7 Game Football Manager Terbaik di Android

Game football manager atau manajer sepak bola adalah sebuah game simulasi dimana kalian akan berperan sebagai manajer sebuah tim sepak bola.
Game Football Manager Terbaik di Android.jpg

Setelah sebelumnya saya membuat daftar game sepak bola terbaik di Android kali ini saya akan membuat daftar game-game bertemakan football manager atau manajer sepak bola terbaik yang ada di Android.

Jika pada game sepak bola umumnya kita mengontrol para pemain di lapangan, berbeda pada game manajer sepak bola dimana kita tidak akan mengontrol pemain bolanya melainkan berperan sebagai manajer. Layaknya manajer sepak bola di dunia nyata, pada game-game manajer sepak bola kita biasanya bisa mengatur formasi, memilih siapa eksekutor bola mati, mengatur transfer pemain dan lain-lain. Memainkan game sepak bola memang seru, tetapi memainkan game manajer sepak bola akan membawa kita lebih dalam menyelami dunia sepak bola tersebut.

Saya sudah merangkum beberapa game manajer sepak bola terbaik menurut penilaian saya pribadi, semoga bisa menjadi referensi untuk kalian yang sedang mencari game bertemakan manajer sepak bola di Android.

Berikut 7 Game Football Manager Terbaik di Android Versi AzizPedia

1. Football Manager Touch

Football Manager Touch adalah salah satu seri dari game Football Manager keluaran Sports Interactive yang dipublikasikan oleh Sega. Seri game ini selalu mengeluarkan versi terbarunya setiap tahun. Versi 2021 sendiri dirilis pada 15 Desember 2020 untuk perangkat Windows, macOS, iOS, dan Android sementara untuk Nintendo Switch dirilis pada 15 Desember 2020.

Game ini bukanlah game gratis, jika ingin memainkan gamenya di Android kalian harus membelinya di Play Store dengan harga kurang lebih Rp150 ribu. Tapi, percayalah harga tersebut sangat sepadan dengan apa yang disuguhkan game ini. Game yang bisa dimainkan secara offline ini adalah game manajer sepak bola paling kompleks yang pernah saya mainkan. Konsep permainan dan fiturnya membuat game Football Manager Touch memberikan kesan paling nyata untuk merasakan berperan sebagai seorang manajer sepak bola. Dari mulai mengatur kontrak pemain sampai transfer pemain semuanya memiliki fitur-fitur yang sangat detail. Pun begitu pengaturan formasinya juga tak kalah kompleks dan lengkap.

Visual pertandingan di Football Manager Touch memang sudah 3D namun tidak begitu smooth.

Karena banyaknya data dan informasi yang disajikan di layar maka game ini membutuhkan ponsel Android dengan layar yang luas, ponsel dengan layar kecil tidak akan memberikan kenyamanan saat memainkan game ini. Kekurangan lainnya adalah perihal lisensi, tapi kalau kalian mau searching sebenarnya ada tutorial untuk mengatasi masalah lisensi di game Football Manager Touch ini.

2. Football Manager Mobile

Sama seperti Football Manager Touch, Football Manager Mobile juga merupakan salah satu seri Football Manager besutan Sports Interactive. Football Manager Mobile pertama kali masuk ke Android pada 2012 dan sampai sekarang versi terbarunya terus hadir setiap tahun. Game ini juga merupakan game berbayar alias tidak gratis. Untuk versi 2021 dirilis pada 24 November 2020 dan tersedia juga untuk iOS.

Apa perbedaan Football Manager Mobile dan Football Manager Touch? Perbedaan paling kentara adalah fitur yang dipangkas termasuk visual pertandingan yang masih 2D. Fitur Football Manager Mobile tidak sebanyak Football Manager Touch. Keunggulannya adalah Football Manager Mobile bisa kompatibel untuk hampir semua ponsel Android versi 4.4 keatas. Sementara Football Manager Touch sendiri membutuhkan ponsel dengan spesifikasi agak tinggi dan layar yang cukup besar, meskipun jika dipaksakan sebenarnya bisa tapi kenyamanannya akan sedikit berkurang.

Lisensinya juga masih sama, sangat terbatas, logo, nama kompetisi, dan beberapa nama klub tidak sesuai dengan yang ada di dunia nyata. Tapi, seperti yang saya bilang, hal ini bisa diatasi dengan cara-cara tertentu.

3. PES Club Manager

Kalian mungkin sudah tidak asing dengan game PES. Bersama FIFA, dua game tersebut adalah game sepak bola terpopuler sampai saat ini.

Lalu, apa itu PES Club Manager?

PES Club Manager masih merupakan game keluaran Konami, bedanya dengan PES, game ini konsepnya manajer sepak bola. Keunggulan PES Club Manager dibanding game-game sejenis di Android adalah visual pertandingannya yang sudah 3D dengan grafis yang sangat baik. Sejauh ini game PES Club Manager adalah game bertemakan manajer sepak bola dengan visual pertandingan terbaik.

Namun, berbeda dengan dua game sebelumnya dimana sistem turnamennya mengadopsi turnamen-turnamen yang kita kenal di dunia nyata, PES Club Manager meninggalkan itu semua. Konsep turnamen di PES Club Manager sangatlah berbeda ditambah kita harus online alias terhubung ke internet untuk memainkan game ini. Cara perekrutan pemainnya juga lebih mirip game PES di Android, ada unsur gacha di dalamnya.

4. Soccer Manager

Soccer Manager ini bisa dibilang merupakan Football Manager Mobile versi lite. Berbeda dengan game Football Manager Mobile yang berbayar, Soccer Manager tersedia secara gratis atau lebih tepatnya freemium karena didalamnya ada item yang bisa kita beli dengan uang asli.

Game yang dikembangkan oleh Soccer Manager Ltd ini selalu merilis versi terbarunya tiap tahun, untuk versi 2021 di Play Store dirilis pada 18 September 2020. Berhasil mendapatkan rating 4,2 dari sekitar 99 ribu ulasan dengan total jumlah download yang mencapai satu juta.

Game ini merupakan game online dan ada iklan yang cukup mengganggu, kita bisa menghilangkannya dengan membayarkan sejumlah uang untuk jadi pengguna VIP. Intinya ini memang game gratis, tapi untuk mendapatkan kenyamanan terbaik memainkannya kalian tetap harus membayar.

Konsep turnamen di game ini sangatlah mirip dengan Football Manager Mobile dengan sistem turnamen seperti yang kita kenal di dunia nyata. Keunggulan game ini adalah sudah tersedia Bahasa Indonesia dan visual pertandingannya sudah 3D. Tapi visual 3D-nya memang masih kaku, jadi jangan berharap lebih. Lisensi di game ini juga bukan masalah, lisensinya lebih lengkap dibanding Football Manager Mobile ataupun Touch. Sayangnya, memang soal fitur game ini masih kurang jika dibandingan dengan Football Manager Mobile apalagi Football Manager Touch.

5. Top Eleven

Top Eleven merupakan game buatan Nordeus yang awalnya dirilis di Facebook pada 2010 kemudian hadir di Android pada 20 Oktober 2011. Game yang mendapatkan rating 4,6 dari 4 juta ulasan di Play Store ini sudah di-download lebih dari 100 juta kali.

Ini adalah game manajer sepak bola untuk kalian yang suka bermain secara kompetitif dengan pemain lain. Top Eleven adalah game online dimana kalian akan membuat sebuah klub lalu mengelolanya hingga kemudian bersaing di liga dengan klub-klub milik pemain lain. Kalian akan bermain di liga yang biasanya selesai dalam satu bulan atau lebih (waktu dunia nyata). Sehari biasanya tim kalian akan bertanding satu kali, bisa lebih jika kalian berpartisipasi dalam turnamen selain liga seperti Liga Champions. jika kalian mencapai peringkat tertentu di klasemen, kalian akan naik ke liga yang lebih tinggi untuk menghadapi pemain-pemain yang lebih hebat.

Visul pertandingan di Top Eleven masih 2D, mirip seperti Football Manager Mobile.

6. Online Soccer Manager

Game Online Soccer Manager atau biasa disingkat OSM ini adalah sebuah game manajer sepak bola di Android yang dikembangkan oleh GameBasics. Game ini sudah di-download lebih dari 10 juta kali di Play Store dengan rating 4,4 dari sekitar 2 juta ulasan.

Game ini memiliki kesan layaknya Top Eleven karena menyuguhkan mode permainan dimana kita akan diadu dengan pemain lain dari seluruh dunia dalam satu liga. Meskipun begitu, konsep yang diusung OSM jelas berbeda jauh dengan Top Eleven. Di OSM kita bisa melatih sampai 4 tim berbeda dalam satu waktu, kemudian akan dimasukkan dalam satu liga dengan pemain lainnya. Permainan akan selesai hanya dalam satu musim saja, setelah liga selesai kita harus memilih tim baru lagi dan memasuki liga baru juga.

Untuk visual pertandingan bukan 2D apalagi 3D, tapi hanya berupa dialog dari pembawa acara di pertandingan tersebut.

7. Underworld Soccer Manager

Jika dibandingkan game-game manajer sepak bola sebelumnya yang ada di daftar ini, Underworld Soccer Manager sebenarnya dari segi fitur sangat minim namun yang menarik adalah game ini membawa beberapa konsep yang membuat permainan terasa fresh. Underworld Soccer Manager bukanlah game manajer sepak bola dengan konsep mainstream, game ini mencoba menyuguhkan sesuatu yang baru. Di Underworld Soccer Manager kita akan bertanding melawan tim milik pemain lain dan disini kita bisa melakukan berbagai kecurangan seperti menyuap pemain lawan untuk kalah, merusak fasilitas latihan mereka, sampai mencederai pemain lawan. Konsep permainan inilah yang dirasa segar untuk sebuah game manajer sepak bola.

Itulah tadi daftar 7 game manajer sepak bola terbaik di Android versi AzizPedia. Saya tidak bisa menjelaskan setiap game secara detail karena itu akan panjang, untuk mengetahui semua fiturnya dan apa saja yang ditawarkan game tersebut kalian harus memainkannya sendiri.

Jika kalian tahu game manajer sepak bola Android lainnya yang seru untuk dimainkan dan belum masuk dalam daftar, silakan tulis di kolom komentar.

Keywords: game manajer sepakbola terbaik, offline, online, indonesia, mod apk android, download game football manager bagas31, game football manager yang bagus, bahasa indonesia, rekomendasi