Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

11 Template Blogger Terbaik

Template Blogger Terbaik.jpg

Tampilan blog yang bagus dan rapi sangat penting agar para pengunjung betah berada di blog kita. Jika berbicara soal tampilan blog maka template adalah hal yang harus diperhatikan. Banyak template yang tersedia untuk kita pasang di blog kita, namun kalian harus selektif dalam memilih template. Banyak hal yang harus kalian pertimbangkan.

Beberapa template cocok untuk blog dengan niche atau topik tertentu namun kebanyakan template cocok dipakai di blog dengan niche apa saja. Selain tampilan, template juga berpengaruh pada SEO (Search Engine Optimization). Tapi, jika berbicara SEO banyak faktor yang harus kalian perhatikan, jika template saja yang SEO sementara faktor lainnya kalian abaikan maka percuma saja. Template yang SEO harus dibarengi dengan faktor-faktor SEO yang lain.

Kali ini saya akan memberikan rekomendasi template-template terbaik untuk Blogger/Blogspot. Untuk WordPress mungkin lain kali akan saya post soalnya saat ini saya masih menggunakan Blogger dan belum mencoba WordPress.

Saya bukanlah tipe bloger yang suka gonta-ganti template jadi banyak template yang ada di daftar ini belum saya coba. Lagi pula gonta-ganti template bukanlah hal yang baik bagi seorang bloger, jadi tentukan template mana yang akan kalian pasang dan jangan menggantinya lagi jika tidak terlalu diperlukan.

Karena belum saya coba maka saya menjadikan kepopuleran sebuah template sebagai pertimbangan untuk dimasukkan ke dalam artikel ini. Kalau template tersebut populer di kalangan bloger sudah pasti template tersebut recommended bagi kalian, sisanya tergantung tampilan template mana yang lebih kalian suka.

Ada dua jenis template yakni template premium dimana kalian harus membayar untuk mendapatkannya dan ada template gratis yakni template yang sengaja dibagikan secara cuma-cuma oleh pembuatnya tanpa memungut biaya sepeserpun. Jika kalian ingin memasang template premium dan kalian memiliki dana yang cukup alangkah baiknya kalian membeli template yang kalian inginkan di pembuat aslinya, jangan cari yang gratisan. Hargailah para pembuat template, mereka membuat template susah payah dan menyita waktu yang tidak sedikit. Membelinya di pembuat aslinya juga membuat kalian akan mendapatkan update secara berkala untuk template tersebut, update-nya bisa penambahan fitur atau perbaikan bagian yang eror.

Saya juga bukan manusia suci jadi saya tidak akan menghakimi kalian jika kalian ingin mencari template premium tanpa membayar alias versi gratis. Itu terserah kalian saja. Tapi, saya tidak akan memberikan link download-nya disini, silakan cari sendiri.

Berikut 11 Template Blogger Terbaik Versi AzizPedia

1. VioMagz

VioMagz adalah template Blogger yang dibuat oleh salah satu creator template Blogger terbaik di Indonesia yakni Mas Sugeng. Saya pernah memakai template ini cukup lama sebelum saya menggantinya ke template baru yang saya pakai saat ini.

Jika kalian sudah lama berkecimpung di dunia blog tentu kalian tidak asing dengan Mas Sugeng, template-template buatannya selalu laris dan dipakai puluhan bahkan mungkin ratusan bloger. Dulu Mas Sugeng pernah merilis template EvoMagz yang disebut-sebut sebagai 'template sejuta umat' karena saking banyaknya yang memakai template tersebut. VioMagz ini sepertinya mencoba meneruskan legacy dari pendahulunya untuk menjadi the next 'template sejuta umat'.

Template yang dirilis 4 Maret 2018 ini dijual seharga Rp220 ribu. Fitur yang dimiliki template ini antara lain SEO friendly, responsive di semua ukuran layar, fast loading, tersedia slot iklan di dalam postingan, dan lain-lain.

Dilihat dari tampilannya VioMagz sangat sederhana, elegan dan enak dipandang mata. Pengaturan warna serta font bisa diatur dengan mudah di bagian tema tanpa harus masuk ke bagian Edit HTML. Template ini cocok untuk blog dengan topik atau niche apa saja.

Template ini ada versi AMP-nya juga loh...

Beli | Demo

2. VioToko

Siapa bilang blog di Blogger/Blogspot tidak bisa dijadikan online shop? Dengan memakai template VioToko blog di Blogger bisa disulap menjadi situs online shop, meskipun fiturnya memang tak selengkap platform khusus online shop.

Template ini merupakan modifikasi dari template VioMagz yang kita bahas sebelumnya. Masih dari Mas Sugeng, template ini dijual seharga Rp195 ribu saja.

Fitur-fitur yang disajikan VioToko juga tak beda jauh dengan VioMagz dengan tambahan fitur yang membantu kalian untuk berjualan, bahkan dari segi tampilan sebenarnya juga hampir serupa. Hanya saja, bagian yang biasanya deretan artikel dimodifikasi dengan menonjolkan produk yang akan kita jual.

Beli | Demo

3. LinkMagz

Kurang lebih 2 tahun setelah merilis template VioMagz, Mas Sugeng kembali merilis template terbarunya yang diberi nama LinkMagz.

Apa keunikan template ini?

Di LinkMagz terdapat fitur produk dan jasa yang akan membantu kalian berjualan produk atau jasa kalian di blog. Ini cocok untuk kalian yang ingin berjualan di blog tapi tidak ingin blog kalian sepenuhnya terlihat seperti online shop, bisa dibilang ini perpaduan yang apik antara VioMagz dan VioToko. Selain itu, LinkMagz juga punya fitur mode gelap (dark mode/night mode). Baik itu mode biasa atau mode gelap, tampilan LinkMagz masih tetap enak dilihat, ini tergantung selera masing-masing.

Berbicara soal tampilan, pengaturan template LinkMagz bisa diatur seluruhnya melalui Tata Letak. Jadi kalian tidak perlu bolak-balik ke bagian Edit HTML untuk mengatur template ini.

Kecepatan loading template ini juga sangat luar biasa bahkan Mas Sugeng mengatakan kalau ini adalah template dengan loading paling cepat dibandingkan template-template buatan dia sebelumnya. Loading-nya yang cepat merupakan hasil dari desain tampilan template ini sendiri yang amat sederhana. Seperti kata Mas Sugeng sendiri kalau desain template ini mantul alias manis betul. Inilah kenapa saya selalu suka template-template buatan dia, tampilannya tidak lebay dan menarik dengan kesan sederhana yang amat terasa.

Mas Sugeng mematok harga LinkMagz Rp255 ribu. Dengan membayarkan nominal tersebut kalian akan mendapatkan update template ini dikemudian hari.

Beli | Demo

4. New Simplify 2

Template ini adalah modifikasi dari template Simplify. Template Simplify adalah template yang dibagikan oleh seorang pembuat template Blogger, Arlina Design secara cuma-cuma. Template Simplify memang memiliki banyak versi namun bagi saya yang paling bagus adalah New Simplify 2. Tampilan New Simplify 2 lebih bersih dan menarik dibanding versi Simplify yang lainnya.

Template ini ada yang versi gratis dan ada juga versi premium. Tentu saja fitur-fiturnya lebih lengkap yang versi premium.

Beli/Download | Demo>

5. Nubie Banget

Nubie Banget adalah sebuah template buatan Arlina Design. Template ini tersedia dalam versi gratis dan ada juga yang premium seharga Rp100 ribu saja. Menurut sang pembuat, template ini sangat cocok untuk kalian yang akan mendaftarkan blog kalian di Google Adsense ataupun yang sudah memasang iklan Google Adsense.

Fitur-fitur dasar seperti SEO Friendly, loading cepat, dan responsive sudah pasti dimiliki template ini mengingat Arlina Design bukanlah pembuat template ecek-ecek, jadi hal semacam itu sudah ia perhitungkan.

Tampilannya sendiri sangat sederhana, cerah, dan menawan. Nubie Banget memiliki dua bagian navigasi di header-nya, yang satu untuk halaman-halaman seperti TOS, Disclaimer, dan Contact sementara yang satu lagi cocok untuk label postingan.

Beli/Download | Demo

6. Infinite

Satu lagi template dari Arlina Design. Infinite adalah sebuah template premium seharga Rp100 ribu dan memiliki kemiripan dengan template Simplify.

Ada fitur-fitur seperti SEO Friendly, Mobile Friendly, Responsive, dan juga terdapat slot khusus untuk iklan Google Adsense.

Beli | Demo

7. Igniplex

Igniplex adalah sebuah template buatan Igniel yang sudah dipakai oleh banyak bloger. Ini adalah template premium yang dijual seharga Rp230 ribu atau $28 jika pembayaran melalui PayPal. Jika dilihat dari segi tampilan, keunikan dari template ini adalah navigasi di bagian header-nya yang keren. Template ini juga memungkinkan kalian membagi konten kalian dalam beberapa halaman, salah satu fitur yang jarang ada di template Blogger lainnya. Postingan besar di homepage dan tampilan grid-nya juga memiliki beberapa opsi yang bisa kalian pilih.

Template ini sudah SEO friendly, mobile friendly, responsive, tersedia slot iklan, dan lain-lain.

Beli | Demo

8. Juragan

Template Juragan ini mirip dengan New Simplify 2, sama-sama sederhana nan elegan. Fitur-fitur dasar jangan ditanya lah sudah pasti tersedia. Template ini tersedia versi gratis dan ada juga versi premium dengan fitur yang lebih lengkap.

Beli/Download | Demo

9. Kompi Flexible

Kompi Flexible adalah template premium pertama dari Kompi Ajaib. Kompi Ajaib ini juga adalah seorang pembuat template Blogger handal layaknya Mas Sugeng, Arlina Design, dan Igniel.

Seperti namanya Flexible, jadi template ini responsive di segala ukuran layar. Tampilannya juga rapi dan keren.

Template yang sudah memiliki versi AMP ini dijual seharga $9 saja.

Beli | Demo

10. Fletro Pro

Fletro Pro merupakan template premium bikinan Jago Desain, sebuah blog tentang desain grafis dan juga seputar dunia blog. Blog Jago Desain sendiri juga menggunakan template ini.

Template Fletro Pro ada yang versi 2 kolom ada juga yang versi 3 kolom, sayangnya harga keduanya berbeda, untuk mendapatkan versi 3 kolom kalian harus membayar lebih. Dengan latar belakang abu-abu membuat template ini terasa sejuk dan tak menyilaukan mata. Fitur lainnya dari segi tampilan adalah adanya dark mode dan fullscreen yang akan membuat blog kalian semakin terlihat kekinian.

Beli | Demo

11. Kutoko

Kutoko adalah template yang dibuat oleh Mas Sugeng. Dari namanya kalian pasti sudah bisa menebak kalau template ini merupakan sebuah template untuk toko online yang menggunakan Blogger. Mas Sugeng sendiri menyebut template ini sebagai penyempurnaan dari Viotoko. Secara tampilan memang ada perubahan tapi tidak banyak, sementara dari segi fitur template yang dibandrol dengan harga Rp195.000 ini cukup memberikan pengalaman yang berbeda dari Viotoko. Terlebih lagi sekarang Mas Sugeng sudah menyediakan halaman tools untuk keperluan para pengguna templatenya. Saya sendiri merasa sangat terbantu dengan adalanya tools semacam ini.

Beli | Demo

Itulah tadi daftar template-template untuk Blogger/Blogspot terbaik versi AzizPedia. Sudah pasti ada yang setuju ada yang tidak dengan daftar tersebut.

Silakan lihat template-template buatan para creator template terbaik seperti Mas Sugeng, Igniel, Arlina Design, Kompi Ajaib, dan Bungfrangki, siapa tahu ada template buatan mereka yang kalian sukai, jika template yang ada di daftar ini menurut kalian kurang memuaskan.

Atau kalian bisa mengunjungi situs-situs template Blogger agar bisa menemukan lebih banyak template. Berikut situs-situs penyedia template Blogger paling populer:

- www.idntheme.com
- www.gooyaabitemplates.com
- www.newbloggerthemes.com
- www.themeindie.com
- www.goomsite.net
- www.soratemplates.com

Selain template-template Blogger di atas, berikut template-template lainnya yang saya dapatkan dari rekomendasi situs atau orang lain:

- Blogku
- Brosense (Cocok untuk blog dengan iklan Adsense)
- Evo Magz
- IGLO (Cocok untuk blog FB Ads to Adsense)
- Masih Terjaga
- Balap SEO
- Materia X2
- Blanter Wisdom
- SEO Booster
- MiniMag
- Typography (Cocok untuk blog yang mengedepankan tulisan dan tidak terlalu banyak gambar)
- Textrim
- Minima Colored 3 Mag Style
- Kompi Ajaib
- Viral Go
- In SEO Pro
- The Funk
- Newcon
- News Paper
- Masign
- Vikka
- Vienna Lite 2
- Pratico
- Phantom
- MDFostrap
- Jarwo SeAMP
- Shopping Cart (Cocok untuk blog di Blogger yang ingin dijadikan toko online)
- Mostheme Mini
- Neue
- Mocca
- Button
- NeoMag
- Pilvia (Cocok untuk blog portofolio)
- Ratio
- StudioPress (Cocok untuk blog portofolio)
- Sanai
- Ubook (Cocok untuk blog review buku atau seputar buku)
- ViralNews (Cocok untuk blog berita)
- Instaset
- Rosemary
- Fashion Gossip
- Base
- Reading
- Couture
- Edward-Stella (Cocok untuk blog bisnis wedding organizer)
- SEO Rocket
- Nivan
- StylishNews
- Conversion
- Gossip
- MeshMag
- Creative
- Elise
- Martin (Cocok untuk blog portofolio)
- FooddyBlog (Cocok untuk blog seputar kuliner & makanan)
- Oracle
- Alpha
- Games (Cocok untuk blog seputar game)
- VideoPlay (Cocok untuk blog video)
- Momma’s Love
- Folio (Cocok untuk blog portofolio)
- Blazing
- SEO Boost
- SeoRocket
- Top Magazine
- Flexzine
- Fastest Blogger
- S.E.O Aggressive Blogger Template [Download]
- Median UI
- JetTheme

Untuk mencari templatenya kalian bisa search di Google dengan menambahkan kata kunci "Blogger Template" setelah nama template yang ingin kalian cari.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk kalian para bloger yang sedang mencari template untuk blog kalian. Sekali lagi ingat, hargai para pembuat template, jika si pembuat membagikan templatenya secara gratis ya silakan langsung pakai namun jika si pembuat membuat templatenya untuk dijual dan kalian memang punya uang maka sebaiknya kalian membelinya.

Harga template bisa saja berubah, harga di artikel ini tidak selalu di-update

Keywords: template blogger terbaik, template blogspot terbaik, template blogger gratis terbaik, template blog terbaik, template blog terbaik 2019, template blog terbaik di dunia, template blog terbaik 2018, free download template blogger terbaik, template blogger terbaik di tahun 2020, template blogger terbaik seo friendly, pembuat template blogger terbaik, template blog terbaik untuk adsense

11 komentar untuk "11 Template Blogger Terbaik"

  1. Hi,

    Terimakasih telah merujuk ke website kami..

    Tomy Saputra (iamtomys.com)

    BalasHapus
  2. Bang rekomendasi buat blogger webnovel/novel yang banyak chapternya, lebih baik pakai yang mana templatenya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu kalau itu mah, pake mana aja kayanya bebas kecuali template2 yg sudah saya kasih keterangan "cocok untuk blog seputar video game" atau "cocok untuk blog seputar kuliner", itu yang kurang cocok buat blog novel.

      Hapus
  3. Untuk blogger saya pakai Viomagz & Igniel, secara tampilannya keren dan tentu saja responsive...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, kualitas template bikinan para mastah memang terjamin...

      Hapus
  4. Kalau saya Viomagz. Rapi dan ringan kakau diakses. Lumayan.... Bagus sih.

    BalasHapus
  5. CV Bahagia Sukses Makmur menyediakan berbagai jenis botol plastik diantaranya botol pupuk, botol parfum,dan lain sebagainya.
    Kami juga menerima berbagai jenis ukuran kemasan 1 liter,500ml.250ml,100ml dan masih banyak ukuran lainnya.

    Hubungi telpon 081112520806/081316140397
    Office: Ruko cendana raya no 15A Bencongan indah, Karawaci tangerang

    BalasHapus
  6. Saran dari saya untuk yang lagi cari template blog premium maupun gratis, yaitu jettheme, mungkin masih ada yg belum tau, sangat layak untuk dicoba.

    BalasHapus
  7. Tetap setia dengan evomagz dan linkmagz

    BalasHapus
  8. kak boleh ditambahkan fiksioner (igniel) dan theme62. 2 2 nya template bagus, cepat, ringan, Performance Score 100%, Structure Score 100%.. khusus theme62 bisa versi AMP dengan postingan seperti biasa, jadi tidak perlu mengubah-ngubah hmtl gambar dll..

    BalasHapus