Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

13 Gitaris Tercepat di Dunia Sepanjang Masa

Gitaris Tercepat di Dunia Sepanjang Masa.jpg

Gitaris adalah pemusik yang memainkan alat musik gitar atau yang berprofesi sebagai pemain gitar. Seorang gitaris dapat bermain solo atau gitar tunggal, duet, maupun bergabung dalam sebuah grup musik atau band. Itulah pengertian gitaris menurut Wikipedia.

Di dunia ini banyak sekali gitaris berbakat dengan skill yang bisa disebut luar biasa. Ada yang hebat di genre reggae, pop, rock, ataupun metal. Semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kali ini saya akan mencoba membuat daftar gitaris dengan kecepatan tingkat dewa. Para gitaris yang sudah memiliki kecepatan di atas rata-rata biasa di sebut shredder. Sebenarnya shredder adalah tingkatan dari seorang gitaris namun kebanyakan orang menilai jika seorang gitaris sudah memiliki kecepatan maka ia sudah pantas disebut sebagai gitaris shredder meskipun kecepatan tak selalu menjadi tolak ukur seorang gitaris untuk sampai ketingkatan shredder.

Karena ini adalah daftar gitaris tercepat maka gitaris seperti Eric Clapton tak akan masuk daftar ini. Memang tak ada yang meragukan Clapton sebagai gitaris terbaik di dunia tapi ia lebih terkenal dengan julukan 'Slow Hand' jadi wajar ia tak masuk daftar ini. Lalu siapa sajakah gitaris tercepat di dunia?

Berikut daftar 13 gitaris tercepat di dunia sepanjang masa

Untuk kalian yang suka mendengarkan musik di ponsel, tentu kalian harus punya earphone/headset dengan kualitas yang mamadai. Ingin membeli earphone/headset dengan kualitas terbaik dan harga murah, cek link dibawah ini:
- Rekomendasi Headset/Earphone Terbaik & Termurah Untuk Ponsel

1. Buckethead

buckethead.jpg

Untuk para penggemar Guns N' Roses pasti tidak asing dengan nama Buckethead. Ya, dia adalah gitaris Guns N' Roses pada tahun 2000 sampai 2004. Buckethead adalah gitaris paling misterius yang ada dalam daftar ini karena hampir disetiap penampilannya ia selalu memakai topeng dan ember KFC sebagai penutup kepalanya.

Nama asli Buckethead adalah Brian Patrick Carroll. Ia lahir pada 13 Mei 1969 dan tumbuh di pinggiran kota California tak jauh dari Disneyland. Brian mendapatkan julukan Buckethead mungkin karena penampilannya yang nyentrik di atas panggung. Sampai saat ini dia sudah merilis 278 album studio.

Kemampuan Buckethead dalam bermain gitar memang tak perlu diragukan lagi. Kabarnya ia pernah berguru pada Paul Gilbert yang juga masuk dalam daftar ini. Aksi panggung dari gitaris yang satu ini juga sangat menghibur, tak jarang ia sering tampil bersolo gitar dengan gerakan-gerakan seperti robot atau bahkan moonwalk layaknya King of Pop, Michael Jackson.

2. Chris Impellitteri

chris-impellitteri.jpg

Chris Impellitteri adalah gitaris kelahiran 25 September 1964 dan pendiri dari band beraliran heavy metal asal California, Impellitteri.

Gitaris yang satu ini memang segenarasi dengan Steve Vai dan Yngwie J. Malmsteen. Pada 2008, majalah Guitarworld memasukan Chris kedalam daftar The Fastest Guitarists of All Time bersama dengan Eddie Van Halen dan Yngwie J. Malmsteen.

3. Eddie Van Halen

eddie-van-halen.jpg

Terlahir dengan nama Edward Lodewijk Van Halen pada 26 Januari 1955, ia mulai aktif bermain gitar pada tahun 1964. Eddie adalah pendiri band hard rock bernama Van Halen yang didirikan pada tahun 1972 dan masih aktif sampai sekarang. Ia juga dikenal sebagai salah satu pemain gitar listrik yang memiliki banyak inovasi permainan sehingga namanya dikenal luas.

Pada tahun 2011, gitaris kelahiran Belanda ini sempat menduduki peringkat ke-8 dalam The 100 Greatest Guitarists di majalah Rolling Stone. Tahu tidak? Ternyata ibu Eddie berasal dari Indonesia loh, jadi dia masih ada darah Indonesianya.

4. Herman Li

herman-li.jpg

Herman Li lahir pada tanggal 3 Oktober 1976 di Hong Kong. Saat kecil Herman Li sempat pindah ke Selandia Baru lalu pindah lagi ke Inggris. Di Inggris lah Herman Li mulai belajar bermain gitar dan membentuk band bernama Demoniac dan akhirnya di tahun 1999 ia bergabung dengan band power metal, DragonForce.

Kerennya permainan gitar Herman Li tak perlu dipertanyakan lagi, kalau tidak percaya coba dengarkan lagu DragonForce yang berjudul "Through the Fire and Flames". Di lagu tersebut juga kabarnya Herman Li memasukan suara-suara game retro tahun 90-an seperti Pac-Man.

5. John Petrucci

john-petrucci.jpg

Jika tadi ada gitaris DragonForce sekarang ada gitaris dari Dream Thater, John Petrucci.

Ia mulai belajar bermain gitar pada usia 8 tahun. Pendidikan musiknya dimulai dengan berbagai kelas teori musik yang dia ambil ketika masa SMA. Dia belajar secara otodidak, tetapi dia sempat menerima beberapa pelajaran gitar yang dia ambil ketika dia masuk ke Berklee College of Music di Boston, dimana dia Mempelajari komposisi jazz dan harmoni. Ketika di Berklee, John Petrucci dan John Myung yang juga belajar disana bertemu dengan Mike Portnoy, dan mereka mulai membuat band yang diberi nama Majesty yang nantinya kemudian berganti nama menjadi Dream Theater.

6. Kirk Hammet

kirk-hammett.jpg

DragonForce dan Dream Thater sudah menunjukan jagoannya, masa Metallica enggak? Ya, dia adalah Kirk Hammett seorang murid dari Joe Satriani.

Hammett dilahirkan di El Sobrante, California pada 18 November 1962. Salah satu pengaruh terbesarnya adalah Jimi Hendrix dan ia telah memainkan bagian-bagian dari lagu Hendrix dalam solo gitarnya. Ia belajar bermain gitar pada usia 15 tahun.

7. Michael Angelo Batio

michael-angelo-batio.jpg

Jika kalian membaca artikel daftar gitaris tercepat di dunia dari situs mana saja di internet mustahil kalian tidak mendapati gitaris yang satu ini. Ya, Michael Angelo Batio memang selalu masuk daftar tersebut.

Kemampuan gitaris kelahiran Chicago, Amerika Serikat ini memang sudah mencapai tingkat teratas. Bagaimana tidak, ia mampu memainkan gitar dengan tangan kanan maupun kiri sama baiknya, bahkan yang paling gila adalah ia mampu memainkan dua gitar sekaligus. Pada tahun 2003, Batio dinobatkan sebagai No. 1 Shredder of All Time oleh majalah Guitar One.

8. Paul Gilbert

paul-gilbert.jpg

Paul Gilbert adalah salah satu dewa gitar yang menjadi inspirasi banyak gitaris saat ini khususnya gitaris di genre rock. Saat ini Paul Gilbert adalah gitaris dari band hard rock Amerika Serikat, Mr. Big.

Pada usia 5 tahun Paul sudah mulai mempelajari gitarnya, 10 tahun berikutnya Paul coba mengirim demo rekamannya ke produser Mike Varney dan di luar dugaan Mike sangat mengagumi permainannya di samping Tony Macalpine. Pada tahun 1984 Paul pindah ke LA dan melanjutkan sekolah gitarnya di GIT (Guitar Institute of Technology) dan kini telah menjadi instruktur sekolah gitar bergengsi ini.

9. Sergiy Putyatov

sergiy-putyatov.jpg

Diantara para gitaris yang ada dalam daftar ini mungkin Sergiy Putyatov lah yang paling tidak terkenal. Tapi, saya tidak menjadikan kepopuleran sebagai patokan dalam membuat daftar ini melainkan kecepatan dalam bermain gitarnya. Ia berhasil masuk ke dalam daftar ini karena berhasil membuat sebuah rekor menakjubkan dalam bermain gitar, ia berhasil bermain gitar dengan 27 nada perdetik. Wow, amazing, kalian bisa menyaksikan penampilannya di YouTube.

10. Steve Vai

steve-vai.jpg

Steve Vai adalah gitaris yang lahir pada tanggal 6 Juni 1960 di Carle Place, New York, USA. Ia juga adalah seorang alumni Berklee College of Music.

Pada umur 6 tahun, Steve mulai belajar piano. Pada umur 10 tahun, Steve mulai belajar bermain akordeon. Pada umur 13 tahun barulah Steve mulai mendalami gitar dan sejak saat itu lahirlah seorang dewa gitar yang baru. Permainan gitar Steve Vai banyak dipengaruhi oleh Joe Satriani.

11. The Great Kat

the-great-kat.jpg

Jika kalian berpikir kalau daftar ini akan diisi semuanya oleh laki-laki maka kalian salah. ternyata ada satu gitaris kaum hawa yang memiliki kecepatan tak kalah dengan gitaris-gitaris pria seperti Herman Li, Buckethead, John Petrucci, ataupun Eddie Van Halen dan dia adalah The Great Kat.

The Great Kat sendiri adalah nama panggung untuk Katherine Thomas. Sebagian besar penampilannya menggunakan gitar listrik, tetapi dia juga sering terlihat memainkan biola. Kat adalah seorang pemain biola klasik terlatih, lulus dari Juilliard School dan sempat ikut dalam tur musik klasik konvensional sebelum menyeberang ke metal. Dia juga terdaftar sebagai salah satu dari Top Shredders of All Time versi majalah Guitar One, dan banyak media yang telah mengenal kinerjanya telah memuji kecepatan dan kejelasan bermainnya.

12. Tiago Della Vega

tiago-della-vega.jpg

Tiago Della Vega lahir di Caxias do Sul, Rio Grande do Sul, Brasil pada 9 Maret 1984. Gitaris yang satu ini memang memiliki skill dewa namun sayang kurang dikenal jika dibandingkan gitaris lain yang ada dalam daftar ini seperti Paul Gilbert, Herman Li, Buckethead, dan Michael Angelo Batio. Meskipun begitu, seperti yang saya bilang tadi skill Tiago tak kalah mencengangkan dibanding gitaris lainnya apalagi dari segi kecepatan. Dia sempat memegang Guinness World Records sebagai gitaris tercepat di dunia.

13. Yngwie J. Malmsteen

yngwie-j-malmsteen.jpg

Yngwie J. Malmsteen lahir pada tanggal 30 Juni 1963 di Stockholm, Swedia. Banyak orang menyebut dia adalah pelopor hadirnya gitaris-gitaris shredder dengan kecepatan luar biasa yang ada saat ini. Permainan gitar Malmsteen disebut-sebut sebagai permainan gitar level tertinggi setara dengan Michael Angelo Batio.

Malmsteen menjadi terkenal di era 1980-an karena keahlian teknikal dalam komposisi neo-classical metal, sering dikaitkan dengan kecepatan bermain gitar dengan nada tinggi, skala pekikan, dan skala raungan. Itulah tadi daftar gitaris-gitaris tercepat di dunia sepanjang masa. Apakah di antara gitaris yang masuk dalam daftar di atas ada gitaris favorit kalian? Atau kalian ingin menjadi gitaris tercepat di dunia seperti mereka? Jika kalian ingin seperti mereka maka berlatihlah secara rutin dan pantang menyerah karena mereka semua tidak mendapatkan kemampuan bermain gitar tersebut secara instan tapi dengan perjuangan yang tak mudah. Bahkan salah satu gitaris di atas yaitu Tiago Della Vega kabarnya pada awalnya berlatih bermain gitar selama 16 jam perhari.

Referensi:
www.iddharmawan.wordpress.com
www.haustutorial.tk
www.ngulikgitardirumah.com
www.ibrahimkurniawan.wordpress.com
www.wikipedia.org

Keywords: gitaris tercepat, gitaris tercepat di dunia, gitaris tercepat di indonesia, gitar tercepat, gitaris tercepat sepanjang masa, gitar tercepat di dunia, gitaris tercepat indonesia, video gitaris tercepat di dunia, 10 gitaris tercepat di dunia, Gitaris Dengan Permainan Gitar Tercepat Di Dunia Versi AzizPedia, Pemain Gitar Terbaik Di Dunia Versi Guinness Book Of World Records, Biografi, Info Lengkap, Keterangan, Terbaru, List The Fastest Guitarist In The World, Di Seluruh Dunia

Posting Komentar untuk "13 Gitaris Tercepat di Dunia Sepanjang Masa"