Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cerita Misteri Lagu Tinggal Kenangan

Cerita Misteri Lagu Tinggal Kenangan.jpg

Kalian tahu lagu "Tinggal Kenangan" yang di populerkan oleh band Caramel? Ya, saya yakin kalian tahu lagu yang sangat menyayat hati tersebut. Lagu "Tinggal Kenangan" memang sudah sangat populer di Indonesia baik itu karena lagu ini enak di dengar atau karena misteri yang menyelimuti lagu ini sendiri.

Lagu "Tinggal Kenangan" memang memiliki kisah misteri di balik latar belakang terciptanya. Banyak versi mengenai cerita misteri di balik lagu ini, salah satu yang paling terkenal adalah cerita seorang pelajar kelas 3 SMU Ponorogo bernama Gaby. Pada bulan Juni 2007 sekolah tersebut akan mengadakan acara pensi (pentas seni). Karena Gaby suka menyanyi dan suaranya bagus maka terpilihlah dia untuk tampil di acara tersebut sebagai perwakilan dari kelasnya. Karena bingung mau menanyikan lagu apa, Gaby pun meminta pacarnya untuk memilihkan lagu tapi sang pacar ternyata malah membuatkan dia sebuah lagu yang berjudul "Kenangan Terindah".

Beberapa hari sebelum acara pensi tersebut Gaby dan teman-temannya memutuskan untuk pergi refreshing ke Telaga Sarangan, Magetan. Disana mereka menginap dan keesokan harinya Gaby kangen sama pacarnya lalu menghubunginya untuk datang menyusulnya ke tempat tersebut. Akhirnya sang pacar datang menemui Gaby di Telaga Sarangan, setelah melepas rasa rindu sang pacarpun kembali pulang ke Ponorogo. Sayangnya, diperjalanan sang pacar mengalami kecelakaan hebat yang merenggut nyawanya. Gaby tidak tahu dengan kejadian ini karena keluarga pacarnya dan teman-temannya tidak tega memberitahu Gaby.

Gaby pun tahu kematian pacarnya dari pihak sekolah yang mengumumkan turut berduka cita atas kematian pacar Gaby tersebut. Gaby pun syok berat dan sempat pingsan. Acara pensi pun diundur untuk menghormati kematian pacar Gaby tersebut.

Tiba saatnya acara pensi, Gaby menguatkan dirinya untuk tampil dengan lagu yang dibuatkan almarhum pacarnya tersebut. Beberapa lirik lagu tersebut ternyata dirubah oleh Gaby dan judulnya pun ia rubah menjadi "Tinggal Kenangan".

Gaby tampil dengan sangat baik dan mendapat tepuk tangan meriah dari penonton. Teman-temannya pun merekam penampilan Gaby tersebut. Setelah selesai tampil Gaby pergi begitu saja. Teman-temannya pun mencarinya kemana-mana namun tidak menemukannya hingga akhirnya Gaby ditemukan tak bernyawa di gudang sekolah karena bunuh diri dengan cara gantung diri.

Kabarnya banyak orang yang mengaku setelah mendengarkan lagu ini mereka didatangi oleh sesosok hantu wanita yang dipercaya sebagai hantu Gaby. Terlebih di bulan Desember yang merupakan bulan kelahiran Gaby.

Banyak versi mengenai kisah misteri dibalik lagu Tinggal Kenangan ini. Ada sekitar enam versi berbeda yang pernah saya baca di internet namun semuanya memiliki inti cerita yang hampir sama yaitu seorang wanita yang tewas karena bunuh diri lantaran ditinggal mati sang kekasih.

Lantas apakah benar lagu Tinggal Kenangan memiliki latar belakang seperti itu? Setelah saya googling lebih jauh sepertinya kisah-kisah tersebut hanya rumor alias mitos belaka. Menurut saya kisah-kisah menyeramkan tersebut terinspirasi dari novel karya Agnes Davonar yang berjudul Misteri Kematian Gaby Dan Lagunya Jauh. Novel ini sendiri pernah di adaptasi menjadi film layar lebar dengan judul "Gaby Dan Lagunya" yang dibintangi Karina Nadila, Guntur Triyoga, Leylarey Lesesne, dan Rendy Kjaernett.

Sebenarnya Agnes sendiri mengakui kalau novel tersebut terinspirasi dari lagu berjudul "Jauh" atau sekarang lebih dikenal dengan judul "Tinggal Kenangan". Lagu ini didapat Agnes dari salah seorang temannya ketika berada di acara tenis internasional di Bali. Temannya tersebut memperdengarkan lagu tersebut padanya. Agnes menjadi tertarik pada lagu tersebut, yang kemudian diceritakan kembali dalam bentuk novel.

Lalu siapa pencipta asli dari lagu ini? Ada banyak sekali orang yang merasa penasaran siapa pencipta lagu ini. Hingga seorang pakar telematika Roy Suryo pun turun tangan mengenai masalah ini. Akhirnya ditemukan seorang gadis yang bernama Aby yang berasal dari Makassar yang menyanyikan lagu ini di YouTube.

Aby mempunyai alasan tersendiri mengapa dirinya tidak pernah muncul selama ini. Dia baru bisa muncul setelah semua urusannya selesai, baru dia berani pergi ke Jakarta untuk mengklarifikasi semua cerita yang beredar mengenai sosoknya dan dari mana lagu itu berasal.

Diceritakan bahwa lagu itu berasal dan diciptakan oleh seorang teman yang bernama Pay (gitaris band Caramel) yang kala itu bergabung dalam sebuah sanggar yang bernama Sangdipa. Sangdipa ini adalah sebuah sanggar seni kampus. Lagu yang diciptakan oleh Pay ini kemudian dipinjam untuk dipentaskan dalam acara pentas seni di kampus yang ternyata direkam dan di unggah ke YouTube.

Keywords: misteri dibalik lagu tinggal kenangan, video, dari gaby, cerita, caramel, lirik, karaoke, batak, mp3, kunci gitar, versi gitar, not lagu, download lagu tinggal kenangan planetlagu

Posting Komentar untuk "Cerita Misteri Lagu Tinggal Kenangan"