Bullet Echo, Sajian Baru dalam Genre Battle Royale

Bullet Echo adalah sebuah game battle royale yang beda dari yang lain dan menyuguhkan sesuatu yang baru terutama dari gameplay-nya yang unik.
Bullet Echo, Sajian Baru dalam Genre Battle Royale.jpg

Genre battle royale saat ini memang menjadi idola dan bisa dibilang paling laris dimainkan banyak orang. Apalagi dengan mulai merambahnya game-game battle royale ke perangkat ponsel pintar membuat pemainnya semakin bertambah. Di tengah game-game battle royale di ponsel Android seperti PUBGM dan Free Fire, ada sebuah game battle royale yang terkesan sederhana namun memberikan keseruan yang serupa dengan sajian yang berbeda.

Datang dari pengembang game populer Cut the Rope dan CATS: Crash Arena Turbo Stars yakni Zeptolab, Bullet Echo menawarkan sebuah game battle royale yang beda dari yang lain dari sisi gameplay-nya. Game ini dirilis pada 25 Mei 2020 dan tersedia secara gratis untuk Android serta iOS.

Kalian tak perlu khawatir dengan spesifikasi ponsel kalian, game ini tidak seperti game battle royale kebanyakan yang memerlukan spesifikasi ponsel yang tinggi. Bullet Echo bisa kalian mainkan di ponsel spesifikasi rendah sekalipun.

Seperti game battle royale pada umumnya, kita akan saling membunuh dengan pemain lainnya di sebuah peta atau tempat yang sudah disediakan. Tempat pertempuran di game ini ada beragam. Yang paling membedakan dari game battle royale biasanya adalah sudut pandang yang menggunakan top view alias sudut pandang dari atas. Dan jangkauan penglihatan kita pun dibatasi dengan cahaya senter yang karakter kita bawa. Daerah yang tidak tersorot oleh cahaya senter kita itu akan terlihat gelap dan kalaupun ada orang lain disana kita tidak bisa melihatnya. Tapi, jika orang tersebut bergerak akan terlihat jejak kaki, itupun jika mereka berlari, jika berjalan dengan pelan, jejak kaki tersebut tidak akan muncul. Pergerakan kalian bagi musuh kalian juga begitu, musuh akan bisa mendengar langkah kaki dan jejak kaki kalian jika kalian berlari. Selain pergerakan, melakukan tembakan juga akan membuat posisi kalian diketahui oleh lawan, dan sebaliknya.

Kontrol di game ini cukup sederhana. Tidak ada tombol untuk menembak, kalian akan otomatis menembak ketika musuh berada di area tembak kalian. Untuk mengambil item entah itu peluru, medkit ataupun armor kalian cukup berdiri di atas item tersebut maka kalian akan otomatis mengambilnya.

Untuk mode permainan, saya sendiri baru mencoba 3 mode permainan di game ini. Yang pertama adalah mode battle royale, dimana kita akan bergabung dalam tim yang beranggotakan 3 orang, ada 5 tim, jadi total pemain ada 15 tim. Seperti battle royale biasa, tim kalian harus jadi yang terakhir bertahan. Satu kali permainan di game ini bisa selesai kurang dari 10 menit, bahkan mungkin bisa kurang dari 5 menit. Mode yang kedua adalah King of the Hill. Hampir sama seperti mode battle royale, hanya saja disini kita bermain secara solo alias sendirian tanpa bergabung dengan tim. Mode lainnya adalah Sabotage. Mode ini adalah mode dimana kita bergabung dalam satu tim berjumlah 5 orang dan akan berperan sebagai orang yang meledakan bom atau yang harus menghentikan ledakan bom tersebut. Mode yang sudah biasa hadir di berbagai game tembak-tembakan, buat kalian yang sering main game tembak-tembakan di Android pasti sudah tak asing dengan mode permainan Sabotage di Bullet Echo. Sepertinya memang masih ada mode permainan lainnya, tapi sepanjang saya bermain game ini, baru 3 mode itu yang bisa saya mainkan.

Untuk senjata itu tergantung karakter yang kalian gunakan. Setiap karakter punya senjatanya masing-masing. Setiap karakter juga punya kemampuan khususnya masing-masing, ada yang bisa mengeluarkan perisai, hingga melihat posisi musuh terdekat. Untuk membuka kemampuan khusus tersebut, karakter kalian harus mencapai level tertentu. Kalian juga memasangkan berbagai equipment pada karakter kalian, setiap equipment bisa berpengaruh entah itu pada jarak pandang, waktu reload senjata atau pada kecepatan pergerakan karakter kita. Di game ini ada baterai dan mur, baterai untuk meng-upgrade kemampuan khusus, sementara mur untuk meng-upgrade equipment, keduanya sangat penting untuk membuat karakter yang kita gunakan lebih kuat nantinya.

Karakter, senjata, baterai, mur, koin dan equipment di game ini bisa kalian dapatkan dari sebuah peti. Peti bisa dibuka setelah kalian menyelesaikan tugas atau misi yang diberikan, tenang saja, tugas yang diberikan tergolong mudah jadi saya yakin kalian akan sering membuka peti di game ini.

Untuk grafis jangan berharap banyak, sudah saya bilang game ini bisa dimainkan dengan lancar di ponsel Android dengan spesifikasi rendah jadi sudah pasti grafisnya bukan yang kelas atas. Grafis Bullet Echo disajikan dengan kartun, tapi itu sebenarnya tak masalah, game ini masih tetap seru untuk dimainkan. Lagipula, game bukan melulu tentang grafis yang memanjakan mata, jika game tersebut punya keunikan tersendiri, rasanya grafis bisa jadi pertimbangan nomor sekian.

Overall, Bullet Echo adalah sebuah game battle royale yang layak untuk dicoba, sekadar untuk bersenang-senang mencoba sesuatu yang baru dalam genre game battle royale. Tak perlu ekspektasi berlebihan ketika memainkan game ini.

Nilai: 7/10

Biar pas main kalian enggak keganggu sama keringat di jempol, kalian bisa coba beli sarung jempol yang bakal bikin kalian terus betah mainin game kaya game Bullet Echo ini dalam waktu lama tanpa khawatir keringat bakalan bikin kalian enggak nyaman. Harganya murah-murah lho! Link pembeliannya ada di bawah ini ya!
=> https://c.lazada.co.id/t/c.0CgEtf
=> https://c.lazada.co.id/t/c.0CgHKa
=> https://c.lazada.co.id/t/c.0CTY2D (Kualitas terbaik)

Catatan:
- Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur dan informasi tentang game di artikel ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.
- Game mungkin dirilis juga di platform lain, tapi postingan ini khusus membahas game Bullet Echo yang dirilis di platform Android.

Keywords: Game Bullet Echo Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android