Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

55 Fakta Unik dan Menarik tentang Eminem

Fakta Unik Eminem.jpg

Marshall Bruce Mathers III atau lebih dikenal dengan panggilan Eminem adalah seorang rapper, penulis lagu, aktor dan produser rekaman asal Amerika. Pada masa awal karier Eminem, rapper kulit putih kerap dipandang sebelah mata karena biasanya musik rap yang merupakan salah satu elemen dari budaya hiphop ini lebih melekat dengan orang-orang kulit hitam. Namun, Eminem berhasil membuktikan kalau warna kulit tidak berarti apa-apa jika sudah berhadapan dengan harapan dan perjuangan.

Eminem lahir pada 17 Oktober 1972 di St. Joseph, Missouri, Amerika Serikat. Sampai saat ini, Eminem sudah merilis 11 album studio, 5 album kompilasi dan 1 EP. Penghargaan yang ia dapat sudah sangat banyak di antaranya 15 Grammy, 12 MTV VMA dan 8 American Music Awards. Ia juga masuk dalam jajaran penyanyi dengan penjualan paling laris sepanjang masa.

Jika kalian suka musik rap rasanya mustahil tidak tahu dengan Eminem, bahkan untuk kalian yang tidak terlalu suka musik rap pun pasti pernah mendengarnya. Dia bisa dibilang legenda hidup musik rap, tidak diragukan lagi.

Baca juga: 13 Lagu Eminem Terbaik Sepanjang Masa

Ada beberapa fakta unik dan menarik tentang Eminem yang mungkin belum kalian tahu.

Berikut 55 Fakta Unik dan Menarik Tentang Eminem

1. Eminem adalah anak dari Marshall Bruce Mathers Jr. dan Deborah R. Nelson.

2. Eminem adalah keturunan Inggris, Jerman, Swiss-Jerman dan Skotlandia.

3. Eminem pernah dituntut oleh ibunya sendiri terkait lirik dalam lagu "My Name Is". Saat itu Eminem dituntut oleh ibunya sebesar $10 juta, namun kabar lain menyebutkan kalau tuntutan tersebut dilayangkan oleh pengacara ibu Eminem tanpa persetujuannya.

4. Meskipun beredar kabar kalau hubungan Eminem dan ibunya kurang baik, Eminem tak pernah melupakan jasa ibunya. Eminem pernah melunasi semua tagihan pengobatan kanker yang diderita ibunya.

5. Album milik Eminem bertajuk "The Marshall Mathers LP" yang dirilis pada tahun 2000 terjual sebanyak 1,76 juta salinan hanya dalam waktu sepekan sejak perilisannya, sebuah rekor untuk penyanyi solo.

6. Albumnya yang berjudul "Recovery" menjadi album terlaris pada 2010 di Amerika Serikat.

7. Pada 23 Maret 2003, lagunya yang berjudul "Lose Yourself" menjadi lagu rap pertama yang berhasil memenangkan penghargaan Academy Awards. Ia juga menjadi rapper pertama yang memenangkan Academy Awards.

8. "Lose Yourself" adalah lagu Eminem pertama yang berhasil memuncaki Billboard Hot 100.

9. Lagunya yang berjudul "Rap God" pernah mendapatkan Guinness World Records sebagai lagu dengan lirik terpanjang. Dalam lagu itu Eminem mengucapkan 1560 kata dalam waktu kurang lebih 6 menit, sekitar 4,3 kata per detik. Bahkan dalam salah satu bagian lagu tersebut, ia mengucapkan 97 kata dalam waktu hanya 15 detik (6,4 kata per detik).

10. Satu-satunya orang kulit putih yang pernah muncul dalam sampul majalah The Source dan XXL.

11. Dr. Dre adalah mentor Eminem.

12. Memiliki hubungan baik dengan Jay-Z.

13. Eminem pernah terlibat perseteruan dengan Mariah Carey dan saling serang lewat lagu.

14. Panggilan "Eminem" didapat dari inisal namanya M (Marshall) & M (Mathers).

15. Eminem mencukur rambutnya sendiri.

16. Pernah bercita-cita sebagai penulis buku komik sewaktu kecil.

17. Ia tidak lulus dari kelas sembilan sebanyak 3 kali sampai akhirnya ia memutuskan keluar dan tak menyelesaikan pendidikannya di Lincoln High School. Ia tidak bodoh (terbukti dari kesuksesannya sekarang), Eminem mengaku hanya tidak tertarik pada sekolah dan hanya ingin menyanyi rap.

18. Eminem kerap menjadi korban bully karena tubuhnya yang kecil dan suka berpindah-pindah sekolah mengikuti orang tuanya yang juga suka berpindah-pindah tempat tinggal. Ia bahkan pernah dipukuli sampai cedera parah.

19. Eminem sering membaca kamus untuk membantu mengembangkan lirik lagunya.

20. Putri Eminem, Hailie Jade Mathers lahir pada tanggal 25 Desember 1995. Hailie adalah hasil hubungan Eminem dengan Kimberley Anne Scott yang sekarang sudah menjadi mantan istri Eminem.

21. Eminem pernah berbohong pada istrinya kalau ia akan membawa Hailie bermain di Chuck E. Cheese padahal ia membawa Hailie ke studio rekaman agar Hailie bisa ikut ambil bagian dalam lagu "97 Bonnie & Clyde".

22. Eminem juga mangadopsi Alaina dan Whitney. Alaina adalah putri Dawn, saudara perempuan Kim. Sementara Whitney adalah putri Kim dari hubungannya dengan pria lain.

23. Eminem dan Kim pernah dua kali menikah, dipernikahan keduanya mereka hanya bertahan selama kurang lebih 3 bulan sampai akhirnya mereka kembali berpisah.

24. Pernah mengatakan kalau ia ingin putrinya menjadi seorang aktris.

25. Eminem memiliki tato bergambarkan putrinya di tangan kanannya.

26. Biasa memakai baju ukuran XXL.

27. Film favorit Eminem adalah "Scarface".

28. Eminem adalah penggemar Spider-Man.

29. Mountain Dew adalah minuman favorit Eminem.

30. Biru muda adalah warna favorit Eminem.

31. Eminem takut pada jerapah dan laba-laba. Ia tidak menyukai leher jerapah.

32. Eminem menulis dengan tangan kiri.

33. Eminem tidak merokok.

34. Eminem memakai kaca mata karena ia menderita rabun dekat.

35. Eminem pernah membawa sebuah gergaji mesin ke atas panggung saat konser.

36. Eminem pernah ditawari pemeran utama dalam film sci-fi tahun 2013, "Elysium". Namun, Eminem menolaknya setelah permintaanya untuk syuting di Detroit ditolak oleh produser.

37. Eminem pernah memegang top 30 score di game Donkey Kong.

38. Eminem adalah seorang filantropis. Ia mendirikan The Marshall Mathers Foundation untuk membantu remaja kurang beruntung di Michigan.

39. Sewaktu bayi, Eminem sering disebut Mickey (Mouse) oleh keluarga dan kerabatnya karena telinganya yang besar.

40. Eminem memiliki perusahaan rekaman sendiri bernama Shady Records.

41. Kekayaannya diperkirakan mencapai $160 juta.

42. Eminem mendapatkan bantuan dari Elton John saat berusaha berhenti mengonsumsi obat-obatan terlarang.

43. Buku komik menjadi bagian dari proses penyembuhan saat di rehabilitasi. Ia mengatakan buku-buku tersebut bisa menjadi pengganti obat-obatan dan alkohol yang berusaha ia tinggalkan.

44. Saat berusaha mengatasi kecanduan obat-obatannya, Eminem juga menjadikan makanan sebagai penggantinya. Akibatnya, berat tubuh Eminem bertambah sampai angka 230 pon (104 kg), bahkan sebagian orang sempat tak mengenali dirinya.

45. Eminem baru berusia 20 tahun saat pertama kali berurusan dengan hukum. Ia ditangkap karena melakuakn aksi penembakan dengan paintball gun.

46. Eminem mengaku inspirasi lagunya akan datang ketika ia berdiam diri di toilet.

47. Eminem memakai cincin silver bertuliskan "Dad" (Ayah) yang di berikan Hailie pada saat Hari Ayah di tahun 2002.

48. Eminem kerap menonton "Dora The Explorer", "Hey Arnold", dan "Power Puff Girls" dengan putrinya, Hailie.

49. Eminem adalah penggemar Elvis Presley.

50. Artis porno favorit Eminem adalah Janet Jacme.

51. Satu-satunya buku selain buku komik yang pernah ia baca sampai tamat adalah I Make My Own Rules dari LL Cool J’s.

52. Ed Sheeran adalah salah satu penggemar berat Eminem dan merupakan salah satu pengaruh besar di karier Sheeran.

53. Ketika Eminem berumur 17 tahun, ia terus mengulang lagu "Dear Mama" milik Tupac di mobilnya. Bagi Eminem, Tupac adalah penulis lirik terbaik sepanjang masa.

54. Eminem pernah dipertimbangkan untuk memerankan karakter Brian O'conner di "The Fast and The Furious" namun akhirnya peran tersebut jatuh pada mendiang Paul Walker.

55. Eminem adalah orang yang gaptek, ia mengaku tidak terlalu paham bagaimana menggunakan komputer.

Baca juga: Manfaat-Manfaat Mendengarkan Musik

Itulah 55 fakta unik dan menarik tentang Eminem. Fakta mana yang belum kalian tahu? Atau, kalian tahu fakta menarik tentang Eminem yang belum ada di atas, silakan tulis di kolom komentar di bawah.

Referensi:
www.imdb.com
www.kompasiana.com
www.kapanlagi.com
www.uzone.id
www.kaskus.co.id
www.musicinminnesota.com
www.nme.com
www.wikipedia.org

Keywords: fakta tentang eminem, rap god, daughter, lose yourself, mockingbird, love the way you lie, not afraid, godzilla, download, wikipedia, 10 fakta, siapa itu eminem?, siapakah eminem?, siapa eminem?, apa agama, berapa umur, berapa anak, berapa tinggi badan, siapa istri, biodata, biografi, kisah hidup

Posting Komentar untuk "55 Fakta Unik dan Menarik tentang Eminem"