Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lion (2016), Kisah Nyata Seorang Bocah India yang Berpisah dengan Keluarganya

Lion (2016), Kisah Nyata Seorang Bocah India yang Berpisah dengan Keluarganya.jpg

"Lion" adalah sebuah film arahan sutradara Garth Davis yang diadaptasi dari buku berjudul A Long Way Home. Ceritanya berdasarkan kisah nyata sang penulis, Saroo Brierley, yang terpisah selama kurang lebih 25 tahun dari keluarganya hingga ia bertemu kembali dengan keluarganya setelah melalui pencarian menggunakan Google Earth. Cerita unik dan menarik tersebut dibuatkan naskah skenarionya oleh Luke Davies. Untuk para pemainnya ada Dev Patel, Sunny Pawar, Rooney Mara, David Wenham, Nicole Kidman, Abhishek Bharate, Divian Ladwa, Keshav Jadhav, Priyanka Bose dan lain-lain.

Film ini pertama kali ditayangkan pada 10 September 2016 di Toronto International Film Festival kemudian dirilis secara umum pada 6 Januari 2017 di Amerika dan 19 Januari 2017 di Australia. Dengan biaya produksi hanya $12 juta, film berdurasi 1 jam 58 menit ini berhasil mengumpulkan pendapatan sekitar $140 juta dari seluruh dunia. Di Australia sendiri, film ini berhasil menjadi film indie dengan pendapatan terbesar sepanjang sejarah di pekan pertama perilisannya.

Sinopsis: Seorang bocah India berusia lima tahun diadopsi oleh pasangan Australia setelah tersesat ratusan kilometer dari rumahnya. 25 tahun kemudian, ia kembali ke India untuk bertemu kembali dengan keluarganya.

Review No Spoiler

"Lion" mendapatkan penilaian positif, yang dapat sorotan paling besar adalah akting Patel dan Kidman, sinematografi, naskah skenarionya serta bagaimana film ini mampu menyentuh sisi emosional para penonton tanpa drama berlebih. Hasilnya, film yang didistribusikan The Weinstein Company ini berhasil menjadi nominasi di enam kategori pada ajang Academy Awards termasuk kategori Best Picture walaupun film ini gagal menang di kategori manapun. Sementara di ajang BAFTA Awards, performa Patel diganjar penghargaan Best Supporting Actor. Melihat di situs-situs rating film pun, "Lion" mendapatkan penilaian yang bisa dibilang mengagumkan. Di IMDb mendapatkan rating 8/10 dari sekitar 217 ribu penilaian sementara di Rotten Tomatoes mendapatkan nilai 84% dari 266 review. Melihat hal itu, tentu saja ini pasti bukan film sembarangan.

"Lion" merupakan debut film panjang untuk sang sutradara, Garth Davis. Untuk sebuah film debut ini luar biasa. Davis berhasil mengeksekusi bagiannya dengan sangat baik, didukung dengan naskah solid dari Davies. Patel sendiri mengakui kalau naskah skenario film "Lion" adalah naskah terbaik yang pernah ia baca.

Sejujurnya, bagian terbaik film ini adalah di bagian awal yang menceritkan kisah Saroo kecil yang diperankan Sunny Pawar. Kabarnya ada sekitar empat ribu anak yang mengikuti audisi untuk memerankan karakter Saroo kecil hingga akhirnya peran tersebut jatuh ke tangan Pawar. Pawar tampil apik memerankan Saroo berduet dengan Abhishek Bharate yang memerankan karakter Guddu, kakak kandung Saroo. Mereka berdua tampil luar biasa, menyuguhkan sebuah hubungan adik-kakak yang terasa natural dengan kepolosannya. Meskipun begitu, kisah Saroo dewasa yang diperankan Patel ketika mencoba untuk menemukan kembali tempat kelahiran dan keluarga aslinya juga tak kalah menarik.

Penyajian film ini tak mencoba membuat terlalu banyak bumbu drama yang mengundang air mata. Tapi, di beberapa momen kita pasti merasa terharu apalagi mengetahui ini dari kisah nyata dan membayangkan momen-momen tersebut di kejadian nyatanya.

Selain penampilan Patel, akting Kidman disini juga luar biasa. Ia memeranakan seorang ibu yang mengadopsi dua orang anak, uniknya di dunia nyata dia juga adalah seorang ibu yang mengadopsi dua orang anak. Mungkin karena inilah ia berhasil memerankan peran ini dengan baik, karena ia sudah paham perasaan karakter yang ia mainkan.

Meskipun dari kisah nyata, tak semua yang ada di film ini seperti yang ada di kehidupan nyata. Karakter Lucy yang diperankan Mara contohnya, di film ia diceritakan sebagai pacar Saroo, di kehidupan nyata tidak ada karakter ini. Karakter ini tidak berdasarkan satu orang di dunia nyata melainkan kombinasi dari beberapa pacar Saroo di dunia nyata yang menemani Saroo melewati masa pencarian keluarganya.

Beberapa bagian film memang berlatar di India, tapi ini bukan film Bollywood jadi tenang saja, tidak ada joget-joget khas Bollywood disini. Penggambaran India di film ini tidak seperti kebanyakan film-film Bollywood yang menampilkan kehidupan kelas menengah ke atas, "Lion" memperlihatkan pada kita kehidupan pinggiran India yang cukup memprihatinkan. Saya selalu suka dengan film yang memperlihatkan kehidupan pinggiran seperti ini, lebih terasa dekat saja dengan saya secara pribadi karena saya tidak berasal dari kalangan atas, meskipun tentu saja suatu hari saya berharap bisa hidup dan menjadi bagian dari kalangan kelas atas, hehe.

Film ini awalnya akan diberikan judul sama dengan judul bukunya, namun kemudian diubah menjadi "Lion". Lalu, kenapa diberi judul demikian? Ternyata, Saroo selalu salah dalam menyebutkan namanya, nama aslinya adalah Sheru yang memiliki arti lion. Dari situlah judul film ini didapat.

Overall, "Lion" adalah film menarik yang diambil dari kisah nyata. Sebuah kisah yang jarang kita temui. Akting luar biasa dari para pemainnya ditambah naskah skenario yang solid berhasil memberikan kita suguhan drama menyentuh yang sesuai porsinya.

Nilai: 7/10

Keywords: Review & Ulasan Film Lion (2016), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Sinopsis, Full Movie Download Subtitle Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer

Posting Komentar untuk "Lion (2016), Kisah Nyata Seorang Bocah India yang Berpisah dengan Keluarganya"