Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Misteri Lagu Gloomy Sunday

Misteri Lagu Gloomy Sunday.jpg

Tahu lagu "Gloomy Sunday" atau mungkin kalian pernah mendengarnya? Lagu ini populer semenjak dinyanyikan oleh Billie Holiday pada tahun 1941. Tahukah kalian kalau lagu ini pernah disebut sebagai lagu yang penuh misteri karena banyaknya kasus bunuh diri yang berkaitan dengan lagu ini.

Awalnya lagu "Gloomy Sunday" diciptakan oleh musisi Hungaria Rezso Seress pada tahun 1930 dan liriknya ditulis oleh László Jávor yang merupakan seorang penulis puisi. Lagu ini sebenarnya sudah memiliki latar belakang yang menyedihkan. Awalnya Rezso Seress menciptakan lagu ini untuk menggambarkan kesedihan dirinya yang baru putus dengan tunangannya. Meskipun sempat ditolak oleh beberapa perusahaan rekaman namun akhirnya lagu ini sukses menjadi hit. Setelah lagu itu populer, ia pun menulis surat kepada mantan tunangannya untuk membujuknya kembali bersama. Namun, beberapa hari setelah menerima surat tersebut, mantan tunangan Rezso Seress malah bunuh diri dengan cara meminum racun. Jasadnya ditemukan sedang memegang secarik kertas partitur yang bertuliskan "Gloomy Sunday".

Pada tahun 1968, kali ini giliran Rezso Seress yang melakukan aksi bunuh diri dengan melompat keluar dari jendela sebuah apartemen. Namun, aksinya ini gagal dan ia pun dilarikan ke rumah sakit. Akhirnya di rumah sakit ia berhasil melakukan bunuh diri dengan cara mencekik lehernya dengan seutas kawat.

Lagu ini pertama kali menggunakan judul "Gloomy Sunday" ketika dinyanyikan dalam bahasa Inggris oleh Hal Kemp pada tahun 1936. Liriknya sendiri ditulis ulang oleh Sam M. Lewis menggunakan bahasa Inggris. Barulah pada tahun 1941 lagu ini berhasil mendunia setelah dibawakan oleh penyanyi asal Inggris, Billie Holiday. Dari sinilah kisah lagu Gloomy Sunday sebagai lagu bunuh diri dimulai.

Di Berlin, ada seorang pemuda yang me-request lagu "Gloomy Sunday" kepada sebuah band. Setelah lagu tersebut selesai dimainkan lalu pemuda ini keluar ruangan dan langsung melakukan bunuh diri. Seminggu kemudian, ada seorang pegawai toko ditemukan gantung diri di kamarnya. Dan ditemukan juga lembar partitur musik "Gloomy Sunday" di kamarnya. Dua hari kemudian, seorang sekretaris muda juga melakukan bunuh diri dengan meracuni diri dengan gas. Dan dalam surat wasiatnya, ia meminta agar lagu "Gloomy Sunday" dimainkan pada acara pemakamannya. Beberapa minggu kemudian, seorang kakek berumur 82 tahun dari New York, melompat dari jendela lantai tujuh setelah memutar lagu "Gloomy Sunday". Ada sebuah kisah lagi yang terjadi di sebuah restoran di Budapest. Seorang pemuda menembak dirinya ketika band di restoran itu baru saja memainkan lagu "Gloomy Sunday".

Ketika tahu lagu tersebut sudah memakan banyak korban, ditambah lagi situasi yang semakin tak terkendali, pemerintah Hongaria kemudian melarang pemutaran lagu itu di tempat umum. Walau begitu, ketenaran lagu "Gloomy Sunday" sudah menyebar ke negara lain, dan tentunya juga menambah banyak korban. Di Inggris, lagu itu kemudian dilarang diputar BBC (British Broadcasting Channel) karena terjadi bunuh diri lagi. Beberapa tindakan bunuh diri juga dilaporkan kemudian di Amerika Serikat, namun pemerintah Amerika Serikat tidak melarang pemutaran lagu itu di negaranya.

BBC baru melepas larangan pemutaran lagu "Gloomy Sunday" pada tahun 2002. Banyak pihak berpendapat jika penyebab banyaknya kasus bunuh diri adalah karena saat lagu itu sedang hit perang juga sedang berkecamuk. Jadi, alasan kuat penyebab orang-orang bunuh diri bukanlah lagu itu melainkan depresi dan frustrasi karena kelaparan dan kemiskinan yang disebabkan oleh perang yang sedang berlangsung.

Saya sendiri tidak percaya kalau lagu "Gloomy Sunday" ini menyebabkan orang ingin melakukan aksi bunuh diri karena menurut saya lagu ini terkesan biasa-biasa saja. Tapi, saya akui lagu ini memang sangat bernuansa sedih jadi untuk kamu yang sedang frustrasi dan sedih jangan mendengarkan lagu ini karena akan menambah rasa frustrasi dan kesedihanmu.

Referensi:
www.m.liputan6.com
www.m.kaskus.co.id
www.bocahiblis.blogspot.com

Keywords: gloomy sunday, gloomy sunday lirik, gloomy sunday billie holiday, gloomy sunday artinya, gloomy sunday adalah, gloomy sunday club, gloomy sunday translate, download lagu gloomy sunday, mp3 gloomy sunday, arti lagu gloomy sunday, gloomy sunday lyric, bandung, chord

Posting Komentar untuk "Misteri Lagu Gloomy Sunday"