Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Google Honeymoon Period

Pengertian Fenomena Google Honeymoon Period.jpg

Untuk kalian yang seorang bloger, apakah kalian pernah memposting sebuah artikel lalu hanya dalam waktu 24-48 jam artikel tersebut berada di page one (halaman satu) hasil pencarian Google? Jika iya maka saat itu blog kalian sedang mengalami fenomena Google Honeymoon Period. Lantas apa sih Google Honeymoon Period itu?

Apa Itu Fenomena Google Honeymoon Period?


Fenomena Google Honeymoon Period atau Periode Google Honeymoon adalah sebuah fenomena yang terjadi pada periode 24-48 jam dimana artikel/konten yang baru saja diposting akan mendapatkan posisi di halaman pertama pencarian Google. Ini bertujuan agar hasil pencarian Google selalu terlihat fresh dengan ditampilkannya artikel yang baru di-publish. Selain itu, Google Honeymoon Period bisa membuat situs atau blog baru bisa bersaing dengan situs atau blog yang sudah berumur dan artikel-artikelnya sudah berada di page one.

Fenomena Google Honeymoon Period ada akhirnya jadi artikel yang mengalami fenomena tersebut tidak akan selamanya berada di page one, layaknya honeymoon alias bulan madu bagi pasangan yang baru saja menikah, periode yang indah namun tidak berlangsung selamanya bahkan terkesan singkat. jangka waktunya tergantung dari niche atau keyword yang ditargetkan artikel tersebut. Jika keyword yang dituju tidak banyak saingannya, artikel tersebut bisa berada di page one cukup lama sekitar beberapa hari sampai satu minggu. Namun jika target keyword banyak saingannya maka jangan harap efek fenomena Google Honeymoon Period akan bertahan lama, hanya dalam waktu beberapa hari pun artikel tersebut akan turun dari page one.

Setelah fenomena Google Honeymoon Period maka posisi artikel di hasil pencarian Google akan ditentukan lewat standar penilaian indexing artikel Google. Jadi jika ada artikel kalian yang baru di-publish langsung nongkrong di page one lalu beberapa hari berikutnya turun drastis sampai-sampai di halaman 5 keatas tenang saja itu bukan berarti blog kalian kena Google Sandbox atau hukuman Google tapi itu pertanda efek fenomena Google Honeymoon Period sudah berakhir. Artikel tersebut selanjutnya akan mendapatkan posisi yang sepantasnya menurut standar penilaian indexing Google jadi jika artikel tersebut memang berkualitas dan SEO-nya juga bagus maka artikel tersebut bisa saja ada di page one secara permanen.

Untuk para bloger yang sering mengikuti kontes SEO maka mempelajari Google Honeymoon Period sangatlah penting karena fenomena ini kerap dijadikan trik agar bisa menjuarai kontes SEO yang di ikuti. Bloger akan memperhitungkan tenggang waktu pendaftaran kontes SEO dan waktu penilaian kontes SEO agar bisa memanfaatkan fenomena ini dengan baik. Karena fenomena Google Honeymoon Period berlangsung singkat jika keyword-nya ramai maka para bloger biasanya hanya menggunakan trik ini pada kontes SEO yang jangka waktunya pendek.

Tidak semua blog akan merasakan fenomena Google Honeymoon Period ini tapi jika blog kalian sudah di daftarkan di Google Search Console (dulu bernama Google Webmaster Tools) dan artikelnya yang baru di-publish langsung di-submit ke Google maka kemungkinan besar blog kalian akan mengalami fenomena ini.

Fenomena Google Honeymoon Period sebenarnya tak perlu dipikirkan apalagi untuk para blogger yang jarang mengikuti kontes SEO. Cukuplah fenomena ini menjadi pelecut semangat kita sebagai bloger untuk terus menulis agar artikel blog kita bisa berada di page one Google secara permanen bukan hanya karena fenomena Google Honeymoon Period.

Sumber referensi:
www.annunaki.me
www.iblogger.id

Sumber gambar:
www.pagedesignpro.com

Keywords: google honeymoon period, Fakta Unik Google Honeymoon Period, Info Lengkap Tentang, Efeknya Ke Blog, Hasilnya, Jangka Waktu Kapan, Pengertian Dan Pembahasan, Kenapa Artikel Blog Kita Langsung Berada Di Halaman Puncak?

Posting Komentar untuk "Pengertian Google Honeymoon Period"