Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Elona Mobile, Terlalu Kompleks dan Rumit, Menyenangkan atau Malah Bikin Pusing?

Elona Mobile, Terlalu Kompleks dan Rumit, Menyenangkan atau Malah Bikin Pusing?.jpg

Elona Mobile bisa dibilang game yang masih baru di Android, game ini dirilis secara resmi di Play Store tanggal 17 April 2021. Sebelum ke perangkat mobile, game Elona ini ternyata sudah hadir di perangkat PC. Versi mobile-nya ini dikembangkan oleh developer LTGAMES GLOBAL.

Elona Mobile hadir dalam genre RPG dan open-world dengan tampilan pixel. Game ini bisa kalian download secara gratis di Play Store. Selain tersedia untuk Android, versi mobile-nya ini juga tersedia untuk iOS. Untuk spesifikasi, sepertinya kalian tak membutuhkan ponsel dengan spesifikasi terlalu tinggi, game ini masih cukup ramah untuk ponsel dengan spesifikasi kelas bawah, asal jangan terlalu bawah juga sih.

Sedikit berbicara tentang developer LTGAMES GLOBAL yang mengembangkan game Elona Mobile ini. Saya pernah memainkan salah satu game Android dari developer yang satu ini yaitu Fury Survivor: Pixel Z, kesamaannya dengan Elona Mobile yaitu tampilannya yang juga pixel. Saya cukup terhibur dengan Fury Survivor: Pixel Z dan pernah memainkannya dalam waktu yang lumayan lama, sampai akhirnya gamenya jadi sepi dan sedikit pemainnya. Yang harus saya akui adalah tampilannya yang pixel sangatlah memuaskan, jadi untuk Elona Mobile ini saya tidak berekspektasi pada cerita dan gameplay, melainkan pada grafis pixel-nya karena sang developer terbukti pernah membuat game pixel dengan hasil tampilan yang bagus jadi rasanya tak berlebihan jika kita berharap banyak pada grafis di Elona Mobile.

Seperti kebanyakan game RPG pada umumnya, game Elona Mobile ini juga punya cerita yang cukup menarik. Cerita dimulai dengan sebuah kapal yang terkena badai dimana kita menjadi penumpangnya. Ternyata kapal tersebut berisi orang-orang yang hendak melarikan diri dari Etherwind yang bermutasi. Karakter yang kita mainkan kemudian terdampar di sebuah tempat bernama North Tyris, sebuah tempat aneh dan berbahaya yang ternyata disana juga sedang terjadi konflik.

Jujur saja progres bermain saya di game ini belum panjang tapi entah kenapa saya sudah menyukai ceritanya dan feeling saya cerita di Elona Mobile ini akan seru. Jadi, ada semacam konflik antara kerajaan di cerita game ini, sementara disamping konflik itu ada makhluk lain yang mengancam keamanan kerajaan-kerajaan tersebut. Ini mengingatkan saya pada cerita "Game of Thrones". Maaf, jika penjelasan saya keliru karena saya belum panjang mengikuti cerita di gamenya dan pemahaman saya tentang Bahasa Inggris juga belum sempurna. Ya, sayangnya game ini memang masih disajikan dengan Bahasa Inggris, jadi ceritanya tidak akan bisa dinikmati secara maksimal oleh orang-orang yang masih belum paham betul Bahasa Inggris. Tapi, setidaknya untuk permulaan game ini punya potensi dari segi ceritanya.

Game ini harus dimainkan secara online, tidak bisa offline. Apakah ini game online multiplayer dimana kita bisa bertemu pemain lainnya? Entahlah, saya belum mengetahuinya, karena seperti yang saya bilang, progres bermain saya di game ini belum terlalu panjang.

Jika kalian membaca deskripsi game ini di Play Store, sang developer menulis di deskripsinya "its open-world nature and complex system may confuse you initially, but will surely keep you fascinated sooner or later!". Developer bilang kalau game ini game open-world, ya itu benar, developer juga bilang sistem yang kompleks dari game ini mungkin akan membingungkan untuk pemain baru, ya itu juga benar dan saya merasakannya sendiri. Sistem di game ini sangatlah kompleks bahkan di beberapa bagian terasa terlalu rumit. Jujur saya tidak menikmati hal tersebut. Tapi, developer juga menuliskan cepat atau lambat kita akan tertarik dan merasa nyaman memainkan sistem yang kompleks tersebut, apakah demikian? Mungkin itu tergantung perspektif tiap orang, bagi saya, saya tidak pernah mencapai kata tertarik atau nyaman dengan sistem kompleks di game ini. Alasan saya berhenti memainkan game ini saat progres bermain saya belum jauh karena sistem yang kompleks tersebut, padahal saya sudah lumayan menikmati dan penasaran dengan ceritanya.

Memangnya sekompleks apa sih sistem permainan di Elona Mobile? Saya tidak bisa menjelaskannya, kalian harus memainkannya sendiri, karena bisa saja untuk sebagian dari kalian justru sistem permainan di Elona Mobile sangat menarik dan menghibur, selera orang berbeda-beda.

Untuk kontrol di Elona Mobile ada kontrol virtual D-pad dan juga mode tap, kalian bisa mengaktifkan salah satunya atau keduanya sekaligus, itu terserah kalian. Untuk tombol attack dan skill ditempatkan di bagian sudut kanan bawah, seperti game kebanyakan.

Selain cerita, grafis pixel Elona Mobile juga bagus dan sesuai ekspektasi saya. LTGAMES GLOBAL kembali sukses menyuguhkan game pixel dengan grafis memukau, tentunya untuk sekelas game pixel ya. Untuk musik juga cukup unik, di beberapa bagian musiknya ada kesan game farming layaknya Harvest Moon atau Stardew Valley, wajar juga sih, karena di Elona Mobile ini katanya kita juga bisa menjadi petani. Ya, game ini sebenarnya cukup keren, kalian bisa menjadi petani, kesatria bahkan penjahat.

Overall, Elona Mobile adalah game RPG yang menarik dari segi cerita dan grafis pixel-nya. Sayangnya, sistem yang terlalu kompleks akan kurang disukai oleh sebagian orang, saya salah satunya.

Nilai: 6/10

Catatan:
- Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur dan informasi tentang game di artikel ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.
- Game mungkin dirilis juga di platform lain, tapi postingan ini khusus membahas game Elona Mobile yang dirilis di platform Android.

Keywords: Game Elona Mobile Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android, bahasa indonesia, build, best race, ally, arsenal, alien, adventure life, add friend, ally tier list, redeem code, guide

Posting Komentar untuk "Elona Mobile, Terlalu Kompleks dan Rumit, Menyenangkan atau Malah Bikin Pusing?"