Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

24 Permainan Game Boy (GB) Terbaik Sepanjang Masa

Permainan Game Boy (GB) Terbaik Sepanjang Masa.jpg

Game Boy (GB) adalah sebuah konsol game genggam yang menjadi konsol game genggam pertama dalam Game Boy Family. GB mengusung video game 8-bit setara dengan Nintendo Entertainment System (NES). Jadi, jangan berharap game-game konsol genggam keluaran Nintendo ini memiliki grafis yang memukau, semuanya sangat sederhana namun tetap menghibur.

Jika dimainkan oleh anak-anak sekarang pastinya mereka akan kecewa karena game-game GB bisa dibilang kuno jika dibandingkan game-game sekarang. Grafis yang hitam putih bahkan ada yang kotak-kotak, suara yang terkesan biasa-biasa saja dan tentunya konsep gamenya yang monoton membuat game-game GB terlupakan. Tapi, pada masanya konsol genggam yang dirilis pada tanggal 12 April 1989 di Jepang ini sangat digemari banyak orang terlebih anak-anak. Bahkan seorang politisi terkenal asal Amerika Serikat Hillary Clinton sempat terlihat memainkan konsol genggam ini pada tahun 1993.

Saya sendiri sebenarnya belum pernah memainkan game-game GB melalui konsol aslinya karena saya lahir tahun 1999, dimana saat itu GB sudah meredup karena konsol-konsol lain yang lebih baik sudah dirilis. Saya hanya pernah memainkan game-game GB melalui emulator di ponsel saya.

Kali ini saya akan mencoba membuat daftar game-game GB terbaik menurut penilaian saya. Semoga bisa menjadi referensi untuk kalian yang sedang mencari game GB terbaik atau untuk kalian yang ingin bernostalgia dengan game-game GB.

Berikut Daftar 24 Permainan Game Boy (GB) Terbaik Sepanjang Masa Versi AzizPedia

1. Adventure Island

Adventure Island sebenarnya pertama kali dirilis di Nintendo Entertainment System (NES) dan dirilis kembali untuk Game Boy. Game ini dikembangkan oleh produsen game asal Jepang, Hudson Soft. Kabarnya Adventure Island diadaptasi dari game arkade Wonder Boy keluaran Sega.

Jika kalian pernah memainkan game Adventure Island di NES, saya rasa kalian akan familier dengan segala hal di game ini. Adventure Island untuk GB memang tidak memiliki banyak perubahan dengan versi NES. Perubahan yang sangat jelas terlihat hanyalah hadirnya fitur penyimpanan item-item yang kalian dapat di setiap level.

Cerita di game ini pun hampir sama dengan Adventure Island versi NES yakni tentang seseorang yang hendak menyelamatkan seorang putri yang diculik oleh penyihir. Intinya, game ini hanya sebuah remake Adventure Island versi NES ke konsol genggam Game Boy. Meskipun hanya sebuah remake tapi game ini masih tetap menghibur dan asik untuk dimainkan.

2. Adventure Island 2: Aliens in Paradise

Adventure Island 2: Aliens in Paradise adalah remake dari game Adventure Island 3 yang dirilis di konsol NES. Game ini dirilis pada Februari 1993 sementara untuk konsol NES dirilis setahun sebelumnya.

Game ini menceritakan tentang Master Higgins yang harus berpetualang untuk menyelamatkan pacarnya yang diculik para Alien. Sepanjang perjalanan kalian bisa memakai item-item yang kalian temukan seperti kapak dan bumerang untuk melawan musuh-musuh kalian. Selain itu kalian juga bisa menunggangi beberapa ekor hewan purba yang akan mempermudah perjalanan.

Entah perasaan saya saja atau memang faktanya begitu, gameplay Adventure Island 2: Aliens in Paradise sepertinya terinspirasi dari game-game Super Mario. Yang paling mirip adalah adanya jalan-jalan rahasia yang mengarah ke langit untuk mendapatkan poin tambahan dan adanya level yang mengharuskan kalian berenang menghadapi hewan-hewan air. Bagi pencinta game-game Super Mario pasti tak asing dengan hal tersebut.

Game ini cukup memperlihatkan perkembangan dibanding seri sebelumnya. Bervariasinya musuh dan item yang tersedia membuat game ini lumayan seru untuk dimainkan di waktu luang.

3. Bomberman GB

Bomberman GB dirilis pada tanggal 10 Agustus 1994 di Jepang. Sama seperti Adventure Island, Bomberman GB juga merupakan game keluaran Hudson Soft.

Game Bomberman sudah sangat terkenal di konsol-konsol keluaran Nintendo. Sebenarnya Bomberman GB tak terlalu berbeda dengan Bomberman versi NES ataupun SNES. Mungkin dari segi grafis Bomberman GB agak sedikit lebih mendetail meskipun hadir dengan tampilan hitam putih.

Dalam game ini kalian akan memainkan karakter Bomberman yang bisa menghasilkan bom. Tugas kalian adalah menghancurkan semua musuh di setiap level untuk naik ke level berikutnya. Kalian juga bisa mendapat item power up untuk memperbesar radius ledakan, jumlah bom yang bisa dikeluarkan secara bersamaan dan kecepatan bergerak si Bomberman. Kalian bisa mendapatkan item power up tersebut dari batu yang kalian hancurkan.

Game ini tak sesimpel kelihatannya, karena semakin tinggi level yang kalian capai semakin bervariasi pula musuh yang harus kalian hadapi. Apalagi kalian diberikan batas waktu untuk menyelesaikan setiap level dan kalian pasti akan panik ketika alarm pemberitahuan berbunyi. Tapi disitulah keseruan dan tantangan dari game ini.

Oh iya, hati-hati menaruh bom dalam game ini karena istilah 'senjata makan tuan' benar-benar berlaku di Bomberman.

4. Contra: The Alien Wars

Untuk GB, Contra: The Alien Wars dirilis pertama kali di Jepang pada tanggal 23 September 1994, 2 tahun setelah lebih dulu dirilis di konsol SNES. Game ini merupakan seri keempat dari Contra Series menyusul Contra, Super Contra, dan Operation C.

Game ini berlatar waktu di masa depan tepatnya tahun 2636. Saat itu Alien datang ke Bumi dan berniat menginvasi Bumi. Kalian akan memainkan seorang tentara dan tugas kalian adalah mengalahkan semua Alien yang hendak menginvasi Bumi.

Gameplay Contra: The Alien Wars masih sama dengan game-game Contra sebelumnya. Dalam misi kalian menyelamatkan Bumi kalian bisa mendapatkan item-item untuk meng-upgrade senjata kalian menjadi lebih baik. Senjata yang paling saya suka adalah senjata yang dapat dengan sendirinya mengarah ke lawan walaupun kita menembakannya ke arah yang berlawanan. Itu adalah senjata yang paling saya rekomendasikan.

Ada juga beberapa level yang menggunakan tampilan top view yaitu pengambilan gambar dari atas. Cukup unik menurut saya, membuat game ini tidak terlalu monoton.

5. Donkey Kong

Donkey Kong adalah sebuah game keluaran Nintendo yang dirilis pada tanggal 14 Juni 1994 di Jepang.

Dalam game ini kalian akan memainkan Mario yang harus menyelesaikan level demi level untuk menyelamatkan pacarnya yang di culik Donkey Kong. Konsepnya hampir sama seperti game Donkey Kong Original. Bedanya di game ini sudah tersedia fitur save & load yang akan memudahkan kalian dalam menyelesaikan game ini. Fitur tersebut bisa kalian jumpai setelah menyelesaikan 4 level pertama, setelah 4 level tersebut ada lagi 96 level yang harus kalian selesaikan untuk menyelesaikan game ini.

Game ini cukup seru meskipun saya sendiri sempat merasa jengkel karena tingkat kesulitan game ini benar-benar merepotkan.

6. Donkey Kong Land

Donkey Kong Land adalah game yang dikembangkan oleh Rare dan didistribusikan oleh Nintendo. Donkey Kong Land hampir keseluruhan mirip dengan Donkey Kong Country di SNES hanya saja perbedaannya game ini tampil dengan warna hitam putih sementara Donkey Kong Country hadir lebih berwarna.

Donkey Kong, Diddy Kong, dan Cranky Kong akan menghadapi pasukan reptil Kremlings yang dipimpin King K. Rool karena pasukan tersebut mencuri semua pisang di Donkey Kong Island. Kalian bisa mengumpulkan pisang untuk mendapatkan extra live dan ada bonus rooms yang bisa kalian kunjungi jika kalian lebih teliti dan tidak tergesa-gesa memainkan game ini.

Donkey Kong Land dibuatkan 2 sekuelnya di GB, untuk seri pertama dari sebuah trilogi game ini lumayan memuaskan.

7. Donkey Kong Land 2

Game Donkey Kong Land 2 masih mempertahankan gameplay yang sama seperti seri sebelumnya. Jika kalian suka dengan seri pertama Donkey Kong Land di GB maka kalian pasti juga suka seri keduanya ini.

Diceritakan Donkey Kong ditangkap oleh pasukan Kremlings dibawah pimpinan Kaptain K. Rool, kali ini kalian akan memainkan Diddy Kong dan Dixie Kong untuk menyelamatkan Donkey Kong. Playable characters di game ini memang hanya 2 karakter tersebut tapi ada juga supporting characters seperti Wrinkly Kong, Funky Kong, dan Donkey Kong. Total ada 46 level yang tersedia di game ini, ada juga bonus area yang jika kalian beruntung kalian bisa menemukannya.

8. Donkey Kong Land 3

Donkey Kong Land 3 adalah game penutup dari trilogi Donkey Kong Land di GB. Game ini pertama kali dirilis pada tanggal 1 Oktober 1997 dan sempat dirilis ulang untuk Game Boy Color (GBC) pada tanggal 28 Januari 2000.

Storyline di game ini berlatar setelah kejadian di game sebelumnya yakni Donkey Kong Land 2. Sebuah kontes untuk menemukan Lost World dimulai dengan hadiah yang besar, Dixie Kong dan Kiddy Kong pun berambisi untuk menemukan Lost World dan memenangkan kontes. Tentu saja itu tidak mudah karena pasukan Kremlings siap menghadang usaha Dixie Kong dan Kiddy Kong untuk menemukan Lost World.

Kalian bisa memainkan Dixie Kong dan Kiddy Kong di game ini sebagai playable characters, namun ada juga beberapa supporting characters dan animal friends yang akan membantu kalian menyelesaikan total 42 level yang tersedia di game ini. Game Donkey Kong Land 3 dinilai cukup bagus oleh beberapa situs rating game ternama, seperti GameRankings yang memberi penilaian 81,25% dan Nintendojo yang menghadiahi rating 8,5/10 untuk game buatan Rareware ini.

9. Double Dragon

Double Dragon adalah salah satu game bergenre beat 'em up yang sangat populer di konsol game keluaran Nintendo termasuk di konsol genggam GB. Game ini dirilis pada tahun 1990 setelah terlebih dulu dirilis untuk konsol NES, gameplay game ini pun diadaptasi dari Double Dragon versi NES.

Kalian bisa memainkan game ini berdua dengan teman kalian, sayangnya mode multiplayer hanya tersedia di mode versus. Tidak seperti Double Dragon versi NES, Double Dragon versi GB tidak tersedia co-op mode. Jadi, kalian hanya bisa berpetualang seorang diri di game ini. Meskipun begitu, game buatan Technos Japan ini masih sangat layak kalian mainkan.

Di awal game ada adegan seorang wanita yang diculik, mungkin game ini menceritakan seseorang yang hendak menyelamatkan wanita tersebut tapi entahlah saya juga belum pernah menyelesaikan game ini.

10. Double Dragon 2

Double Dragon 2 pertama kali dirilis pada tanggal 7 Desember 1990 di Jepang. Game ini dikembangkan dan didistribusikan oleh Technos Japan di Jepang sementara di Amerika Utara dan Eropa di distribusikan oleh Acclaim.

Berbeda dengan game Double Dragon sebelumnya, kali ini kalian bisa berpetualang dengan mode multiplayer dan tentunya bisa membuat game ini tambah seru. Player 1 akan memainkan karakter Billy Lee sementara player 2 akan memainkan karakter Jimmy Lee. Keduanya mempunyai tujuan untuk menghancurkan sebuah organisasi yang bernama Scorpions. Combat system-nya masih sama dengan game Double Dragon sebelumnya.

Double Dragon 2 terdiri dari 10 stages, termasuk di dalamnya ada stages yang ber-setting di kereta bawah tanah. Di stages terakhir kalian akan menghadapi sang pemimpin Anderson, tapi sebelumnya kalian akan terlebih dahulu menghadapi beberapa karakter bos yang pernah kalian kalahkan di stages sebelum-sebelumnya.

11. Kirby's Dream Land

Kirby's Dream Land adalah seri pertama dari Kirby Series. Game ini dibuat oleh HAL Laboratory dan didistribusikan oleh Nintendo pada tanggal 27 April 1992. Game ini juga merupakan debut karakter Kirby.

Game yang didesain oleh Masahiro Sakurai ini akan menceritakan karakter Kirby yang berniat mengalahkan Raja Dedede yang rakus. Raja Dedede telah mencuri semua makanan dan Sparkling Stars dari Dream Land.

Game Kirby's Dream Land hadir dengan format 2D dan dengan 5 level yang tersedia yaitu Green Greens, Castle Lololo, Float Islands, Bubbly Clouds dan Mt. Dedede. Setiap level mempunyai karakter bosnya masing-masing, karakter bos yang ada di game ini adalah Whispy Woods, Lololo & Lalala, Kaboola, Kracko, dan King Dedede.

12. Kirby's Dream Land 2

Masih dikembangkan oleh HAL Laboratory seperti seri sebelumnya, Kirby's Dream Land 2 hadir sebagai lanjutan seri sebelumnya dan seri Kirby's Adventure di konsol NES. Game ini dirilis pertama kali di Jepang pada tanggal 21 Maret 1995 disusul di Amerika Utara pada tanggal 1 Mei 1995 dan Eropa pada tanggal 31 Juli 1995.

King Dedede yang berhasil dikalahkan di game sebelumnya kini dikuasai oleh kekuatan jahat yang disebut Dark Matter. Kekuatan tersebut berhasil mencuri The Rainbow Bridges yang menghubungkan 7 Rainbow Islands hingga membuat Dream Land kembali dalam kekacauan. Ditemani 3 teman baru, Kirby harus mengumpulkan 7 Rainbow Drops dari masing-masing pulau untuk membuat Rainbow Sword yang bisa mengusir kekuatan jahat Dark Matter.

Sepanjang perjalanan kalian akan dibantu 3 animal friends yaitu Rick the hamster, Coo the owl, dan Kine the ocean sunfish. Dengan bantuan mereka bertiga memungkinkan Kirby untuk berenang di dalam air dan terbang di udara. Ada tujuh level yang harus kalian selesaikan untuk menamatkan game ini yaitu Grass Land, Big Forest, Ripple Field, Iceberg, Red Canyon, Cloudy Park, dan Dark Castle.

13. Micro Machines

Micro Machines adalah game balap yang awalnya dirilis untuk konsol NES namun kemudian dirilis ulang untuk beberapa konsol lain seperti SNES, PS2, GameCube, Xbox termasuk GB. Di GB, game ini dirilis pada tahun 1995.

Micro Machines adalah sebuah game balap yang memiliki konsep unik. Alih-alih tampil dengan lintasan ekstrem dan mobil keren, game ini justru menyuguhkan lintasan balap anti-mainstream seperti meja biliar dan pekarangan rumah dengan kendaraannya yaitu mobil-mobil mainan. Game ini memang kalah pamor dengan game yang memiliki konsep hampir sama yaitu Hot Wheels.

Game ini benar-benar adiktif dan menghibur. Ini salah satu game GB yang membuat saya gregetan. Saya jamin kalian akan selalu keluar jalur di setiap balapan karena sulitnya mengontrol mobil di game ini.

14. Operation C

Game Operation C hampir mirip dengan Contra: The Alien Wars yang sudah saya bahas di atas. Game ini juga merupakan salah satu installment seri game Contra, sebuah seri game perang yang masih eksis sampai sekarang walaupun sedikit meredup karena kemunculan game-game perang lainnya yang lebih modern.

Game bergenre run and gun ini memiliki total 5 level dengan 3 level menggunakan tampilan side-view dan 2 level menggunakan tampilan top-view. Seperti seri game Contra lainnya, game ini juga memiliki tingkat kesulitan yang mampu membuat orang gigit jari. Game yang dirilis pada 8 Januari 1991 ini sempat dirilis ulang untuk konsol genggam GBC.

15. Penguin Wars

Ini adalah game yang memiliki konsep paling simpel di konsol GB. Game berjudul Penguin Wars ini dirilis pada 1990 di konsol GB, 5 tahun setelah terlebih dahulu dirilis di konsol NES. Di Eropa game yang didistribusikan oleh ASCII ini lebih dikenal dengan judul King of the Zoo.

Di game ini kalian bisa memainkan salah satu karakter penguin, sapi, kelelawar, tikus, atau kelinci. Tugas kalian adalah saling melempar bola dengan lawan dan jika semua bola sudah berkumpul di daerah lawan maka kalian dinyatakan menang begitu juga sebaliknya. Jika lemparan kalian tepat mengenai lawan maka lawan akan terjatuh beberapa saat namun kalian juga akan mengalami hal sama jika terkena lemparan lawan. 60 detik adalah waktu yang diberikan untuk setiap ronde, jika dalam waktu 60 detik tidak ada yang menang maka pemain dengan bola paling sedikit di daerahnya dinyatakan menang.

Gameplay yang sangat sederhana. Namun game ini sangat ampuh untuk mengusir kejenuhan. Di saat game-game sekarang menyuguhkan gameplay yang kompleks dan memerlukan strategi untuk memainkannya cobalah game ini yang tak perlu membuat kalian berfikir dan yang perlu kalian lakukan hanyalah enjoy dan nikmati kesederhanaan game ini.

16. Pokemon Blue Version

Siapa yang tidak kenal game Pokemon? Seri game Pokemon memang sudah menjadi primadona di berbagai konsol keluaran Nintendo dan di konsol genggam GB ada Pokemon Blue Version yang di Jepang lebih dikenal dengan judul Pokemon Green Version.

Sebagai first installment dari Pokemon Series jangan terlalu berharap banyak pada grafis game ini. Seperti game GB lain, game ini juga hadir dengan tampilan hitam putih. Tapi itu tak jadi masalah karena kekurangan tersebut tertutupi oleh gameplay yang keren serta jalan cerita yang panjang untuk sekelas game GB.

Kalian akan berpetualang di Region Kanto dan tujuan kalian adalah mengalahkan semua Gym Leaders dan The Elite Four. Selain itu kalian harus melengkapi Pokedex dengan cara bertemu atau menangkap semua pokemon. Menyelesaikan game ini ternyata tak mudah, karena kalian harus mengumpulkan experience (exp) untuk menaikan level pokemon yang kalian punya agar bisa sebanding dengan pokemon-pokemon milik para Gym Leaders maupun The Elite Four.

17. Pokemon Red Version

Sebelum Pokemon Blue Version dirilis pada tanggal 15 Oktober 1996, Nintendo terlebih dulu merilis Pokemon Red Version pada tanggal 27 Februari 1996. Lalu apa perbedaan Pokemon Blue Version dan Pokemon Red Version? Perbedaan dua game Pokemon generasi pertama ini terletak di pokemon yang tersedianya, ada pokemon yang hanya ada di Pokemon Blue Version tapi tidak ada di Pokemon Red Version, begitu juga sebaliknya.

Mana yang lebih baik? Sebenarnya keduanya sama-sama seru karena tidak ada perbedaan yang yang terlalu mencolok di antara keduanya.

18. Pop'n TwinBee

Pop'n TwinBee awalnya dirilis pada tahun 1993 untuk konsol SNES lalu dibuatkan versi GB-nya. Di jepang, Pop'n TwinBee versi GB lebih dikenal dengan judul TwinBee Da!!. Game ini menjadi game keenam di TwinBee Series.

Mode multiplayer tersedia di game ini, jadi ajaklah teman kalian untuk memainkannya bersama agar permainan lebih seru. Gameplay game ini hampir sama dengan game perang pesawat era 90-an hanya saja Pop'n TwinBee tampil lebih fun dan terkesan unyu. Kalian bisa mendapatkan item-item menarik sepanjang permainan dengan menembaki lonceng yang keluar dari awan. Setiap kali ditembak warna lonceng akan berubah dan item yang akan kalian dapatkan tergantung warna lonceng ketika kalian ambil.

19. Super Mario Land

Rasanya kurang pas jika membuat daftar game terbaik di konsol genggam GB tapi tak memasukan game Super Mario. "Si Tukang Ledeng Berkumis Tebal" ini memang sudah menjadi icon di setiap konsol keluaran Nintendo. Nah, di GB Mario tampil dalam game Super Mario Land.

Super Mario Land dirilis pada 1989 di Jepang serta Amerika Utara sementara di Eropa pada 1990 dan menjadi seri game Super Mario pertama yang dibuat untuk konsol genggam. Berbeda dengan game Super Mario kebanyakan yang berlatar tempat di Mushroom Kingdom, kali ini Mario akan berpetualang di Sarasaland. Awalnya Sarasaland adalah tempat yang damai sampai suatu ketika alien bernama Tatanga membuat kekacauan di Sarasaland dan hendak menguasai Sarasaland. Sang alian juga hendak menikahi Princess Daisy, Mario yang mendengar hal tersebut berniat untuk menghentikan semua rencana jahat sang alien dan menyelamatkan Princess Daisy.

Super Mario Land mendapatkan rating 94% dari The Games Machine, 98% dari Player One dan 31/40 dari EGM. Jadi, bisa dibilang game ini sangat recommended.

20. Super Mario Land 2: 6 Golden Coins

Super Mario Land 2: 6 Golden Coins merupakan sekuel dari game Super Mario Land. Game ini dirilis pada tanggal 21 Oktober 1992 di Jepang, 2 November 1992 di Amerika Utara dan 28 Januari 1993 di Eropa. Game ini juga menjadi debut karakter Wario.

Cerita di game ini melanjutkan cerita di game Super Mario Land. Selagi Mario berjuang melawan alien di Sarasaland, Wario berhasil menguasai Kastil Mario dan Mario Land. Wario memasang mantra hingga membuat penduduk Mario Land menganggapnya sebagai tuan dan Mario dianggap sebagai musuh. Mario pun harus mengumpulkan 6 Golden Coins di Mario Land agar bisa masuk kembali kedalam kastil dan mengalahkan Wario.

Ini adalah game Super Mario yang menunjukan perkembangan yang sangat signifikan sejak game pertamanya yaitu Super Mario Bros. dirilis di konsol NES. Meskipun dari segi grafis kurang berkembang tapi gameplay Super Mario Land 2: 6 Golden Coins benar-benar fresh. Ditambah karakter musuh yang bervariasi dan yang paling unik kalian bisa leluasa memilih stage mana dulu yang ingin diselesaikan berbeda dengan game Super Mario sebelum-sebelumnya yang mengharuskan menyelesaikan stage demi stage secara berurutan. Space Zone, Macro Zone, Turtle Zone, Pumpkin Zone, Mario Zone, dan Tree Zone adalah level-level yang harus kalian selesaikan untuk mendapatkan 6 Golden Coins sebelum akhirnya menghadapi Wario di Kastil Mario.

21. Wario Land: Super Mario Land 3

Wario Land: Super Mario Land 3 adalah final installment dari Trilogi Super Mario Land dan first installment dari Wario Land Series. Wario Land Series sendiri adalah spin-off dari Super Mario Series seperti hal nya Mario Kart Series dan Mario Party Series.

Setelah debut awalnya menjadi karakter antagonis di game Super Mario Land 2: 6 Golden Coins, di game yang pertama kali dirilis pada 21 Januari 1994 ini Wario hadir sebagai playable character tentunya menjadi protagonis utama. Setelah di usir dari Kastil Mario kali ini Wario berniat membangun kastilnya sendiri yang lebih besar dan megah dibanding Kastil Mario. Ia pun berpetualang ke Kitchen Island untuk mewujudkan keinginannya tersebut.

GameRankings memberi rating 83,11% untuk game yang didistribusikan oleh Nintendo ini. Game ini memang cukup menghibur meskipun gameplay nya tak berbeda jauh dengan game-game Super Mario saat itu.

22. The Bugs Bunny Crazy Castle

Game ini dirilis pertama kali pada tanggal 16 Februari 1989 untuk konsol Famicom Disk System lalu dirilis ulang untuk NES dan GB. The Bugs Bunny Crazy Castle dipublikasikan oleh Kemco dan menjadi game pertama dari Crazy Castle Series.

Game ini memiliki gameplay yang simple, kalian hanya harus mengumpulkan semua wortel di setiap level untuk melaju ke level selanjutnya. Tantangannya adalah kalian tidak boleh tertangkap oleh para penjaga kastil. Terdengar sederhana tapi semakin atas levelnya, tingkat kesulitannya juga semakin meningkat.

Di versi NES hanya ada 60 level di game The Bugs Bunny Crazy Castle sementara di versi GB ini ada 80 level. Para penjaga kastil yang akan menjadi musuh kalian di game ini adalah Sylvester, Daffy Duck, Will E. Coyote, dan Yosemite Sam. Tentunya untuk kalian yang suka menonton kartun animasi Looney Tunes pasti tak asing dengan nama-nama tersebut.

23. The Bugs Bunny Crazy Castle 2

Dirilis pada tanggal 26 April 1991, game ini merupakan sekuel The Bugs Bunny Crazy Castle. Di Eropa, game buatan Kemco ini lebih dikenal dengan judul Hugo sementara di Jepang dikenal juga dengan judul Mickey Mouse II.

Bugs Bunny harus menyelamatkan istrinya Honey Bunny yang diculik oleh Witch Hazel di sebuah kastil. Total ada 28 level yang harus kalian selesaikan agar bisa membuat Bugs Bunny menyelamatkan istrinya. Dibanding seri sebelumnya, seri keduanya ini lebih rumit dan lebih sulit. Ada banyak teka-teki yang harus kalian pecahkan untuk menyelesaikan level demi level di game ini.

24. The Legend of Zelda: Link's Awakening

Game RPG cukup laris di berbagai konsol Nintendo. Di konsol GB dengan tampilan hitam putih dan semua kesederhanaannya terselip satu game RPG yang berhasil mencuri perhatian. The Legend of Zelda: Link's Awakening adalah game yang dimaksud. Game-game dari The Legend of Zelda Series memang sudah menjadi game RPG primadona di setiap konsol Nintendo.

Berbeda dengan kebanyakan game The Legend of Zelda yang berlatar tempat di kerajaan Hyrule, The Legend of Zelda: Link's Awakening menceritakan sang tokoh utama bernama Link yang terdampar di sebuah pulau bernama Koholint Island. Bahkan di installment keempat dari The Legend of Zelda Series ini Princess Zelda tidak hadir.

The Legend of Zelda: Link's Awakening di desain oleh Kozue Ishikawa dan Koji Kondo serta sempat dirilis ulang untuk konsol GBC dengan judul The Legend of Zelda: Link's Awakening DX atau di Jepang lebih dikenal dengan Zelda no Densetsu: Yume o Miru Shima DX. Sampai tahun 2004, game ini berhasil terjual sebanyak 3,83 juta kopi di seluruh dunia sementara untuk versi GBC-nya terjual sebanyak 2,22 juta kopi. Pada tahun 2009, Guinness World Records mencatatkan The Legend of Zelda: Link's Awakening sebagai game ke-42 paling berpengaruh sepanjang sejarah.

Itulah tadi permainan GB/Game Boy terbaik sepanjang sejarah versi AzizPedia. Tentu saja daftar di atas tidak objektif karena daftar tersebut dibuat menurut opini atau pendapat saya pribadi. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk kalian yang sedang mencari game GB yang seru untuk sekadar bernostalgia.

Keywords: game game boy, game game boy advance, terbaik, android, gameboy, download game game boy, permainan game boy, download permainan game boy, Permainan GameBoy Paling Terbaik, Terlaris, Terkeren, Tersukses, Terseru, Terkocak, Terunik, List The Best Game From GB Console, Fakta Unik, Gameplay, Informasi Lengkap, Plot Alur Cerita, Terbaru & Terupdate

Posting Komentar untuk "24 Permainan Game Boy (GB) Terbaik Sepanjang Masa"