Football Manager 2021 Touch, Lebih Baik dari FMM Tapi...

"Football Manager 2021 Touch" adalah versi lainnya dari game "Football Manager" yang bisa dimainkan di perangkat mobile seperti ponsel Android.
Football Manager 2021 Touch, Lebih Baik dari FMM Tapi....jpg

Setelah sebelumnya saya membahas "Football Manager 2021 Mobile" (" FMM 20"), kali ini saya akan membahas "Football Manager 2021 Touch" ("FMT 21"). Meskipun sama-sama bisa dimainkan di perangkat mobile termasuk Android, kedua versi "Football Manager" ini memiliki perbedaan yang sangat jauh, lantas apa perbedaannya? Sebelum menjelaskan perbedaan "FMM 21" dan "FMT 21", sedikit kita bahas dulu apa itu game "FMT 21".

"Football Manager 2021 Touch" atau disingkat "FMT 21" adalah versi lainnya dari game "Football Manager". "FMT 21" tersedia untuk berbagai perangkat seperti Windows, macOS, iOS, Nintendo Swith dan tentu saja Android. Game ini dirilis pada 1 Desember 2020 untuk perangkat Android, Windows, iOS dan macOS sementara edisi Nintendo Switch baru keluar pada 15 Desember 2020. Di Play Store, game yang dikembangakan Sports Interactive dan dipublikasikan oleh Sega ini dijual dengan harga Rp329.000. Ya, ini game berbayar.

Seperti di "FMM 21", di "FMT 21" kita juga akan menjadi manajer sebuah klub sepak bola, bedanya fitur di "FMT 21" jauh lebih lengkap dan kompleks. Informasi yang disajikan jauh lebih banyak, kadang untuk pemain baru atau yang sebelumnya bermain "FMM 21" dan pindah ke "FMT 21" mungkin akan sedikit kebingungan dan bertanya-tanya ini untuk apa, itu untuk apa, ini informasi soal apa, itu informasi soal apa.

Salah satu perbedaannya yaitu di "FMT 21" menu kontrak dan transfer pemain memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap. Di transfer pemain misalnya ada klausul-klausul yang bisa ditambahkan. Klausul adalah perjanjian antara klub penjual dan pembeli, misalnya perjanjian jika si pemain yang ditransfer berhasil mencetak 50 gol maka klub pembeli harus membayarkan sejumlah uang yang sudah disepakati kepada klub penjual. Masih banyak lagi jenis klausul yang lain, pun begitu di bagian kontrak pemain juga ada klausul-klausul yang bisa ditambahkan. Di "FMM 21" memang ada juga klausul yang bisa dimasukkan ke dalam perjanjian sebuah transfer pemain, tapi setahu saya baru ada klausul buy-back saja. Fitur-fitur ini akan membuat permainan terasa lebih nyata karena pada kenyataannya di real life sendiri klausul-klausul semacam ini memang umum dipakai entah itu pada transfer atau kontrak pemain.

Kita sebagai manajer juga diberikan kontrak loh. Gaji kita sebagai pemain juga tertera di kontrak tersebut, bahkan sampai informasi pemotongan pajaknya juga ada. Tak lupa ada target-target yang harus kalian penuhi agar kontrak kalian diperpanjang oleh para petinggi klub. Kurang terasa nyata apalagi coba.

Di menu taktik dan formasi juga tak kalah kompleks dan rumitnya. Di "FMM 21" saja ada beberapa bagian yang kadang saya abaikan karena ogah mengutak-atiknya, apalagi di "FMT 21" ini. Fitur di bagian formasi di "FMT 21" ini banyak sekali, kalian bisa mengaturnya sesuai keinginan kalian.

Komunikasi dengan pemain dan media juga terasa lebih menarik dan realistis. Para pemain akan menuntut kepastian posisinya di skuad jika kalian mengabaikannya dan tidak memasukkannya ke tim inti. Di setiap penutupan jendela transfer kalian juga bisa ikut serta dalam sesi wawancara dimana kalian akan diberikan pertanyaan-pertanyaan perihal transfer pemain.

Sayangnya, layaknya "FMM 21", "FMT 21" juga memiliki lisensi yang terbatas yang membuat beberapa nama kompetisi maupun klub serta logo klub berbeda dari yang kita tahu dan kebanyakan pemain juga tidak memiliki gambar wajahnya.

Perbedaan yang paling terasa antara game "FMM 21" dan "FMT 21" adalah visual pertandingannya. "FMT 21" tidak lagi menampilkan tampilan bulat-bulat sebagai pemainnya, disini tampilan pemain sudah berbentuk manusia seperti di dunia nyata. Jadi, kita bisa lebih jelas melihat gol-gol seperti apa yang diciptakan pemain kita, apakah itu dari sundulan atau tendangan. Di "FMT 21" ini sudah ada suaranya, khususnya ketika saat pertandingan. Jadi ketika main game ini tidak terasa sepi lagi, cukup hari-hariku setelah dia pergi saja yang sepi, game "FMT 21" jangan.

Seperti tertulis di judul postingan ini, game "FMT 21" ini ada tapinya. Apa tapinya itu?

"FMT 21" lebih baik, lebih banyak fitur dan lebih kompleks dari "FMM 21", bahkan menyuguhkan tampilan pertandingan 3D. Jadi, jangan heran kalau "FMT 21" tidak seringan "FMM 21" ketika dijalankan di perangkat mobile dengan spesifikasi rendah. Sebenarnya kalau hanya sekadar menjalankan, semua tipe ponsel Android dari yang harganya satu jutaan pun bisa menjalankan game "FMT 21" ini, namun apakah akan lancar? Sepertinya tidak. Saya memainkan game ini di ponsel dengan chipset Snapdragon 662 dan RAM 6 GB, saat pertandingan dengan visual 3D masih lancar-lancar saja tapi saya merasa ada touch delay seperti saat mengatur formasi atau taktik dan lain-lain. Gamenya terasa berat, perpindahan antara tampilan menu ke tampilan menu lainnya agak tersendat-sendat alias tidak mulus. Game ini memang tidak bikin panas HP tapi yang saya rasakan konsumsi baterainya cukup besar, entah ini di ponsel saya saja atau bagaimana saya kurang paham, konsumsi baterainya bisa mendekati atau bahkan setara dengan pemakaian game "PUBG" dan "Life After". Dengan semua kendala tersebut, bayangkan jika game ini dimainkan di ponsel yang spesifikasinya lebih rendah dari ponsel yang saya pakai, mungkin bisa lebih parah kendalanya.

Lalu, jika dimainkan di ponsel harga 4 jutaan ke atas dengan spesifikasi yang lebih tinggi berarti enggak bakalan ada kendala dong? Ya mungkin kendala-kendala yang saya sebutkan di atas akan teratasi, tapi, masih ada tapinya nih, bahkan jika spesifikasi ponsel kalian tinggi kalau ukuran layar kalian masih di kisaran 6,5 inci masih ada kendala yang akan kalian hadapi. "FMT 21" dari awal memang tidak dibuat untuk perangkat mobile dengan ukuran layar kisaran 6 inci, dan pada umunya ponsel-ponsel Android yang kita kenal punya ukuran layar di angka tersebut. Game ini akan cukup bikin mata kalian sakit karena tulisannya yang terlalu kecil di layar smartphone Android kita, terlalu banyaknya informasi yang ditampilkan di layar dengan tulisan-tulisan kecil akan sangat mengganggu kita. Saya memainkan game ini di ponsel saya yang ukuran layarnya 6,53 inci dan memang ukuran teks yang terlalu kecil sangat mengganggu, belum lagi tombol-tombolnya yang terlalu kecil yang bisa saja bikin kita salah menekan tombol atau bagian yang ingin kita tekan.

Jika kalian masuk ke situs resmi game "Football Manager" lalu ke halaman compatible devices untuk game "FMT 21", yaitu semacam halaman yang memberikan informasi perangkat apa saja yang cocok memainkan game "FMT 21", maka kalian tidak akan menemukan ponsel Android dengan ukuran layar di kisaran 6 inci di daftar tersebut. Kita tidak bisa menyalahkan pihak pengembang karena sebenarnya kita yang 'melawan hukum alam', pihak developer sudah memberikan kita "FMM 21" yang sudah sangat jelas dibuat untuk perangkat mobile dengan layar yang standar. FYI, "FMT 21" juga sebenarnya tidak tersedia di Play Store untuk ponsel yang saya gunakan, bahkan mungkin juga di ponsel kalian yang spesifikasi dan ukurannya mirip seperti ponsel saya game ini tidak tersedia. Jika kalian masuk ke halaman download-nya di Play Store, akan ada tulisan aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat anda. Lantas, bagaimana saya bisa memainkan "FMT 21" di ponsel saya? Saya bisa meng-install game ini dengan beberapa cara tertentu.

Untuk bahasa game ini masih belum tersedia dalam Bahasa Indonesia, sebagian orang mungkin akan kesal dengan hal ini apalagi memang banyak fitur yang mengharuskan kita sedikitnya paham Bahasa Inggris untuk bisa mengetahui fungsi fitur tersebut. Tapi, saya rasa itu tidak masalah, siapkan saja kamus, atau kan ada Google Translate, pas main kalau ada kata-kata yang tidak paham bisa buka dulu Google Translate sebentar untuk mengetahui artinya. Lumayan, sambil belajar Bahasa Inggris.

Sebelum kalian memutuskan untuk men-download game ini jangan lupa perhatikan sisa memori internal di ponsel kalian karena game ini membutuhkan ruang yang cukup besar apalagi jika kalian ingin menampilkan semua logo kompetisi, seragam klub, logo tim dan gambar wajah pemain yang ada di game ini. Siapkan memori sebesar 5 sampai 6 GB ketika akan men-download game "FMT 21".

Baca juga: Cara Menambahkan Gambar Wajah Pemain, Logo Klub dan Seragam Klub di Football Manager 2021 Mobile dan Touch untuk Android

Overall, "FMT 21" jelas unggul telak dari "FMM 21" hampir di semua aspek. Visual pertandingannya juga sudah 3D meskipun lisensi masih seperti biasanya. Jika kalian ingin merasakan permainan yang lebih kompleks dari "FMM 21" maka bisa coba "FMT 21" tapi dengan catatan akan ada kendala-kendala yang kalian alami karena keterbatasan perangkat.

Nilai: 8/10

Catatan:
- Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur dan informasi tentang game di artikel ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.
- Game mungkin dirilis juga di platform lain, tapi artikel ini khusus membahas game "Football Manager 2021 Touch" yang dirilis di platform Android.

Keywords: Game Football Manager 2021 Touch Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, android requirements, apk obb, vs normal, v21.2.1