Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Rapper Indonesia Terbaik

Rapper Indonesia Terbaik.jpg

Setiap orang punya rapper pilihan mereka masing-masing ketika ditanya siapa rapper Indonesia terbaik, kecuali orang yang tidak suka musik rap. Saya sendiri membuat daftar ini untuk menyampaikan opini saya tentang siapa saja rapper tanah air yang pantas disebut rapper terbaik dan punya talenta.

Musik rap di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak lama hanya saja stigma negatif dari masyarakat sudah menempel pada musik rap. Musik rap sendiri merupakan salah satu unsur kultur Hiphop. Genre musik yang mempunyai ciri khas teknik vokal yang cepat ini identik dengan kata-kata kotor dan vulgar. Itulah kenapa musik rap kadang dipandang sebelah mata dan selalu disebut genre musik paling tidak sopan dibanding genre musik lainnya.

Di Indonesia, penggemar musik rap tidak terlalu banyak jika dibanding penggemar musik pop atau dangdut. Itu wajar karena musik rap tidak terlalu mendapat dukungan dari media berbeda dengan pop atau dangdut yang terus menerus tampil di media terutama TV. Tapi, setelah adanya YouTube, para rapper jadi lebih mudah menyebarluaskan lagu-lagu mereka.

Kalau untuk saya semua genre musik saya suka termasuk musik rap. Saya suka lagu rap karena lagu rap memiliki tema yang luas, tak melulu soal percintaan. Musik rap menyuguhkan lagu tentang kritikan terhadap permasalahan sosial, kritikan terhadap pemerintah, tentang persahabatan dan keluarga. Kalaupun ada lagu rap yang bertemakan percintaan pasti tidak lebay tapi tetap ngena di hati.

Berbeda dengan genre musik kebanyakan yang mengutamakan keindahan suara si penyanyi, musik rap tidak seperti itu. Musik rap lebih mengutamakan kualitas lirik karena kepanjangan dari rap itu adalah "Rima, Artikulasi, Puisi". Jadi, kualitas lagu rap bisa dilihat dari keindahan liriknya.

Selain dari lirik, lagu rap yang memiliki kualitas memiliki pesan yang bagus dan jelas entah itu sindiran, dukungan ataupun kritikan. Lagu rap yang tidak jelas maknanya dan cuman pamer gaya doang itu menandakan kalau lagu rap itu tidak berkualitas.

Buat kalian yang berpendapat kalau lagu rap itu isinya hanya kata-kata kasar dan ngebahas selangkangan doang coba deh cari tahu lebih banyak lagu rap karena pada kenyataannya banyak lagu rap yang memiliki makna yang mendalam dan jauh dari hal-hal negatif.

Kali ini saya akan mencoba membuat daftar rapper Indonesia terbaik menurut penilaian saya.

Saya bukanlah orang yang paham betul masalah musik rap, jadi daftar ini tidak bisa menjadi patokan siapa rapper terbaik di Indonesia. Setiap orang akan punya nama-nama berbeda untuk daftar ini, itu hal yang wajar. Jika rapper favorit kalian tidak ada di daftar ini, bukan berarti rapper favorit kalian itu jelek, bisa saja saya belum tahu dengan rapper tersebut atau lagu-lagunya memang tidak cocok di telinga saya, kembali lagi ini masalah selera.

Berikut 10 Rapper Indonesia Terbaik Versi AzizPedia

1. Iwa K

Iwa Kusuma atau biasa dipanggil Iwa K adalah rapper asal Bandung yang sudah aktif menjadi seorang rapper sejak 1990-an. Dia adalah legenda Hiphop Indonesia yang membuat musik rap dikenal di Nusantara. Meskipun pada awal kariernya saat itu mayoritas orang lebih suka musik rock tapi Iwa K tetap dengan musik rapnya. Jadi, tak aneh ia disebut sebagai legenda dan semua rapper Indonesia menaruh hormat padanya.

Sepertinya tak perlu dipertanyakan lagi kenapa saya memasukkan Iwa K kedalam daftar ini karena saya yakin siapapun yang membuat daftar rapper terbaik di Indonesia pasti memasukkan nama Iwa K kedalam daftar tersebut. Keterlaluan kalau sampai tidak dimasukkan, secara dia itu living legend-nya Hiphop Indonesia.

2. 8 Ball

Muhammad Iqbal a.k.a. 8 Ball adalah rapper asal Maluku yang memulai karier sebagai rapper pada tahun 2003. Ia dikenal sebagai "Si Lidah Nista" karena lagu-lagunya yang banyak menggunakan kata-kata kasar dan ia juga sering menyerang lewat lagu atau istilah kerennya nge-diss musisi atau artis lain. Kangen Band adalah salah satu korban keganasan lagu diss dari 8 Ball.

8 Ball punya kelompok rapper bernama The Bakutumbu dan musuh The Bakutumbu adalah G-Town. G-Town adalah kelompok rapper asal Gorontalo dan Manado yang beranggotakan Daboe-Daboe, Polung ku, Chalz, Young-Q, Ecko show, dan Kreepeek. Perseteruan antara The Bakutumbu dan G-Town adalah konflik terbesar dalam sejarah Hiphop Indonesia. Namun, sepertinya sekarang konflik tersebut sudah mulai mereda dan padam dengan sendirinya.

8 Ball sekarang merubah image-nya menjadi lebih sopan dan tahu batas serta aturan. Sebenarnya banyak juga lagu 8 Ball yang memiliki lirik yang indah dan jauh dari kata-kata kotor seperti "Aku Lelaki", "Biar", "Dream" dan masih banyak lagi. Bahkan kalau kaliam mau tahu lebih banyak lagu 8 Ball kalian akan sadar kalau lagu-lagu 8 Ball tak seberengsek seperti yang orang-orang bilang.

8 Ball adalah rapper yang pandai sekali merangkai kata dan ia juga pandai mengambil tema dari persoalan di kehidupan sehari-hari untuk diangkat kedalam lagu. Menurut saya 8 Ball adalah rapper dengan tema lagu yang luas, ia bisa membuat lagu cinta, persahabatan, keluarga, motivasi dan lain sebagainya. Instrumen musik yang dipakai sebagai pengiring lagu-lagu 8 Ball juga cukup bervariasi, tidak melulu musik beat DJ seperti rapper-rapper pada umumnya kadang 8 Ball hanya menggunakan permainan gitar untuk musik lagunya dan itu tak mengurangi kualitas lagunya malah justru menambah keunikan lagunya.

3. Saykoji

Setelah era Iwa K mulai meredup maka muncul Saykoji dengan lagu-lagu rap yang lebih modern. Lagu yang pasti di ingat oleh semua orang dari rapper bernama asli Ignatius Rosoinaya Penyami ini adalah lagu "Online". Lagu tersebut sempat tenar beberapa tahun lalu dan mengangkat nama Saykoji semakin tinggi di dunia Hiphop.

Tak seperti rapper kebanyakan, Saykoji tergolong rapper yang jarang menggunakan kata-kata kotor di lagunya karena itulah ia mudah diterima dan diekspose media. Selain itu, harus diakui Saykoji adalah rapper Indonesia paling lancar ngerap dengan bahasa Inggris. Kemampuan ngerap dalam bahasa Inggris-nya setara dengan rapper-rapper luar.

Rapper yang lahir pada tanggal 8 Juni 1983 di Balikpapan ini juga berkarier sebagai aktor, salah satu film yang dibintanginya adalah "5 cm".

4. Ecko Show

Ecko Show adalah rapper asal Gorontalo yang mejadi rapper sejak tahun 2006 dan lagu pertama yang diciptakannya adalah "Pukako" yang merupakan bahasa Gorontalo yang artinya "Penakut". Istianto Eko Poernomo adalah nama asli Ecko Show sementara nama Ecko Show adalah nama panggilan yang diberikan teman-temannya semasa SMA. Ia merupakan anggota kelompok rapper G-Town dan sempat menjadi musuh berat 8 Ball.

Lirik dengan kata-kata kotor dan vulgar sudah menjadi ciri khas dari rapper kelahiran 17 September 1986 ini. Kekuatan lagu Ecko Show ada di beat musiknya yang asyik dipadukan dengan lirik nakal tapi menarik contohnya seperti di lagu "Kids Jaman Now" dan "Mantan Sombong". Biasanya rapper yang mengutamakan beat musiknya kadang liriknya tidak menarik tapi Ecko Show tetap mempertahankan kualitas liriknya.

Untuk saat ini Ecko Show sering membuat lagu dari hal-hal yang sedang ramai diperbincangkan, hasilnya cukup berhasil menarik perhatian banyak orang.

5. Fade 2 Black

Fade 2 Black adalah sebuah grup rap yang beranggotakan Titz, Santoz, Lezzano dan Nizto. Grup rap yang satu ini dikenal lewat sebuah proyek kolaborasinya bersama Bondan Prakoso. Bondan & Fade 2 Black seketika menjelma menjadi idola baru dengan musik yang unik. Beberapa genre musik dicampurkan oleh Bondan & Fade 2 Black dengan vokalnya yang mengarah ke rap.

Bekerja sama sejak tahun 2004, setelah 10 tahun tapatnya tahun 2014 Bondan Parkoso dan Fade 2 Black memilih untuk berpisah dan berkarier dengan jalan masing-masing. Perpisahan dengan Bondan Prakoso membuat Fade 2 Black merekrut kembali Nizto, mantan anggota Fade 2 Black sebelum bekerja sama dengan Bondan Prakoso.

Masa keemasan Fade 2 Black sebenarnya disaat mereka masih berkolaborasi dengan Bondan Prakoso. Lagu-lagu mereka mudah diterima di masyarakat karena tidak mengandung kata-kata kotor dan dibanding rapper lain mungkin lagu-lagu Fade 2 Black adalah yang paling sering diputar di televisi. Selain itu, grup ini sangat minim kontroversi, itulah yang membuat saya yakin untuk memasukkan Fade 2 Black ke dalam daftar ini. Lagu-lagu Fade 2 Black yang enak di dengar kebanyakan ketika masih dalam proyek musik bersama Bondan Prakoso seperti "Bunga", "Hidup Berawal Dari Mimpi", "Ya Sudahlah" dan "Kita Selamanya".

6. Explicit Verbal

Explicit Verbal atau biasa disingkat EV adalah nama panggung untuk rapper asal Bekasi bernama Aditya Ewangga. Mungkin nama Explicit Verbal terdengar asing ditelinga kalian, saya sendiri tahu dia setelah saya menyukai lagu rap jadi untuk kalian yang tidak menyukai lagu rap atau baru menyukai lagu rap pasti tak mengenal Explicit Verbal.

Lirik dalam lagu-lagu Explicit Verbal saya menyebutnya cerdas menusuk. Lagu-lagunya tidak ada yang mellow atau sedih melainkan fun dan ceria tapi tetap tak mengesampingkan kualitas makna. Kenapa saya sebut liriknya cerdas menusuk? Karena meskipun fun dan terdengar "tidak serius" tapi sindiran di setiap lagu pas dan nonjok banget. Seperti lagu "Duit Ibu Dan Ayah", "Gelang" dan "Masalah TV". Semuanya di kemas dengan ceria tapi sindirannya luar biasa kena.

Explicit Verbal juga jago membuat lagu-lagu rap bertemakan tentang percintaan. Tunggu dulu, lagunya tidak lebay kok, justru terkesan lucu namun enak di dengar. Contohnya lagu "Dusta", "Lelah" dan "Mau Jawab Kapan?".

7. Kungpow Chicken

Jika kalian mencari lagu rap yang vulgar abis maka lagu-lagu dari Kungpow Chicken jawabannya. Kungpow Chicken sendiri adalah grup musik rap yang beranggotakan Andi, Dorizo, Dr. D.O.S dan DJ Jojo. Sempat dinyatakan bubar pada tahun 2011, sepertinya Kungpow Chicken kembali lagi. Itu bisa dilihat dari channel Youtube yang mereka buat dan mulai ada lagu baru yang mereka upload.

Mereka memang dikenal berani membuat lagu yang memiliki lirik yang sangat menjurus ke seks. Lagu Kungpow Chicken memang bukanlah konsumsi semua umur terutama anak-anak jangan sampai mendengarkan lagu mereka. Meskipun begitu tak bisa dipungkiri kalau lagu Kungpow Chicken asyik dan enak di dengar. Ya, lagu mereka memang berisikan hal-hal negatif jadi cukup jadikan sebagai hiburan saja.

8. N.Y.C.O.

Jika sobat bertanya siapa rapper terbaik soal freestyle maka saya akan menjawab Nicolas a.k.a. N.Y.C.O. Sampai saat ini N.Y.C.O adalah rapper dengan kemampuan freestyle terbaik yang saya tahu. Bisa kalian cek di Youtube bagaimana kerennya dia freestyle.

N.Y.C.O adalah anggota kelompok rapper Chabullz Famz yang mengusung genre humor rap. Ya, lagu-lagunya semuanya mengutamakan kelucuan. Suara N.Y.C.O sebenarnya jauh dari kata merdu tapi lebih ke unik. Ia sadar bagaimana tipe suaranya dan ia tahu cara ngerap mana yang cocok dengan suaranya, akhirnya ia menjadi salah satu rapper paling inovatif di Indonesia. Suara yang khas, cara ngerap yang beda dari yang lain dan freestyle rap tingkat dewa sudah cukup mambuat namanya layak masuk daftar rapper Indonesia terbaik.

9. Eizy

Eizy merupakan salah satu rapper Indonesia yang berkualitas. Nama aslinya adalah Ery Lutfi, dia sudah menyukai musik rap sejak tahun 2007 dan mulai menjadi rapper sejak tahun 2010.

Beat yang biasanya digunakan dalam lagu Eizy itu slow dan flow-nya asyik banget. Tak lupa kualitas liriknya juga diatas rata-rata dengan makna yang luar biasa. Buat kalian yang suka lagu rap yang tidak berisik maka coba dengarkan lagu Eizy, ada juga lagu Eizy yang beat-nya cukup berisik tapi kebanyakan lagu Eizy yang saya tahu itu slow. Lirik Eizy itu terkesan modern, berwawasan dan kaya akan kosakata, itu yang membuat saya suka lagu-lagunya.

10. Rich Brian

Rich Brian adalah nama panggung untuk rapper muda Indonesia, Brian Imanuel. Dulu nama panggungnya adalah Rich Chigga namun pada awal tahun 2018 nama panggungnya diganti menjadi Rich Brian karena kata Chigga dirasa memiliki makna yang sensitif untuk orang Amerika Serikat.

Rich Brian adalah sebuah fenomena di dunia Hiphop Indonesia, ia sudah disebut memiliki bakat oleh rapper-rapper internasional, kariernya pun sudah mendunia bukan lagi sebatas Indonesia saja. Lagu yang berhasil mendongkrak popularitasnya adalah lagu "Dat $tick", setelah kesuksesan lagunya tersebut Rich Brian akhirnya mantap untuk menjadi seorang rapper. Karena menyasar pasar internasional sudah barang tentu lagu-lagunya berbahasa Inggris tapi yang mengejutkan adalah ternyata kemampuan Rich Brian dalam berbahasa Inggris ia dapat secara otodidak dari video-video di Youtube.

Minim kontroversi, karya sudah terbukti, pintar bahasa Inggris dan pengakuan dari rapper dunia di usianya yang masih muda membuatnya menjadi salah satu rapper masa depan yang akan terus melestarikan musik rap baik di Indonesia ataupun di seluruh dunia.

Itulah daftar 10 rapper Indonesia terbaik versi AzizPedia. Daftar di atas dibuat murni menurut penilaian saya saja jadi pasti tidak bersifat objektif. Bila ada diantara kalian yang tidak setuju itu wajar. Jika kalian punya daftar rapper Indonesia terbaik versi kalian sendiri silakan tulis di kolom komentar di bawah.

Selain rapper-rapper diatas masih ada rapper lainnya yang menurut saya lumayan berkualitas dan masih saya rekomendasikan untuk kalian dengarkan lagunya seperti Lil Zi, Sufte, Ben Utomo, Ebith Beat A, Soul ID, Mizta D, Ucok Munthe, Mr.Ginting, JFlow, Laze, Sonjah, Niska, Nayaka, Lil O dan G.O.D. Jika kaliam ingin mendengarkan lagu rap religi silakan dengarkan lagu dari Im Hafidz atau Ibnu The Jenggot, jangan kira lagu rap tak ada yang mengingatkan kita pada Tuhan.

Keywords: daftar nama, kenapa rapper kulit hitam, apa bahasa indonesia rapper, rapper dari indonesia, terbaik, terbaru, timur, tercepat, yang mendunia, tts, rapper indonesia go internasional

Posting Komentar untuk "10 Rapper Indonesia Terbaik"