Game Android Modern Age - President Simulator, Jadilah Presiden dan Kuasai Dunia

Game Android Modern Age - President Simulator.jpg







Game: Modern Age - President Simulator
Developer: Oxiwyle
Penerbit: Oxiwyle
Rilis: 21 Desember 2018
Genre: Strategi, Simulasi
Platform: Android
Harga: Gratis | Rp15.000 (Versi Premium)
Link Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.oxiwyle.modernage (Google Play, Gratis) | https://play.google.com/store/apps/details?id=com.oxiwyle.modernagepremium (Google Play, Premium)

Modern Age - President Simulator (selanjutnya akan disebut Modern Age saja) adalah sebuah game strategi dan simulasi besutan developer Oxiwyle. Jika melihat game-game Oxiwyle di Google Play sepertinya developer yang satu ini sudah akrab dengan game strategi-simulasi. Sayangnya, beberapa game memiliki gameplay yang hampir sama, hanya mengambil periode yang berbeda. Contohnya seperti game Age of Colonization: Economic Strategy yang mirip game Modern Age ini, bedanya jika Modern Age mengambil latar waktu saat ini sedangkan Age of Colonization: Economic Strategy menjadikan Abad Pertengahan sebagai latar waktunya.

Di Modern Age kita akan menjadi seorang presiden dari sebuah negara yang kita pilih di awal game. Tersedia 182 negara yang bisa kita pilih di game ini. Sumber daya, populasi, dan kekuatan militer masing-masing negara disamakan dengan yang ada di dunia nyata, meskipun mungkin masih ada beberapa yang berbeda.

Amerika Serikat seperti yang kita tahu pastinya memiliki kekuatan militer teratas disusul Cina dan Rusia. Untuk Indonesia memang berada di barisan bawah namun tenang saja, sumber daya di Indonesia sudah cukup baik, yang terpenting ada tambang emas karena gold atau emas ini akan menjadi yang paling penting untuk mengembangkan negara kita dari segala bidang termasuk bidang militer.

Yang pertama yang harus kita lakukan adalah mencoba membuat rakyat senang yakni dengan mencukupi pangan mereka, caranya adalah dengan membangun pabrik-pabrik seperti pabrik garam, cokelat, ikan, dll. Terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat akan membuat populasi bertambah dan itu menguntungkan bagi kita. Jangan lupa bangun dan upgrade fasilitas kesehatan juga agar negara kita bisa menanggulangi pandemi dengan baik karena hampir setiap tahun negara kita akan diserang pandemi. Kalian juga harus memperhatikan fasilitas pendidikan, fasilitas penelitian, fasilitas olahraga, penanggulangan bencana dan mengadakan acara-acara tertentu yang bisa meningkatkan rating kalian sebagai presiden di masyarakat.

gold seperti yang saya bilang di atas adalah elemen penting untuk memajukan negara kita. Cara agar mendapatkan gold adalah membangun tambang emas sebanyak-banyaknya, semakin banyak tambang emas yang dibangun semakin banyak pula gold yang kita dapat perharinya. Kalian juga bisa mendapatkan gold dari pajak. Kalian bisa mengatur seberapa besar pajak yang kalian tarik dari masyarakat dan perusahaan tapi ingat jangan terlalu besar agar rakyat tetap bahagia. Karena itulah saya bilang populasi yang banyak akan menguntungkan kita karena pendapatan dari pajak akan semakin besar.

Ancaman bagi negara yang kita pimpin adalah serangan teroris. Serangan teroris ini akan membuat gold yang kita dapat berkurang. Cara mengatasi teroris adalah mengirim pasukan militer kita untuk mengatasi para teroris tersebut secepatnya. Selain teroris ada juga bajak laut tapi bajak laut tidak terlalu berpengaruh buruk terhadap negara kita bahkan jika mereka berada di kawasan perairan kita.

Kita juga bisa mengatur agama apa yang menjadi mayoritas di negara kita dan ideologi apa yang negara kita usung. Tapi, tentu saja mengubah kedua hal tersebut ada efeknya.

Menjadi presiden di game ini bukan hanya mengatur masalah dalam negeri tapi juga masalah luar negeri termasuk berperang dengan negara lain. Maka dari itu bidang militer sangat penting untuk kedaulatan negara kita. Kita bisa menyerang sebuah negara namun sebelum itu pastikan kekuatan militer kita lebih baik dari negara yang kita serang. Jika kita menang dalam berperang kita bisa menguasai negara tersebut, merampok sumber dayanya saja tanpa menguasainya atau langsung menarik pasukan setelah memenangkan peperangan tanpa melakukan apa-apa. Menguasai sebuah negara adalah keputusan yang baik ketika memenangkan peperangan karena dengan menguasai negara tersebut maka kita juga menguasai tambang-tambang mereka. Jika pada awalnya negara kita tidak memiliki tambang emas maka setelah menguasai negara yang memiliki tambang emas kita bisa mulai membangun tambang emas, selagi negara tersebut tetap berada di bawah kekuasaan kita. Itulah tantangannya setelah menguasai sebuah negara, kita harus memastikan para rakyatnya tidak melakukan pemberontakan dan meminta kemerdekaan dengan cara mengirim bantuan pangan atau sumber daya dan memberikan janji-janji manis berupa hidup yang lebih baik di bawah kepemimpinan pemerintahan negara kita.

Di game ini negara kita juga bisa diserang negara lain, itu bisa terjadi jika hubungan kita dengan sebuah negara sudah mencapai tahap hate. Karena itulah kita harus menjaga hubungan kita dengan semua negara jika kita tidak ingin negara kita diserang. Cara menjaga hubungan atau meningkatkan hubungan dengan sebuah negara adalah memberikan bantuan atau menyatakan dukungan pada pemerintahan negara tersebut. Jika kalian ingin memiliki hubungan lebih baik dengan negara tersebut kalian bisa membangun kedutaan di negara tersebut. Keuntungannya setelah membangun kedutaan di negara tersebut adalah kalian bisa membuat perjanjian perdagangan yang memudahkan kalian menjual atau membeli barang dari negara tersebut, bekerja sama dalam bidang penelitian, menjadi aliansi dalam bidang pertahanan dimana kita bisa meminta bantuan negara tersebut jika negara kita diserang dan membuat perjanjian untuk tidak saling menyerang untuk kurun waktu yang sudah disepakati.

Di game ini juga ada Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Sebelum menyerang sebuah negara kita seharusnya mendapatkan persetujuan lewat voting di PBB yang melibatkan semua negara. Setiap negara memiliki jumlah suara yang berbeda dalam pemungutan suara di PBB, jika kita sudah menguasai sebuah negara maka jumlah suara negara yang kita kuasai akan berpindah ke negara kita dalam voting di PBB. Kita bisa mengajukan beberapa hal di PBB yakni meminta persetujuan melakukan invasi/penyerangan ke sebuah negara, melarang sebuah negara menguasai negara lain dalam kurun waktu tertentu, melarang adanya penyerangan, melarang militer sebuah negara berkembang, atau melarang produksi sebuah barang.

Lalu, bagaimana agar negara-negara di dunia menyetujui hal-hal yang kita ajukan di voting PBB? Jawabannya kalian harus memiliki hubungan baik dengan banyak negara di dunia, karena negara yang memiliki hubungan baik dengan negara kita sudah pasti berada di pihak kita saat pemungutan suara. Semakin banyak negara yang memiliki hubungan baik dengan negara kita, semakin banyak pula suara yang ada di pihak kita.

Apa akibatnya jika kita menyerang sebuah negara tanpa persetujuan PBB? Kita memang bisa menyerang sebuah negara tanpa mengajukan persetujuan invasi ke PBB namun dampaknya hubungan kita dengan semua negara di dunia akan memburuk.

Modern Age memang menyajikan sebuah simulasi yang menarik dimana kita menjadi presiden sebuah negara. Cukup banyak opsi di game ini yang membuat kesan menjadi presidennya semakin terasa. Keseruan mencoba menguasai dunia juga menjadi daya tarik yang utama. Saya sendiri memainkan game ini menggunakan Indonesia dan sudah hampir menguasai semua negara Asia Tenggara serta Benua Australia.

Kalian bisa menyimpan kemajuan kalian di Modern Age di akun Play Game kalian, jadi usahakan kalian login menggunakan Play Game di game ini agar progress kalian bisa kalian simpan.

Baca juga: Cara Membeli Game & Aplikasi di Play Store dengan Pulsa Telkomsel

Game Modern Age tersedia dalam versi gratis dan versi premium seharga Rp15.000, mungkin bisa melar karena ditambah pajak. Perbedaannya versi premium bebas iklan dan ada fitur skip yang memungkinkan kita mempercepat waktu di game ini. Perbedaannya setahu saya hanya itu saja.

Catatan:
- Game ini mungkin dirilis juga di platform lain, tapi artikel ini khusus membahas game Modern Age - President Simulator yang dirilis di platform Android.
- Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur dan informasi tentang game di artikel ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.

Sumber referensi:
Google Play

Sumber gambar:
www.youtube.com
Google Play

Keywords: modern age mod, president simulator, premium apk, tips, unlimited gems, unlimited money, guide, pro, president simulator download, modern age android game

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Game Android Modern Age - President Simulator, Jadilah Presiden dan Kuasai Dunia"

  1. Min kenapa sumber listrik sy sering down y. Misal produksi lisrtrik 2.100 dr total konsumsi 2.000. Tiba2 down jd produksinya cm 800 alhasil semua pabrik gbs operasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, saya kurang tahu tuh masalah itu, sepanjang sama main Modern Age enggak pernah dapat problem yang kaya gitu... Coba cek di populasi apakah normal?

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel