-akan ingin menabrak kapal mereka, namun anehnya sebelum keduanya saling berbenturan kapal asing tersebut kemudian lenyap seketika.

1881: Tiga orang anak kapal HMS Bacchante termasuk King George V telah melihat sebuah kapal tak berawak yang berlayar menentang arus kapal mereka. Keesokan harinya, salah seorang daripada mereka ditemukan mati dalam keadaan yang mengerikan.

1879: Anak kapal SS Pretoria juga mengaku pernah melihat kapal hantu tersebut.

1939: Kapal ini terlihat di Mulkzenberg, beberapa orang yang menyaksikannya terkejut kerana kapal usang tersebut tiba-tiba menghilang.

1941: Beberapa saksi mata dipantai Glencairn melaporkan sebuah kapal usang yang menabrak batu karang dan terpecah belah, namun setelah dilakukan penyelidikan di TKP, tidak ada tanda-tanda dari bangkai kapal tersebut.

1942: Empat orang saksi telah melihat sebuah kapal kosong memasuki perairan Table Bay kemudian menghilang. Seorang pegawai telah mendokumentasikan penemuan tersebut di dalam catatan hariannya.

1942: Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942.

1959: Awak kapal Straat Magelhaen kembali melaporakan melihat sebuah kapal misterius yang terombang-ambing ditengah lautan dalam keadaan kosong dengan teleskopnya.

Ada mitos juga yang mengatakan kalau ada sebuah kapal modern melihat kapal hantu ini dan awak kapal modern tersebut memberi sinyal maka kapal modern itu akan celaka. Bagi para pelaut, pertemuan dengan kapal hantu Flying Dutchman adalah sebuah pertanda buruk. Konon katanya ada suatu cara agar tidak bertemu dengan kapal hantu tersebut yaitu dengan cara memasangkan tapal kuda di tiang layar kapal mereka sebagai perlindungan.

Davy Jones dan kapal hantu Flying Dutchman sampai sekarang hanyalah sebuah legenda dan mungkin sampai kapanpun hanya akan menjadi legenda. Meskipun sudah banyak orang yang mengaku pernah melihatnya tapi belum tentu itu Flying Dutchman.

Keywords: legenda flying dutchman, flying dutchman pirates of the caribbean, spongebob squarepants the flying dutchman, flying dutchman captain, kapal hantu flying dutchman, penampakan flying dutchman, flying dutchman ship, flying dutchman real

Posting Komentar untuk "Misteri Legenda Kapal Hantu Flying Dutchman dan Sang Kapten Davy Jones"