Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

BitLife, Game Simulasi Kehidupan Unik di Android

Game BitLife Android.jpg





BitLife adalah sebuah game life simulation yang memiliki gameplay yang agak unik, berbeda dari game life simulation semacam The Sims. Di akun Instagram resmi BitLife sendiri mereka menyebut BitLife sebagai super fun text-based life simulator. Untuk lebih jelasnya kalian bisa tonton video di atas, agak sulit juga menjelaskan gameplay BitLife ini.

Gameplay BitLife terlihat unik atau bisa terlihat absurd tergantung selera masing-masing. Bagi saya pribadi game ini cukup fun serta memberikan kesan game simulasi kehidupan yang berbeda. Untuk bisa menikmati game ini kita harus sedikit memahami Bahasa Inggris, karena BitLife terfokus pade teks dan teksnya dalam Bahasa Inggris.

BitLife dikembangakan oleh Candywriter dan tersedia di iOS serta Android. Game ini terlebih dulu dirilis di iOS yakni pada 29 September 2018 sementara di Android dirilis pada 5 Februari 2019. Versi Android sendiri tertinggal dari versi iOS, ada beberapa fitur yang sudah tersedia di versi iOS namum belum ada di versi Android. Tapi, pihak developer terus memberikan update pada masing-masing versi. Namun, versi Android selalu tertinggal dari versi iOS, entahlah apakah pihak developer akan membuat versi iOS dan versi Android setara dengan memiliki fitur-fitur yang sama suatu hari nanti atau tetap membiarkan versi Android tertinggal.

BitLife bisa kalian download secara gratis di Google Play. Namun, kalian bisa membeli Bitizenship yakni semacam pengguna premium BitLife dengan membayar seharga Rp75.000, belum termasuk pajak dan harga bisa saja berubah. Kalian hanya perlu membayar sekali dan akan mendapatkan keuntungan fitur premium Bitizenship selamanya. Jika kalian ingin merasakan keseruan bermain BitLife sepenuhnya maka saya rekomendasikan untuk membeli Bitizenship karena jika tidak keseruannya terasa berkurang. Beberapa fitur menarik di game ini hanya tersedia jika kalian sudah membeli Bitizenship, ditambah kalian tidak akan terganggu oleh iklan lagi.

Gameplay game Bitlife yang akan saya bahas kali ini adalah versi Android.

Di BitLife kalian akan menjalani kehidupan dari mulai terlahir ke dunia sampai meninggal. Kalian bisa mengatur nama, jenis kelamin, dan negara serta kota tempat kalian tinggal. Atau kalian bisa membiarkan game ini mengaturnya secara acak untuk kalian.

Di game ini ada empat statistik yang harus kalian perhatikan, statistik tersebut ditampilkan dengan garis. Keempat statistik tersebut adalah Happiness (Kebahagian), Healt (Kesehatan), Smarts (Kepintaran), dan Looks (Penampilan). Setiap tindakan kalian di game ini akan memengaruhi statistik tersebut, bisa memengaruhi satu statistik saja atau bisa juga memengaruhi beberapa statistik. Kalian harus sebisa mungkin membuat empat statistik tersebut jangan dibawah 20%, normalnya di atas 70%. Ada juga statistik tambahan yakni Fame (Popularitas). Fame hanya akan muncul ketika kalian sudah menjadi orang populer. Untuk menjadi orang populer kalian bisa bekerja sebagai penulis, aktor/aktris, bintang porno atau penyanyi.

Seperti layaknya kehidupan di dunia nyata, ketika kecil dan beranjak dewasa kalian akan masuk sekolah dari mulai SD, SMP, SMA lalu kuliah. Jurusan yang kalian pilih di kuliah sangat berpengaruh untuk menentukan pekerjaan kalian nantinya, jadi pilihlah dengan bijak. Namun, kalian sebenarnya bisa keluar dari sekolah tapi tentu saja ada konsekuensinya yakni pilihan pekerjaan yang bisa kalian pilih saat dewasa semakin terbatas.

Ada banyak pekerjaan di game ini dari mulai supir taksi sampai hakim di pengadilan. Beberapa pekerjaan memiliki syarat-syarat khusus seperti jurusan saat kuliah atau pengelaman kerja. Beberapa pekerjaan juga bisa didapatkan setelah menekuni pekerjaan di bawahnya seperti untuk menjadi aktor utama kalian harus terlebih dulu menjadi supporting actor. Tentu saja setiap pekerjaan memiliki bayaran yang berbeda-beda.

Di game ini kalian bisa punya keluarga. Di awal game tentu saja kalian sudah punya keluarga yakni ayah, ibu dan saudara. Tapi, tidak selalu begitu, kadang kita terlahir dari keluarga yang tanpa ayah atau tanpa ibu, game ini akan secara acak menentukan kondisi keluarga dan finansial keluarga kita di awal game, yang bisa kita atur hanya nama, jenis kelamin dan negara serta kota tempat tinggal.

Ketika sudah dewasa kita bisa menikah dan memilki anak. Kita bisa memilih untuk menjadi pasangan yang setia atau pasangan yang suka main belakang alias tukang selingkuh.

Hubungan kita dan keluarga atau orang lain seperti teman kantor, teman sekolah dan bos juga harus diperhatikan. Untuk mempererat hubungan kalian bisa memuji, memberi hadiah, mengobrol atau meluangkan waktu bersama mereka. Namun, setiap orang punya respons yang berbeda, bisa jadi setelah mengobrol hubungan kita dengan orang tersebut jadi lebih baik atau bisa juga sebaliknya.

Di game ini kalian bisa membeli tempat tinggal. Ada banyak jenis tempat tinggal yang tersedia di game ini dari mulai rumah biasa sampai kastil mewah. Kalian juga bisa membeli mobil, pesawat, kapal, balon udara dan perhiasan.

Di game ini yang menarik adalah kita bisa melakukan berbagai aksi kriminal seperti merampok bank sampai membunuh orang yang kita benci. Jika aksi kalian gagal maka penjara sudah pasti akan menjadi tempat persinggahan kalian selanjutnya. Game tidak berhenti ketika kalian di penjara. Dalam penjara kalian juga bisa melakukan berbagai hal seperti menghajar narapidana lain, membuat keributan, mengajukan banding agar hukuman kalian diberikan keringanan atau mencoba kabur dari penjara.

Kalian bisa mati di game ini karena berbagai hal seperti karena penyakit, diserang orang lain, mencoba membunuh namun malah kita yang dibunuh atau mati karena usia kita sudah terlalu tua. Jika kalian bermain aman di game ini kalian bisa hidup sampai 120 tahun lebih, usia terlama yang pernah saya mainkan adalah sekitar 140 tahun. Setelah lebih dari 100 tahun kalian bisa mati kapan saja karena usia kalian yang memang sudah tua. Setelah mati kalian bisa membuat kehidupan baru dengan karakter baru atau melanjutkan permainan sebagai salah satu dari anak kalian.

Di game ini ada Ribbon yang akan kalian dapatkan setelah karakter kalian mati. Jenis-jenis Ribbon berbeda tergantung bagaimana kalian menjalani dan mengakhiri hidup kalian. Jika kalian sering masuk penjara maka kalian akan mendapatkan Scandalous Ribbon, ada juga Famous Ribbon yang akan kalian dapatkan jika kalian mati sebagai orang terkenal alias populer.

Seperti game kebanyakan, BitLife juga punya fitur Achievement. Kalian harus melakukan berbagai hal dari yang mudah sampai yang sulit untuk menyelesaikan semua Achievement di game ini. Selain Achievement, ada juga fitur Challenge. Hampir sama seperti Achievement, hanya saja Challenge merupakan tantangan yang akan diadakan pihak developer dalam waktu tertentu, tantangannya bisa berubah-ubah. Kalian harus dalam mode online untuk mendapatkan pemberitahuan tentang Challenge terbaru.

BitLife memiliki gameplay yang kompleks apalagi dengan update yang akan terus datang dari pihak pengembang. Masih banyak fitur lain dari BitLife yang belum saya jelaskan seperti judi, pembagian warisan, hewan peliharaan dan lain-lain.

Baca juga: Game Android Modern Age - President Simulator, Jadilah Presiden dan Kuasai Dunia

BitLife memang tidak menyuguhkan gameplay seperti The Sims atau game life simulation pada umumnya namun bukan berarti BitLife tidak menarik. Rating 4,3/5 dari 620 ribu ulasan di Google Play menjadi bukti kalau game ini juga memiliki peminat yang lumayan.

Catatan:
- Game ini mungkin dirilis juga di platform lain, tapi artikel ini khusus membahas game BitLife yang dirilis di platform Android.
- Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur dan informasi tentang game di artikel ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.

Sumber referensi:
www.wikipedia.org
www.play.google.com
www.bitlife-life-simulator.fandom.com

Sumber gambar:
www.play.google.com

Keywords: Game BitLife Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, bitlife tips, bitizen, mod apk 1.24.1, download, prison escape, gift code, redeem code, cara jadi ceo di bitlife, ios, cara menjadi pilot di bitlife, bitlife bahasa indonesia, bitlife wiki, bitlife pc

Posting Komentar untuk "BitLife, Game Simulasi Kehidupan Unik di Android"