Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Misteri Lagu Boneka Abdi

Misteri Lagu Boneka Abdi.jpg

Lagu anak-anak memang selalu terdengar ceria baik dari liriknya atau pun aransemen musiknya termasuk sebuah lagu anak berjudul "Boneka Abdi". Lagu ini cukup populer bagi orang-orang Sunda namun saya saat kecil belum pernah mendengar lagu ini. Mungkin di daerah orang-orang Sunda lainnya lagu ini cukup terkenal. Lirik lagu ini sebenarnya terdengar biasa saja namun siapa sangka kalau ada sebuah kisah mistis yang berkaitan dengan lagu ini.

Sebelumnya mari kita membahas lagunya terlebih dahulu.

Tentang Lagu Boneka Abdi


"Boneka Abdi" adalah sebuah lagu anak-anak dari tatar Sunda yang merupakan adaptasi dari sebuah lagu anak-anak dari Jerman pada abad ke-19 berjudul "Hanschen klein". Lagu "Hanschen klein" sendiri merupakan karya Franz Wiedemann yang bercerita tentang seorang remaja yang meninggalkan keluarganya untuk berkelana ke seluruh dunia lalu kembali pulang kepada keluarganya sebagai seorang laki-laki dewasa. Lagu ini kemudian meraih kepopuleran yang luar biasa dan dibuatkan versi pendeknya untuk dinyanyikan anak-anak saat pelajaran menyanyi di taman kanak-kanak. Cerita lagu ini pun berubah menjadi bercerita tentang seorang anak kecil yang akan pergi namun memutuskan kembali pulang setelah ibunya mulai menangis. Selain bahasa Sunda, lagu ini juga diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul "Little Hans". Anehnya dalam versi Sunda makna dari liriknya melenceng jauh berbeda dari versi Inggris yang masih memiliki makna yang sama seperti versi Jerman. Lagu ini sampai ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Eropa pada masa kolonial Belanda di Indonesia. Orang-orang Indonesia khususnya orang Sunda yang mendengar mungkin hanya meniru nadanya saja sementara untuk liriknya mungkin merupakan karangan karena mereka tidak mengerti bahasa Jerman.

Berikut lirik lagu Boneka Abdi dalam berbagai versi:

Versi Asli
Hänschen klein
Ging allein
In die weite Welt hinein.
Stock und Hut
Steht ihm gut,
Ist gar wohlgemut.
Aber Mutter weinet sehr,
Hat ja nun kein Hänschen mehr!
"Wünsch dir Glück!"
Sagt ihr Blick,
"Kehr' nur bald zurück!"

Sieben Jahr
Trüb und klar
Hänschen in der Fremde war.
Da besinnt
Sich das Kind,
Eilt nach Haus geschwind.
Doch nun ist's kein Hänschen mehr.
Nein, ein großer Hans ist er.
Braun gebrannt
Stirn und Hand.
Wird er wohl erkannt?

Eins, zwei, drei
Geh'n vorbei,
Wissen nicht, wer das wohl sei.
Schwester spricht:
"Welch Gesicht?"
Kennt den Bruder nicht.
Kommt daher die Mutter sein,
Schaut ihm kaum ins Aug hinein,
Ruft sie schon:
"Hans, mein Sohn!
Grüß dich Gott, mein Sohn!"

Versi Pendek
Hänschen klein
ging allein
in die weite Welt hinein.
Stock und Hut
stehn ihm gut,
ist gar wohlgemut.
Aber Mutter weinet sehr,
hat ja nun kein Hänschen mehr.
Da besinnt
sich das Kind,
kehrt nach Haus geschwind.

Versi Inggris
Little Hans went alone
right into the wide world
looking great with a stick and a hat
he was in good spirits
but his mother cried so much
for she no longer had Little Hans
such the child changes its mind
turning back home swiftly

Versi Sunda
Abdi teh ayeuna gaduh hiji boneka
Teu kinten saena sareng lucuna
Ku abdi di erokan, erokna sae pisan
Cing mangga tingali boneka abdi

Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia kurang lebih inilah liriknya "Saya sekarang punya sebuah boneka, Tak terkira bagus dan lucu, Saya pakaikan rok, roknya pun bagus, Ayo silahkan lihat boneka saya".

Kisah Mistis Risa Saraswati


Risa Saraswati.jpg
Risa Saraswati

Jika berbicara mengenai sisi mistik lagu "Boneka Abdi" maka kita juga harus berbicara mengenai Risa Saraswati.

Lagu "Boneka Abdi" dikenal sebagai lagu yang menakutkan setelah hadir di film "Danur: I Can See Ghosts" dengan aransemen yang sangat creepy. Film tersebut bercerita tentang seorang perempuan indigo bernama Risa yang mempunyai teman-teman hantu anak kecil. Tahukah kalian kalau film tersebut diambil dari kisah nyata Risa Saraswati yang juga mempunyai kemampuan melihat makhluk gaib dan juga mempunyai 5 teman hantu bernama Peter, Hans, Hendrick, William, dan Jahnsen. Tapi di film hanya diperlihatkan 3 sosok saja. Di film itu ada juga karakter hantu bernama Asih yang diperankan oleh Shareefa Daanish yang katanya merupakan musuh bebuyutan dari teman-teman hantu Risa.

Saat hadir di acara Tonight Show, Risa menuturkan pengalamannya berteman dengan 5 sahabat gaibnya tersebut. Risa bertemu dengan 5 hantu anak kecil keturunan Belanda tersebut waktu ia masih kecil saat ia tinggal di sebuah rumah peninggalan Belanda. Awalnya kelima hantu anak kecil itu menemui Risa dan mengaku sebagai anak tetangganya namun mereka selalu datang malam hari. Lama kelamaan keluarga Risa mulai merasa curiga karena Risa selalu bermain dan berbicara sendiri. Pada suatu malam seseorang yang juga memiliki kemampuan yang sama seperti Risa menunjukkan wujud asli 5 hantu anak kecil Belanda tersebut pada Risa. Wujud asli 5 hantu tersebut cukup mengerikan, bagian tubuhnya sudah ada yang terpisah. Risa akhirnya mengetahui kalau ternyata 5 sahabat gaibnya tersebut adalah korban invasi Jepang.

Lalu apa hubungannya lagu "Boneka Abdi" dengan kisah Risa? Ternyata Risa tahu lagu tersebut dari 5 sahabat gaibnya dan lagu tersebut menjadi semacam kode jika Risa ingin bertemu dengan mereka. Risa tinggal menyanyikan lagu tersebut maka 5 sahabat gaibnya akan datang untuk bermain dengan Risa. Lagu "Boneka Abdi" kabarnya sering dinyanyikan oleh pengasuh 5 hantu anak kecil tersebut waktu dulu mereka masih hidup dan mereka menyukai lagu tersebut. Rumor pun mulai merebak jika ada seseorang menyanyikan lagu "Boneka Abdi" sendirian maka ia akan didatangi kelima sahabat gaib Risa.

Saat Risa beranjak dewasa sementara kelima sahabat gaibnya masih dengan penampilan anak-anak membuat jarak mereka agak merenggang. Risa pun mulai rindu dengan mereka dan membuat sebuah lagu berjudul "Story of Peter" yang menceritakan tentang kelima sahabatnya itu. Diawal lagu tersebut dimasukkan juga alunan musik lagu "Boneka Abdi".

Retty Isnendes dari Departemen Pendidikan Bahasa Sunda Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ikut berkomentar mengenai lagu ini. Ia mengatakan kalau lagu "Boneka Abdi" merupakan produk Kakawihan. Kakawihan sendiri merupakan salah satu bentuk folklor lisan hasil kebudayaan lama masyarakat Sunda. Kakawihan ini sering dikaitkan dengan kaulinan barudak urang Sunda, artinya bahwa kakawihan tidak terlepas dari sebuah nyanyian yang sering dibawakan pada permainan anak-anak masyarakat Sunda.

"Faktanya, lagu Boneka Abdi ini sudah ada sejak saya masih anak-anak usia lima tahun dan sering dinyanyikan oleh orangtua kepada anak-anaknya. Dapat disimpulkan lagu tersebut diciptakan seniman Priangan. Karena liriknya menggunakan undak-usuk (tingkatan bahasa Sunda) yang halus," ungkap Retty.

Baca juga: Misteri Asal Usul Lagu Nina Bobo

Sebenarnya dilihat dari asal muasalnya lagu Boneka Abdi tidak mempunyai latar belakang mistik hanya saja karena populer di negara kita lewat film horor jadi persepsi orang-orang terhadap lagu ini agak mengerikan. Padahal jika diberi aransemen yang ceria unsur horornya tak akan terasa sama sekali. Soal rumor yang mengatakan menyanyikan lagu ini akan memanggil 5 sahabat gaib Risa itu masih diragukan dan masih menjadi misteri, namanya juga rumor.

Keywords: lagu boneka abdi, mp3 download, lirik, sunda, risa saraswati, dan artinya, not, danur, cerita misteri lagu boneka abdi, misteri dibalik lagu boneka abdi, penampakan

Posting Komentar untuk "Misteri Lagu Boneka Abdi"