Misteri Stasiun Manggarai

Stasiun Menggarai adalah salah satu stasiun kereta api paling angker di Indonesia, ada penampakan kereta hantu yang berjalan dengan sendirinya.
Misteri Stasiun Manggarai.jpg

Stasiun Manggarai adalah salah satu stasiun tertua yang ada di Indonesia. Stasiun Manggarai dibangun pada 1914 dan diresmikan pada 1 Mei 1918. Tak heran kalau stasiun ini kerap disebut stasiun angker karena usianya yang sudah tua dan melewati berbagai masa, diantaranya masa-masa kelam penjajahan di Indonesia. Keangkeran Stasiun Manggarai semakin menyebar luas saat sebuah film berjudul "Kereta Hantu Manggarai" karya Nayato Fio Nuala dirilis pada 2008 silam. Satu tahun kemudian, yakni pada 2009 film horor lainnya yang terinspirasi dari keangkeran Stasiun Manggarai dirilis, film tersebut berjudul "Kereta Setan Manggarai" yang disutradarai oleh Nanang Istiabudi.

Salah satu kisah mistis paling populer tentang Stasiun Manggarai adalah adanya kereta hantu yang melaju dengan sendirinya tanpa masinis dan penumpang. Sutrisno, seorang penjaga perlintasan di daerah Bukit Duri, Jakarta Selatan, dikejutkan dengan suara sirine tanda kereta akan lewat sekitar pukul 04.00 dini hari. Sutrisno merasa itu adalah hal yang janggal karena kereta api biasanya baru beroperasi sekitar pukul 05.00 dini hari. Benar saja, sebuah kereta dengan empat gerbong melintas dan menurut kesaksian penjaga perlintasan tersebut kereta itu terlihat gelap gulita dan tanpa masinis ataupun penumpang.

Kisah mistis lainnya dituturkan oleh seorang pria bernama Selamet, ia merupakan seorang warga yang tinggal di sekitar Stasiun Manggarai. Di suatu malam sekitar pukul 23.00, ia dihampiri seorang pemuda yang mencari tumpangan dan mengaku baru turun dari kereta. Selamet merasa heran karena ia hafal betul kalau kereta terakhir yang melintas itu pukul 22.00, lalu naik kereta mana si pemuda ini? Si pemuda yang kabarnya merupakan mahasiswa di salah satu universitas ternama ini mengaku menaiki kereta yang aneh, para penumpang di dalamnya berwajah pucat seperti mayat dan tidak berinteraksi satu sama lain. Si pemuda mengaku meminjam koran dari salah satu penumpang tersebut yang kemudian ia tunjukkan pada Selamet, betapa terkejutnya mereka melihat koran tersebut ternyata terbitan tahun 1953.

Selanjutnya ada kisah mistis dari seorang masinis bernama Eko. Eko mengaku pernah mendengar tangisan yang kemudian berubah menjadi cekikikan di sebuah kamar mandi Stasiun Manggarai. Saat mencoba mengecek suara tersebut, Eko juga mengaku melihat sesosok wanita berbaju putih.

Selain kisah-kisah mistisnya, Stasiun Manggarai juga dikenal sebagai tempat pembuangan gerbong-gerbong kereta api yang tidak terpakai. Ada sebuah area di sekitaran Stasiun Manggarai yang menjadi tempat pembuangan gerbong-gerbong yang memang sudah tidak layak pakai atau rusak karena kecelakaan. Gerbong bekas kecelakaan Tragedi Bintaro juga disimpan di tempat ini. Tragedi Bintaro adalah kecelakaan kereta api terparah di Indonesia yang menewaskan ratusan orang. Dengan adanya fakta ini tak aneh Stasiun Manggarai disebut sebagai salah satu stasiun kereta api terangker di Indonesia.

Keywords: adalah, malam hari, baru, ke depok, ke bogor, ke bekasi, mengapa, lewat mana, dimana, apakah stasiun manggarai melayani perjalanan antarkota dan antarprovinsi, apakah stasiun manggarai angker, ada apa di stasiun manggarai