The Spike - Volleyball Story, Game Voli di Android yang Masih Jauh dari Kata Memuaskan

The Spike adalah sebuah game bertemakan bola voli di Android yang bisa dibilang masih baru, sayangnya game ini masih jauh dari kata memuaskan.
The Spike - Volleyball Story, Game Bola Voli di Android yang Masih Jauh dari Kata Memuaskan.jpg

Saya sebenarnya bukan orang yang suka dengan olahraga bola voli, baik itu memainkannya atau menontonnya saya kurang berminat. Tapi jika ada game yang bertemakan bola voli, tak ada salahnya saya memainkannya, apalagi jika itu game Android. Beberapa waktu lalu saat saya melihat game-game baru yang dirilis, saya menemukan sebuah game bertemakan bola voli bernama The Spike - Volleyball Story (Selanjutnya akan saya sebut The Spike saja), saya mulai penasaran dengan game tersebut.

The Spike dirilis pada 27 April 2021 dan dikembangkan oleh developer DAERISOFT. Game ini tersedia di Play Store secara gratis. The Spike bisa kalian mainkan dalam mode online maupun offline, tapi memainkannya dalam mode offline lebih nyaman karena terhindar dari iklan, lagi pula tak ada fitur yang mengharuskan kita tersambung ke internet di game ini, setidaknya sampai saat ini. Game ini tergolong game ringan yang bisa dimainkan di ponsel kelas entry-level. Tapi, apakah game ini seru? Percuma juga game ringan kalau tidak seru untuk dimainkan.

Saat saya melihat preview game ini, saya jadi teringat dengan sebuah game bernama Bulutangkis Liga. Banyak aspek yang saya rasa serupa dengan game tersebut, sebut saja grafis dan sudut pandang side-view untuk game olahraga. Pokoknya, kesan yang dirasakan ketika memainkannya cukup sama. Saya sempat berpikir keduanya berasal dari developer yang sama tapi ternyata tidak. Ketika bermain Bulutangkis Liga saya cukup terhibur, apakah The Spike juga menyuguhkan hal yang serupa? Sayangnya tidak.

Yang pertama saya kritik adalah kontrolnya yang sangat-sangat susah. Saya tidak menemukan kenyamanan dalam kontrol di game ini. Di deskripsi game ini bahkan tertulis "(Peringatan) Game mungkin agak sedikit sulit. Dibutuhkan sedikit latihan untuk bisa menguasai game dalam waktu singkat". Ya, developer bahkan mungkin menyadari kontrolnya sulit jadi mereka memberikan peringatan agar kita bersiap dengan kesulitan tersebut tapi saya tidak menyangka setidak menyenangkan itu ketika mencoba memainkan game ini. Kontrolnya ada dua tipe, otomatis dan manual. Perbedaannya di mode manual kita bisa menggerakkan karakter kita, sementara di mode otomatis kita hanya mengontrol bagaimana karakter kita saat menerima bola. Keduanya tidak ada yang mudah dan sama sekali tidak menyenangkan untuk dimainkan. Tapi, mungkin developer juga tidak bohong, jika kalian bisa bersabar untuk mempelajari kontrol di game ini, kalian bisa menemukan letak keseruannya.

Game ini menggunakan sudut pandang side-view dimana setiap tim terdiri dari 3 pemain. Setahu saya olahraga bola voli normalnya lebih dari 3 pemain di setiap tim, kecuali ada olahraga turunan dari bola voli yang pemainnya 3, saya kurang tahu akan hal itu. Mungkin ini disesuaikan dengan tampilannya yang side-view. Bayangkan ada lebih dari 3 pemain, pasti tidak nyaman melihat pemain menumpuk yang dilihat dari sudut pandang samping tersebut.

Ada dua mode di game ini, yakni Story Mode dan Tournament Mode. Dalam Story Mode kita akan mengikuti cerita karakter yang kita mainkan, saya kurang tahu ceritanya bagaimana, karena untuk mengikuti ceritanya kita harus menang dalam permainan dan itu sulit sekali, makanya progres ceritanya tidak saya teruskan. Desain karakternya mirip-mirip karakter anime. Sementara mode turnamen adalah mode dimana kita mengikuti turnamen pada umumnya.

Karakter kita juga bisa kita kembangkan kemampuannya dengan koin-koin yang kita dapatkan dalam game.

Grafis game ini tampak baik-baik saja bagi saya yang memang tidak terlalu mementingkan grafis, tapi sayangnya di gameplay-nya pun game ini tak memberikan kepuasan. Kalau ada yang mau dipuji dari game ini yaitu efek suaranya. Efek suaranya memang cukup realistis, suara decitan sepatu dan suara bola yang mengenai lantai tampak terdengar nyata. Efek suara seperti ini memberikan kita nuansa lebih nyata dalam bermain voli di game ini.

Overall, ini adalah game bertemakan bola voli pertama yang saya mainkan di Android, tapi saya yakin ini bukanlah game bola voli terbaik yang ada di Android saat ini, pasti masih ada game yang setidaknya minimal memberikan kenyamanan kontrol di luar sana. Tapi, jika kalian mau lebih bersabar dan mempelajari kontrolnya lebih lama lagi mungkin kalian akan menemukan keseruan di game ini. Selain itu mode game ini masih terbilang minim, meskipun ada mode cerita yang mungkin bisa menarik jika diikuti tapi tetap saja game ini nantinya butuh update penambahan mode permainan, mode pertandingan online mungkin? Hal positif tentu ada dari segi efek suara, sayangnya itu tak berhasil menutupi buruknya game di bagian lainnya.

Nilai: 5/10

Catatan:
=> Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur, dan informasi tentang game di postingan ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.
=> Game mungkin dirilis juga di platform lain, tapi postingan ini khusus membahas game The Spike - Volleyball Story yang dirilis di platform Android.

Keywords: Game 12345 Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android, Guide, Bahasa Indonesia, Tutorial, code, coupon, kuponi