Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Lagu Eminem Terbaik Sepanjang Masa

Lagu Terbaik Eminem.jpg

Eminem adalah seorang rapper yang lahir pada 17 Oktober 1972 di St. Joseph, Missouri, Amerika Serikat. Ia memiliki nama asli Marshall Bruce Mathers III, putra dari Marshall Bruce Mathers Jr. dan Deborah Nelson. Selain menjadi rapper, ia juga menjadi penulis lagu, produser rekaman dan aktor. Eminem saat ini memiliki seorang putri bernama Hailie, hasil dari hubungannya dengan Kimberley Anne Scott. Namun, Eminem juga mengadopsi dua anak lainnya, yakni Whitney dan Alaina. Whitney adalah putri Kim dari hubungannya dengan pria lain sementara Alaina adalah putri Dawn, saudara perempuan Kim. Eminem dan Kim menikah dua kali dan saat ini mereka sudah berpisah.

Sebagai seorang rapper, Eminem sudah mengeluarkan 11 album studio, 5 album kompilasi dan 1 EP. Kalau soal penghargaan rasanya rapper yang mengidolakan Elvis Presley ini tak perlu dipertanyakan lagi, Eminem sudah mendapatkan 15 Grammy, 8 American Music Awards, 12 MTV Video Music Awards dan masih banyak penghargaan lainnya. Majalah Rolling Stone bahkan memasukkan Eminem dalam daftar 100 Greatest Artists of All Time dan 100 Greatest Songwriters of All Time. Eminem juga berada di posisi ke-9 dalam daftar MTV's Greatest MCs of All Time.

Eminem sempat menyebutkan beberapa rapper yang mempengaruhi gaya rapnya, diantaranya Esham, Kool G Rap, Masta Ace, Big Daddy Kane, Newcleus, Ice-T, Mantronix, LL Cool J, Beastie Boys, Run–D.M.C., Rakim dan Boogie Down Productions. Eminem dikenal dengan gaya ngerapnya yang cepat dan liriknya yang berkualitas, kadang juga berisi kata-kata kasar hingga terdengar lebih "menusuk" kepada para pendengarnya. Eminem memiliki alter ego bernama Slim Shady yang digambarkan sebagai sisi gelap dari Eminem, kepribadian ini lebih kejam dan sadis. Dengan kepribadian ini Eminem lebih berani membuat lirik-lirik tentang narkoba, pelecehan dan pembunuhan.

Saya bukan penggemar berat Eminem, saya hanya suka lagu-lagunya, karena memang lagunya sangat berkualitas dan cara ngerapnya yang sangat luar biasa. Kali ini saya akan mencoba membuat daftar lagu-lagu terbaik dari Eminem yang bisa kalian jadikan referensi jika kalian baru mengenal rapper yang satu ini dan tertarik mendengarkan lagu-lagunya. Tapi, mustahil jika kalian tertarik pada lagu-lagu rap tapi tidak mengenal Eminem.

Berikut Daftar 13 Lagu Eminem Terbaik Sepanjang Masa Versi AzizPedia

1. Rap God

"Rap God" adalah salah satu lagu Eminem paling populer, bahkan untuk kalian yang tidak suka lagu rap sekalipun mungkin pernah mendengar lagu "Rap God" terutama dibagian Eminem ngerap cepat, meskipun kalian tidak tahu kalau itu lagu "Rap God". Itu karena lagu ini kerap dijadikan meme, biasanya dipakai pada keadaan atau orang-orang yang berbicara cepat.

"Rap God" dirilis di Amerika Serikat pada 15 Oktober 2013 sebagai singel ketiga dari album studio kedelapan Eminem, "The Marshall Mathers LP 2". Lagu ini berhasil masuk nominasi Best Rap Performance di Grammy Award. Lagu ini juga sempat mendapatkan Guinness World Records sebagai lagu dengan lirik terpanjang. "Rap God" memiliki total 1560 kata. Namun, pada 2015 rekor tersebut berhasil dipecahkan oleh lagu "Animal" dari Harry Shotta yang memiliki lirik sepanjang 1771 kata.

Lirik lagu "Rap God" mereferensikan konflik-konflik dalam karier Eminem dan juga membawa kembali persoalan lagu-lagunya dulu. Kritikus memuji "Rap God" karena kualitas lirik dan kecepatan Eminem dalam ngerap, meskipun liriknya juga mengandung kesan homofobia.

2. Godzilla ft. Juice Wrld

Hampir sama dengan "Rap God", Eminem di lagu ini juga menunjukkan aksi ngerapnya yang memiliki kecepatan luar biasa.

Di lagu "Godzilla" ini Eminem berkolaborasi dengan Juice Wrld. Juice Wrld adalah rapper yang sudah meninggal pada 8 Desember 2019 karena overdosis obat-obatan namun sebelum kematiannya, pelantun lagu "Lucid Dreams" ini sempat melakukan rekaman untuk lagu "Godzilla".

"Godzilla" menjadi salah satu singel di album studio ke-11 Eminem, "Music to Be Murdered By". Lagu berdurasi 3 menit 30 detik ini berhasil duduk di posisi 3 pada Billboard Hot 100 dan Hot R&B/Hip-Hop Songs serta merajai UK Singles.

3. Lose Yourself

"Lose Yourself" merupakan soundtrack dari film "8 Mile" yang juga dibintangi Eminem sebagai B-Rabbit. Lagu yang dirilis pada 28 Oktober 2002 ini merupakan lagu pertama Eminem yang mampu menyentuh posisi 1 di Billboard Hot 100, lagu ini juga memuncaki tangga lagu di 19 negara lainnya.

"Lose Yourself" berhasil menjadi lagu hiphop pertama yang memenangkan penghargaan Best Original Song di Academy Awards. Sementara di Grammy Award lagu yang ditulis sendiri oleh Eminem ini berhasil menang di kategori Best Rap Song dan Best Rap Solo Performance. Lagu ini juga menjadi satu dari tiga lagu hiphop dari abad ke-21 yang masuk dalam daftar 500 Greatest Songs of All Time dari majalah Rolling Stone. "Lose Yourself" mendapatkan sertifikat Diamond di Amerika Serikat dengan total penjualan lebih dari 10 juta salinan.

Eminem membawakan "Lose Yourself" dengan penuh semangat. Liriknya sendiri menceritakan latar belakang dan perjuangan karakter rapper bernama B-Rabbit di film "8 Mile" untuk mendapatkan pengakuan dari rapper lain.

4. Mockingbird

"Mockingbird" adalah singel Eminem dari album studio kelimanya, "Encore". Lagu ini dirilis pada April 2005 sebagai singel kelima dari album tersebut. Lagu yang mendapatkan sertifikat 4× Platinum di Amerika Serikat ini berhasil mencapai posisi 11 di Billboard Hot 100 dan juga masuk nominasi Best Rap Solo Performance di Grammy Award.

Berbeda dengan kebanyakan lagu Eminem yang dibawakan penuh amarah, "Mockingbird" terdengar lebih easy listening. Liriknya sendiri bercerita tentang hubungan Eminem dengan putri-putrinya. Lagu ini menggambarkan bagaimana kesibukan dan ketenaran Eminem serta hubungan Eminem dan Kim yang kurang baik membuat Eminem harus meminta maaf pada putrinya, Hailie. Putri-putrinya baik itu Hailie yang merupakan anak kandungnya maupun dua anak angkatnya Alaina dan Whitney selalu menjadi prioritas utama Eminem, karena itulah Eminem selalu berusaha keras untuk mencoba memberikan kehidupan terbaik untuk mereka.

Video musik "Mockingbird" disutradarai oleh John Quigley dan ini menjadi video musik kedua Eminem dimana Eminem tampil menggunakan kacamata.

5. Love the Way You Lie ft. Rihanna

Dalam lagu "Love the Way You Lie" ini Eminem berkolaborasi dengan Rihanna, lagu ini sendiri masuk dalam album studio ke-7 Eminem yang bertajuk "Recovery". Lagu ini berhasil merajai Billboard Hot 100 dan mendapatkan sertifikat 12× Platinum di Amerika Serikat dengan total penjualan lebih dari 12 juta salinan.

Di ajang Grammy Awards, "Love the Way You Lie" berhasil masuk nominasi di beberapa kategori yaitu Record of the Year, Song of the Year, Best Rap Song, Best Rap/Sung Collaboration dan Best Short Form Music Video. Begitu juga di MTV VMA 2011, "Love the Way You Lie" berhasil masuk di tiga kategori yaitu Best Cinematography, Best Direction, Best Male Video dan Best Video with a Message.

6. Not Afraid

Sama seperti "Love the Way You Lie", "Not Afraid" juga masuk ke album "Recovery". Lagu ini dirilis pada 29 April 2010 sebagai lead single di album tersebut. Lagu berdurasi 4 menit 10 detik ini terpilih sebagai Best Rap Solo Performance di Grammy Awards. Lagu ini juga mendapatkan sertifikat Diamond di Amerika Serikat dan sukses merajai Billboard Hot 100.

Dalam lagu ini Eminem menyatakan bahwa penggunaan obat-obatan dan kekerasan di masa lalunya adalah hal yang keliru. Dengan lagu ini yang memiliki pesan mendalam, Eminem berharap bisa membantu orang-orang yang menghadapi masalah yang sama seperti dirinya.

7. Lucky You ft. Joyner Lucas

"Lucky You" dirilis pada 30 November 2018 sebagai singel ketiga dari album Eminem yang bertajuk "Kamikaze". Dalam lagu ini Eminem berkolaborasi dengan Joyner Lucas. Joyner sendiri terkenal setelah lagunya yang berjudul "I'm Not Racist" viral dan mengangkat namanya di dunia hiphop, bahkan lagunya tersebut masuk nominasi Best Music Video di Grammy Awards.

"Lucky You" berhasil masuk nominasi Best Rap Song di Grammy Awards dan berhasil merajai tangga lagu di sepuluh negara diantaranya Kanada, Australia, Portugal dan Amerika Serikat.

"Lucky You" menjadi pertanda untuk pertama kalinya Joyner dan Eminem berduet, satu hal yang diharapkan banyak orang karena Joyner dan Eminem dinilai memiliki karakteristik yang sama dalam rima dan flow. Dalam lagu yang mendapatkan sertifikat 2× Platinum di Amerika Serikat ini Joyner mengeluhkan bagaimana ia belum mendapatkan satupun penghargaan yang berarti walaupun ia terus dipuji dan mendapatkan pengakuan di dunia hiphop saat ini. Di sisi lain, Eminem dalam lagu ini mengungkapkan bagaimana ia sudah mendapatkan berbagai penghargaan tertinggi di dunia musik namun seakan tak dianggap di dunia hiphop saat ini.

8. Homicide ft. Logic

Jika di "Lucky You" Eminem berkolaborasi dengan Joyner Lucas, di "Homicide" ia berkolaborasi dengan Logic. Di "Homicide" Eminem menjadi guest vocal karena lagu ini masuk di album ke-5 Logic, "Confessions of a Dangerous Mind". Lagu yang dirilis pada 3 Mei 2019 ini mendapatkan sertifikat Platinum di Amerika Serikat.

Dalam lagu ini Eminem dan Logic mengejek rapper mumble dan rapper-rapper yang terlalu bergantung pada AutoTune dan penulis hantu. Mereka berdua saling bergantian menyerang jenis rapper tersebut dengan kecepatan yang luar biasa.

9. 'Till I Collapse ft. Nate Dogg

"'Till I Collapse" masuk pada album studio ke-4 Eminem, "The Eminem Show". Ini merupakan lagu ke-18 di album tersebut. Eminem di lagu ini berduet dengan Nate Dogg. Meskipun tidak pernah dirilis sebagai singel, lagu ini tetap muncul di tangga lagu beberapa negara di dunia. Lagu berdurasi 4 menit 58 detik ini cocok dijadikan penyemangat untuk kalian disaat kalian butuh motivasi, juga cocok untuk kalian dengarkan saat joging.

10. Stan ft. Dido

Di "Stan", Eminem berkolaborasi dengan penyanyi wanita asal Britania, Dido. Nama panjang Dido adalah Dido Florian Cloud de Bounevialle O'Malley Armstrong, ia mulai mendapat sorotan setelan album pertamanya "No Angel" meraih kesuksesan. Dalam album tersebut, salah satu lagu yang menjadi hit adalah "Thank You" yang mana menjadi sample di lagu "Stan" ini dan masih dibawakan oleh Dido.

"Stan" dirilis pada 21 November 2000 sebagai singel ke-3 di album "The Marshall Mathers LP". Lagu ini berhasil memuncaki tangga lagu di dua belas negara, diantaranya Jerman, Irlandia dan Australia. Lagu yang ditulis Eminem, Dido dan Paul Herman ini berada di posisi 296 dalam daftar The 500 Greatest Songs of All Time oleh majalah Rolling Stone. Eminem membuat lagu ini sebagai pesan untuk para penggemarnya yang menulis surat mengganggu pada Eminem karena sepertinya mereka terlalu menganggap serius lirik berisikan kekerasan di album "The Slim Shady LP". Video musiknya yang disutradarai oleh Dr. Dre dan Philip G. Atwell memperlihatkan seorang penggemar berat Eminem yang mencoba menghubungi Eminem dengan berbagai cara namun Eminem tak kunjung memberikan respons.

Karena lagu ini, kata "Stan" masuk dalam Oxford Dictionary yang artinya penggemar selebritis atau public figure yang terlalu fanatik.

11. The Monster ft. Rihanna

Di "The Monster" merupakan keempat kalinya Eminem berkolaborasi dengan Rihanna. Lagu berdurasi 4 menit 12 detik ini dirilis pada 29 Oktober 2013 dan menjadi singel keempat di album "The Marshall Mathers LP 2". Lagu ini berhasil merajai chart di 12 negara termasuk Amerika Serikat, Kanada dan Australia. Lagu ini juga berhasil menang sebagai Best Rap/Sung Collaboration di Grammy Awards 2015.

12. When I'm Gone

"When I'm Gone" adalah lead single dari album kompilasi Eminem, "Curtain Call: The Hits". Album "Curtain Call: The Hits" sendiri merupakan album kompilasi dari Eminem yang berisikan lagu-lagu paling populer Eminem dengan tambahan empat buah lagu yakni "Fack", "When I'm Gone", "Shake That" dan live version dari "Stan". Lagu ini mendapatkan ulasan yang positif dari para kritikus dan berhasil berada di posisi 8 di Billboard Hot 100.

"When I'm Gone" menceritakan tentang ketenaran Eminem sebagai rapper yang memengaruhi hubungannya dengan putrinya, Hailie. Pekerjaannya sebagai rapper membuatnya tak memiliki banyak waktu bersama keluarganya, termasuk bersama Hailie, putrinya.

13. Beautiful

"Beautiful" adalah singel ke-4 dari album studio ke-6 Eminem, "Relapse". Lagu "Reaching Out" menjadi sample untuk bagian awal dan akhir lagu ini. "Reaching Out" aslinya dibawakan oleh band Rock Therapy namun yang menjadi sample di lagu ini adalah versi Queen + Paul Rodgers.

Lagu yang dirilis 11 Agustus 2009 ini mulai ditulis oleh Eminem sejak 2005, tahun dimana ia ingin memulai rehabilitasi atas kecanduannya terhadap obat-obatan. Lagu ini baru selesai beberapa tahun kemudian setelah Eminem bersih dari obat-obatan. Lagu ini berhasil menjadi nominasi di Best Rap Solo Performance pada Grammy Awards.

Sebagian besar lagu "Beautiful" menceritakan tentang depresi namun di akhir Eminem menunjukkan optimisme dan harapan untuk masa depan. Video musiknya disutradarai oleh Anthony Mandler yang juga pernah menyutradarai video musik penyanyi-penyanyi terkenal seperti Justin Bieber, Beyonce dan Drake. Detroit menjadi tempat pengambilan gambar untuk video klip "Beautiful". Detroit sendiri adalah tempat dimana Eminem menghabiskan sebagian besar masa remajanya.

Baca juga: 55 Fakta Unik dan Menarik tentang Eminem

Itulah daftar 13 lagu Eminem terbaik sepanjang masa versi AzizPedia. Tentu saja daftar tersebut bersifat subjektif, jadi kalian pasti punya versi kalian sendiri untuk daftar lagu-lagu Eminem terbaik. Jangan ragu untuk berbagi versi kalian di kolom komentar, agar bisa menambah referensi pembaca yang sedang mencari lagu-lagu terbaik dari Eminem.

Sumber gambar:
www.wallpaperaccess.com

Keywords: Need Update, 10 lagu terbaik eminem, download, daftar, mp3, tercepat, not afraid, terbaru, rap god, yang enak didengar, 2020, 2021, 2022, 2023, 2024, 2025, river, love the way you lie, lirik, paling cepat, paling terkenal, arti, lagu barat, terjemahan, makna lagu eminem

Posting Komentar untuk "13 Lagu Eminem Terbaik Sepanjang Masa"