Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gameloft Klasik: 20 Tahun, Mainkan Game Klasik dari Gameloft di Android

Gameloft Klasik 20 Tahun, Mainkan Game Klasik.jpg




Untuk merayakan hari jadi mereka yang ke-20 Gameloft merilis sebuah aplikasi di Google Play yang berisi game-game klasik dari Gameloft. Untuk kalian yang sudah memainkan game-game di ponsel sejak era ponsel Java pasti tahu dengan game-game yang ada di aplikasi ini.

Gameloft, Salah Satu Perusahaan Game Terbaik di Ponsel


Gameloft adalah sebuah perusahaan video game yang berfokus pada game-game ponsel, meskipun mereka juga merilis beberapa gamenya untuk platform lain. Gameloft biasa menerbitkan game yang mereka kembangkan sendiri atau game yang dikembangkan pihak lain dan mereka hanya menjadi penerbitnya.

Gameloft didirikan pada 14 Desember 1999 oleh Michel Guillemot dan saat ini bermarkas di Paris, Prancis. Guillemot sendiri adalah satu dari lima orang yang mendirikan perusahaan game Ubisoft. Pada 2016, perusahaan yang memiliki 19 studio pengembangan di seluruh dunia ini diakuisisi oleh perusahan berskala internasional, Vivendi.

Gameloft adalah salah satu perusahaan game yang paling menguasai game mobile. Asphalt, Gangstar dan Green Farm adalah beberapa game yang populer dari Gameloft. Untuk saya yang sudah memainkan game ponsel dari ponsel Java dulu, sudah sangat mengenal game-game buatan Gameloft. Mereka sudah merilis banyak judul game, namun bukan hanya kuantitas, mereka juga terus menjaga kualitas game mereka sampai saat ini.

Aplikasi Gameloft Klasik: 20 Tahun, Membawa Nostalgia dengan Game Klasik Gameloft


Gameloft Klasik: 20 Tahun dirilis di Google Play pada 15 April 2020. Dalam aplikasi ini ada 30 game klasik dari berbagai genre yang dipublikasikan oleh Gameloft dulu, hampir semuanya pernah dirilis di Java, atau mungkin semuanya. Gameloft merilis aplikasi ini untuk memperingati ulang tahun mereka yang ke-20, meskipun saya agak bingung, Gameloft dibentuk pada 14 Desember tapi aplikasi ini dirilis di Google Play pada 15 April, mungkin jadwalnya agak telat.

Dalam aplikasi ini ada 30 game klasik dari berbagai genre keluaran Gameloft. Berikut daftar gamenya:

PUZZLE FUN
· Bubble Bash 2
· Brain Challenge 3: Think Again!
· Diamond Rush
· Detective Ridley and the Mysterious Enigma
· Abracadaball

RUN & GUN
· Gangstar 2: Kings of L.A.
· Zombie Infection
· Modern Combat 2: Black Pegasus
· N.O.V.A. Near Orbit Vanguard Alliance
· Wild West Guns
· Zombiewood
· Alien Quarantine

LIFE & LOVE
· My Life in New York
· Vampire Romance
· Miami Nights 2: The city is yours!
· Fashion Icon
· Date or Ditch 2
· High School Hook Ups™

ARCADE ACTION
· Soul of Darkness
· Hero of Sparta
· Cannon Rats
· Block Breaker Deluxe 2
· Block Breaker 3 Unlimited

SPORTS & CARDS
· Motocross: Trial Extreme
· Platinum Solitaire 3
· Texas Hold'em Poker
· Midnight Bowling 3
· Midnight Pool
· Avalanche Snowboarding
· KO Legends

Bagaimana, apakah ada game yang pernah kalian mainkan dulu di daftar di atas? Kebanyakan game di atas pernah saya mainkan dulu di ponsel Java. Beberapa game favorit saya di atas adalah High School Hook Ups, Gangstar 2: Kings of L.A., Zombie Infection, dan Wild West Guns.

High School Hook Ups ini menceritakan kehidupan seorang remaja di sekolah SMA. Gameloft memang membawa angin segar dulu di game java dengan game ini yang berhasil membawa penceritaan di game java ke tingkat selanjutnya. Gameloft banyak merilis game klasik dengan gameplay seperti High School Hook Ups ini salah satunya seperti My Life in New York yang juga ada di aplikasi Gameloft Klasik: 20 Tahun ini, namun High School Hook Ups masih tetap yang terbaik.

Zombie Infection membawa nuansa Resident Evil dimana kita akan membasmi zombie. Kemiripan lainnya adalah kita harus mengatur item di inventory kita dengan bijak, hal yang benar-benar mengingatkan saya dengan Resident Evil. Senjata di game ini juga cukup beragam.

Sementara Gangstar 2: Kings of L.A. dan Wild West Guns adalah dua game open world dari Gameloft. Bedanya Gangstar 2: Kings of L.A. berlatar di perkotaan sementara Wild West Guns berlatar di tempat para koboi. Sebenarnya gameplay kedua game tersebut juga agak berbeda, meskipun keduanya bergenre open world.

Tanpa aplikasi Gameloft Klasik: 20 Tahun pun kita sebenarnya masih bisa memainkan game-game tersebut di Android yakni dengan menggunakan aplikasi emulator Java di Android. Tapi, kesannya beda aja gitu memainkannya langsung dari aplikasi rilisan developer-nya.

Sayangnya aplikasi ini memiliki kekurangan yakni dari kontrol. Jadi di aplikasi ini kita akan disediakan tombol d-pad (directional pad), empat tombol X, Y, B, A serta tombol L, R dan pause di atasnya. Nah, masalahnya ada di bagian d-pad. Di bagian d-pad kita hanya disediakan tombol atas, bawah, kiri dan kanan sedangkan di beberapa game ada perintah tombol atas+kiri, atas+kanan, bawah+kiri dan bawah+kanan yang mengharuskan kita menekan dua tombol di d-pad sekaligus. Alangkah lebih baiknya kalau Gameloft menambahkan empat tombol tersebut di bagian d-pad. Jujur saja, kekurangan ini cukup membuat tidak nyaman saat memainkan gamenya.

Saya tidak tahu apakah aplikasi Gameloft Klasik: 20 Tahun akan mendapatkan update dari Gameloft seperti penambahan daftar gamenya karena masih banyak game klasik menarik dari Gameloft yang belum dimasukkan di aplikasi ini. Semoga saja Gameloft akan menambah jumlah game di aplikasi ini, ya semoga saja.

Sumber referensi:
www.wikipedia.org
Google Play

Sumber gambar:
www.imore.com

Keywords: gameloft java, games 240x320 free , apk, game gratis, games for android, android, game gameloft java, download, jar, game java, terbaik, touchscreen, download game java jar, nokia, 320x240, offline, jadul, perang, download game gameloft, symbian, Gameloft Classic: 20 Years

Posting Komentar untuk "Gameloft Klasik: 20 Tahun, Mainkan Game Klasik dari Gameloft di Android"