Sofia dari Clairo, Lagu Viral tentang Lesbian

"Sofia" adalah sebuah lagu dari Clairo yang menceritakan tentang pertama kalinya Clairo merasakan naksir pada sesama wanita.
Sofia dari Clairo, Lagu Viral tentang Lesbian.jpg

Lirik Lagu Sofia dari Clairo

I think we could do it if we tried
If only to say, you're mine
Sofia know that you and I
Shouldn't feel like a crime

I think we could do it if we tried
If only to say, you're mine
Sofia know that you and I
Shouldn't feel like a crime

You know
I'll do anything you ask me to
But oh my god
I think I'm in love with you

Standing here alone now
Think that we can drive around
I just want to say
How I love you with your hair down
Baby you don't got to fight
I'll be here til the end of time
Wishing that you were mine
Pull you in, it's alright

I think we could do it if we tried
If only to say, you're mine
Sofia know that you and I
Shouldn't feel like a crime

Honey, I don't want it to fade
There's things that I know could get in the way
But, I don't want to say goodbye
And I think that we could do it if we tried

I think we could do it if we tried
If only to say, you're mine
Sofia know that you and I
Shouldn't feel like a crime

I think we could do it if we tried
I think we could do it if we tried

Sofia know that you and I
Shouldn't feel like a crime
Sofia know that you and I
Shouldn't feel like a crime

"Sofia" merupakan lagu dari Clairo yang masuk ke album "Immunity". Album "Immunity" sendiri merupakan debut album studio dari Clairo yang dirilis pada 2 Agustus 2019 di bawah naungan label Fader. Sementara lagu "Sofia" ini menjadi singel ketiga di album tersebut menemani "Bags" dan "Closer to You". Lagu berdurasi 3 menit 8 detik ini dirilis pada 26 Juli 2019 dan dicipitakan oleh Clairo serta Rostam Batmanglij. Lagu ini berhasil mendapatkan ketenaran setelah viral di aplikasi berbagi video TikTok, membuatnya masuk dalam tangga lagu Billboard Hot 100 lebih dari setahun setelah perilisannya sekaligus juga menjadi lagu pertama Clairo yang mampu masuk tangga lagu paling bergengsi di Amerika Serikat tersebut.

Mungkin kebanyakan dari kalian asing dengan penyanyi yang satu ini. Nama panjangnya adalah Claire Elizabeth Cottrill dan ia lahir pada 18 Agustus 1998 di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat namun ia tumbuh besar di Carlisle, Massachusetts. Di balik kesuksesannya, banyak pengguna media sosial terutama Reddit yang menduga kesuksesan Clairo ada campur tangan dari sang ayahnya yang memang bukan orang sembarangan. Penulis di The Guardian dan The Ringer juga berpendapat kalau koneksi ayahnya mempermudah penandatangan kontrak Clairo dan label Fader.

Lantas siapa ayah Clairo?

Ayah dari Clairo adalah Geoff Cottrill. Ia merupakan marketer yang pernah menjabat posisi penting di beberapa perusahaan kelas atas seperti Procter & Gamble, Converse, Starbucks dan Coca-Cola. Pada 2014, ia menjabat sebagai wakil ketua di MusiCares, sebuah organisasi filantropis yang berasosiasi dengan Grammy Awards, salah satu ajang penghargaan musik terbesar di Amerika Serikat. Koneksi Geoff dengan Jon Cohen, pendiri label Fader kemungkinan besar menjadi faktor yang memudahkan penandatangan kontrak Clairo dan label tersebut.

Benar tidaknya terjadi nepotisme dalam perjalanan karier Clairo itu masih jadi hal yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Yang pasti, lagu-lagu Clairo cukup bisa diterima oleh para penikmat musik. Album "Immunity"-nya bahkan berhasil menjadi pemenang dalam kategori Album of the Year pada ajang penghargaan Boston Music Awards dan ia juga menjadi pemenang Best New Act in the World di ajang NME Awards.

Saat ini sudah banyak orang yang meng-cover alias menyanyikan ulang lagu "Sofia" dari Clairo di YouTube. Lagu ini memang sedang populer. "Sofia" dibawakan dengan musik yang terkesan meriah tapi terdengar santai, apalagi suara Clairo yang memang terdengar indah. Musik di lagu ini mungkin bisa dibilang musik lo-fi ya, koreksi jika saya salah, memang saat ini musik jenis lo-fi sudah mulai digandrungi khususnya oleh anak muda. Tapi, tahukah kalian kalau ternyata lagu ini bermakna tentang cinta sesama jenis lebih tepatnya disini adalah lesbian.

Di awal saya sudah mulai curiga, judulnya saja Sofia, terdengar seperti nama wanita dan yang menyanyikan lagu ini juga adalah wanita. Setelah mendengarkan liriknya, saya semakin yakin ini lagu tentang lesbian dan ternyata memang benar ini lagu tentang lesbian. Jika ini adalah lagu tentang lesbian apakah Clairo juga seorang lesbian? Jawabannya, iya. Clairo sudah mengkonfirmasi lewat media sosial kalau dia memang memiliki ketertarikan pada sesama jenis. Lagu "Sofia" sendiri diambil dari pengalaman pertama Clairo merasakan naksir pada perempuan yang lebih tua darinya yang ia lihat di media.

Lirik lagu ini terus menekankan tentang Clairo yang mencoba memperjuangkan perasaanya pada si wanita yang bernama Sofia. Ia mengatakan kalau hubungan mereka mungkin bisa berhasil jika mereka berani mencoba. Meskipun hubungan yang mereka jalani bukanlah hubungan normal pada umumnya.

Di Indonesia sendiri setahu saya hubungan sesama jenis masih dilarang karena bertentangan dengan hukum agama Islam yang menjadi agama mayoritas rakyat Indonesia. Sementara di belahan dunia lainnya seperti Eropa dan Amerika sepertinya sudah lebih terbuka mengenai hubungan sesama jenis. Membahas hal semacam ini memang agak sensitif dan bisa menyinggung beberapa pihak.

Baca juga: At My Worst dari Pink Sweats, Komitmen Saling Mencintai dengan Tulus

Overall, "Sofia" memang sebuah lagu tentang lesbian dan jika kalian meresa terganggu dengan maknanya itu hal yang wajar apalagi jika kalian orang Indonesia yang memang masih tabu membahas hubungan sesama jenis. Tapi, mengesampingkan maknanya, lagu ini memang enak didengar dengan suara lembut Clairo dan musik yang juga tak kalah menarik.

Keywords: Review Lirik Lagu Sofia dari Clairo, Mp3, Audio, Download, Unduh, Ulasan, Trivia, Informasi Lengkap, Terbaru, Kabar, Update, Fakta Unik, Artinya, Makna, Lirik Terjemahan Bahasa Indonesia, Video Klip, Video Music, Latar Belakang, Interpretasi, Chord, Kunci Gitar, Reff, Acoustic, Acapella, Akustik, Cover