10 Penyanyi dan Musisi dengan Subscriber Terbanyak di YouTube

Inilah 10 penyanyi atau musisi yang memiliki subscriber terbanyak di YouTube, apakah ada penyanyi atau musisi favorit kalian?
10 Penyanyi Subscriber Terbanyak YouTube.jpg

Semenjak didirikan oleh tiga orang mantan karyawan PayPal pada Februari 2005, YouTube semakin populer dan saat ini bisa dibilang situs berbagi video terbaik dan terbesar di dunia. YouTube pada 2006 diakuisisi oleh Google dengan harga yang tak main-main mencapai US$1,65 miliar. Di YouTube kita bisa menemukan berbagai macam video menarik untuk ditonton.

Sekarang, banyak juga orang-orang yang menjadi seorang youtuber. Youtuber adalah seseorang yang mengunggah konten video buatannya ke YouTube lalu nanti mendapatkan penghasilan dari penonton yang menonton iklan di video yang ia unggah. Sebenarnya tidak sesederhana kedengarannya menjadi seorang youtuber.

Di YouTube ada juga konten musik berupa video klip dari para musisi. Banyaknya orang yang mengakses YouTube sepertinya membuat para musisi tertarik mengunggah video klip mereka di situs berbagi video tersebut. Bahkan saat ini ada YouTube Music, semacam layanan streaming lagu layaknya Spotify.

Pergerakan subscriber para musisi atas sangatlah luar biasa. Mereka bisa mendapatkan jumlah subscriber fantastis dalam waktu singkat karena kepopuleran mereka. Lantas, siapakah penyanyi atau musisi dengan jumlah subscriber terbanyak saat ini di YouTube?

Berikut 10 Penyanyi dan Musisi dengan Subscriber Terbanyak di YouTube

10. Alan Walker (37,8 juta subscriber)

Alan Olav Walker atau biasa dipanggil Alan Walker adalah seorang DJ dan produser rekaman berdarah Inggris-Norwegia. Ia lahir pada 24 Agustus 1997 di Northampton, Northamptonshire, Inggris. Pada 2015, ia mulai dikenal di seluruh dunia setelah merilis singel berjudul "Faded". Lagu tersebut mendapatkan sertifikat platinum di 14 negara. Ia kemudian merilis debut album studionya pada 2018 bertajuk "Different World".

Alan adalah putra dari Hilde Omdal Walker, asal Norwegia dan Philip Alan Walker, asal Inggris. Saat lahir, Alan mendapatkan dua kewarganegaraan yakni Norwegia dan Inggris berdasarkan asal orang tuanya. Pada usia dua tahun, Alan dan keluarganya pindah ke Bergen, Norwegia. Disana ia tumbuh besar bersama dua saudaranya, Camilla dan Andreas.

Tumbuh di era digital, Alan memiliki ketertarikan pada komputer, yang kemudian mengarah pada pemrograman dan desain grafis. Ia tidak punya latar belakang musik, ia belajar sendiri dari video tutorial di YouTube.

9. Katy Perry (39,4 juta subscriber)

Katy Perry yang memiliki nama panjang Katheryn Elizabeth Hudson ini adalah seorang penyanyi asal Amerika Serikat yang lahir pada 25 Oktober 1984 di Santa Barbara, California, AS. Penyanyi yang aktif sejak tahun 2001 ini mendapatkan kepopuleran setelah merilis album keduanya berjudul "One of the Boys" pada 2008 dengan lagu-lagu andalannya antara lain "I Kissed a Girl" dan "Hot n Cold". Sampai saat ini ia sudah mengeluarkan 6 album studio, 6 EP, 34 singel dan 1 album kompilasi.

Katy menjadi musisi pertama yang memiliki beberapa video yang ditonton lebih dari 1 miliar kali di Vevo. Ia memiliki 9 singel yang berhasil merajai Billboard Hot 100 dan berhasil mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi diantaranya 4 Guinness World Records, 5 Billboard Music Awards dan 5 American Music Awards. Ia juga masuk dalam daftar wanita dengan pendapatan tertinggi di industri musik versi majalah Forbes dari tahun 2011 sampai 2019. Kekayaan Katy pada tahun 2016 diperkirakan mencapai US$125 juta.

8. Taylor Swift (41 juta subscriber)

Taylor Swift adalah penyanyi yang dikenal dengan gaya naratif di lagu-lagunya, biasanya tentang percintaan, kadang diambil dari pengalaman pribadinya. Saya adalah penikmat lagu-lagu dengan gaya naratif dari Taylor. Ia masuk dalam daftar 100 Greatest Songwriters of All Time dari Rolling Stone.

Baca juga: Lagu-Lagu Taylor Swift Terbaik

Penyanyi yang memiliki nama asli Taylor Alison Swift ini lahir pada 13 Desember 1989 di West Reading, Pennsylvania, AS. Ia aktif sejak tahun 2003 dan sudah mengeluarkan 9 album studio. Saat ini ia menjadi salah satu dalam daftar penyanyi terlaris sepanjang masa dengan penjualan yang sudah mencapai 200 juta kopi di seluruh dunia. Penghargaan yang ia raih juga tak main-main, Taylor sudah mendapatkan 10 Grammy Awards, 7 Guinness World Records, 32 American Music Awards dan 23 Billboard Music Awards. Khusus untuk American Music Awards dan Billboard Music Awards, ia menjadi wanita dengan perolehan penghargaan terbanyak di dua ajang penghargaan tersebut.

7. BTS (42,8 juta subscriber)

Meskipun kelakuan penggemarnya kadang bikin risi tapi harus diakui kepopuleran BTS semakin menanjak. Grup boy band yang memiliki nama panjang Bangtan Boys ini memulai debutnya pada 2013 di bawah naungan Big Hit Entertainment. Untuk para anggotanya sendiri, boy band yang berasal dari Seoul, Korea Selatan ini beranggotakan Jeon Jung-kook, Kim Tae-hyung, Park Ji-min, Kim Nam-joon, Jung Ho-seok, Min Yoon-gi dan Kim Seok-jin. BTS sudah mengeluarkan 9 album studio, 11 album kompilasi dan 49 singel.

BTS menjadi musisi Korea Selatan pertama yang berhasil menduduki posisi puncak di Billboard Global 200 dan Billboard Hot 100. Dengan catatan penjualan lebih dari 20 juta album di Gaon Music Chart, BTS adalah musisi terlaris sepanjang sejarah Korea Selatan dan menjadi pemegang album terlaris sepanjang masa di Korea Selatan lewat album "Map of the Soul: 7". Mereka juga sudah mendapatkan beragam penghargaan bergengsi seperti 10 MTV Europe Music Awards, 6 MTV Video Music Awards, 6 American Music Awards, 5 Billboard Music Awards dan 4 Korean Music Awards.

6. Eminem (45,8 juta subscriber)

Marshall Bruce Mathers III atau lebih dikenal dengan Eminem adalah seorang rapper kelahiran 17 Oktober 1972 asal Missouri, AS. Meskipun lahir di Missouri tapi Eminem menghabiskan masa remajanya di Detroit, Michigan. Ia adalah orang yang berhasil mematahkan persepsi bahwa hiphop hanya untuk orang kulit hitam. Karier Eminem berjalan dengan berbagai kontroversi namun sampai sekarang ia masih tetap eksis dan menjadi pengaruh untuk beberapa penyanyi dari genre yang berbeda.

Baca juga: Lagu-Lagu Eminem Terbaik Sepanjang Masa

Rapper yang juga memiliki nama lain Slim Shady ini sudah merilis 11 album studio. Eminem sudah memenangkan 8 American Music Awards, 17 Billboard Music Awards, 15 Grammy dan 12 MTV Video Music Awards. Lagunya yang berjudul "Lose Yourself" berhasil menjadi lagu rap pertama yang memenangkan penghargaan Best Original Song di Academy Award.

Baca juga: Fakta-Fakta Unik dan Menarik tentang Eminem

5. Ariana Grande (45,9 juta subscriber)

Ariana Grande-Butera adalah seorang penyanyi dan aktris yang lahir pada 26 Juni 1993 di Boca Raton, Florida, AS. Ia mulai mendapatkan ketenaran setelah memerankan karakter Cat Valentine dalam serial televisi "Victorious" dan "Sam & Cat" dari Nickelodeon. Ia kemudian menandatangani kontrak dengan label Republic Records setelah pihak label rekaman tersebut melihat video Ariana meng-cover sebuah lagu di YouTube. Debut album studionya "Yours Truly" berhasil merajai Billboard 200 dan singel utama di album tersebut yakni "The Way" berhasil masuk sepuluh besar di Billboard Hot 100. Sampai saat ini, Ariana sudah menelurkan 6 buah album studio yakni "Yours Truly", "My Everything", "Dangerous Women", "Sweetener", "Thank U, Next" dan "Positions".

Ariana Grande menjadi wanita yang lagunya paling banyak diputar di Spotify dan Apple Music dan saat ini ia juga menjadi penyanyi solo wanita paling banyak diikuti di Spotify serta YouTube. Majalah Time memasukan namanya dalam daftar 100 most influential people in the world pada tahun 2016 dan 2019 ia juga beberapa kali masuk dalam daftar wanita dengan penghasilan tertinggi di industri musik versi majalah Forbes. Sementara Billboard mengganjarnya dengan Women of the Year pada tahun 2018. Ariana juga menjadi wanita dengan pengikut terbanyak di Instagram.

4. Ed Sheeran (46,4 juta subscriber)

Edward Christopher Sheeran lahir pada 17 Februari 1997 di Halifax, West Yorkshire, Inggris. Ia adalah seorang penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, musisi dan aktor. Ed pertama kali merekam musik pada 2004, kemudian pada 2011 ia merilis sebuah EP bertajuk "No. 5 Collaborations Project" secara independen. Ia lalu menandatangani kontrak dengan Asylum Records di tahun yang sama.

Pada 2012, Ed berhasil memenangkan penghargaan Brit Awards di kategori Best British Male Solo Artist dan British Breakthrough Act. Album studio keduanya yakni "×" (dibaca "Multiply") yang dirilis pada Juni 2014 berhasil menjadi album terlaris kedua di dunia pada 2015. Di tahun yang sama, album tersebut menyabet penghargaan Album of the Year di Brit Awards. Singel dari album "×", "Thinking Out Loud" berhasil menjadi Song of the Year dan Pop Solo Performance di Grammy Awards 2016. Kesuksesan album studio keduanya berhasil diikuti oleh album studio ketiganya yakni "÷" (dibaca "Divide") yang dirilis pada 2017. Album tersebut menjadi album terlaris di dunia pada 2017.

3. Marshmello (50,6 juta subscriber)

Christopher Comstock atau kita lebih mengenalnya dengan panggilan Marshmello adalah seorang DJ asal Amerika Serikat. Musisi yang sudah aktif sejak tahun 2015 ini lahir pada 19 Mei 1992 di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Ia sudah merilis 3 album studio, 2 EP dan 40 singel. Beberapa lagunya seperti "Silence", "Wolves", "Friends", "Happier" dan "Alone" mendapatkan sertifikat multi-platinum di beberapa negara dan juga sempat masuk di 30 teratas tangga lagu Billboard Hot 100. Pada 2017 ia menempati posisi ke-8 dalam daftar DJ dengan pendapatan tertinggi versi majalah Forbes.

2. Blackpink (55,1 juta subscriber)

Blackpink adalah girl band asal Korea Selatan bentukan YG Entertainment yang memulai debutnya pada 2016. Blackpink saat ini beranggotakan Jennie, Jisoo, Rose dan Lisa. Mereka sudah mengeluarkan 2 album studio yakni "The Album" dan "Blackpink in Your Area".

Blackpink adalah musisi wanita Korea pertama yang mendapatkan sertifikasi dari Recording Industry Association of America (RIAA) untuk lagu mereka yang berjudul "Ddu-Du Ddu-Du", dimana video musiknya menjadi video musik grup musik Korea yang paling banyak ditonton di YouTube. Mereka juga menjadi girl band K-pop pertama yang mendapatkan penghargaan di MTV Music Video Award.

1. Justin Bieber (59.9 juta subscriber)

Justin Drew Bieber lahir di Ontario, Kanada pada 1 Maret 1994. Ia merupakan putra dari Jeremy Bieber dan Pattie Mallette. Bakatnya ditemukan oleh seorang talent manager Scooter Braun setelah melihat video cover lagunya di YouTube. Ia kemudian bergabung dengan label rekaman RBMG Records pada 2008 dan kemudian merilis debut EPnya pada 2009 bertajuk "My World".

Sampai saat ini suami dari Hailey Baldwin ini sudah merilis 5 album studio dan 58 singel. Ia sudah mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya sebuah Grammy Award, 15 American Music Awards, 20 Billboard Music Awards dan 21 MTV Europe Music Awards. Majalah Time memasukkan nama Justin ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia pada 2011. Pada 2016, Ia juga menjadi penyanyi pertama yang mencapai total tayangan videonya lebih dari 10 miliar di Vevo.

Itulah tadi daftar penyanyi atau musisi yang memiliki jumlah subscriber terbanyak di YouTube. Apakah ada penyanyi atau musisi favorit kalian yang masuk dalam daftar tersebut?

Karena pergerakan subscriber sangat cepat akhir-akhir ini, maka posisi yang ada di daftar di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu. Artikel ini dibuat berdasarkan data jumlah subscriber pada tanggal 1 Januari 2021.

Keywords: penyanyi dengan subscriber terbanyak di dunia, artis, di indonesia, penyanyi subscriber terbanyak, subscriber youtube terbanyak