Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Lagu Indonesia Terbaik tentang Ibu

Lagu Indonesia Terbaik tentang Ibu.jpg

Ibu adalah sosok yang paling berjasa dalam hidup kita. Mengandung selama 9 bulan lalu melahirkan dengan penuh perjuangan semua itu dilakukan dengan rasa cinta yang tulus pada sang anak. Mungkin ada beberapa cerita atau kabar yang pernah kalian dengar tentang seorang ibu menelantarkan anaknya atau melakukan hal lainnya yang tidak sepatutnya, tapi itu hanya segelintir saja, pada umumnya semua ibu memiliki cinta yang tulus pada anaknya.

Karena itulah tak heran banyak hal didedikasikan untuk sosok ibu, salah satunya adalah sebuah lagu. Banyak sekali lagu-lagu bertemakan tentang ibu, semua itu adalah ucapan terima kasih untuk semua yang pernah ibu berikan. Meskipun bagaimana pun kita membalasnya, rasanya tak akan pernah melunasi setiap jasa dan kasih cinta yang diberikan oleh ibu kita. Kali ini saya akan membagikan daftar lagu-lagu Indonesia terbaik yang bertemakan tentang ibu yang pernah saya dengar.

Berikut 8 Lagu Indonesia Terbaik tentang Ibu Versi AzizPedia

1. Bunda (Potret)

"Bunda" adalah sebuah lagu dari grup band asal Jakarta, Potret. Lagu ini masuk ke album studio kedua mereka berjudul "Potret II" yang dirilis pada tahun 1997.

"Bunda" adalah sebuah lagu populer yang bertemakan tentang Ibu. Lagunya sendiri bercerita tentang kasih sayang seorang ibu yang diberikan kepada anaknya sewaktu ia kecil. Lirik puitis dan pembawaan yang lembut dari Melly Goeslaw membuat lagu ini sangat enak di dengar, bahkan cocok untuk lagu pengantar tidur.

2. Kasih Ibu (Oya ft. Raissa)

Saya yakin kalian sudah tahu dengan lagu "Kasih Ibu" ini. Ini adalah salah satu lagu anak-anak paling populer namun meskipun merupakan lagu anak-anak makna yang ada di dalam lagu ini sangatlah dalam. Lagu ini diciptakan oleh Mochtar Embut atau lebih dikenal dengan nama SM Mochtar. Ia adalah seorang pencipta lagu kelahiran 5 Januari 1934 asal Sulawesi Selatan.

"Kasih Ibu" memiliki makna tentang kasih sayang seorang ibu yang akan terus ada untuk anaknya. Lirik sederhana dari lagu ini membuatnya sangat mudah diingat, saya bahkan tidak merasa pernah menghafal lirik lagu ini sewaktu kecil, hanya dari mendengarkannya saja saya sudah ingat lirik lagu ini.

3. Ibu (Iwan Fals)

Siapa sih yang tidak tahu dengan Iwan Fals? Penyanyi yang memiliki nama asli Virgiawan Listanto ini adalah seorang penyanyi legendaris di Indonesia, gaya bermusiknya yang terkesan unik dengan menceritakan masa-masa kelam era 1970 hingga 1980-an di bidang politik dan suka menyindir para penguasa membuatnya dicintai masyarakat Indonesia.

Penyangi kelahiran Jakarta, 3 September 1961 ini punya sebuah lagu bertemakan ibu yang berjudul "Ibu". Lagu ini masuk dalam album Iwan Fals berjudul "1910" (dibaca sembilan belas-sepuluh) yang dirilis pada 1988. Judul album ini bukan mengacu pada tahun 1910, melainkan merupakan kependekan dari 19 Oktober 1987, tanggal yang mengisi catatan tragedi bagi perkeretaapian Indonesia, yaitu tanggal terjadinya tragedi Bintaro. Lagu "Ibu" sendiri menceritakan tentang perjuangan sosok ibu dalam membesarkan anak-anaknya. Dengan lirik puitis penuh metafora Iwan Fals mencoba menggambarkan bagaimana beratnya perjuangan seorang ibu dalam membesarkan anaknya melewati berbagai rintangan dan cobaan namun sang ibu tetap tulus menjalani itu semua demi anaknya. Memang membesarkan anak tidak selalu mudah, apalagi untuk orang-orang dengan tingkat ekonomi yang terkesan biasa saja, perlu usaha lebih dalam perjuangannya.

4. Doa Untuk Ibu (Ungu)

"Doa Untuk Ibu" adalah lagu dari grup band Ungu. Grup band yang satu ini perjalanan kariernya sudah cukup panjang, bermula pada tahun 1996, Ungu masih aktif sampai sekarang meskipun sang vokalis, Pasha, sempat berhenti dalam bermusik saat terpilih sebagai Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah pada Februari 2016.

Lagu "Doa Untuk Ibu" diciptakan oleh Enda yang mengisi posisi gitaris di Ungu. Lagu ini masuk ke album "1000 Kisah Satu Hati" yang merupakan album studio ke-6 dari Ungu. Album yang dirilis pada tahun 2010 ini berisi 12 lagu dimana lagu "Doa Untuk Ibu" dan "Percaya Padaku" berhasil menjadi hitnya.

"Doa Untuk Ibu" berisi ucapan terima kasih seorang anak pada ibunya atas semua yang dilakukan ibunya pada dirinya. Ia juga mendoakan semoga Tuhan memberikan kesejahteraan dan kedamaian dalam hidup ibunya.

5. Just For My Mom (Sheila on 7)

Ini adalah lagu dalam Bahasa Inggris satu-satunya yang pernah saya dengarkan dari Sheila on 7, saya bahkan terkejut Sheila on 7 punya lagu dalam Bahasa Inggris.

Lagu "Just For My Mom" masuk ke album "Kisah Klasik untuk Masa Depan" yang dirilis pada Oktober 2000. Dalam album tersebut juga terdapat beberapa lagu terlaris dari band asal Yogyakarta tersebut seperti "Sephia", "Bila Kau Tak Disampingku", dan "Sahabat Sejati". Lagu berdurasi 3 menit 20 detik ini diciptakan oleh Adam Subarkah dan Eross Candra.

"Just For My Mom" merupakan sebuah lagu persembahan dari seorang anak untuk ibunya sebagai ucapan cinta dan terima kasih karena selalu ada menemani si anak saat si anak dalam situasi-situasi sulit, bahkan ketika si anak merasa sendirian ibunya selalu ada di dekatnya. Sebuah lagu yang dibawakan lebih ceria ketimbang lagu-lagu sebelumnya, tapi makna lirik lagu ini tetap dalam bahkan terdengar keren karena dalam Bahasa Inggris.

6. Hanya Rindu (Andmesh Kamaleng)

Andmesh adalah seorang penyanyi asal Alor, Nusa Tenggara Timur yang lahir pada 15 April 1997. Ia merupakan juara ajang pencarian bakat menyanyi Rising Star Indonesia musim kedua yang ditayangkan di stasiun televisi RCTI pada tahun 2016-2017. Penyanyi yang saat ini berada di bawah naungan label Hits Records ini pernah memenangkan penghargaan sebagai Artis Solo Pria Pop Terbaik pada Anugerah Musik Indonesia 2019.

Lagu "Hanya Rindu" ini masuk ke dalam album "Cinta Luar Biasa" yang dirilis pada tahun 2019. Pada album tersebut lagu yang dirilis pada 26 April 2019 ini menjadi lagu utama bersama lagu "Cinta Luar Biasa".

"Hanya Rindu" merupakan ungkapan rindu seorang anak pada ibunya yang sudah tiada. Saat kalian pertama kali mendengarkan lagu ini dan tidak tahu kalau lagu ini bertemakan tentang sosok ibu kalian bisa saja salah mengira kalau lagu ini tentang rindu pada pasangan sampai kalian mendengar bagian akhir lirik lagu ini, "Kurindu senyummu, ibu", sebuah lirik yang menjelaskan makna lagu ini.

7. Selamat Jalan Mama (Ari Lasso)

Kita mengenal sosok Ari Lasso sebagai salah satu anggota Dewa 19. Tapi, sebenarnya penyanyi dengan nama lengkap Ari Bernardus Lasso ini pernah bersolo karier. Album "Sendiri Dulu" adalah album pertamanya sebagai penyanyi solo semenjak keluar dari Dewa 19 dimana di album tersebut ada sebuah lagu berjudul "Selamat Jalan Mama" yang menceritakan tentang sosok ibu.

Lagu "Selamat Jalan Mama" diciptakan oleh Bongky Marcel dan Ari Lasso. Lagu berdurasi 3 menit 43 detik ini bercerita tentang seorang anak yang menyesali segala perbuatannya kepada ibunya selama ibunya masih hidup, kini ia hanya bisa meratapi penyesalan tersebut karena ibunya sudah tiada.

8. Cinta Untuk Mama (Kenny)

Jujur saja saya tidak tahu siapa itu Kenny, tapi yang saya tahu ia menyanyikan lagu "Cinta Untuk Mama" ini saat ia masih kecil, jadi bisa dibilang ia adalah penyanyi cilik dulu, sekarang mungkin ia sudah dewasa.

"Cinta Untuk Mama" merupakan sebuah lagu ungkapan kasih sayang seorang anak pada ibunya. Lagu yang bagus diperdengarkan untuk anak-anak, meskipun cara menyanyikannya tidak sesederhana "Kasih Ibu" jika anak-anak ingin menyanyikannya.

Itulah tadi daftar lagu-lagu Indonesia terbaik yang bertemakan tentang sosok Ibu. Kalian bisa mendengarkannya untuk merenungkan bagaimana berjasanya sosok ibu di hidup kita ini, tanpanya kita bukanlah siapa-siapa. Jika kalian tahu lagu Indonesia lain yang bertemakan tentang Ibu dan enak di dengar kalian bisa menuliskannya di kolom komentar di bawah.

Keywords: lagu indonesia untuk ibu, lagu indonesia untuk hari ibu, lagu pop indonesia tentang ibu, lagu indonesia tentang ibu yang bikin nangis, Lagu Indonesia Terbaik tentang Ibu

Posting Komentar untuk "8 Lagu Indonesia Terbaik tentang Ibu"